Gambar di bawah ini yang berfungsi untuk menampilkan data yang ada di CPU adalah

Merdeka.com - Komputer merupakan salah satu penemuan teknologi yang mempunyai peranan penting di dunia masa kini. Dalam hal ini, komputer membantu berbagai macam pekerjaan, terutama yang berkaitan dengan operasi dokumen dan segala aktivitas lainnya.

    Bahkan dapat dikatakan, komputer kini menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat, mulai dari pelajar untuk mengerjakan berbagai tugasnya, hingga orang dewasa yang bekerja di berbagai bidang.

    Dalam menjalankan prosesnya, komputer terdiri dari berbagai macam komponen penyusun yaitu perangkat lunak dan perangkat keras. Di sini, perangkat keras komputer mengandung elemen mekanis dan elektronik yang berfungsi untuk mendukung sistem kerja komputer dengan baik. Terdapat beberapa macam perangkat keras komputer yang dibutuhkan dalam hal ini seperti monitor, CPU, RAM, keyboard, serta mouse.

    Bukan hanya itu, macam perangkat keras lainnya juga sering dipasang untuk menambah fungsi baru, seperti printer untuk mencetak dokumen, hard disk yang berfungsi sebagai penyimpan data, hingga sound system sebagai pendukung pengeras suara atau berbagai hal yang berkaitan dengan audio. Berbagai macam perangkat keras menjalankan fungsi tertentu untuk mendukung sistem kerja komputer dalam melakukan pekerjaannya.

    Meski begitu, tidak semua macam perangkat keras harus terpasang. Beberapa perangkat keras komputer memang menjadi komponen utama dan mendasar yang harus ada.

    Namun beberapa perangkat keras lainnya hanya berfungsi sebagai pelengkap yang digunakan sesuai kebutuhan saja. Dilansir dari situs Educba, berikut kami merangkum beberapa macam perangkat keras komputer beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui.

    2 dari 8 halaman

    Monitor

    ©2019 Merdeka.com

    Macam perangkat keras komputer yang pertama adalah monitor. Ini termasuk macam perangkat keras utama yang harus ada dalam sebuah perangkat komputer. Di sini, monitor berfungsi untuk menampilkan output atau hasil, video, grafik lain yang berasal dari perintah CPU. Desktop yang ditampilan monitor terhubung melalui kabel dan dipasang di kartu video komputer pada motherboard sistem komputer.

    Terdapat dua jenis monitor komputer, yaitu CRT dan LCD. CRT adalah jenis monitor yang biasa ditemukan pada perangkat komputer versi lama. Sedangkan LCD merupakan jenis monitor dengan bentuk baru yang lebih tipis, ringan, serta lebih mudah digunakan.

    Sementara itu, pada laptop atau tablet, tidak memiliki perangkat monitor yang terpisah melainkan bergabung atau menjadi satu sehingga desainnya lebih sederhana dibandingkan komputer.

    3 dari 8 halaman

    CPU

    Macam perangkat keras komputer yang termasuk komponen utama lainnya adalah CPU. Di sini CPU memainkan peranan penting dalam sistem kerja komputer. CPU inilah yang menjadi otak untuk menafsirkan dan menjalankan perintah yang diberikan oleh pengguna atau orang yang mengoperasikan komputer. Sistem kerja CPU ini didukung oleh beberapa bagian komputer lain salah satunya perangkat lunak yang berupa aplikasi untuk menjalankan pekerjaan tertentu.

    Perlu diketahui, dalam menjalankan fungsinya CPU tersusun dari chip komputer yang berisi miliaran transistor kecil yang terpasang di dalamnya. Semua perangkat keras lain yang menjadi komponen komputer, harus terhubung dengan CPU. Jika tidak, maka perangkat keras lain tidak akan berfungsi karena tidak mendapat perintah dari CPU untuk mengerjakan suatu pekerjaan.

    4 dari 8 halaman

    Mouse

    logitechg.com

    Macam perangkat keras komputer selanjutnya adalah mouse. Mouse merupakan perangkat input yang berupa operator tangan untuk mengarahkan kursor pada layar. Mouse ini dapat ditemukan dengan kabel maupun tanpa kabel.

    Di sini, mouse harus terhubung ke CPU secara langsung untuk menjalankan fungsinya. Pada bagian mouse, terdapat bola laser untuk menggulir ke bawah dan ke atas. setiap mouse digerakkan sebagai upaya mengirimkan instruksi langsung ke komputer. Tanpa mouse, maka setiap pekerjaan yang membutuhkan komputer akan sulit dilakukan.

    5 dari 8 halaman

    Keyboard

    Keyboard juga merupakan salah satu macam perangkat keras komputer yang tidak kalah penting. Keyboard ini berupa papan yang berisi tombol huruf, simbol, dan berbagai fungsi perintah lain yang digunakan untuk memberi masukan komputer.

    Secara umum, keyboard digunakan untuk mengetik atau menuliskan teks dan berbagai bentuk data lainnya yang sedang dikerjakan. Di sini, keyboard dapat ditemui dengan kabel maupun tanpa kabel. Meskipun begitu, semua jenis keyboard harus terhubung pada CPU untuk mempermudah pelaksanaan setiap perintah.

    6 dari 8 halaman

    RAM

    © Siliconstasion

    Macam perangkat keras komputer berikutnya adalah Random Access Memory (RAM). Ini merupakan jenis perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan informasi yang selanjutnya akan memproses informasi tersebut. Kecepatan pemrosesan RAM jauh lebih cepat dibandingkan hardisk. Meskipun begitu, semua data informasi yang terekam dalam RAM akan terhapus secara otomatis ketika sistem komputer mati.

    Terdapat dua jenis RAM yang biasa digunakan, yaitu RAM Static Random Access Memory (SRAM) dan Dynamic Random Access Memory (DRAM). RAM jenis SRAM biasanya digunakan dalam memori cache CPU. Sedangkan DRAM banyak digunakan pada komputer modern. Di sini, RAM mempunyai fungsi yang tidak kalah penting dalam sistem komputer.

    7 dari 8 halaman

    Hardisk

    Macam perangkat keras komputer lainnya berupa hardisk. Di sini, hardisk berfungsi sebagai perangkat untuk menyimpan data secara permanen. Hardisk biasanya diinstal terlebih dahulu di CPU atau juga bisa digunakan sebagai perangkat eksternal yang dapat dipasang dan dilepas sesuai kebutuhan.

    Karena hardisk mempunyai kemampuan menyimpan data secara permanen, maka setiap data yang dimasukkan ke dalam hardisk akan tetap utuh dan tidak akan terhapus seperti layaknya RAM. Biasanya hardisk memiliki kapasitas penyimpanan hingga triliunan byte data.

    Di dalamnya, terdapat kumpulan disk bertumpuk yang memiliki permukaan elektromagnetik yang berfungsi untuk menyimpan setiap data di dalamnya. Masing-masing hardisk mempunyai kecepatan pemrosesan yang beragam, tergantung spesifikasi dari jenis hardisk yang digunakan.

    8 dari 8 halaman

    Printer

    ©2020 Merdeka.com


    Macam perangkat keras komputer yang terakhir adalah printer. Perangkat keras yang satu ini berguna untuk mencetak dokumen agar dapat dilihat dalam bentuk fisik. Biasanya dokumen ini akan dicetak di atas kertas, sehingga data atau pekerjaan yang telah diselesaikan dapat dibaca atau dilihat secara nyata.

    Di sini, printer mempunyai beragam jenis yang dapat dibedakan berdasarkan ukuran, kecepatan pemrosesan, hingga beberapa faktor lainnya.

    (mdk/ayi)