Iklan yang diletakkan di media seperti koran dan majalah dinamakan iklan media

Iklan Surat Kabar

Koran secara historis telah menjadi media periklanan terkemuka, namun akhir-akhir ini televisi mampu melewati koran sebagai media yang menerima jumlah belanja iklan terbesar. Bagaimanapun, orang tetap merujuk pada koran harian untuk mencari liputan berita yang dalam dan informasi mutakhir lainnya yang tidak tersedia di televisi. Selain itu, koran tetap menjadi sebuah media periklanan yang penting bagi para pengiklan lokal dan khususnya bagi para pengecer yang mengandalkan periklanan koran dalam jumlah besar.

kelebihan kekurangan

Kelebihan Koran memiliki cakupan yang lengkap dan tidak di batasi pada kelompok-kelompok tertentu, dan hampir setiap orang membacanya. Periklanan pada koran dapat dilakukan secara cepat. Waktu tampilan yang singkat. Iklan koran dapat dengan cepat dan mudah diubah. Koran menarik mereka yang telah berminat untuk membaca. Edisi-edisi khusus memungkinkan penargetan secara tepat. Kebanyakan koran ditargetkan secara geografis, bahkan koran-koran kota memiliki edisi-edisi khusus bagi berbagai lingkungan hunian dan pemukiman perkotaan.

kekurangan Koran tidak memiliki usia baca sepanjang majalah, kebanyakan di daur ulang atau disingkirkan setelah dibaca. Tingkat harga yang dibebankan kepada para pengiklan nasional lebih tinggi daripada yang ditagih kepada para pengiklan lokal. Kebanyakan iklan koran menekankan kecepatan, bukan kualitas. Banyak iklan koran harus muncul di tengah kepadatan iklan-iklan lainnya.

beberapa jenis iklan : Iklan display Iklan advertorial Iklan baris

Iklan advertorial iklan yang didesain dengan bahasa berita, didalam iklan ini hanya memunculkan foto produk tanpa menggunakan model, dan isi beritanya adalah beberapa keunggulan produk yang diiklankan tersebut. Bisanya menggunakan kode ”adv” atau “ikl” dan diletakkan pada akhir kalimat.

CONTOH IKLAN ADVERTORIAL

Iklan display iklan yang pada umumnya menggunakan ilustrasi, judul iklan, ruang kosong (white space), dan piranti-piranti visual lain sebagai tambahan bagi materi visual.

CONTOH IKLAN DISPLAY

Iklan baris iklan yang biasanya muncul di bawah subjudul-subjudul tertentu dan menggambarkan kelas barang atau kebutuhan yang coba dipenuhi melalui iklan. Misalnya iklan perumahan, lowongan pekerjaan, iklan pelayanan kesehatan, dll.

CONTOH IKLAN BARIS

SYARAT MENGIKLANKAN Para pengiklan harus menentukan berapa ukuran iklan yang akan dibuat. Mengisi formulir berupa kolom yang sudah disediakan oleh PT. Menentukan jenis penayangan iklan. Menentukan desain iklan yang diinginkan. Memesan iklan tersebut. Membayar biaya percetakan

Menentukan jenis penayangan iklan Banner atas, yaitu iklan yang diletakkan pada bagian atas koran. Banner bawah, yaitu iklan yang diletakkan pada bagian bawah koran. Banner samping, yaitu iklan yang diletakkan disamping logo koran pada iklan ini hanya menampilkan gambarnya saja tanpa disertai tulisan. Banner tengah, yaitu iklan yang di letakkan pada bagian tengah koran dan pada iklan ini tidak menggunakan foto yang terlalu mencolok.

PROSES PEMBUATAN IKLAN Membuat desain iklan yang diinginkan oleh para pengiklan. Mencetak desain iklan tersebut diselembar plastik transparan (mika). Dan ini biasanya disebut dengan kalkir. Mamasukkan kalkir tersebut ke dalam plate dan kemudian dicetak.

ALAT DAN BAHAN Komputer Suatu alat elektronik yang digunakan untuk mendesain iklan, memantau proses percetakan,dll. Printer Alat elektronik yang bisanya digunakan untuk mencetak Plate Suatu piringan besi yang digunakan untuk mencetak surat kabar dan didalamnya terdapat film. Dan plate ini akan dimasukkan kedalam mesin pencetak. Kalkir Digunakan untuk menempelkan print out koran yang akan dicetak. Kertas HVS Digunakan untuk mencetak surat kabar dalam bentuk kecil. Yang berfungsi untuk mengoreksi proses percetakan. Mesin pencetak Mesin ini digunakan untuk mencetak surat kabar dalam bentuk yang sebenarnya atau dalam bentuk dan ukuran surat kabar seperti biasanya.

Kalkir Mesin cetak

Lihat Foto

freepik.com

Ilustrasi media cetak. Apa yang dimaksud dengan iklan media cetak? Iklan media cetak adalah iklan yang dipublikasikan di media cetak seperti, koran atau majalah. Contoh iklan media cetak bisa berupa iklan baris, kolom, display, dan advertorial.

KOMPAS.com - Iklan media cetak rupanya masih cukup banyak digunakan sebagai media pemasaran suatu produk. Pasalnya, masih banyak ditemukan contoh iklan media cetak di sekitar kita.

Seperti diketahui, media cetak saat ini berkurang peminatnya akibat adanya kemajuan teknologi yang melahirkan media elektronik. Hal tersebut membuat peminat iklan media cetak juga mengalami penurunan.

Selain itu, media sosial juga menjadi penyebab penurunan peminat iklan media cetak. Pasalnya, iklan kini lebih menarik konsumen jika dikemas dalam bentuk video.

Namun, masyarakat masih banyak yang mencari contoh iklan media cetak yang mulai berkurang di era digital ini. Masyarakat juga kerap mempertanyakan apa yang dimaksud dengan iklan media cetak?

Baca juga: Pengertian, Fungsi, dan Ciri-Ciri Iklan sebagai Media Pemasaran

Untuk itu, artikel kali ini akan membahas apa yang dimaksud dengan iklan media cetak yang mulai terlupakan beserta contoh iklan media cetak.

Sebelum mengetahui pengertian iklan media cetak, ada baiknya memahami pengertian iklan. Iklan merupakan suatu bentuk informasi tentang produk dari produsen ke konsumen.

Dikutip dari buku Manajemen Media Massa oleh Irene Silvia, iklan media cetak adalah iklan yang dipasang di surat kabar, majalah, atau media cetak lain yang bersifat statis dan mengutamakan pesan-pesan visual.

Contoh iklan media cetak adalah iklan baris, iklan display, dan iklan advetorial.

Ciri-ciri iklan media cetak adalah praktis, cepat, harganya terjangkau, daya jangkau hingga ke pelosok daerah, keberhasilan bergantung pada jenis huruf, ukuran, dan layout, serta dapat bertahan cukup lama.

Baca juga: Bagaimana Fungsi Iklan bagi Pemerintah dan Perusahaan?

Dilansir dari buku Ayo Bikin Iklan oleh Dendy Triadi dan Addy Sukma Bharata, iklan media cetak dimulai sejak ditemukannya mesin cetak pada abad ke-15 dalam bentuk poster, selebaran, dan iklan baris di surat kabar.

Pengertian dan Contoh Iklan Media Cetak.

Memanfaatkan media cetak untuk mempromosikan sebuah produk adalah cara yang sudah sangat lazim dilakukan oleh banyak orang sejak dulu. Cara tersebut sangat cocok diterapkan oleh para pengusaha atau UMKM yang masih baru merintis bisnis atau usahanya, karena biaya yang diperlukan pun tidak terlalu mahal.

­­Namun, meskipun begitu, nampaknya minat orang melakukan iklan di media cetak dewasa ini sudah mulai mengalami penurunan.

Media cetak sudah mulai tergantikan dengan media elektronik yang dinilai lebih sederhana dan mudah untuk dilakukan.

Selain itu, munculnya sosial media juga bisa menjadi salah satu penyebab orang – orang mulai meninggalkan iklan cetak ini.

Apa itu Iklan Media Cetak?

Iklan media cetak adalah salah satu bentuk iklan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan media cetak.

Contoh media cetak ini antara lain :

  • koran,
  • tabloid,
  • majalah,
  • brosur,
  • dan sejenisnya.

Intinya, jika iklan itu berada di media yang melalui proses percetakan itu adalah iklan media cetak.

Anda bisa menemui iklan cetak ini di koran, majalah, tabloid, brosur dan spanduk – spanduk yang biasanya dipasang di jalanan.

Salah satu dari iklan cetak yang akan kita bahas kali ini adalah iklan yang contoh media cetak nya berupa koran.

Iklan – iklan yang terdapat di media cetak ini biasanya bertujuan untuk mempromosikan suatu produk, jasa atau acara dan informasi atau sosialisasi iklan layanan masyarakat.

Biasanya, untuk bisa beriklan di koran, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi, seperti :

  • jumlah baris,
  • bahasa yang digunakan,
  • jumlah kata,
  • dan sebagainya.

Anda bisa menghubungi penyedia iklan itu sendiri untuk lebih detail nya. Selanjutnya, nanti kita akan membahas mengenai contoh – contoh iklan media cetak.

5 Contoh Iklan Media Cetak yang Perlu Anda Ketahui

Selanjutnya, Kita akan melihat contoh – contoh iklannya. Berikut ini adalah beberapa contoh iklan media cetak yang mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda.

Iklan Kolom Surat Kabar

Sumber : Gambar Pribadi

Contoh iklan media cetak yang pertama adalah iklan kolom surat kabar.

Gambar di atas adalah contoh iklan yang ada di koran yang disebut iklan kolom, iklan tersebut diletakkan di sebagian kolom yang tersedia di surat kabar dengan warna hitam putih.

Perusahaan mencoba membuat iklan semenarik mungkin dengan menampilkan gambar dipadukan dengan desain yang provokatif, yang mana hal tersebut bisa membuat seseorang yang melihatnya tergoda untuk segera melakukan pembelian dengan mengunjungi dealer mobil tersebut.

Iklan Baris

Sumber : Gambar Pribadi

Contoh iklan media cetak yang kedua adalah iklan baris.

Iklan di atas merupakan jenis iklan baris yang biasanya sering ditemui di koran – koran atau ditempel di tempat umum. Iklan seperti ini cocok untuk Anda yang ingin mengiklankan bisnis baru Anda atau menjual barang – barang properti, seperti halnya rumah, mobil, sepeda motor, tanah, sawah dan sebagainya.

Iklan baris disajikan dengan hanya menggunakan teks dengan beragam singkatan yang mungkin terbilang cukup rumit untuk orang awam.

Iklan Brosur

Sumber : Gramedia Solo Square

Contoh iklan media cetak yang ketiga adalah brosur.

Brosur terdiri dari beberapa halaman yang berfungsi untuk menampilkan informasi secara lengkap dan terperinci. Gambar di atas adalah salah satu contoh brosur yang terdiri dari 6 halaman.

Iklan brosur juga merupakan iklan cetak. Iklan brosur biasanya dicetak dengan memanfaatkan ukuran kertas mulai dari A3 hingga A6.

Anda juga bisa meng-custom-nya sendiri jika mau.

Untuk menyebarluaskan iklan ini, biasanya pengiklan mengunjungi tempat – tempat potensial untuk menyebarkan brosur dan membagikannya kepada khalayak ramai.

Selain itu, pengiklan biasanya juga meletakkan brosur – brosurnya di beberapa sudut keramaian atau pusat perbelanjaan.

Iklan Cetak Flyer

Sumber : Pinterest

Flyer hampir sama dengan brosur, perbedaannya hanya terdapat pada halamannya.

Brosur memiliki beberapa halaman, sedangkan flyer hanya memiliki satu halaman. Cara mengiklankan flyer ini pun sama dengan cara mengiklankan brosur

Iklan Media Cetak Spanduk

Iklan spanduk adalah iklan yang dibuat dan di cetak dengan ukuran memanjang dan horizontal. Biasanya spanduk dipasang di sepanjang jalan dengan tujuan supaya dilihat oleh banyak orang.

Cara pemasangannya biasanya dengan cara dikaitkan dengan dua buah tiang atau pohon. Beberapa orang ada juga yang memangnya langsung di bagian depan tokonya. Ukuran spanduk bervariasi, mulai dari :

  • 90×600,
  • 90×500,
  • 115×500,
  • dan 100×700.

Sekian pembahasan mengenai pengertian apa itu iklan media cetak dan contoh iklan media cetak dari KIRIM.EMAIL.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca setia blog KIRIM.EMAIL.