Jelaskan yang dimaksud dengan teknologi berikan 5 contohnya

ilustrasi teknologi. i-scoop.eu

TRENDING | 12 Agustus 2021 10:00 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah

Merdeka.com - Di era perkembangan teknologi seperti sekarang, masyarakat banyak yang sudah memanfaatkan teknologi dalam kegiatannya sehari-hari. Berbagai sektor pun sudah memanfaatkan teknologi untuk membantu kegiatannya.

Secara umum, pengertian teknologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat hingga metode pengolahan guna membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan manusia. Para ahli pun memiliki pengertian tersendiri tentang teknologi.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang pengertian teknologi menurut para ahli, manfaat serta jenisnya, merdeka.com telah merangkumnya dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

2 dari 4 halaman

humanresourcesonline.net

Capra

Pengertian teknologi ialah salah satu pembahasan sistematis atas seni terapan atau pertukangan. Hal ini mengacu pada literature dari Yunani yang menyinggung mengenai Technologia yang berasal dari kata techne yang berarti wacana seni.

Manuel Castells

Pengertian teknologi ialah suatu kumpulan alat, aturan dan juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah terhadap sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya pengulangan.

Toynbee

Pengertian teknologi ialah ciri dari adanya sebuah kemuliaan manusia, di mana hal ini membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup hanya untuk makan semata, namun membutuhkan lebih dari itu.

Gary J. Anglin

Pengertian teknologi ialah penerapan ilmu-ilmu perilaku serta alam dan juga pengetahuan lain dengan secara bersistem serta mensistem untuk memecahkan masalah manusia.

Merriam Webster

Teknologi ialah suatu penerapan pengetahuan praktis khususnya di bidang tertentu; cara menyelesaikan tugas terutama dengan menggunakan proses teknis, metode, atau pengetahuan; serta juga aspek khusus dari bidang usaha tertentu.

Jacques Ellil

Pengertian teknologi ialah keseluruhan metode yang dengan secara rasional mengarah serta memiliki ciri efisiensi dalam tiap-tiap kegiatan manusia.

Miarso

Pengertian teknologi ialah suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, di mana produk yang tidak terpisah dari produk lain yang sudah ada. Hal itu juga menyatakan bahwa teknologi merupakan bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis, dan merupakan salah satu ilmu pengetahuan terapan.

3 dari 4 halaman

Di masa sekarang, perkembangan teknologi semakin cepat. Berbagai sektor pun memanfaatkan teknologi untuk membantu kegiatan mereka.

Melansir dari dosenit.com, terdapat beberapa manfaat teknologi yang penting untuk Anda ketahui, di antaranya.

1. Membantu serta mempermudah kegiatan manusia. 2. Dapat meringankan pekerjaan yang sangat berat. 3. Dapat menambah lapangan pekerjaan. 4. Dapat dengan mudah dioperasikan.

5. Dapat digunakan oleh berbagai kalangan.

4 dari 4 halaman

Melansir dari pendidikan.co.id, terdapat beberapa jenis teknologi, di antaranya: 1. Teknologi informasi, yakni suatu teknologi yang dapat membantu manusia untuk menyampaikan informasi kepada orang lain dengan cepat dan efektif. 2. Teknologi komunikasi, yakni suatu teknologi yang dapat membantu manusia dalam berkomunikasi satu sama lain, di mana mereka saling mengirimkan informasi menggunakan suatu perangkat tertentu. 3. Teknologi pendidikan, yakni teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan, di mana kegiatannya memanfaatkan alat bantu tertentu. 4. Teknologi transportasi, yakni suatu teknologi yang membantu manusia untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam waktu cepat. 5. Teknologi medis, yakni suatu teknologi yang berhubungan dengan ilmu kedokteran, di mana kegiatan medis sudah memanfaatkan teknologi medis.

6. Teknologi Konstruksi, yakni suatu teknologi yang berkaitan dengan struktur bangunan. 

(mdk/add)

Ilustrasi teknologi. ©Shutterstock/nopporn

JATENG | 4 Juni 2020 12:30 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Seiring dengan perkembangan zaman, manusia berhasil menemukan berbagai macam teknologi yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Telah banyak inovasi teknologi yang kini hadir di tengah masyarakat. Hal ini diciptakan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia.

Hadirnya teknologi juga memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari manusia. Hampir dapat dipastikan setiap orang kini juga telah bergantung dengan teknologi. Pasalnya, setiap hari kita memerlukan teknologi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Salah satu perkembangan teknologi yang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari ialah internet. Adanya teknologi ini telah berhasil memudahkan manusia untuk mengetahui beragam informasi dan menghubungkan dengan manusia lainnya di berbagai belahan dunia. Bahkan adanya teknologi informasi ini juga telah membuka kesempatan setiap orang untuk membuka usaha dan mendapatkan keuntungan.

Berbagai penemuan teknologi ini apabila dimanfaatkan dengan positive, maka dapat memberi dampak yang baik untuk kehidupan manusia. Semakin hari juga semakin banyak jenis teknologi yang berhasil ditemukan oleh manusia. Lalu apa saja macam-macam teknologi yang ada di dunia ini? Simak penjelasannya berikut ini.

2 dari 8 halaman

©2014 Merdeka.com

Teknologi berasal dari kata technologia dari bahasa Yunani yang berarti keahlian dan pengetahuan. Awalnya teknologi hanya terbatas dengan benda-benda yang berwujud seperti peralatan-peralatan atau mesin. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu teknologi mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Secara umum, teknologi dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang berhubungan dengan alat atau mesin yang diciptakan untuk mempermudah dalam menyelesaikan masalah atau pekerjaan sehari-hari. Sehingga diharapkan dengan hadirnya teknologi mampu membawa pengaruh yang baik untuk kehidupan.

3 dari 8 halaman

Teknologi diciptakan untuk mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbagai macam inovasi teknologi telah ditemukan dan mempu memberi pengaruh besar bagi kehidupan. Apabila hal ini digunakan dengan bijak, maka dapat berdampak baik untuk manusia.

Seiring berjalannya waktu, manusia berhasil membuat berbagai macam teknologi. Masing-masing teknologi memiliki peranan dan manfaatnya sendiri. Adapun macam-macam teknologi yang sering digunakan manusia adalah sebagai berikut:

4 dari 8 halaman

Transportasi diawali dengan penemuan ban yang terjadi sekitar 3500 sebelum masehi. Pada masa itu, penemuan ini digunakan untuk mempermudah dalam memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Seiring berjalannya waktu, manusia juga semakin ingin bepergian dan akhirnya pada tahun 3500 sebelum masehi terciptalah kapal layar.

Kemudian pada tahun 2000 sebelum masehi, manusia berhasil memanfaatkan kuda untuk sarana transportasi yang dikenal kencana kuda. Hal inilah yang memberi inspirasi manusia untuk menciptakan sarana transportasi yang cepat dalam mencapai tujuan. Sehingga pada 17 Desember 1903 Wright bersaudara berhasil menerbangkan transportasi udara untuk pertama kalinya.

Secara umum teknologi transportasi berhubungan dengan alat transportasi yang mempermudah melakukan perjalanan dari suatu lokasi yang dituju secara cepat. Berbagai teknologi transportasi berhasil ditemukan, seperti pesawat, kapal, motor dan lain sebagainya.

5 dari 8 halaman

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/gyn9037

Macam-macam teknologi yang berhasil ditemukan salah satunya ialah teknologi informasi. Penemuan ini dapat membantu manusia dalam menerima atau memberi informasi dalam waktu yang cepat. Sehingga hal ini dapat memenuhi kebutuhan manusia dengan mudah.

Secara umum, teknologi informasi diartikan sebagai suatu sistem yang berbasis komputer terutama pada perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (softwere). Kedua perangkat ini diciptakan untuk mendukung dan meningkatkan kualitas informasi secara mudah dan cepat. Beberapa jenis teknologi yang berhasil diciptakan ialah Internet, televisi, radio dan lain sebagainya.

6 dari 8 halaman

©2014 Merdeka.com

Teknologi komunikasi merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi dan mengirimkan informasi dengan cepat. Sehingga hal ini dapat memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Adapun contoh teknologi komunikasi di antaranya ialah telepon, email, fax, smartphone dan lain sebagainya.

7 dari 8 halaman

Shutterstock/sfam_photo

Macam-macam teknologi yang ada di dunia berikutnya ialah teknologi medis. Umumnya teknologi medis menggunakan sarana komputer untuk membantu para medis dalam melakukan penelitian atau mendiagnosa pasien. Beberapa contoh teknologi medis yang sering digunakan ialah mikroskop, CT-Scan dan berbagai macam alat bedah lainnya.

8 dari 8 halaman

©2015 Merdeka.com/The Richest/Shutterstock

Macam-macam teknologi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari berikutnya ialah teknologi konstruksi. Teknologi ini diciptakan untuk membantu dan mendukung para insinyur dalam menciptakan berbagai inovasi bangunan rumah dan fasilitas umum lainnya.

Di samping itu, teknologi konstruksi diciptakan juga untuk mempermudah para pekerja dalam membangun berbagai fasilitas. Adapun contoh teknologi konstruksi yaitu CAD, alat berat dan lain sebagainya.

(mdk/jen)