jelaskan yang dimaksud dengan menghentikan bola?

Teknik Menghentikan Bola Dalam Sepak Bola (Sumber: Pixabay)

Teknik menghentikan bola dalam permainan sepak bola merupakan salah satu teknik yang mesti dikuasai oleh para pemain.

ADVERTISEMENT

Teknik menahan bola digunakan untuk menerima operan bola, mengontrol bola, dan mengatur tempo menggiring bola.

Jika kamu menguasai teknik ini dengan baik, maka nantinya bisa mengontrol bola dan melakukan gerakan setelahnya lebih leluasa lagi.

Kali ini, Info Sport akan memberikan ulasan mengenai teknik mengontrol bola dalam permainan sepak bola. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Teknik Menghentikan Bola dalam Sepak Bola

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Teknik Menghentikan Bola (Sumber: Pixabay)

Berikut ini adalah beberapa teknik yang bisa dilakukan oleh pemain sepak bola dalam menghentikan bola, dikutip dari BOOTHYPE:

1. Menghentikan Bola dengan Kaki

Istilah teknik menghentikan bola ini paling umum digunakan dalam permainan sepak bola. Bola-bola bawah dengan akurasi tinggi harus menggunakan teknik ini.

Bagian kaki yang digunakan adalah kaki bagian dalam, bagian luar, telapak kaki, dan punggung kaki. Berikut ini adalah masing-masing penjelasannya:

ADVERTISEMENT
  • Kaki Bagian Dalam

Teknik menghentikan bola dengan kaki bagian dalam dilakukan dengan memposisikan tubuh ke arah datangnya bola dan fokus pada kedatangan bola. Kemudian, putar pergelangan kaki ke arah luar dan tahan bola.

Saat bola menyentuh kaki bagian belakang, tarik kaki agak ke belakang dengan tetap mempertahankan bola agar berada tepat di depan tubuh.

Lalu, bawa berat badan ke arah depan bersamaan dengan kaki yang tidak digunakan untuk menahan bola sebagai tumpuan berat badan. Kemudian, fokuskan pandangan tetap ke depan.

  • Kaki Bagian Luar

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Ilustrasi teknik menghentikan bola dengan kaki bagian luar. (Pexels/RF._.studio)

Cara menghentikan bola dengan kaki bagian luar hampir sama dengan teknik pertama, yaitu menggunakan kaki bagian dalam.

Bentuk gerakan kaki yang benar saat menggiring bola dengan kaki bagian luar adalah memposisikan badan ke arah datangnya bola dan fokus.

ADVERTISEMENT

Kemudian, letakkan kaki tepat di samping bola yang akan datang dengan kedua tangan di samping tubuh. Selanjutnya, putar pergelangan kaki ke arah dalam untuk menghentikan bola dan tahan.

  • Punggung Kaki

Posisikan tubuh ke arah datangnya bola, lalu sambut bola dengan menggunakan punggung kaki dan tahan gerakan bola. Jatuhkan bola di antara kedua kaki secara perlahan agar bola tidak jatuh.

  • Telapak Kaki

Teknik menghentikan bola dengan telapak kaki dilakukan saat mendatangi bola sambil berlari. Buka kaki dan tarik agak ke atas, lalu tahan bola dengan menggunakan bagian telapak kaki.

Setelah itu, tarik kaki agak ke belakang saat bola sudah menyentuh bagian telapak kaki.

2. Menghentikan Bola dengan Paha

Teknik menghentikan bola dengan paha biasanya dilakukan saat mendapatkan operan bola dari jauh. Teknik ini dilakukan dengan cara menggerakkan tubuh ke arah datangnya bola, kemudian angkat salah satu kaki hingga membentuk sudut sekitar 90 derajat.

ADVERTISEMENT

Hentikan gerakan bola dengan menggunakan paha bagian dalam, lalu jatuhkan bola di antara dua kaki.

3. Menghentikan Bola dengan Dada

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Teknik Menghentikan Bola Dengan Dada (Sumber: Pixabay)

Teknik menahan bola dengan dada sangat efektif ketika mendapat bola atas. Dengan menggunakan dada, bola akan stabil dan meluncur ke tanah yang akan selanjutnya diolah, entah itu diumpan ataupun di tendang ke mulut gawang.

Cara melakukannya yakni dengan memperhatikan bola yang melayang dengan cermat. Lalu lakukan gerakan maju atau mundur sesuai arah datangnya bola. Buka dada dengan lebar dan kedua tangan melebar.

Tahan bola di dada dengan sedikit menarik dada kebelakang pada saat bola menyentuh dada. Jatuhkan bola di antara kedua kaki.

4. Menghentikan Bola dengan Kepala

Teknik menghentikan bola dengan dada merupakan gerakan untuk memenangkan bola di udara. Jika dalam kondisi menyerang, bola atas disundul dengan kepala sesuai arah yang diinginkan dan digiring untuk menyerang ke daerah lawan.

ADVERTISEMENT

Saat kamu berada dalam kondisi bertahan, maka sangat efektif ketika menahan bola atas.

5. Menghentikan Bola dengan Perut

Teknik menghentikan bola dengan perut dalam permainan sepak bola terbilang agak unik dan jarang dilakukan pemain. Sebab, jika salah melakukannya, maka bisa jadi malah membuat perut tidak nyaman.

Cara melakukannya adalah dengan memperhatikan arah datangnya bola terlebih dahulu.

Lalu, jemput bola tersebut dan posisikan diri dengan baik. Kemudian, pastikan bola tepat mengenai perut. Supaya lebih kuat, tariklah ke belakang dan jatuhkan bola ke bawah.

Itulah penjelasan mengenai teknik menghentikan bola dalam permainan sepak bola. Selamat berlatih!

(ANH)

Video