Jika sisi persegi 20 cm tentukan luas daerah yang diarsir

Rumus luas dan keliling persegi panjang termasuk materi dasar dalam pembelajaran matematika. Rumus tersebut cukup dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ketika mengukur pintu, jendela, lemari, kasur, atau papan tulis.

Rumus Luas Persegi Panjang

Persegi panjang merupakan bangun datar yang dibatasi oleh sisi-sisi. Bangun datar dua dimensi ini terdiri dari panjang dan lebar dengan ukuran yang berbeda. Rumus luas persegi panjang, yaitu:

L = p x l

Keterangan: L = luas, p = panjang, l = lebar

Luas persegi panjang [Buku Mengenal Bangun Datar]

Advertising

Advertising

Cara menentukan luas persegi panjang adalah melihat panjang ABCD dengan panjang 6 satuan dan lebar 4 satuan. Jika dibuat persegi, maka ukuran 1 satuan diperoleh 24 persegi satuan. Banyaknya persegi satuan menyatakan luas daerah persegi panjang ABCD.

Luas persegi panjang ABCD = 6 x 4 satuan, dengan luas = 24 satuan luas. Secara umum, jika persegi panjang dinyatakan dalam huruf p kecil dan lebarnya dinyatakan huruf l kecil, Maka rumusnya L = p x l. Persegi panjang terdiri dari panjang dan lebar yang tidak sama.

Bangun persegi panjang bisa disebut ABCD. Terdapat 4 sisi persegi panjang yaitu AB, BC, CD, dan DA. Bangun datar ini memiliki dua diagonal yaitu AC dan BD. Ada 4 sudut persegi panjang yaitu sudut A, B, C, dan D. Sudut dinyatakan dengan tiga huruf yaitu sudut A = sudut BAD.

Ada banyak contoh bangun persegi panjang yang sering kita jumpai, di antaranya papan tulis, permukaan meja, lapangan bola, dan sebagainya.

Rumus Keliling Persegi Panjang

Selain luas, persegi panjang bisa diukur dengan menghitung kelilingnya. Mengutip buku “Mengenal Bangun Datar” yang ditulis oleh Bayu Sapta Hari, keliling persegi panjang adalah semua sisi persegi panjang.

Keliling persegi panjang merupakan jumlah dari keempat sisinya. Keliling persegi panjang dapat dihitung dengan satuan baku dan tak baku.

Misalnya, seorang anak melintasi jalan dari A menuju B, dari B menuju C, dari C menuju D, dan dari D menuju ke A. Anak itu mengelilingi persegi panjang ABCD. Maka, panjang lintasan yang dilalui adalah AB+ BC + CD + DA. Artinya keliling persegi panjang adalah jumlah panjang sisi membentuk persegi panjang tersebut.

Rumus persegi panjang bisa dicari dengan cara berikut:

K = AB+ BC + CD + DA

= p + l + p + l

= 2p + 2l

= 2 [p + l]

Jadi, rumus keliling persegi panjang: K = 2 x [p + l]

Contoh Soal Luas dan Keliling Persegi Panjang

Berikut beberapa contoh soal mencari luas dan keliling persegi panjang:

1. Suatu bangun datar persegi panjang memiliki panjang 18 cm dan lebar 7 cm. Hitunglah:

  • keliling dan luas persegi panjang!
  • Keliling yang sama dari soal a dibuat persegi panjang baru dengan panjang persegi panjang 1 1/2 dari lebarnya. Maka hitung luas persegi panjang tersebut.

Jawaban:

K = 2[p + l]

= 2[18 + 7]

= 2 x 25

= 50 cm.

L = p x l

= 18 x 7

= 126 cm2

Jadi, keliling persegi panjang tersebut adalah 50 cm dan luas 126 cm2.

Panjang = 1 1/2

lebar p = 3/2 l

Keliling = 2 [p + l]

50 = 2 [3/2l + l]

50 = 2 [5/2 l]

50 = 5 l

l = 10 cm

p = 3/2 x 10 = 15 cm

Jadi, luas persegi panjang itu adalah 150 cm2.

Menghitung luas persegi panjang

2. Ibu membeli sebuah dompet baru berbentuk persegi panjang. Dompet tersebut memiliki panjang 4 cm dan lebar 5 cm. Hitunglah luas dari dompet berbentuk persegi panjang tersebut!

Diketahui:

p = 4 cm

l = 5 cm

Ditanya:

Luas?

Jawaban:

Luas = p x l

Luas = 4 x 5

Luas = 20

Jadi, luas persegi panjang tersebut adalah 20 cm.

Menghitung keliling persegi panjang

3. Sebuah persegi panjang memiliki panjang 6 cm dan lebar 4 cm. Berapakah kelilingnya?

Diketahui:

p = 6 cm

l = 4 cm

Ditanya:

Keliling?

Jawaban:

K = 2 [p + l]

K = 2 [6 + 4]

K = 2 x 10

K= 20

Jadi, keliling persegi panjang tersebut adalah 20 cm.

Menghitung panjang persegi panjang

4. Panjang sisi persegi panjang jika kelilingnya adalah 40 cm dan lebarnya 8 cm?

Diketahui:

K = 40 cm

l = 8 cm

Ditanya:

Panjang sisi persegi panjang?

Jawaban:

K   = 2[p + l]

40 = 2[p +8l]

20 = p + 8

p = 20 – 8

   = 12 cm

Jadi, panjang persegi panjang yang memiliki keliling 40 cm dan lebar 8 cm adalah 12 cm.

Menghitung lebar persegi panjang

5. Sebuah persegi panjang diketahui nilai luasnya 40 cm dan panjangnya 10 cm. Berapa lebar persegi panjang tersebut?

Rumus untuk menghitung lebar adalah sebagai berikut:

L = p x l

l = L ÷ p

l = 40 ÷ 10

l = 4 cm

Sehingga, lebar dari persegi panjang dengan luas 40 cm dan panjang 10 cm adalah 4 cm.

a. Luas persegi

Luas persegi dengan panjang sisi , dihitung dengan cara sebagai berikut:

Dengan demikian, luas persegi adalah .

b. Luas lingkaran

Diameter lingkaran pada gambar di atas sama dengan panjang sisi persegi yaitu . Sehingga luas lingkaran pada gambar tersebut dihitung dengan cara sebaga berikut:

Dengan demikian, luas lingkaran tersebut adalah .

c. Luas daerah yang diarsir

Luas daerah yang diarsir, dihitung dengan cara sebagai berikut:

Dengan demikian, luas daerah yang diarsir adalah .

Video yang berhubungan

Q..14³ + 45² =?nt: kumat lagi yaallah,sakit banget T^T​

Q. Lim 3x + 7x - 5x x = 4​

Satgas Covid kampung Tangguh membagikan masker ke warga kampung tersebut dan warga kampung lain yang melintasi kampung ini. Pada hari Sabtu, banyaknya … masker yang dibagikan sama dengan urutan al-Haqq pada Asmaul Husna. Pada hari Ahad banyaknya warga yang melintas di kampung tersebut 3 kali dari banyaknya warga yang melintas di hari Sabtu. Banyaknya masker yang dibagikan pada hari Ahad sama dengan urutan al-Mughnii pada Asmaul Husna. Banyaknya masker yang diperoleh warga kampung Tangguh tersebut dan warga lain yang melintas pada hari Sabtu berturut-turut adalah .... (A) 13 dan 38 (B) 19 dan 32 (C) 32 dan 19 (D) 38 dan 13​

. Quiz❋⚊⚊⚊⚊⚊⚊⚊⚋⚊❋Sebuah jajar genjang memiliki alas sepanjang 12 cm dan memiliki tinggi 7 cm. Berapa luas jajar genjang tersebut?☘⚊⚊⚊⚊⚊⚋⚋⚋⚋☘nt : thank … s yg udah spam like ​

4x + 7x - 6x - 2x----------------------nilai x → 3---------yoshi²​

Q.(15/100)f(x) = 7x^3 + 6x^2 - 3x^2 + 2x - 4x^3f''(2) = ..*__________Kembaran :v__________✧ Rules ✧✺▶ pakai cara ✺▶ tidak copas (copy paste) ✺▶ tidak … ngasal ✺▶ jika tidak bisa atau tidak tau lebih baik tidak menjawab ✺▶ Grade 5/4 Dijamin BA-follow Dijamin telat​[tex]\\[/tex](。•̀ᴗ-)✧​

JAWAB PERTANYAAN PADA GAMBAR TERSEBUT​

Q. f(x) = x x x + x² - 6x f(5) = no ngasal no copas menggunakan carangasal auto reportnote:btw ada yang mau pacaran nggak T-T (cowo islam) T^Tjawaban … harus rapi​

-) 6. Dalam kotak A terdapat sejumlah uang kertas pecahan Rp 5000 dan dalam kotak B terdapat sejumlah uang kertas pecahan Rp 2000. Kotak B memiliki 53 … lembar uang kertas lebih banyak dari kotak A, tetapi nilai uang kertas di dalam kotak A lebih banyak Rp 83.000 daripada kotak B. Berapa banyak nilai uang kertas di dalam kotak A? - ) 6. Dalam kotak A terdapat sejumlah uang kertas pecahan Rp 5000 dan dalam kotak B terdapat sejumlah uang kertas pecahan Rp 2000. Kotak B memiliki 53 lembar uang kertas lebih banyak dari kotak A , tetapi nilai uang kertas di dalam kotak A lebih banyak Rp 83.000 daripada kotak B. Berapa banyak nilai uang kertas di dalam kotak A ?Toblong dengan caranya ya​

Quizz Sebuah bak yg memiliki panjang lebar dan tinggi 12 , 6 , 9 m, Kemudian volume tsb diisi air 3/4 bagian. Ditanyakan: -Volume dari balok tsb Not … e:~