Istilah lain yang maknanya sama dengan menggiring bola pada permainan sepak bola adalah

LIHAT SEMUA: Istilah lain yang maknanya sama dengan menggiring bola pada permainan sepak bola adalah

Foto: Istilah dalam permainan sepak bola, Harry Kane mengeksekusi tendangan penalti (Foto: REUTERS)

SPORTPEDIA kali ini akan membahas istilah dalam permainan sepak bola. Dalam memainkan sepak bola, tentunya banyak teknik-teknik yang harus dikuasai oleh pesepak bola.

Mulai dari menggiring bola, menendang bola, hingga mengoper bola menjadi salah satu dasar penting suatu permainan sepak bola. Untuk memahampi lebih jauh, berikut Sportstars.id hadirkan istilah dalam permainan sepak bola yang dirangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga : Sportpedia: Teknik Dasar Renang Gaya Dada untuk Pemula

1. Passing

Passing merupakan teknik mengumpan bole ke rekan setim. Passing sendiri biasanya diistilahkan sebagai umpan-umpan pendek yang berguna untuk mengalirkan bola dari satu pemain, ke pemain lainnya.

Baca Juga : Sportpedia: Lama Waktu Permainan Bola Basket

2. Crossing

Fungsi crossing hampir sama seperti passing, namun memiliki cara dan makna yang berbeda. Crossing dilakukan seorang pemain guna mengumpan bola ke area yang membahayakan gawang lawan. Biasanya, crossing ini kerap kali dilakukan oleh pemain gelandang, dan sayap serang.

3. Shooting

Winger Italia, Federico Chiesa, mengancam gawang Inggris dengan tembakan mendatarnya (Foto: Reuters/Paul Ellis)

Shooting adalah teknik tendangan bola ke arah gawang lawan. Shooting sendiri memiliki beberapa teknik, yang bisa dilakukan dengan punggung kaki, kaki bagian dalam maupun luar.

4. Dribbling

Dribbling adala teknik menggiring bola dengan kaki ke arah tertentu. Dalam teknik ini terbilang sulit dan tak semua pemain dapat melakukannya dengan baik. Pasalnya, seorang pemain harus menggiring bola dan melewati lawan yang menghadangnya. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menjadi pemain yang sangat ahli dalam hal ini.

5. Throw In

Throw in merupakan gerakan melempar bola ke dalam lapangan, dari garis pinggir lapangan menggunakan kedua tangan. Meski terdengar mudah, namun hal ini juga ada aturannya. Dalam lemparan ke dalam, kedua kaki pemain sepak bola harus menapak ke tanah. Tidak boleh meloncat, bahkan menaikan kaki sedikit pun. Bahkan, seorang pemain profesional juga pernah melakukan kesalahan dalam hal ini.


Page 2

Bola Lainnya

Sportpedia: Istilah Dalam Permainan Sepak Bola

Foto: Istilah dalam permainan sepak bola, Harry Kane mengeksekusi tendangan penalti (Foto: REUTERS)

6. Corner Kick

Corner kick atau tendangan sudut diberikan jika bola yang mengenai pemain lawan terpental ke belakang area belakang gawang. Hampir sama seperti throw in, namun menggunakan menggunakan kaki.

Baca Juga : Sportpedia: Manfaat Olahraga Basket Bagi Kesehatan Tubuh

7. Free Kick

Free Kick adalah tendangan bebas yang diberikan oleh wasit, atas pelanggaran yang didapat. Tendangan bebas ini terjadi apabila seorang pemain dilanggar di luar kotak penalti lawan.

Baca Juga : Sportpedia: Pelanggaran dalam Permainan Bola Voli

8. Penalty

Cristiano Ronaldo mengeksekusi penalti ke gawang Irlandia dalam kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (2/9/2021) dini hari WIB (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

Penalty atau penalti merupakan hasil dari pelanggaran yang terjadi di dalam kotak penalti. Jenis pelanggaran yang ini sangat menguntungkan tim yang mendapatkannya, karena peluang menciptakan gol sangat besar, lantaran langsung berhadapan dengan kiper.

8. Offside

Offside merupakan pelanggaran dimana situasi pemain yang berada di belakang pemain terakhir lawan menerima sebuah umpan. Dalam posisi ini, hanya berbeda satu langkah saja tetap dinyatakan offside.

9. Diving

Diving adalah tindakan seorang pemain yang berpura-pura dilanggar. Biasanya, pemain melakukannya di kotak terlarang agar mendapatkan hadiah penalti. Namun, jika ketahuan berpura-pura, maka pemain tersebut akan mendapatkan kartu kuning.

10. Warming Up

Warming up atau pemanasan menjadi hal wajib yang harus dilakukan sebelum bertanding. Hal ini guna meregangkan otot dan menghindari risiko cedera dalam pertandingan.

Editor : Saliki Dwi Saputra

Kompas.com, 20 Maret 2021, 21:00 WIB

Lihat Foto

Ilustrasi | Shutterstock

Ilustrasi sepak bola.


KOMPAS.com - Siapa yang tidak kenal dengan olahraga sepak bola satu ini. Sepak bola merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia.

Sepak bola merupakan olahraga yang bisa dimainkan siapa saja dan di mana saja.

Permainan sepak bola menggunakan bola besar yang dimainkan oleh kedua tim berisikan masing-masing 11 orang.

Dalam dunia sepak bola terdapat istilah-istilah terkait permainan olahraga tersebut. Dilansir dari Juara.net, berikut istilah-istilah dalam olahraga paling diminati di dunia itu:

Baca juga: Teknik Sepak Bola, Cara Menendang Bola dengan Kaki Bagian Dalam

  • Kick-offadalah awal dimulainya sebuah pertandingan pertandingan. Kick-off dalam sepak bola disebut juga tendangan mula atau sepak mula.
  • Penalti. Tendangan penalti dilakukan ketika terjadi pelanggaran di garis penalti. Sementara adu penalti biasanya juga dilakukan setelah pertandingan berakhir imbang dan telah melalui babak extra time, biasanya dilakukan oleh 5 orang penendang dari masing-masing tim. Tendangan penalti dilakukan dari depan gawan.
  • Goal kick: Tendangan ini dilakukan apabila bola melampaui garis gawang. Goal kick atau tendangan gawang dilakukan ketika bola keluar dan tim lawan menjadi sosok terakhir yang menyentuh bola. Tendangan bola yang dilakukan dari depan gawang disebut goal kick.
  • Free kick: tendangan bebas dilakukan dari luar garis lapangan.
  • Corner kick atau juga disebut sebagai tendangan pojok. Dalam permainan sepak bola, apabila seorang pemain penyerang melakukan tendangan ke arah gawang lawan, dan berhasil digagalkan oleh pemain belakang bertahan dengan cara menendang bola keluar lapangan malalui garis samping lapangan, maka wasit akan memberikan keputusan corner kick.
  • Throw in: Throw in adalah lemparan ke dalam setelah bola keluar dari lapangan baik di sebelah kanan atau kiri lapangan.

Baca juga: Sepak Bola: Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasar

Istilah pelanggaran

  • Foul: istilah pelanggaran yang dilakukan oleh pemain baik disengaja maupun tidak.
  • Out

    : peristiwa bola keluar dari garis pembatas lapangan

  • Handsball

    : pelanggaran yang dilakukan oleh pemain (selain kipper) yang menyentuh bola dengan tangan.

  • Offside

    : pemain penyerang berada pada posisi lebih dekat ke gawang lawan daripada pemain bertahan lawan sebelum bola diumpan oleh teman satu tim-nya.

  • Kartu kuning:

    tanda peringatan yang diberikan wasit karena pemain melakukan pelanggaran seperti perselisihan atau mencederai secara sengaja atau tidak sengaja terhadap pemain lain.

  • Kartu merah:

    tanda peringatan yang diberikan wasit kepada pemain karena melakukan pelanggaran fatal. Kartu merah juga bisa diberikan setelah pemain mendapat kartu kuning dua kali.

Baca juga: Kisah Unik di Balik Istilah Hattrick dalam Sepak Bola

Istilah teknis

  • Agregat: jumlah skor setelah bertanding antar kandang dan tandang.
  • Degradasi:

    penurunan kasta bagi klub yang terendah di liga utama.

  • Ball Possesion

    : penguasaan bola atau berapa lama waktu bola dikuasai oleh satu klub dalam pertandingan.

  • Gol bunuh diri:

    gol yang dilakukan ke gawang sendiri.

  • Counter attack

    : serangan balik.

  • Crossing:

    umpan silang/ umpan lambung.

  • Diving:

    pemain yang sengaja menjatuhkan diri, seolah-olah dilanggar oleh pemain lawan tapi pada kenyataannya hanya dirinya yang jatuh.

  • Dribbling:

    teknik menggiring bola.

  • Heading

    : menyundul bola.

  • Intercept

    : cara untuk memotong umpan lawan.

  • Juggling:

    mengangkat bola berkali-kali.

  • Passing:

    proses memberikan atau mengumpan bola kepada teman satu tim.

Baca juga: 4 Pesepak Bola Dunia Bergelar Sarjana

Istilah waktu

  • Extra time: babak tambahan yang diberikan apabila kedua tim bermain imbang karena dalam sebuah laga tersebut salah satu tim diwajibkan untuk menang.
  • Full time

    : akhir dari sebuah pertandingan atau waktu pertandingan sudah habis.

  • Half time

    : pertengahan pertandingan atau waktu jeda/istirahat.

  • Injury time

    : waktu tambahan yang diberikan pada sebuah pertandingan sepakbola.

    (Redaksi Cewekbanget)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita berikutnya

Jersey Juventus Milik Ronaldo Haram…

Video yang berhubungan