Jelaskan apa fungsi dari tombol Backspace?

Perbedaan Delete & Backspace

Perbedaan Tombol Delete Dan Backspace Komputer merupakan perangkat elektronik yang bisa dipakai untuk memanipulasi informasi ataupun data. Komputer juga memiliki fungsi lainnya yakni untuk menyimpan, mengambil, serta mengolah data. Sekarang ini penggunaan komputer memang telah menjamur di masyarakat apalagi dengan hadirnya laptop dan gadget seperti android. Perangkat-perangkat yang ada di laptop dan android tidaklah jauh beda dengan apa yang ada di dalam komputer. Hanya saja bedanya terletak pada hardware dan softwere yang mana di komputer bisa terpisah dan dikenali namun berbeda dengan gadget ataupun android yang ternyata sulit sekali software dan hardwarenya dibedakan.

Misalnya, dalam laptop ada mouse internat dan eksternal. Tapi tidak pada android dan gadget. Tidak hanya keberadaan mouse saja, namun dalam komputer atau laptop terdapat keyboard yang juga mungkin akan susah ditemukan di android atau gadget lainnya secara hardware. Penggunaan keyboard yang mempunyai macam-macam tombol fungsi dan bisa dibilang perannya saling mendukung saat mengoperasikan komputer atau laptop. Keyboard merupakan sebuah perangkat yang sifatnya hardware dan berperan penting dalam membantu proses pengerjaan pengolahan data di sebuah komputer atau laptop agar bisa lebih cepat.

Perbedaan Tombol Delete Dan Backspace

Diantara beberapa tombol fungsi yang ada di keyboard, adapun tombol yang paling sering digunakan ialah tombol Backspace dan Delete. Meskipun fungsi serta perannya di tombol keyboard hanya delete sederhana, namun terdapat banyak fungsi-fungsi yang lainnya yang juga menggunakan backspace dan delete di dalam sebuah sistem. Dalam hal ini penting sekali untuk mengetahui perbedaantombol delete dan backspace pada Keyboard.

Perbedaan Tombol Backspace dan Delete

Mengenal Tombol delete dan backspace di Keyboard Komputer

Sebenarnya antara tombol Delete dan Backspace mempunyai fungsi yang sama yakni untuk menghapus. Akan tetapi terdapat perbedaan sedikit pada kedua tombol fungsi yang ada di keyboard tersebut, yaitu:

  • Apabila secara umum (bukan untuk sebatas program Microsoft), kedua tombol akan memilki perbedaan fungsi sebagai berikut:
  1. Backspace : Tombol ini akan berfungsi untuk menghapus karakter yang berbentuk huruf, angka, dan lainnya.
  2. Delete : Tombol ini akan berfungsi untuk menghapus gambar pada paint dan aplikasi untuk pembuka gambar lainnya.
  • Apabila lebih spesific pada lembar Microsoft office misalnya microsoft word, maka kedua tombol tersebut akan memilki perbedaan fungsi sebagai berikut:
  1. Backspace : Adapun fungsi dari tombol tersebut yakni untuk menghapus satu karakter yang ada di depan krusor aktif.
  2. Delete : Sedangkan untuk fungsi dari tombol delete yaitu untuk menghapus karakter yang berjumlah satu atau lebih di belakang kursor aktif.

Intinya, perbedaantombol delete dan beckspace yakni jika saat pengoperasian laptop atau komputer kalian memilih tombol delete maka kalian akan menghapur karakter atau huruf ke kanan, namun jika kalian memilih untuk menekan tombol Backspace, maka kalian akan menghapus huruf atau karakter kekiri kalian. Meskipun begitu, ternyata tombol Backspace juga memiliki sejumlah fungsi lain yang bisa dibilang cukup menarik untuk diketahui karena faktanya fungsinya tak hanya untuk menghapus satu persatu karakter atau huruf saja yang ada di depan kursor, berikut ulasannya:

  1. Mempunyai fungsi sebanding dengan tombol back

Nah, untuk fungsi lain dari tombol backspace yakni tak hanya dipakai untuk menghapus satu persatu huruf atau karakter pada lembar kerja tepat di depan kursor, ternyata backspace ini juga memiliki fungsi yang sebanding atau sama dengan back. Ketika kalian sedang berselancar dengan menggunakan software browser, seperti Opera mini, Mozilla Firefox, ataupun Google Chrome, tentu kalian ingin kembali menuju halaman yang sebelumnya. Nah, dalam hal ini kalian tidak perlu lagi klik tanda panah yang arahnya ke kiri. Namun, kalian cukup menekan tombol backspace yang mana fungsinya sebanding atau sama dengan Back yang ada di software browser.

  1. Menghapus dalam satu waktu

Perbedaantombol delete dan backspace lainnya bisa dilihat dari sisi fungsi tombol backspace yang lainnya, seperti digunakan untuk menghapus kata dalam satu waktu saja. Tak hanya bisa untuk menghapus huruf di bagian sebelah kiri kursor, ternyata backpace ini bisa untuk menghapus satu kata hanya dalam satu waktu saja. Dalam hal ini kalian bisa gunakan tombol kombinasi yakni bersamaan dengan tombol backspace dan ctrl. Dengan kombinasi tombol fungsi tersebut, kerjaan kalian jadi bisa teratasi dengan lebih cepat.

Fungsi Delete dan Backspace

Trik Menghapus Ketikan di Ms Word

Menghapus sebuah ketikan yang berupa huruf, kata maupun kalimat merupakan hal biasa dan pasti sering dilakukan saat membuat dokumen di Microsoft Word. Biasanya penghapusan dilakukan dengan keyboard dan menggunakan tombol DELETE atau Backspace. Untuk bisa mempercepat proses penghapusan, berikut triknya:

  1. Menghapus Dengan Menggunakan Tombol CTRL+DELETE

Penghapusan dilakukan untuk huruf yang ada di bagian kanan kursor sampai akhir kata. Kalian cukup tekan tombol CTRL+DELETE, lalu kata yang kalian ingin hapus akan hilang.

  1. Menghapus Dengan Menggunakan Tombol CTRL+BACKSPACE

Penghapusan dilakukan untuk huruf yang ada di kiri kursor sampai akhir sebuah kata. Kalian cukup menekan tombol CTRL+BACKSPACE, maka kata akan dihilangkan.

Sekian dan terimakasih.