Jelaskan penampilan busana kantor untuk pria minimal 5

Sebagai seseorang yang diterima di tempat kerja anda pastinya harus mengetahui bagaimana dan apa saja jenis baju kerja. Ada dua jenis baju kerja ini yakni baju kerja wanita dan baju kerja pria. Namun, sebelumnya kita sudah membahas tentang baju kerja untuk wanita. Di dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang baju kerja pria yang bisa kamu gunakan sebagai referensi. Karena akan ada beberapa ketentuan kerja yang harus diketahui baik oleh pekerja ataupun para calon pekerja. 

miro.medium.com

Jenis-Jenis Seragam Kerja 

Seragam kerja sendiri atau pakaian yang akan anda gunakan selama bekerja juga ada banyak jenisnya. Namun, secara umum seragam kerja ini dibagi menjadi dua bagian yakni seragam kerja lapangan dan kantoran. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas kedua jenis pakaian kerja tersebut. Pertama-tama, pembahasan kita mengenai jenis-jenis pakaian kerja untuk pekerja lapangan, yaitu:

1. Rompi Safety

Jenis yang pertama ini termasuk ke dalam APD yakni Alat Perlindungan Diri. Biasanya pekerja yang memerlukan rompi safety ini adalah pekerja yang berhubungan dengan tambang, jalan, gudang, perkebunan, produksi pabrik atau petugas parkir. Selain untuk perlindungan diri dari bahaya di lapangan kerja, rompi ini juga memiliki desain khusus. Rompi ini dibuat dari bahan yang bisa memantulkan cahaya panas yakni polyester. Sehingga, bisa digunakan baik di malam maupun di siang hari.

2. Wearpack

Di lapangan, para pekerja juga tidak jarang harus menggunakan wearpack. Sesuai dengan arti kata nama seragam kerja ini, desainnya memang disatukan dari atas hingga ke bawah. Mirip-mirip dengan mantel atau jas hujan.  Tentu saja fungsinya sama, yakni sama-sama melindungi tubuh para pekerja. Bahan yang digunakan untuk seragam kerja ini sudah dirancang khusus untuk perlindungan ekstra. Sebab, yang membutuhkan wearpack adalah pekerja di bidang industri perminyakan, pertambangan, otomotif, konstruksi alat berat dan sejenisnya.

3. Jaket Lapangan

Sedikit berbeda dengan jaket biasa, jaket kerja lapangan ini memang di desain khusus agar bisa menampung banyak peralatan kerja. Hal ini dibutuhkan oleh sebagian pekerja yang menggunakan banyak peralatan sekaligus. Sebab, tidak efisien waktu dan tenaga jika harus bolak-balik untuk mengambil peralatan kerja, bukan? Untuk itu, jaket kerja lapangan memiliki banyak kantong untuk tempat penyimpanan peralatan yang dibutuhkan selama bekerja.

4. Kemeja Lapangan

Kemeja yang digunakan oleh pekerja lapangan menggunakan bahan yang kuat dan anti sobek. Jadi, bahannya akan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan bahan kemeja biasa. Penjahitan dan kerapatan bahan kemeja lapangan sangat diperhatikan. Sebab, mereka nantinya akan berurusan dengan peralatan kerja yang membuat baju mudah sobek.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Cara Memilih Baju Kerja Wanita

Demikianlah beberapa jenis seragam kerja untuk pekerja lapangan. Sedangkan untuk pekerja kantoran, juga ada beberapa jenis juga kok. Namun, tidak sedikit juga pekerja kantor yang mendapatkan peraturan tersendiri akan baju kerja pria yang harus mereka gunakan. Secara umum, baju kerja pria kantoran memang terlihat sama. Tapi, ada juga beberapa perusahaan yang memperbolehkan pekerjanya untuk tampil lebih kasual asal rapi. Untuk lebih jelasnya, berikut setelan baju kerja pria kantoran secara umum, yaitu:

1. Kemeja Resmi

Bagi pekerja kantoran, salah satu perlengkapan tempur yang tidak boleh dilupakan adalah kemeja resmi. Kemeja ini merupakan salah satu jenis baju kerja pria yang secara umum digunakan untuk sehari-hari di kantor. Hal yang penting diperhatikan saat memilih kemeja resmi adalah ukuran. Pastikan antara potongan bagian lengan dan badan kemeja berada tepat di atas bahu anda. Jika tidak, tentunya akan mempengaruhi penampilan anda nantinya. Bahkan, ukuran yang tidak pas ini bisa membuat anda terlihat tidak rapi dan kurang profesional.

2. Blazer 

Kemudian, hal penting lainnya terkait pakaian kerja kantoran adalah Blazer. Terkadang, para pekerja diharuskan untuk menggunakan blazer loh! Jadi, anda setidaknya harus memiliki minimal satu blazer resmi untuk digunakan bekerja. Walaupun desain dan pilihan baju kerja pria lebih sedikit ketimbang wanita, kamu bisa berkreasi dengan blazer. Kamu bisa menggunakannya bersamaan dengan kemeja resmi atau celana panjang khaki.

3. Setelan Kantor

Pastinya anda juga pernah melihat pakaian kantor yang terlihat sama dari atas hingga bawah, bukan? Setelan kantor ini dikenal dengan istilah suits. Beberapa perkantoran menerapkan peraturan agar pekerjanya menggunakan suits ini. Suits ini tidak hanya berguna bagi pekerja kantoran saja. Anda juga bisa menggunakannya untuk berbagai acara resmi. Sebab, terlihat sangat profesional dan modis. Setidaknya pilihlah warna yang netral seperti navy atau abu-abu dengan dua kancing untuk atasan.

Baca Juga : 6 Tugas Prugrammer, Kualifikasi dan Upah Yang Layak

jawapos.com

Kode Berpakaian Untuk Baju Kerja Pria Yang Harus Dipahami

Sebagian perusahaan pasti menerapkan kode berbusana bagi pekerjanya. Sayangnya, tidak semua kode perusahaan ini ditulis dan bisa diketahui secara gamblang bagi pekerjanya. Untuk itu, Anda harus lebih jeli mengetahui apa kode berbusana yang bagus atau yang sesuai dengan pekerjaan Anda. Namun, secara garis besar beberapa peraturan atau kode berbusana saat di kantor adalah:

  • Harus Terlihat Rapi : Jangan lupa untuk merapikan pakaian yang akan anda bawa ke kantor. Sangat tidak etis rasanya jika anda menggunakan pakaian yang kusut dan tidak rapi, bukan?
  • Gunakan Pakaian Yang Nyaman : Tidak sedikit pekerja yang melupakan masalah kenyamanan mereka. Padahal, fashion saat bekerja tidak terlalu penting. Hal yang lebih diutamakan adalah kenyamanan. Jadi, pilihlah pakaian dengan bahan yang nhaman, aman dan ukuran serta warna yang cocok.
  • Sesuaikan Dengan Pekerjaan : Seperti yang kita bahas sebelumnya, ada banyak seragam kerja. Jadi, pastikan anda mengunakan pakaian kerja yang sesuai dan menverminkan pekerjaan anda tersebut. Seseorang yang bekerja di kantor tentu harus terlihat lebih profesional ketimbang pekerja lapangan.
  • Sederhana : Jangan menggunakan banyak aksesoris tambahan yang berlebihan. Gunakan saja seperlunya dan jangan terlihat semakin mencolok diantara pekerja lainnya.

Baca Juga : Ini Dia Jenjang Karir Dan Cara Mendaftar Kerja Di Indomaret

pinterest.com

Apa Pentingnya Menyesuaikan Baju Kerja Pria Dengan Pekerjaannya?

Pasti juga ada diantara anda yang masih bertanya-tanya seberapa penting sebuah baju kerja ini. Kenapa harus menerapkan baju kerja dan mengetahui peraturan berbusana saat bekerja? Ada beberapa alasan mengapa pekerja harus menerapkan peraturan busana di tempat kerja mereka, yaitu :

  • Agar Terlihat Lebih Profesional : Jika anda bekerja dirumah dan sedang mengadakan meeting online. Tentu akan menggunakan pakaian formal kan? 
  • Identitas Perusahaan : Setiap perusahaan pasti harus memiliki identitas. Walaupun menggunakan layanan yang sama dengan perusahaan lain, tetap saja mereka memerlukan hal yang membedakannya.
  • Kebersamaan : Jika menggunakan seragam kerja maka kebersamaan antar karyawan akan semakin terlihat. Hal ini akan menimbulkan rasa saling menjaga dan kekeluargaan.

Nah, demikianlah beberapa informasi tentang baju kerja pria yang harus kamu pahami. Sebagai pencari kerja atau pekerja, peraturan berbusana adalah hal yang penting. Jangan sampai tidak mengetahui peraturan tersebut, ya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Banjir Rob Menggila di Pesisir Utara Jateng, Fenomena dan Penyebabnya?

Oleh Liputan6.com pada 08 Agu 2018, 06:45 WIB

Diperbarui 08 Agu 2018, 06:45 WIB

Perbesar

Agar penampilan di kantor terlihat maksimal, yuk kita intip tips busana kerja terkini dengan menggunakan blezer dan dress. (Foto: Istockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Bekerja merupakan salah satu rutinitas yang seringkali membuat banyak orang jenuh. Oleh karena itu, diperlukan pembaruan secara terus menerus agar menciptakan suasana kerja yang menyenangkan. Salah satu upaya paling sederhana yang dapat dilakukan adalah bereksperimen dengan pakaian yang digunakan. Melansir dari nbcnews.com, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk tampil maksimal di tempat kerja.

1. Pakai sesuatu yang nyaman

  • Tata Cara Sholat Hajat, Dilengkapi Waktu dan Doa agar Mustajab

Kenyamanan adalah poin utama yang harus diperhatikan seseorang ketika berpakaian. "Kenyamanan dalam berpakaian merupakan hal yang sangat penting karena membantu kita lupa sedang memakainya dan lebih fokus terhadap pekerjaan yang ada," ucap Carolyn Mair, seorang psikolog dan pendiri Psychology for Fashion.

2. Coba kenakan seragam

Apabila tempat kerja Anda menyediakan seragam bagi para pegawainya, maka tidak ada salahnya mencoba untuk mulai membiasakannya. Dengan menggunakan seragam atau pakaian yang rutin dalam tiap minggunya dapat membuat Anda lebih mudah dalam berpakaian sekaligus dapat menghemat waktu Anda.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perbesar

Generasi Milenial Tidak Menyadari Bahwa Masalah Kesehatan Tengah Mengintai Mereka Gara-gara Kebiasaan Buruk yang Mereka Kerjakan (Ilustrasi/iStockphoto)

3. Gunakan pakaian yang memberikan dampak positif

Adam Galinsky, Kepala Divisi Manajemen di Columbia Business School mengatakan untuk selalu menggunakan pakaian yang dapat membuat Anda percaya diri dan mencerminkan karakter Anda. Pakaian yang demikian dapat membuat Anda lebih semangat dalam bekerja dan membuang pikiran-pikiran negatif yang tidak perlu.

4. Terlalu berpatokan pada umur

Penampilan adalah cara seseorang mengekspresikan dirinya, di mana hal ini tidak berbatas pada umur orang tersebut. Acapkali kita temui, ibu-ibu yang bekerja di kantor menggunakan pakaian-pakaian yang mencerminkan umurnya. Padahal, mereka juga tidak dilarang untuk mengenakan sesuatu yang lebih santai atau kasual seperti anak muda kebanyakan.

5. Sesuaikan dengan lingkungan tempat kerja

Apabila Anda bekerja di perusahaan media, maka dapat dipastikan gaya berpakaian Anda akan lebih santai dan stylish setiap harinya. Tentu berbeda dengan orang yang bekerja di industri perbankan. Oleh karena itu, dari keempat poin yang telah dipaparkan sebelumnya, semuanya harus disesuaikan dengan poin ini karena berkaitan dengan peraturan dari masing-masing tempat kerja.

(Kiki Novilia)

Lanjutkan Membaca ↓

Video yang berhubungan