Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi karena indonesia

Faktor Indonesia Miliki Keberagaman Hayati yang Tinggi

GridKids.id - Indonesia dikenal dunia sebagai negara yang punya keanekaragaman hayati tinggi. Namun, tahukah kamu apa penyebabnya?

Pada Rabu, 16 September 2020, tayangan Belajar dari Rumah di TVRI untuk siswa SMP dan sederajat akan membahas materi tentang Keanekaragaman Hayati Indonesia.

Di sini, kita akan ditunjukan mengenai berbagai keragaman hayati di Indonesia.

Contohnya seperti hewan, tumbuhan, sampai mikroba.

Yup! Bukan cuma indah, alam Indonesia juga menyimpan banyak jenis tumbuh-tumbuhan dan menjadi rumah bagi berbagai hewan.

Itu sebabnya, Indonesia dijuluki zambrut khatulistiwa.

Setelah mendapatkan materi ini, siswa diharapkan bisa mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang diamati.

Selain itu, mereka juga diharapkan mampu menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.

Pada materi ini akan ada 3 soal yang harus dijawab. Nah, sekarang kita coba kerjakan salah satunya, yuk!

Baca Juga: Tiga Aktivitas Manusia yang Bisa Mengakibatkan Terjadinya Krisis Air, Planet Kita: Air Tawar Materi Belajar dari Rumah TVRI

Sebutkan 15 orang tokoh yang memanfaatkan organisasi bentukan Jepang bantu kak pliss,jam 7.30 dikumpulkan:0​

1.Benda yang bentuknya selalu berubah, tetapi volumenya tetap...a.udarab.anginc.kestasd.minyak2.keadaan di suatu tempat pada waktu tertentu disebut... … .a.Peristiwab.hujanc.cuacad.musimtolong jawaban :)​​

1).apa yang kamu kagumi tentang kerajaan majapahit?2).apa yang membuat kalian kecewa kerajaan majapahit runtuh?jelaskan​

9. Tuliskan dan sebutkan peninggalan sejarah indonesia​

Ada nenek moyang Bangsa Indonesia menurut Ven Hiene Geldern tentang fungsi dari perahu bercadikadakah manfaat dari bangsa-Bangsa Vedda-Bangsa Proto Me … layu-Bangsa Deutro Melayu​

jelaskan mengapa tulisan disebut sebagai penanda adanya sebuah peradaban? , jwb cpt ya dikumpulkan besok

1. pengaruh dari perkembangan agama dan kebudayaan Hindu - Budha di bidang sosial adalaha. pembagian kasta dalam masyarakatb. pembagian wilayah dalam … masyarakatc. pembagian hasil bumi dalam masyarakatd. pembagian kerja dalam masyarakat2. contoh perhatian Purnawarman raja dari kerajaan tarumanegara terhadap kesejahteraan rakyat nya ialah ....a. membuat bendungan sungai untuk mengurangi banjirb. mendirikan bangunan suci untuk para pendetac. membuat penampungan Bagi yang tertimpa musibahd. mendirikan lumbung-lumbung pada untuk rakyat 3. soal nya ada di fotoka mohon bantuannya ka, besok mau dikumpulin secepatnya​

D. Benar - Salah Berikut ini merupakan pernyataan-pernyataan yang benar dan salah. Berilah tanda centang (V) untuk pernyataan yang benar atau salah me … nurut pemahamanmu.​

jelaskan awal mula tujuan Jepang menjajah Indonesia baik dari sektor ekonomi dan politik bantu jawab ​

menurut Prasasti Kedu 907 masehi Sanjaya mempunyai gelar ​

JELASKAN SISTEM PEREDARAN JANTUNG PARU

Tuliskan 5 dampak negatif dan 5 dampak positif dari perubahan lingkungan​

Sebutkan sembilan unsur yang telah dikenal sejak zaman purba !please jawab dong yang cepat, besok di kumpul​

apa saja benda yg bukan termasuk komponen biotik dan abiotik?​

1. Pada saat baru lahir, anak perempuan sudah memiliki bakal sel ovum (sel primordial) sebanyak 200.000 hingga 2.000.000, namun hanya sekitar 40.000 y … ang tersisa saat anak perempuan puber dan hanya 400 yang akan matang atau berkembang sempurna. Sel telur yang matang diovulasikan (dikeluarkan dari ovarium) selama siklus reproduksi perempuan, proses pembentukan sel kelamin perempuan disebut..... A. Spermatogenes B. Ovarium C. Oogenesis D. Vas Deferens​

1. Perhatikan gambar dibawah ini! 10 Berilah keterangan pada gambar diatas di tempat yang telah disediakan dengan istilah yang tepat! Bagian betina da … ri bunga disebut (1) yang terdiri atas(2) (3) (4) ___ dan (5)___. Bagian bunga no. 6 adalah dan bagian bunga no. 7 adalah_ Bagian jantan pada bunga disebut (8) terdiri atas (9) —_ dan (10) - Bagian bunga yang berwarna dan menarik disebut (11)​

Bahan baku obat alam dapat mengecil (kisut), berubah warna dan aroma disebabkan terjadinya reaksi......

bantu jawan bang.....​

tolong cepat di jawab bestie pertanyaan saat diskusi biologi materi,fertilisasi kehamilan dan kelahiran ​

No, Soal 1. Tes pada umumnya digunakan untuk menilai dan mengukur hasil belajar siswa, a Tentukan dan jelaskanlah syarat alat penilaian hasil evaluasi … belajar! b Tentukan dan jelaskanlah jenis jenis tes c Tentukan dan jelaskanlah bentuk tes d Buatlah contoh soal pembelajaran untuk IPA SD dan penyelesaiannya 2. Alat peraga adalah benda alat yang di gunakan untuk memperagakan fakta, konsep, prinsip tertentu agar tampak lebih konkret. Apa manfaat alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran IPA SD 3.Rancanglah sebuah alat peraga yang mencakup: Materi pokok, Judul percobaan, alat dan bahan, proses pembuatan, cara menggunakan serta manfaatnya! 4.Jelaskan Macam macam media pembelajaran yang Anda ketahui! Skor Maks​

Keanekaragaman hayati, atau “keragaman biologis” sangatlah penting bagi seluruh kehidupan di bumi. Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi. Hal ini disebabkan Indonesia memiliki berbagai tipe hutan yang berbeda sesuai dengan kondisi geografis masing-masing daerah. Hutan Indonesia pun kaya akan keanekaragaman hayati.

Apa yang dimaksud dengan keragaman biologis?

Biologis” merujuk pada segala sesuatu yang hidup – seluruh tanaman dan hewan. Di bumi, terdapat jutaan varietas tanaman dan hewan yang berbeda. Ketika kita berbicara mengenai keanekaragaman hayati, maka kita sedang berbicara mengenai seluruh Keragaman tersebut termasuk bakteri dan serangga. Ada pula burung, ikan, reptil, amfibi, dan mamalia kecil. Terdapat juga mamalia besar misalnya gajah dan orangutan.

Ada juga pepohonan raksasa, tanaman merambat, rerumputan, serta bunga. “Keragaman” disebut sebagai kombinasi dari seluruh jumlah tanaman dan hewan yang bervariasi tersebut, dan melimpahnya setiap tanaman dan hewan di suatu wilayah
tertentu

Keanekaragaman hayati sangat penting untuk semua orang di seluruh dunia. Inilah yang melatarbelakangi disusunnya perjanjian internasional untuk melestarikan keanekaragaman hayati. Perjanjian ini disebut Konvensi Keanekaragaman Hayati. Secara keseluruhan, terdapat 168 negara yang telah menandatangani perjanjian ini. Indonesia menandatanganinya pada tahun 1994..

Indonesia terkenal di seluruh penjuru dunia karena keanekaragaman hayatinya.
No. 1 untuk jumlah mamalia (515 spesies) dan palmae (400 spesies)
No. 3 untuk reptil (600+ spesies)
No. 4 untuk burung (1519 spesies)
No. 5 untuk amfibi (270 spesies)

Dimana kita dapat menemukan keanekaragaman hayati?

Keanekaragaman hayati ada dimana-mana, tetapi keanekaragaman tertinggi cenderung berada di daerah tropis karena produktivitasnya yang tinggi, atau di daerah yang memiliki ekosistem yang kompleks. Kita dapat menyebut suatu daerah kaya akan keanekaragaman hayati jika daerah tersebut memiliki:

  • Berbagai jenis tanaman dan hewan.
  • Jumlah yang besar dari setiap jenis tanaman dan hewan tersebut.

Beberapa daerah di Indonesia yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati diantaranya:

  • Hutan hujan dataran rendah.
  • Hutan bakau.
  • Hutan alami bercampur dengan area lain, seperti padang rumput.
  • Kawasan yang dilindungi.

Apa yang dimaksud dengan ekosistem?

Kita bisa membayangkan ekosistem sebagai sebuah komunitas. Dalam komunitas, ada makhluk hidup, seperti tanaman dan hewan, dan benda mati, seperti tanah dan udara. Semua anggota dalam suatu ekosistem saling bergantung dan saling mendukung. Sebagai contoh:

  • Burung memakan buah dari pohon. Kemudian mereka menjatuhkan benih di tanah, dan pohon-pohon yang baru akan tumbuh.
  • Hewan memakan tanaman dan kemudian mereka dimakan oleh hewan lain. Ketika hewan mati, bangkai mereka membuat tanah subur, sehingga lebih banyak tanaman yang dapat tumbuh.
  • Manusia dan hewan menghirup oksigen dan bernapas mengeluarkan karbon dioksida. Tanaman mengambil karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen.

Apa yang akan terjadi apabila hewan dan tumbuhan menghilang?

Ekosistem sangatlah kompleks. Dalam suatu ekosistem, semuanya memiliki peran tersendiri. Semakin beragam hewan dan tanaman, maka semakin banyak pula makhluk hidup yang memiliki peran penting. Tetapi jika kita mengganggu salah satu bagian ekosistem, berarti kita telah mengganggu seluruh sistem.

Kadang-kadang, beberapa tanaman atau binatang sangat tergantung pada satu tanaman atau binatang lain. Hal ini sering terjadi di hutan Indonesia karena Indonesia memiliki banyak spesies endemik. Spesies endemik adalah spesies yang tidak ditemukan di belahan manapun di dunia.

Bagaimana keanekaragaman hayati mendukung keberlangsungan ekosistem?

Jika suatu ekosistem kuat dan sehat:

  • Akan tercipta kualitas air, tanah, dan udara yang baik.
  • Akan beradaptasi dengan lebih baik ketika perubahan iklim terjadi.
  • Akan mendukung pertanian.
  • Akan menjadi pengendali hama dan penyakit.

Keanekaragaman hayati membuat semua ini menjadi nyata. Itulah sebabnya menjaga keanekaragaman hayati sangat penting untuk masa depan manusia dan kehidupan lain di bumi.