Jika kita ingin menjahit dua potong kain kita dapat menggunakan teknik

KOMPAS.com - Karya seni aplikasi memiliki tekni yang sama seperti, karya seni montase, mozaik, dan kolase.

Karya seni aplikasi dapat dibuat oleh siapa saja, bahkan anak-anak. Menggunakan dari bahan-bahan yang mudah didapatkan, bahkan bahan sisa yang tidak digunakan.

Dalam membuat karya seni aplikasi juga cukup mudah karena bisa dilakukan tanpa bantuan mesin jahit.

4+

KOMPAS.com: Berita Terpercaya
Baca Berita Terbaru Tanpa Terganggu Banyak Iklan
Dapatkan Aplikasi

Dalam buku Aplikasi Kain Perca (2013) oleh Lusia Hariyany, seni aplikasi adalah yang termudah dibandingkan dengan pelaksanaan kerajinan tangan yang lainnya.

Baca juga: Seni Kolase dan Caranya

Di samping hanya memerlukan peralatan menjahit berupa gunting dan jarum, idenya bisa diperoleh dari apa yang terdapat di sekitar kita.

Ide-ide yang diperoleh untuk membuat seni aplikasi misalnya suasana dapur, susunan perabot, dan kegiatan lainnya. Suasana di halaman rumah juga dapat menjadi ide yang cantik untuk dituangkan ke dalam seni aplikasi.

Cara membuat seni aplikasi

Karya aplikasi dibuat dengan menempelkan suatu bentuk dari bahan tertentu. Karya aplikasi banyak diterapkan pada kerajinan kain.

Berdasarkan buku Referensi Gambar Mewarnai, Kolase, Montase, Mozaik, dan Aplikasi (2019) oleh Chotimatu Rohmaniah, karya aplikasi dibuat dengan cara menempelkan guntingan kain yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk yang diinginkan.

Baca juga: Pengertian dan Proses Pembuatan Karya Seni Mozaik

Selain menghias kain aplikasi ini dapat menutupi kain yang sobek. Supaya kain yang ditempel tidak lepas sebagiknya menggunakan benang yang sesuai dengan ketebalan kain.

Dapat juga menggunakan benang sulam supaya bisa lebih indah. Berikut langkah-langkah cara membuat seni aplikasi:

  1. Memilih sebuah desain dan bahan kain. Gunakan jenis bahan kain yang sesuai dengan desain dan berdasarkan warna yang ingin di aplikasikan.
  2. Gambar atau jiplak desain pada selembar kertas. Setelah desain selesai, potong dengan hati-hati menggunakan gunting.
  3. Jiplak pola yang sudah dipotong pada kain yang akan menjadi aplikasi. Setelah itu potong kain yang sudah dijiplak tersebut,
  4. Siapkan bahan dasar untuk menempelkan aplikasi
  5. Tempelkan aplikasi (pola kain yang sudah dipotong) pada bahan dasar.
  6. Agar lebih rapi, jahit aplikasi pada bahan dasar dengan teknik sederhana, bisa juga dengan cara jahit sulam.
  7. Rapikan benang-benang yang berlebih dari sisi belakang aplikasi. Setrika bahan dasar (kaus, kain, tas, selimut, atau bahan lainnya) sehingga lebih halus dan rapi.

Baca juga: Karya Seni Montase dan Tekniknya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video