Ekstensi file yang dihasilkan Microsoft Word adalah

Apa Itu File DOCX? Begini Cara Membukanya

Deliusno 27 September 2021
Techno
IlustrasiIlustrasiIlustrasi

Rekomendasi laptop

Asus X441MA-GA031T-032T-033T-034T I Intel Celeron N4020 I 1TB I 4GB DDR4 I Win 10 Home
Rp. 5.649.000
33
Asus A516JP - i5-1035G1-MX330-8GB-1TB HDD-256GB SSD-Win 10 Home-OHS19
Rp. 10.549.000
13
Acer Swift 3X SF314-510G-7043 Ultrathin Creator Notebook NX.A10SN.003
Rp. 15.999.000 16,5jt
Acer Swift 5 SF514-54GT-54RL i5-1035G1 NX.HU4SN.002
Rp. 16.499.000
2
Lenovo Ideapad Slim 3 DBID DCID DDID AMD RYZEN 7 5700U 8GB 512GB SSD 14 FHD IPS AMD Radeon Graphics Win 10 Home & OHS 2019 GARANSI RESMI
Rp. 11.099.000
10

Kamu sering melihat file dengan ekstensi DOCX? Kamu bingung itu file apa? Dalam artikel ini, kami akan membahas, apa itu sebenarnya file dengan ekstensi DOCX. Selamat menyimak!

Jadi, apa itu DOCX?

Sebuah file dengan ekstensi DOCX merupakan file Microsoft Word Open XML Format Document. Ya, ini merupakan file yang tercipta dari pembuatan dokumen di Microsoft Word, aplikasi pembuatan teks bikinan Microsoft.

File dengan ekstensi DOCX berbasiskan XML dan bisa saja mengandung teks, objek, style, formating, dan gambar. Semua komponen itu sebenarnya tersimpan dalam file yang bebeda, tetapi kemudian dipadatkan dalam sebuah file DOCX yang sudah terkompresi.

File berbasiskan DOCX baru saja hadir di Microsoft Word, tepatnya di Word edisi 2007. Versi Word lebih awal menggunakan ekstensi file DOC, tanpa X.

Baca juga:5 Aplikasi Microsoft untuk Bekerja yang Wajib Kamu Punya

Cara Membuka File DOCX

Lantas, bagaimana cara membuka file DOCX? Cara termudah adalah menggunakan program Microsoft Word 2007 dan versi lebih baru. Akan tetapi, kamu harus membayar aplikasi tersebut untuk menggunakannya.

Meski begitu, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka dan mengedit file DOCX secara gratis. Berikut beberapa di antaranya:

1. Word Online

Word Online memiliki fungsi dan tombol-tombol yang hampir mirip dengan word processorOffice. Selain mengedit file dokumen, kamu juga bisa membuat sejumlah templates seperti calendar, resume, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu bisa mengedit file yang ada di OneDrive dan menyimpannya dalam format docx, PDF, atau ODT. Word Online juga menginzinkan kamu untuk mengundang pengguna lain untuk melihat atau ikut mengedit salah satu dokumen yang ada.

Layanan ini bisa digunakan secara gratis, tetapi dengan kemampuan yang terbatas. Meski begitu, sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan mengedit file DOCX.

Baca juga:3 Aplikasi Besutan Microsoft untuk Smartphone Kamu

2. Microsoft Word App

Aplikasi satu ini bisa kamu download secara gratis untuk Android dan iOS melalui Google Play atau App Store. Aplikasi ini membutuhkan Office 365 subscription jika kamu ingin menggunakan fitur-fiturnya.

Namun begitu, untuk kamu pengguna iOS, kamu bisa menggunakan hampir seluruh fitur coreyang ada di aplikasi tersebut. Jika kamu tidak memiliki subscription di Microsoft Word App, jangan panik. Kamu tetap bisa, kok, menggunakan fitur-fitur utama yang penting di edisi gratisnya.

3. Google Docs

Google Docs adalah prosesor Word dengan fitur paling lengkap yang cocok dengan format file di Microsoft Word. Google Docs juga bisa kamu gunakan secara gratis dengan menggunakan akun Google.

Google Docs ini adalah layanan kerja file dokumen yang bisa kamu gunakan di Android dan iOS. Tersambung dengan akun Google, Docs bisa kamu gunakan di mana pun dan kapan pun kamu berada bahkan dengan lebih dari 1 device. Hanya saja, kamu mesti terhubung ke internet untuk menggunakan layanan tersebut.

Baca juga:Cara Membuat, Edit, dan Membuka Dokumen Microsoft Word secara Gratis

4. WPS Office

WPS Office (foto: WPS)

WPS Office adalah kumpulan aplikasi untuk kegiatan perkantoran. WPS sendiri merupakan akronim dari Writer, Spreadsheet, dan Presentation. Dari akronim itu, kamu pasti bisa langsung menebak, WPS Office merupakan deretan aplikasi untuk menulis, tabel, dan presentasi.

Kelebihan dari WPS Office sendiri adalah ukuran file instalasi yang kecil dan tidak memberatkan komputer. Menariknya lagi, ia bisa membuka nyaris semua file ekstensi dari Microsoft Office, termasuk Word.

WPS Office hadir dalam versi gratis dan berbayar. Versi gratis sudah bisa digunakan untuk membuka dan mengedit berbagai file Microsoft Word. Ada beberapa batasan yang kamu hadapi saat memakai versi gratis, tetapi sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan basic.

Cara Membuka DOCX di Android

Jika kamu sudah berlangganan Microsoft 365, kamu tinggal mengunduh aplikasi Microsoft Word lewat Google Play. Kamu bisa langsung membuka file DOCX menggunakan aplikasi tersebut.

Jika tidak berlangganan, ada satu cara mudah untuk membuka file DOCX, yakni gunakan Google Docs. Tinggal unduh aplikasi Google Docs lewat Google Play Store, upload file DOCX yang ingin kamu buka, dan file tersebut akan terbuka.

Cara Membuka DOCX di Mac

Cara paling mudah untuk membuka file DOCX di Mac adalah menggunakan aplikasi Pages. Aplikasi tersebut bikinan Apple sebagai pesaing Word. Menariknya, aplikasi tersebut tersedia secara gratis!

Kamu bisa langsung mengunduh Pages di App Store. Kemudian klik kanan di file DOCX yang ingin dibuka pilih Open WIth > Pages.

Kamu juga bisa mengonvert file DOCX ke PDF atau DOC dengan cara mengeklik File > Export To > Pilih format file yang diinginkan.

Cara convert file DOCX

Kebanyakan orang ingin convert file DOCX ke PDF atau DOC. Akan tetapi, program yang kamu miliki ternyata tidak mendukung format DOCX.

Ada cara mudah untuk convert file tersebut. Salah satunya adalah dengan membuka terlebih dulu file DOCX dengan pilihan aplikasi di poin-poin sebelumnya. Kemudian, kamu bisa pilih File > Save As, kemudian pilih ekstensi file yang diinginkan.

Kamu juga bisa menggunakan Google Docs untuk melakukan convert.Untuk convert, silahkan unggah dulu file DOCX tersebut. Caranya, klik New > Upload New File. Kemudian, klik kanan di file DOCX yang sudah terunggah, pilih Open With > Google Docs. Setelah itu, kamu bisa Save As dengan ekstensi yang kamu inginkan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa itu file DOCX?

  • laptop
  • komputer

Video