Jarak antara satu nada dengan nada yang lain disebut

Jarak antara nada satu dengan nada yang lain disebut juga?

  1. tangga nada
  2. tempo
  3. interval
  4. birama
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: C. interval

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, jarak antara nada satu dengan nada yang lain disebut juga interval.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Tiga nada atau lebih yang dibunyikan secara bersama sama disebut juga? beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Jarak antara nada satu ke nada yang lain disebut?

  1. Tempo
  2. Birama nada
  3. Interval nada
  4. tangga nada
  5. Semua jawaban benar

Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling benar adalah: C. Interval nada.

Dari hasil voting 987 orang setuju jawaban C benar, dan 0 orang setuju jawaban C salah.

Jarak antara nada satu ke nada yang lain disebut interval nada.

Pembahasan dan Penjelasan

Jawaban A. Tempo menurut saya kurang tepat, karena kalau dibaca dari pertanyaanya jawaban ini tidak nyambung sama sekali.

Jawaban B. Birama nada menurut saya ini 100% salah, karena sudah melenceng jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban C. Interval nada menurut saya ini yang paling benar, karena kalau dibandingkan dengan pilihan yang lain, ini jawaban yang paling pas tepat, dan akurat.

Jawaban D. tangga nada menurut saya ini salah, karena dari apa yang ditanyakan, sudah sangat jelas jawaban ini tidak saling berkaitan.

Jawaban E. Semua jawaban benar menurut saya ini salah, karena setelah saya cari di google, jawaban tersebut lebih tepat digunkan untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa disimpulkan pilihan jawaban yang benar adalah C. Interval nada

Jika masih punya pertanyaan lain, kalian bisa menanyakan melalui kolom komentar dibawah, terimakasih.

ilustrasi musik. ©www.bbc.co.uk

JATIM | 22 September 2020 20:00 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Musik adalah salah satu bagian pokok dalam ritme kehidupan manusia. Hampir semua peradaban masyarakat di dunia memiliki musik sebagai hasil budayanya. Hal tersebut mengindikasikan bahwa musik bersinggungan erat dengan kehidupan sosial masyarakat.

Musik merupakan karya seni berupa bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik yaitu irama, melodi, harmoni, bentuk, dan struktur lagu menurut Jamalus dalam Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik (1988:1). Jadi musik memiliki hubungan erat dengan bunyi.

Dalcrose (1865-1950) dalam Buku PLPG Seni Rupa Ganda (2012:161) menekankan bahwa belajar musik ditekankan pada rasa, bukan otak. Dengan mendengarkan alunan musik siswa dapat menghayati apa yang dinamakan tangga nada, interval, dan akornya. Dan dalam artikel kali ini, secara spesifik kita akan membahas mengenai apa itu interval nada.

Interval nada adalah jarak antara nada yang satu ke nada yang lain yang diukur tinggi rendahnya. Tangga nada adalah sebuah bentuk dari susunan nada-nada yang terpusat pada satu nada dasar. Di dalam tangga nada ada lagi bentuk kecil yang menyusun tangga nada tersebut, yaitu hubungan antar masing-masing not secara individu yang membentuk melodi dan harmoni. Berikut penjelasan selengkapnya.

2 dari 4 halaman

Mengutip Diktat Teori Musik 1 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, interval nada adalah  “jarak” antara nada satu ke nada yang lain. Setiap interval diberikan nama yang mengandung arti kuantitas dan kualitas. Dalam sebuah tangga nada ada 7 (tujuh) nada yang masing-masing mempunyai nama kuantitas interval, sebagai berikut:

  1. c – c : prime 
  2. c – d : secondo 
  3. c – e : terts 
  4. c – f : kuart 
  5. c – g : kuint 
  6. c – a : sekst 
  7. c – b : seprim 
  8. c – c’ : oktaf

Sedangkan nama kualitas interval dibagi ke dalam 2 (dua) kelompok dasar, yaitu :

Interval Perfect (murni):

  • Interval Prime ( 1 )
  • Interval Kuart ( 4 )
  • Interval Kuint ( 5 )
  • Interval Oktaf ( 8 ) 

Interval Mayor (besar):

  • Interval Secondo ( 2 ) 
  • Interval Terts ( 3 )
  • Interval Sekst ( 6 )
  • Interval Septim ( 7 )

Masing-masing interval dasar di atas dapat diubah-ubah, yaitu dengan memperlebar jarak atau mempersempit jarak. Untuk memperlebar jarak, maka nada atas dinaikkan 1 semitone, atau nada bawah diturunkan 1 semitone, sedangkan untuk mempersempit jarak, maka nada atas diturunkan 1 semitone, atau nada bawah dinaikkan 1 semitone.

Seluruh interval Mayor, jika diperlebar sebanyak 1 semitone, akan menjadi interval Augmented, akan tetapi bila dipersempit sebanyak 1 semitone, akan menjadi interval minor, dan jika dipersempit sekali lagi sebanyak 1 semitone, akan menjadi interval diminished. Demikian juga pada interval Perfect, jika diperlebar sebanyak 1 semitone, akan menjadi interval Augmented, akan tetapi bila dipersempit sebanyak 1 semitone, akan menjadi interval diminished.

3 dari 4 halaman

Harmoni atau paduan nada adalah bunyi gabungan dua nada atau lebih, yang berbeda tingginya dan kita dengar serentak (Jamalus 1988 : 30). Pengertian interval nada adalah jarak antara 2 nada (Pono Banoe, 2003:196), urutan interval adalah sebagai berikut :

1) Prime (1st) seperti C ke C2) Skunde (2nd) seperti C ke D3) Ters (3rd) seperti C ke E4) Kwart (4th) seperti C ke F5) Kwint (5th) seperti C ke G6) Sekt (6th) seperti C ke A7) Septim (7th) seperti C ke B8) None (9th) seperti C ke D’9) Decim (10th) seperti C ke E’10) Undecim (11th) seperti C ke F’11) Dodecim (12th) seperti C ke G’

12) Tredecim (13th) seperti C ke A’

Pengembangan jarak lebih jauh dapat diartikan oktaf = prime, none = sekunde, decim = ters, undecim = kwart, dodecim = kwint, tredecim = sekt, dalam hal ini dikenal sebagai compound interval (interval ganda). Menurut nilainya, interval dapat di klasifikasikan sebagai Perfect = murni, major = besar, minor = kecil, diminished = kurang, augmented = lebih, Interval yang masuk kedalam skala besar adalah compound interval.

4 dari 4 halaman

Jika nada bawah dari sebuah interval diletakkan sebagai nada atas (dinaikkan 1 oktaf), atau jika nada atas dari sebuah interval diletakkan sebagai nada bawah (diturunkan 1 oktaf), maka interval tersebut dikatakan sebagai interval pembalikan (invertion).

Sehingga interval sekondo akan menjadi interval septim, interval terts menjadi interval sekst, dan interval kuart akan menjadi interval kuint. Sedangkan kualitas interval mayor akan menjadi interval minor, interval augmented akan menjadi interval diminished, interval perfect akan tetap menjadi interval perfect, demikian sebaliknya.

Interval yang tidak lebih dari 1 oktaf, disebut dengan interval sederhana (simple interval), dan interval yang lebih dari 1 oktaf, disebut interval susun (compound interval).

(mdk/edl)

Bagi Anda para pecinta musik tentu sudah tidak asing dengan istilah interval nada dalam pelajaran seni musik di sekolah. Dikutip dari Majalah Bobo interval nada adalah jarak frekuensi antara satu nada dengan nada lainnya. Baik jarak nada ke atas maupun ke bawah.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang interval nada, terlebih dahulu kita pahami sekelumit mengenai musik. Secara istilah, musik merupakan rangkaian nada yang disusun sedemikian rupa untuk menghasilkan harmonisasi yang indah. Musik dapat dikeluarkan dari suara alat musik yang dimainkan, atau bahkan hanya dengan tepuk tangan dan benda sekitar lainnya.

Dilansir dari buku Sejarah Musik dan Apresiasi Seni yang ditulis oleh Sila Widhyatama, ada unsur-unsur penting yang memiliki peran sebagai pembentuk musik. Unsur-unsur tersebut antara lain:

1. Unsur-unsur pokok, meliputi harmoni, irama, melodi, dan struktur lagu.
2. Unsur-unsur ekspresi, yaitu berkaitan dengan tempo, dinamik, dan warna nada.

Unsur-unsur Musik Selain Interval Nada

1. Harmoni merupakan keselarasan bunyi dari gabungan dua nada atau lebih, yang berbeda tinggi rendahnya.2. Irama dapat diartikan sebagai bunyi atau sekelompok bunyi dengan bermacam-macam panjang pendek not dan tekanan, atau aksen pada not.3. Melodi yaitu susunan rangkaian nada yang terdengar berurutan.4. Struktur/bentuk lagu yaitu hubungan antara unsur musik dalam satu lagu, sehingga menghasilkan komposisi lagu yang bermakna.5. Tempo lagu yaitu cepat atau lambatnya irama dalam sebuah lagu.

6. Ekspresi adalah ungkapan pikiran dan perasaan, yang mencakup tempo, dinamik, dan warna, yang disampaikan dari penyanyi kepada pendengarnya.

Jenis-jenis Interval Nada

Setelah memahami dasar makna akan musik. Maka selanjutnya adalah masuk dalam pembahasan mengenai interval nada dan jenis-jenisnya. Berikut penjelasannya:

Advertising

Advertising

Interval nada prime adalah jarak antara nada yang satu dengan yang lain dengan pitch yang sama. Pitch adalah ketepatan tinggi rendahnya nada. Contoh penggunaan interval nada prime adalah jarak dari nada C ke nada C lagi.

2. Second

Interval nada second adalah jarak antara nada yang satu dengan yang lain dengan pitch satu tingkat di atasnya. Contoh penggunaan interval nada second adalah C ke nada D.

3. Terts

Interval nada terts adalah jarak antara nada pertama ke nada ketiga. Contoh penggunaan interval nada Terts adalah C ke nada E, untuk terts besar. Interval terts besar memberikan kesan melodi yang cerah. Sedangkan untuk terts kecil, lompatan melodi dari nada C ke Eb. Kesan melodi terts kecil adalah sempit, gelap, sedih.

4. Kuart

Interval nada kuart adalah jarak antara nada pertama ke nada keempat. Contoh penggunaan interval nada kuart adalah C ke nada F.

5. Kwint

Interval nada kwint adalah jarak antara nada pertama ke nada kelima. Contoh penggunaan interval nada kuart adalah C ke nada G.

6. Sekst

Interval nada sekst adalah jarak antara nada pertama ke nada keenam. Contoh penggunaan interval nada kuart adalah C ke nada A.

7. Septim

Interval nada septim adalah jarak antara nada pertama ke nada ketujuh. Contoh penggunaan interval nada kuart adalah C ke nada B.

8. Oktaf

Interval nada oktaf adalah jarak antara nada pertama ke nada delapan. Contoh penggunaan interval nada kuart adalah C ke nada C pada oktaf selanjutnya.

Ciri-ciri Bunyi Interval

Berikut ciri-ciri dari tangga nada dari urutan dasar dalam sebuah musik. Antara lain:

1. Jarak antar nada satu ke nada lainnya. Contohnya pada tangga nada c-d-e-f-g-a-b-c, jarak nadanya adalah 1 1 ½ 1 1 1 ½.2. Deretan nada-nada naik (naik turun) dari setiap tangga nada, contohnya adalah c-d-e-f-g-a-b-c-a-g-f-e-d-c.

3. Langkah dari nada satu dengan nada lainnya, misalnya dalam tangga nada C mayor nada c ke c adalah langkah ke-1.