Ganti baterai iPhone 7+ berapa?

Pengalaman ganti baterai iPhone di iBox

Pada artikel kali ini akan sedikit berbeda dari artikel lainnya yang ada di blog ini. Untuk pertama kali saya membahas seputar smartphone. Saya sangat ingin berbagi pengalaman ganti baterai iPhone di iBox, karena saya rasa cerita ini sangat menarik.

iBox adalah Apple Authorised Reseller terbesar, terlengkap dan bergaransi resmi di Indonesia. Saat ini iBox memiliki lebih dari 60 toko yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun, bagi Anda yang di kotanya belum ada toko iBox bisa berbelanja secara online di website iBox atau iBox Official Shop Shopee.

Selain itu, iBox juga dipercaya oleh Apple untuk mengurus seputar garansi dan perbaikan produk-produk Apple di Indonesia. Jadi bagi Anda yang iPhone, MacBook, iPad, dan produk Apple lainnya bermasalah bisa langsung konsultasi dan melakukan perbaikan di iBox Service Center terdekat.

Pada 18 Februari 2020, saya membeli iPhone 7 di website iBox dengan harga Rp3.999.000. Kalau beli di iBox tentu bergaransi resmi selama 1 tahun. Untuk produk yang saya beli ini bergaransi sampai 20 Februari 2021.

Pada 5 Februari 2021, status battery health iPhone 7 saya ini berubah menjadi service yang menandakan bahwa baterai harus segera di ganti. Karena masih garansi, saya langsung mendatangi iBox Service Center terdekat yaitu di Hartono Mall Jogja.

Sebelum mendatangi iBox Service Center, sebaiknya lakukan backup data iPhone terlebih dahulu ke laptop atau iCloud.

Sesampainya di lokasi tidak ada antrian sama sekali dan saya langsung mengutarakan keluhan dan ditanggapi dengan baik oleh karyawan iBox. Ngomong panjang lebar, alhasil iPhone saya harus ditinggal dulu untuk dilakukan diagnosa oleh teknisi iBox dengan kemungkinan biaya gratis karena masih dalam masa garansi.

Nah, pada sore harinya saya menerima telepon dari teknisi iBox dan disinilah menariknya. iPhone 7 saya tidak bisa diklaim garansi dengan alasan baterai rusak karena pemakaian bukan karena cacat produk. Lah, terus saya mikir dong, lalu fungsinya garansi ini apa? Berikut gambar permintaan klaim garansi yang dikirimkan oleh teknisi iBox ke saya melalui email.

Repair Notification

Menurut teknisi iBox, mereka telah berusaha melakukan klaim garansi ke pihak Apple namun ditolak. Mereka mengatakan bahwa baru pertama kali menemui kasus seperti ini.

Karena malas berdebat, akhirnya saya memutuskan untuk mengganti baterai iPhone dengan biaya pribadi. Total yang harus saya bayar adalah sebesar Rp1.209.000 dengan rincian biaya sebagai berikut:

  1. Baterai iPhone 7: Rp700.000
  2. Biaya Service: Rp459.000
  3. Lem Perekat Layar: Rp50.000
Invoice

Untuk Rp50.000 biaya lem perekat layar sudah saya bayar di awal. Pada invoice di atas baru sadar ternyata Rp50.000 tidak tercatat. Tidak masalah, mungkin kelupaan.

Untuk estimasi pengerjaan hanya 1 hari saja dan terbilang lumayan cepat. Hasil pengerjaan rapi dan memuaskan. Untuk harga baterai iPhone tipe lain kemungkinan berbeda dan bisa jadi lebih mahal dari rincian di atas.

Jika dibandingkan tempat lain memang harga service dan ganti spare part di iBox terbilang mahal. Entah apa yang membuat mahal, mungkin karena spare part original Apple. Namun, kembali lagi untuk masalah harga mahal atau tidak kembali lagi ke masing-masing orang.

Ini bukan kali pertama iPhone saya bermasalah. Dulu iPhone 6 saya juga bermasalah pada layar. Sempat saya bawa juga ke iBox Service Center, mereka mengatakan memang display bermasalah dan biaya gantinya sekitar 2 jutaan. Kalau bagi saya mahal, dan mending beli HP baru saja.

Itulah yang bisa saya bagikan mengenai pengalaman ganti baterai iPhone di iBox. Kalau ditanya kecewa ya pasti, namun kalau tidak bisa klaim garansi mau gimana lagi. Apakah teman-teman memiliki pengalaman juga seputar ganti baterai iPhone di iBox? Silahkan bagikan di kolom komentar ya.

Video