Jelaskan perbedaan tipe jaringan lan man dan wan seperti gambar di bawah ini

https://codingrakitan.blogspot.com/2017/05/apa-itu-jaringan-lan-man-wan-dan.html

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Seperti yang diketahui jaringan komputer itu ada 4 jenis yaitu
  • LAN (Local Area Network)
  • MAN (Metropolitan Area Network)
  • WAN (Wide Area Network)
  • INTERNET (Interconnction Networking)
Keempat jenis jaringan komputer ini memiliki peran dan perbedaan satu sama lain. Sebelum membahas kelima jenis jaringan komputer itu sendirisaya akan membahas terlebih dahulu apa itu jaringan Komputer.

Apa itu jaringan Komputer ?

Jaringan komputer merupakan serangkaian komunikasi yang menghubungkan dua buah perangkat komputer atau lebih .

Mungkin teman-teman lebih sering mendengar kata Internet dibandingkan dengan jenis-jenis jaringan komputer lainnya. Hanya sebagian kecil yang biasanya memang anak IT atau anak TKJ yang tahu tenatng jenis jaringan komputer ini.

Tapi sebagai orang awam atau orang yang ingin menggeluti dunia networking tidak ada salahnya teman-teman mengetahui tentang ke 4 jaringan ini. Perbedaan yang mendasar pada ke 4 jenis jaringan komputer ini adalah cakupan wilayah, jenis IP yang digunakan, dan bahkan keamanannya berbeda.


1. LAN (Local Area Network)


LAN (Local Area Network) merupakan suatu jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah local atau wilayah yang lebih kecil. Contohnya seperti jaringan di satu Sekolah, gedug, kantor, dalam rumah, atau yang lebih kecil lainnya. Ini adalah gambaran bagaimana jaringan LAN itu :
Setiap komputer yang dihubungkan seperti gambar di atas merupakan jaringan LAN meskipun jaraknya masih berjauhan satu sama lain.
Jika kamu suka main di warnet yang perlu kamu ketahui bahwa jaringan seperti yang ada di warnet itu merupakan jenis jaringan komputer LAN.

2. MAN (Metropolitan Area Network)


Ini merupakan jenis jaringan komputer yang berada di atas jaringan LAN maksudnya disini cakupannya lebih luas dari LAN. Jika LAN menghubungkan jaringan komputer dalam satu gedung maka MAN menghubungkan jaringan komputer dari suatu gedung ke gedung lainnya.


Tapi ini tidak menjamin bahwa setiap jaringan dari gedung ke gedung itu pasti menggunakan MAN karena bisa saja mereka masi menghubungkannya dengan menggunakan jenis LAN. Untuk memahami tentang MAN silahkan perhatikan gambar dibawah


Seperti yang terlihat pada gambar, gedung 1, gedung 2, gedung 3, dan gedung 4 di hubungkan kedalam satu server. Dimana di setiap gedung memiliki jaringan LANnya.

3. WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang lebih luas dari MAN yakni bisa mencakup jaringan antar kota satu dengan yang lainnya bahkan antar benua. Untuk memahami tentang jaringan MAN silahkan lihat gambar dibawah


Pada gambar di atas tampak jaringan komputer pada kota Jakarta, Semarang, dan Surabaya di hubungkan dalam satu jaringan MAN.

4. Internet (Interconnection Networking)


Internet (Interconnection Networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite TCP/IP. Internet menghubungkan miliaran pengguna di seluruh dunia.



Media koneksi yang digunakan bisa melalui sambungan telephone, serat optic (fiber optik), kabel koaksial, satelite, atau dengan koneksi Wifi. Seperti yang sering teman-teman gunakan untuk main facebook semua itu menggunakan jaringan Internet.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

Video

Advertising