Kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha maupun kerja disebut

Kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja yang menyebabkan benda dapat berpindah merupakan pengertian dari energi. Energi dapat diubah dari suatu bentuk ke bentuk lainnya.

Asked by wiki @ 03/08/2021 in Fisika viewed by 5940 persons

Asked by wiki @ 23/08/2021 in Fisika viewed by 2821 persons

Asked by wiki @ 10/08/2021 in Fisika viewed by 2485 persons

Asked by wiki @ 02/08/2021 in Fisika viewed by 2052 persons

Asked by wiki @ 08/08/2021 in Fisika viewed by 1689 persons

Asked by wiki @ 30/07/2021 in Fisika viewed by 1669 persons

Asked by wiki @ 26/08/2021 in Fisika viewed by 1484 persons

Asked by wiki @ 01/08/2021 in Fisika viewed by 1237 persons

Asked by wiki @ 30/07/2021 in Fisika viewed by 1066 persons

Asked by wiki @ 20/08/2021 in Fisika viewed by 1024 persons

Asked by wiki @ 29/08/2021 in Fisika viewed by 994 persons

Asked by wiki @ 29/07/2021 in Fisika viewed by 960 persons

Asked by wiki @ 30/07/2021 in Fisika viewed by 903 persons

Asked by wiki @ 26/08/2021 in Fisika viewed by 843 persons

Asked by wiki @ 09/08/2021 in Fisika viewed by 804 persons

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.Morbi adipiscing gravdio, sit amet suscipit risus ultrices eu.Fusce viverra neque at purus laoreet consequa.Vivamus vulputate posuere nisl quis consequat.

Create an account

Merdeka.com - Energi merupakan sesuatu yang bersifat abstrak yang sukar dibuktikan akan tetapi dapat dirasakan adanya. Energi juga bisa diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja.

Secara umum banyak pula yang menyebut energi sebagai tenaga, Hal ini tentu saja bisa diterima mengingat faktanya dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu melakukan suatu apa pun dengan tenaga.

Meskipun energi bukan hal yang asing di telinga kita, namun kenyataannya masih banyak dari kita yang sebenarnya belum memahami betul perihal energi dari bentuk hingga fungsinya.

Untuk itu penting untuk menyimak informasi mengenai energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha, perhatikan bentuk dan fungsinya:

2 dari 3 halaman

1. Energi Kimia
Bentuk-bentuk energi yang pertama adalah energi kimia yang merupakan sebuah energi yang dihasilkan atau diperoleh dari hasil reaksi kimia. Adapun fungsi energi kimia dalam kehidupan sehari-hari ini adalah ketika kita mengonsumsi makanan di setiap harinya.

Di mana saat kita makan maka dalam tubuh akan terjadi reaksi kimia yang menghasilkan energi untuk beraktivitas. Selain itu, mobil untuk dapat bergerak juga dihasilkan dari energi panas saat proses pembakaran berlangsung pada bensin.

2. Energi Panas
Bentuk-bentuk energi berikutnya adalah energi panas atau dikenal juga dengans sebutan kalor adalah energi yang dihasilkan akibat perpindahan temperatur. Contoh energi panas sendiri adalah api.

Adapun fungsinya, kita dapat memakai kompor sebagai penghasil panas yang dapat membantu aktivitas memasak minuman maupun makanan untuk kehidupan kita sehari-hari.

Energi kalor juga bisa dihasilkan dari sumber energi terbesar yakni matahari. Dengan memanfaatkan panas dari matahari ini, kita bisa menggunakannya untuk menjemur pakaian secara alami dan juga bisa digunakan untuk proses fotosintesis. Matahari juga termasuk energi alternatif yang ramah lingkungan.

3. Energi listrik
Energi listrik juga tak kalah pentingnya bagi kebutuhan manusia untuk menjalankan berbagai macam alat elektronik yang dibutuhkan saat beraktivitas. Listrik berfungsi sebagai alat penerangan, selain itu fungsi energi listrik juga penting untuk menghidupkan kipas angin, AC, mesin cuci dan berbagai macam alat elektronik lainnya.

4. Energi air
Selain energi listri, bentuk-bentuk energi lainnya adalah energi air yang merupakan sumber energi yang tak kalah pentingnya bagi kehidupan manusia ataupun makhluk hidup lainnya untuk kehidupan. Air berperan untuk mandi, mencuci, minum, hingga industri pengolahan air. Selain itu, tenaga air juga berperan besar dalam menghasilkan listrik untuk kehidupan umat manusia.

©2020 Merdeka.com/Ananias Petrus

Tanpa adanya air, manusia dan makhluk hidup lainnya tak akan bisa bertahan hidup. Energi air juga termasuk salah satu energi terbarukan yang tak akan ada habisnya, kecuali kehidupan di bumi ini musnah. Air juga dapat digunakan secara terus menerus dengan berkesinambungan untuk kehidupan setiap makhluk hidup.

5. Energi cahaya
Bentuk-bentuk energi berikutnya adalah energi cahaya. Tanpa adanya cahaya, maka kita akan kegelapan di malam hari. Adapun sumber cahaya terbesar di bumi adalah matahari. Matahari adalah sumber energi terpenting untuk kehidupan makhluk hidup di alam semesta.

Dengan adanya matahari, maka tumbuhan bisa melangsungkan proses fotosintesis yang menghasilkan oksigen untuk dapat dihirup oleh semua makhluk hidup di dunia. Selain cahaya matahari, energi cahaya juga tersimpan dalam lampu atau listrik untuk penerangan di malam hari.

3 dari 3 halaman

Energi adalah kebutuhan manusia kini. Beberapa darinya digunakan dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini ada sebagian contoh fungsi energi dengan mengubahnya dari satu bentuk ke bentuk lainnya:

  • Energi listrik menjadi energi panas pada pemakaian setrika untuk menggosok pakaian.
  • Energi kimia menjadi energi gerak (mekanik) pada makanan yang kita makan diolah dengan reaksi kimia menjadi sumber energi dalam beraktivitas.
  • Energi listrik menjadi energi bunyi ada pemakaian bel yang menghasilkan bunyi
  • Energi gerak (mekanik) menjadi energi panas pada gesekkan dua benda dengan terus menerus menghasilkan panas
  • Energi listrik menjadi energi gerak (mekanik) pada pemakaian kipas angin
  • Energi cahaya menjadi energi kimia pada pemanfaatan cahaya matahari.
(mdk/nof)

mohon bantuannya ya kak,terima kasih kak​

Lukislah pembentukan bayangan pada lensa cembung dan tentukan sifat bayangan yang terjadi jika benda diletakkan di: a. Ruang 1 b. Ruang 2 c. Ruang 3 … d. 2F ​

plisss jawabin >_< masih banyak soalnya​

Tentukan perubahan energi yang terjadi pada peristiwa berikut ini!1. Menggosok gosokkan kedua telapak tangan2. Memukul gong3. Lilin menyala4. Berlari … lari kecil selama beberapa saat5. Menyalakan blender6. Menyalakan korek api7. Menyalakan televisi8. Merebus air hingga mendidihJawab Semua Ya...​

1.Tuliskan interval nada pada tangga nada mayor dan minor?

Tuliskan 5 sumber energi yang tidak dapat diperbarui ! Tolong di bantu:(

Ada berapa nada tangga nada pentatonis?sebutkan!

Ada berapa Nada tangga nada dianotis?sebutkan!

Lukisan bayangan pada cermin cembung berikut yang benar adalah

karya seni tiga dimensi merupakan karya seni yang memiliki...a.alas dan tinggi b.panjang dan lebarc.sisi dan garis lengkungd.panjang,lebar, dan tinggi …