Jelaskan cara pembuatan produk kerajinan bahan serat sapu

Kerajinan Sabut Kelapa | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang alat, bahan, dan cara membuat berbagai kerajinan dari bahan dasar sabut kepala dalam pembelajaran Prakarya kelas 7. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang alat, bahan, dan cara membuat berbagai kerajinan dari bahan dasar sabut kepala dalam pembelajaran Prakarya. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami alat, bahan, dan cara membuat berbagai kerajinan dari bahan dasar sabut kepala dalam pembelajaran Prakarya.

Sabut Kelapa

Kelapa merupakan tumbuhan yang di manfaatkan semua bagiannya, mulai dari dari daun, buah, hingga batang. Salah satu bagian dari tanaman kelapa yang dapat dimanfaatkan adalah sabut kelapa terdapat pada buah kelapa. Bagian ini berbentuk serat yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk mencuci piring atau membersihkan kerak. Serat sabut kelapa ini juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produk kerajinan yang bernilai estetik.

Di bawah ini adalah beberapa hasil kerajinan dari sabut kelapa yang memiliki nilai estetika dan jual jual yang bisa dijadikan sebagai sarana dalam bisnis kecil-kecilan. Adapun hasil kerajinan tersebut bisa kalian simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Membuat Pot

Alat dan bahan yang akan kita gunakan dalam membuat pot dari sabut kelapa adalah sebagai berikut.

Alat

Adapun alat yang akan kalian gunakan dalam membuat pot sederhana dari sabut kelapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pisau
  2. Gunting
  3. Pisau besar
  4. Bor

Bahan

Adapun bahan yang bisa kalian gunakan dalam membuat kerajian pot sederhana dari sabut kelapa adalah sebagai berikut.

  1. Sabut kelapa kering
  2. Tali ijuk

Langkah Pembuatan

Di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa kalian gunakan dalam membuat pot sederhana dari sabut kelapa. Adapun langkah-langkah pembutannya adalah sebagai berikut.

  1. Ambillah sabut kelapa dari kulit yang sudah kering, gunakan linggis untuk menguliti kelapa agar kupasan sabut tetap terjalin. Jika desa kulit kelapa ini sudah dikuliti sedemikian rupa sehingga kupasan sabut kelapa masih terjalin atau utuh. Lembarkan sabut kelapa dan potonglah bagian atasnya dengan menggunakan pisau besar. 
  2. Tandai bagian bawah dan atas pada setiap belahan dengan menggunakan tipe ex atau spidol, bagian ini akan di bor untuk mengikat belahan sabut kelapa sekaligus untuk tali ikatan pot.
  3. Borlah dengan hati-hati pada bagian yang diberi tanda.
  4. Talikan ijuk pada setiap lubang sabut kelapa sehingga setiap belahan sabut dapat menyatu.

Cara Membuat Keset dari Serat

Kali ini kita akan belajar cara membuat kerajinan sederhana yaitu membuat keset dari serat. Semoga dengan adanya cara ini dapat membantu kalian dalam membuat keset sederhana dari serat. Untuk lebih jelasnya silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Alat dan Bahan

  1. Sabut kelapa
  2. Palu
  3. Pisau
  4. Gunting besar buat finishing

Proses Pembuatan

  1. Siapkan tempat untuk membuat anyaman sabut (bisa dengan tiang memanjang).
  2. Siapkan tali yang akan dijadikan alur untuk anyaman
  3. Anyaman sabut kelapa (menenun), masukka dari atas, ditata sejajar sampai semua tersisi penuh.
  4. Setiap kali dapat satu baris, repatkan dengan memukul-mukul dari atas agar keset penuh dan kuat.
  5. Rapikan dengan pisau atau gunting sisa-sisa sabut kelapa.

Sapu dari Sabut Kelapa

Kalian suka bersih-bersih di rumah tapi sapunya tidak ada. Nah, kali ini kita akan membuat sapu dari sabut kelapa. Kalian bisa menggikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat sapu sederhana dari sabut kelapa. Selamat mencoba semoga berhasil.

Alat

  1. Kayu pemukul dan batu landasan 
  2. Sikat dari kawat (dapat dibuat dari paku-paku kecil yang ditancapkan pada kayu dibuat seperti sikat 
  3. Pisau/parang dan jarum karung

Bahan

  1. Sabut kelapa 2 butir
  2. Sebilah bambu atau carang panjang 1 meter
  3. Tali/tambang dari sabut kelapa 
  4. Besaran kurang lebih 2-3 mm sepanjang 6 m
  5. Sebilah bambu kecil besaran 3-4 mm panjang 20 m

Langkah Pembuatan

  1. Sabut (tepes) dipukul agar daging sabut lepas.
  2. Sabut yang telah dipukul-pukul disikat agar serabut yang pendek lepas.
  3. Serat yang pendek dibuat tali
  4. Serat yang panjang dengan tali sabut bagian ujungnya dengan besaran kurang lebih segenggam jari telunjuk
  5. Tiap 1 buah sapu terdiri dari 4 (empat) akar sabut yang terpisah dan 1 ikat sabut yang langsung diikatkan pada ujung tangkai sapu
  6. Tusukkan sebilah bambu kecil pada ikatan sabut diujung tangkai ibaratnya sebagai bahu (pundak).
  7. Tusukkan keempat ikatan sabut di bahu kanan dan kiri tangkai masing-masing 2 (dua) ikat.
  8. Ikatlah ujung sabut bagian atas bahu tangkai.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini, semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi tentang artikel di atas. Dan harapannya, kiranya apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami isi artikel yang yang admin bagikan di atas. Selamat belajar dan berkreasi buat anak didik semuanya, moga-moga hasil prakarya kalian menarik dan mendapatkan nilai terbaik dari semua kerajinan yang ada. Dan yang paling utama adalah kalian diharapkan menjadi seniman-seniman yang luar biasa nantinya. Sukses selalu buat kalian semua dan sampai bertemu di lain kesempatan. Terima kasih dan salam sukses.


Tags :

CARA MEMBUAT SAPU DARI SABUT KELAPA 

alat dan bahan :

- sabut kelapa dari buah kelapa 2 butir - sebilah bambu atau carang panjang 1 m - tali / tambang dari sabut kelapa - sebilah bambu kecil besaran 3-4 mm panjang 20cm - kayu pemukul dan batu landasan - sikat dari kawat (dapat dibuat dengan paku-paku kecil yang ditancapkan pada kayu dibuat seperti sikat - pisau/ parang dan jarum karung

cara membuat :
1. sabut (tepes) dipukulpukul agar daging sabut lepas.

2. sabut yang telah dipukul pukul disikat agar serabut yang pendek lepas 3. serat yang pendek dibuat tali 4. serat yang panjang diikat dengan tali sabut bagian ujungnya dengan besaran kurang lebih segenggam jari telunjuk 5. tiap 1 buah sapu terdiri dari 4 akar sabut terpisah dan 1 ikat sabut yang langsung diikat pada ujung tangkai sapu 6. tusukkan sebilah bambu kecil pada ikatan sabut diujung tangkai ibaratnya sebagai bahu (pundak) 7. tusukkan keempat ikatan sabut di bahu kanan dan kiri tangkai masing-masing 2 ikat 8. ikatlah ujung sabut bagian     - atas bahu tangkai     - sapu siap dipakai

demikian lah cara membuat sapu dari sabut kelapa. silahkan dicoba. semoga berhasillll

Sabut kelapa, limbah dari buah kelapa ini pada umumnya hanya dimanfaatkan untuk keperluan bahan bakar bagi rumah tangga untuk memasak. Di daerah yang merupakan penghasil kelapa, sabut kelapa hanya dibuang. Namun, ada beberapa pengrajin yang memanfaatkan sabut kelapa untuk pembuatan sapu dari sabut kelapa yang bernilai ekonomis.

Sapu ijuk, keset dari kain perca, kelihatannya sepele. Tapi, jika ditekuni, ia bisa mengantar siapa pun yang bersungguh-sungguh menekuninya untuk menjadi jutawan. Peluang pasar dari produk ini memang sampai saat ini cukup besar bahkan cenderung mengalami peningkatan.Yang tidak kalah pentingnya dari produk rumahan ini supaya tetap bisa bertahan adalah selalu menjaga kualitas/ mutu.

Jika Anda saat duduk dibangku sekolah tahu sapu yang Anda gunakan saat piket dikelas adalah hasil olahan dari sabut kelapa menjadi sapu ijuk, keset yang Anda gunakan juga berasal dari sabut kelapa. Produk olahan dari sabut kelapa juga sangat banyak dan bervarian.

Ingin tahu bagaimana proses pembuatan sapu ijuk dari sabut kelapa ? Berikut cara membuat sapu ijuk dengan mudah.

Cara Membuat Sapu Dari Sabut Kelapa

Berikut proses pembuatan sapu dari sabut kelapa.

1. Bahan

  • Sabut / kali kelapa 2 butir
  • Sebilah bambu atau carang panjang 1 m
  • Tali / tambang dari sabut kelapa
  • Besaran kurang lebih 2 – 3 mm sepanjang 6 m
  • Sebilah bambu kecil besaran 3 – 4 mm panjang 20 cm

2. Alat

  • Kayu pemukul dan batu landasan
  • Sikat darii kawat (dapat dibuat dengan paku-paku kecil yang ditancapkan pada kayu dibut seperti sikat
  • Pisau / parang dan jarum karung

3. Cara Pembuatan

  • Sabut (tepes) dipukul pukul agar daging sabut lepas atau juga bisa menggunakan mesin pengupas 
  • Sabut yang telah dipukul-pukul disikat agar serabut yang pendek lepas
  • Serat yang pendek dibuat tali
  • Serat yang panjang diikat dengan tali sabut bagian ujungnya dengan besaran kurang lebih segenggaman jari telunjuk
  • Tiap 1 buah sapu terdiri dari 4 (empat) akar sabut yang terpisah dan 1 ikat sabut yang langsung diikatkan pada ujung tangkai sapu
  • Tusukan sebilah bambu kecil pada ikatan sabut diujung tangkai ibaratnya sebagai bahu (pundak)
  • Tusukan keempat ikatan sabut di bahu kanan dan kiri tangkai masing-masing 2 (dua) ikat
  • Ikatlah ujung sabut bagian atas bahu tangkai
  • Sapu siap digunakan

Menjalankan usaha sabut kelapa memang tidak mudah, banyak persiapan yang harus dilakukan mengingat sabut kelapa melibatkan banyak pihak, berikut adalah persiapan yang digunakan untuk menjalankan usaha sabut kelapa.

  • Cari tahu tetang pemasok sabut kelapa, anda dapat mencari para petani kelapa ataupun pusat pengolahan minyak kelapa, jadikan mereka pemasok kelapa. Anda dapat juga memesan pada penjual kelapa di tepi jalan untuk mengumpulkan sabut kelapa.
  • Sediakan tempat produksi, Anda dapat menggunaka halaman belakang rumah anda atau halaman depan rumah anda sebagai tempat produksi.
  • Sediakan alat produksi, alat produksi sabut kelapa hanya menggunakan mesin pengurai sabut kelapa.
  • Carilah pengepul atau pengrajin sabut kelapa, anda dapat juga mempekerjakan orang sebagai pengrajin sabut kelapa, jika usaha sabut kelapa Anda besar maka tidak ada salahnya Anda mulai menghubungi Asosiasi Industri Sabut Kelapa Indonesia (AISKI) untuk mengekspor sabut kelapa Anda.