Kelebihan aplikasi berbasis cloud dibandingkan dengan aplikasi berbasis desktop adalah

Perusahaan yang ingin berkembang, tentu harus bisa mengikuti tren, khususnya tren di dunia teknologi. Teknologi berupa software berbasis cloud sering dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menjadikan proses bisnis lebih efisien.

Blog Jurnal by Mekari akan menjelaskan lebih lanjut tentang apa saja kelebihan software atau aplikasi berbasis cloud dibandingkan dengan aplikasi berbasis desktop.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa itu Software Berbasis Cloud?

Cloud Computing adalah teknologi yang menggabungkan antara penggunaan komputer dan internet.

Dengan memanfaatkan teknologi ini, Anda dapat melakukan kegiatan bisnis kapan saja dan di mana saja.

Teknologi ini juga membantu Anda dalam persaingan bisnis hingga membuka peluang bisnis untuk lebih berkembang dengan memberikan inovasi baru.

Manfaat Menggunakan Software Berbasis Cloud Bagi Perusahaan

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dengan menggunakan teknologi berbasis Cloud.

manfaat software berbasis cloud
Dengan memilih teknologi berbasis Cloud, Anda dapat menghemat biaya awal maupun biaya operasional. Di mana, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli hardware maupun software.

Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya pemasangan, maintenance, biaya listrik, biaya pendingin server, maupun biaya ahli IT untuk mengelolanya.

Meski biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar, Anda tetap bisa menggunakan software kelas dunia untuk membantu mengelola bisnis.

Software akuntansi online seperti Jurnal adalah salah satu software berbasis Cloud yang dapat membantu Anda mengelola keuangan dan proses akuntansi bisnis.

Baca juga:Manfaat dan Fitur Lengkap dari Aplikasi Akuntansi

Menjalankan Bisnis Lebih Mudah

Dalam menjalankan bisnis biasanya Anda akan mengalami masalah dalam proses bisnis, mulai dari masalah skala geografis hingga sumber daya yang terbatas.

Menggunakan software berbasis Cloud, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan baik.

Di mana, teknologi ini dapat memberikan jumlah sumber daya teknologi yang tepat seperti daya komputasi, storage, dan bandwidth.

Bukan hanya itu, teknologi ini juga dapat Anda akses kapan dan di mana saja dengan koneksi internet.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

manfaat software berbasis cloud

Bekerja Semakin Cepat

Selain memudahkan, software berbasis Cloud juga dapat membantu Anda bekerja lebih cepat. Dengan teknologi ini, Anda hanya butuh waktu sebentar untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

Misalnya, Anda menggunakan software akuntansi berbasis Cloud. Berarti Anda hanya perlu memasukkan data transaksi ke dalam sistem, dan sistem akan mengolah data tersebut menjadi laporan keuangan yang realtime dan akurat.

Data Tersimpan Dengan Aman

Sistem teknologi Cloud berjalan pada jaringan internasional dengan data terpusat yang tersimpan dengan aman dan akan ter-upgrade secara teratur.

Teknologi ini juga dapat membantu Anda mem-backup data dan membantu memulihkan data yang rusak.

Ekspansi Bisnis Lebih Mudah

Meski bisnis Anda tergolong kecil, dengan teknologi Cloud, Anda dapat lebih mudah melakukan ekspansi pasar.

Melalui teknologi Cloud, kegiatan pemasaran Anda akan berjalan dengan lebih baik, di mana, teknologi ini dapat diakses kapan dan di mana pun melalui layar smartphone.

Anda juga dapat mengintegrasikan beberapa software Cloud dengan sistem yang Anda gunakan.

Dengan menggunakan teknologi berbasis Cloud untuk bisnis, pengusaha dapat meluangkan waktu dan menghemat tenaga dalam melakukan pekerjaannya.

Software dengan teknologi ini biasanya juga tidak membuat Anda harus mengeluarkan biaya tambahan di awal dan juga tidak mengharuskan Anda untuk menandatangani kontrak yang panjang.

Namun Anda hanya perlu membayar biaya bulanan yang harganya relatif cukup murah, bahkan beberapa software ini juga akan memberikan masa percobaan 14-30 hari.

Jurnal Jadikan Proses Bisnis Lebih Efisien melalui Tools Terintegrasi. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Alasan Menggunakan Software Berbasis Cloud

manfaat software berbasis cloud

Teknologi cloud telah mengubah dunia bisnis. Bagaimanapun skala bisnis Anda, dimanapun Anda beroperasi, software berbasis teknologi cloud membuka peluang bagi Anda untuk berkompetisi, bertumbuh dan berinovasi dengan yang terbaik.

Adapun 4 perubahan besar yang terjadi, antara lain:

  1. Setiap perusahaan dapat menggunakan software terbaik untuk menjalankan bisnisnya. Dengan biaya yang tidak terlalu besar setiap bulannya, setiap pemilik usaha dapat menggunakan software kelas dunia untuk menjalankan bisnisnya, seperti sistem akunting, penjualan, penggajian dan banyak lainnya.
  2. Ekspansi pasar bukan lagi monopoli perusahaan besar. Seluruh strategi marketing (SEO, social media, PPC dan lain-lain) saat ini dapat diakses melalui layar smartphone, dan pelanggan lebih menyukai tipe pemasaran seperti ini. Saat-saat salesman bergaji tinggi dan marketing campaign dengan biaya besar telah berlalu. Setiap pengusaha bisa menjadi pemain global. UKM memiliki kesempatan besar untuk bertumbuh saat ini.
  3. Teknologi cloud menjadi dasar untuk membangun kolaborasi ekonomi. Salah satu elemen pentingnya adalah perkembangan teknologi informasi. Teknologi cloud telah menjadi jalan pembukanya. Saat ini, bisnis kecil tidak hanya dapat menggunakan software kelas dunia, tapi juga dapat mengintegrasikannya secara mudah dengan sistem yang telah mereka gunakan. Komunikasi dan kolaborasi akan menjadi dua hal yang sangat dibutuhkan untuk kesuksesan bisnis.
  4. Memulai dan menjalankan sebuah bisnis belum pernah menjadi semudah ini. Teknologi cloud adalah jawaban dari banyak hambatan yang dialami proses bisnis tradisional seperti: skala geografis, sumber daya yang terbatas dan kendala untuk mengakses fasilitas terbaik. Tantangan-tantangan ini dapat diatasi dengan metode baru yang lebih baik.

Satu hal yang masih menjadi perhatian adalah pemilik bisnis biasanya memiliki kehidupan yang sibuk. Untuk sebagian besar diantaranya, bisnis mereka adalah hidup mereka.

Meluangkan waktu dan sumber daya untuk merasakan manfaat dari sebuah teknologi baru tidaklah sederhana. Untungnya, teknologi cloud dapat berperan disini.

Tidak ada biaya awal besar yang perlu dikeluarkan dan kontrak jangka panjang yang harus diikuti.

Sebagian besar penyedia jasa layanan cloud menawarkan masa percobaan selama 14-30 hari, sehingga Anda dapat mencobanya tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Ini berarti Anda tidak perlu melakukan semuanya dalam satu waktu dan bisa menggunakan pendekatan lain. Tulis 3 kendala terbesar di bisnis Anda.

Lakukan pencarian singkat via Google dan temukan penyedia software berbasis teknologi cloud yang dapat membantu Anda.

Read More: Tren Mobile Mengubah Iklim Bisnis

Anda perlu membuat perubahan untuk mengambil keuntungan dari teknologi cloud. Hal ini dapat meningkatkan kinerja bisnis Anda dengan biaya yang rendah.

Keuntungan lainnya adalah Anda dapat dengan mudah berhenti menggunakan layanan tersebut jika tidak bekerja sesuai dengan keinginan Anda, tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Software Akuntansi Berbasis Cloud

Hampir seluruh Software Akuntansi sudah memakai fitur cloud melalui jalur internet, bahkan bagi bisnis kecil pun.

Fitur cloud membuat seluruh aktivitas bisnis Anda dilakukan dan diproses secara online kapan pun dan di mana pun.

Sementara Anda masih menggunakan Software Akuntansi konvensional, fitur cloud membuat segala lebih hemat dari segi waktu dan uang.

Kerangka kerja Software Akuntansi berbasis cloud kurang lebih sama seperti Mobile/Internet Banking.

Anda mengakses data dari tempat penyimpanan data secara online dan Anda tidak perlu menyimpan dan lalu mengunduhnya secara manual.

Semua pekerjaan akan disimpan dan diperbarui secara otomatis dan realtime dan dapat diakses melalui gadget atau smartphone, laptop, atau komputer hanya dengan syarat terhubung dengan internet.

Anda tidak perlu lagi menyimpan data akuntansi secara manual di hard drive komputer.

Manfaat Software Akuntansi Berbasis Cloud

Beberapa manfaat menggunakan software akuntansi berbasis cloud adalah:

1. Software Akuntansi Berbasis Cloud Menawarkan Harga yang Terjangkau

manfaat software berbasis cloud

Dalam banyak kondisi, Software Akuntansi berbasis cloud terbilang lebih murah dan terjangkau dalam segi harga.

Walaupun Tentu saja ada berbagai paket produk Software Akuntansi yang menawarkan dengan harga mahal, tetapi di antara paket-paket yang ditawarkan Anda masih bisa memilih paket yang murah dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Dengan sistem yang berbasis cloud, Anda tidak perlu khawatir untuk membeli lagi beberapa lisensi atau membuat jaringan perusahaan Anda agar semua karyawan khususnya bagian keuangan dapat mengakses Software Akuntansi yang Anda gunakan.

2. Menunjang Aksesibilitas dan Mobilitas

Sebagian besar paket Software Akuntansi berbasis cloud hadir dengan akses pengguna tak terbatas, walaupun ada beberapa vendor yang mengharuskan Anda untuk membayar pembaruan agar bisa diakses oleh jumlah pengguna yang tak terbatas.

Namun vendor yang menawarkan akses yang terbatas itu pun rata-rata tetap memberikan akses kepada tiga sampai lima pengguna dan cukup bagi kebutuhan bisnis kecil atau menengah.

Dan dengan Software Akuntansi yang sudah terintegrasi dengan aplikasi di Gadget atau Smartphone Anda, ini akan sangat mempermudah mobilitas Anda. S

ebagai contoh, Anda bisa membuat faktur dan menyimpan bukti pembayaran lewat kamera Smartphone Anda kapanpun dan di mana pun.

Bayangkan ketika Anda tidak memakai Software Akuntansi berbasis cloud? Anda memakai Software Akuntansi konvensional yang memerlukan backup data sesekali secara manual di Hard Drive komputer atau aplikasi cloud terpisah.

Ketika terjadi bencana seperti server Internet tiba-tiba mati dan Anda lupa untuk melakukan backup data-data Anda,tentunya itu akan sangat merepotkan dan menghancurkan alur kerja akuntansi bisnis Anda.

Software Akuntansi berbasis cloud menghilangkan risiko-risiko yang terjadi seperti disebutkan di atas karena semua proses kerja akuntansi Anda di-backup secara otomatis.

Walaupun Anda menemui permasalahan seperti tiba-tiba komputer kerja Anda rusak, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data. Tingkat keamanan yang ditawarkan Software akuntansi berbasis cloud terbilang tinggi.

Intinya, menggunakan Software Akuntansi berbasis cloud memberikan manfaat yang signifikan bagi kebutuhan dan aktivitas bisnis Anda.

Salah satu penyedia layanan akuntansi cloud di Indonesia adalah Jurnal by Mekari. Untuk membantu para pengusaha, Jurnal telah menciptakan platform akuntansi online berbasiskan cloud computing yang dapat Anda coba gratis selama 14 hari.

Jurnal dapat membantu para pengusaha untuk mengelola pembukuan dengan lebih praktis. Keuntungan yang didapat dengan menggunakan Jurnal antara lain adalah:

  1. Menjalani bisnis kapanpun dan dimanapun.
  2. Membuat faktur penjualan,pesanan pembelian, dan surat Jalan secara otomatis.
  3. Menyiapkan laporan keuangan instan hanya dengan 1-klik.

Tunggu apalagi? Daftarkan bisnis Anda dengan Jurnal dan nikmati berbagai kemudahan dalam mengelola keuangan bisnis. Informasi lebih lanjut klik software invoice.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!


Itulah penjelasan tentang software berbasis cloud. Sekarang Anda sudah paham bukan apa saja kelebihan aplikasi berbasis cloud dibandingkan dengan aplikasi berbasis desktop?

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Bisnis
Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

Video