Kenapa tidak ada add video di virtual background Zoom?

David Wijaya Follow

Cara Mengganti Virtual Background Zoom di HP dan Komputer

Home » Software » Cara Mengganti Virtual Background Zoom di HP dan Komputer

3 min read

Zoom merupakan salah satu aplikasi video conferencing yang popularitasnya meningkat drastis akhir-akhir ini, terlebih di masa pandemi Covid-19. Salah satu sebab peningkatan popularitas Zoom tersebut adalah kemudahan dalam mengoperasikan Zoom. Selain mudah digunakan, Zoom juga sangat stabil sehingga tetap dapat digunakan meski koneksi internet sedang tidak stabil. Selain itu, banyak pula yang memuji Zoom berkat segudang fitur yang disediakannya secara gratis.

Salah satu satu sekian banyak fitur tersebut adalah virtual background. Virtual background ini dapat mengganti latar belakang Anda dengan gambar atau video pilihan Anda. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat mengikuti kelas online atau seminar dari tempat tidur Anda tanpa perlu kuatir orang lain dapat melihat kasur di belakang Anda.

Lebih menariknya lagi, fitur virtual background di Zoom ini bisa Anda gunakan baik di komputer (Windows atau macOS) maupun mobile (Android dan iPhone). Karena itu, apapun perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses Zoom, Anda dapat mengganti virtual background Zoom menggunakan panduan di bawah ini.

Daftar Isi

  • Cara Mengganti Virtual Background Zoom di PC
    • Mengganti Virtual Background Sebelum Masuk Meeting
    • Mengganti Virtual Background Setelah Masuk Meeting
  • Cara Mengganti Virtual Background Zoom di HP (Android dan iPhone)

Cara Mengganti Virtual Background Zoom di PC

Cara mengubah virtual background Zoom di komputer atau laptop sedikit berbeda antara sebelum dan sesudah bergabung ke meeting. Berikut caranya masing-masing. Cara di bawah ini bisa Anda gunakan baik untuk Zoom di Windows maupun macOS.

Mengganti Virtual Background Sebelum Masuk Meeting

Untuk mengganti virtual background di Zoom sebelum masuk ke meeting, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Download aplikasi Zoom di sini. Pilih Zoom Client for Meetings pada halaman download, kemudian ikuti langkah-langkah instalasinya.
  2. Login ke dalam akun Zoom Anda. Apabila Anda belum memiliki akun Zoom, Anda bisa membuatnya di link ini.
  3. Klik tombol Settings yang berada di bagian kanan atas (di bawah foto profil akun Anda).
  4. Pada panel sebelah kiri, pilih Background & Filters.
    Catatan: Apabila Anda tidak melihat menu ini, silakan login ke akun Zoom Anda di website Zoom. Setelah masuk ke akun Anda, pilih menu Settings pada panel sebelah kiri.
    Kemudian, scroll ke bawah di panel sebelah kanan dan nyalakan opsi Virtual Background seperti gambar di bawah ini.
  5. Pada tab Virtual Backgrounds, Anda dapat memilih menggunakan vitual background bawaan Zoom atau virtual background Anda sendiri. Bila ingin menggunakan background bawaan Zoom, pilih salah satu virtual background yang Anda inginkan sebagai latar belakang.
    Jika Anda baru pertama kali menggunakan virtual background, Anda mungkin diminta mendownload Smart Virtual Background Package terlebih dahulu. Klik Download untuk melanjutkan.
  6. Bila Anda ingin menggunakan gambar atau video Anda sendiri sebagai virtual background, klik tombol Add images or video (tombol plus), kemudian pilih Add Image (untuk menambahkan gambar) atau Add Video (untuk menambah video).
  7. Pilih salah satu gambar yang Anda inginkan sebagai background, kemudian klik Open.
  8. Gambar yang Anda pilih akan digunakan sebagai virtual background Zoom Anda.

Sekarang, Anda akan secara otomatis menggunakan virtual background tersebut tiap kali masuk ke sebuah meeting.

Tips: Efek virtual background dapat bekerja dengan lebih baik bila Anda memiliki background yang kontras. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan green screen. Apabila Anda mempunyai green screen, kami menyarankan Anda untuk mencentang opsi I have a green screen. Laman resmi Zoom menyatakan bahwa green screen dapat meningkatkan kualitas virtual background yang disediakan aplikasi Zoom.
Baca juga: 5 Aplikasi Video Conferencing Gratis Terbaik untuk Meeting Online

Apabila Anda tidak memiliki green screen, usahakan agar Anda tidak menggunakan warna pakaian yang mirip dengan latar belakang Anda agar virtual background bisa bekerja dengan baik.

Mengganti Virtual Background Setelah Masuk Meeting

Anda juga dapat mengganti virtual background Zoom meski Anda sudah masuk ke dalam meeting. Untuk melakukannya, silakan ikut cara di bawah ini:

  1. Pada bagian bawah jendela meeting, klik tanda panah yang berada di samping menu Stop Video (bila Anda sudah menyalakan video) atau Start Video (bila Anda belum menyalakan video). Setelah itu, pilih menu Choose Virtual Background.
  2. Pada tab Virtual Backgrounds, Anda dapat memilih menggunakan vitual background dari Zoom atau virtual background pilihan Anda sendiri. Jika ingin menggunakan background bawaan Zoom, pilih salah satu virtual background yang Anda inginkan untuk latar belakang.
  3. Apabila Anda ingin memakai gambar atau video Anda sendiri sebagai virtual background, klik tombol Add images or video (tombol plus) lalu pilih Add Image (untuk menambahkan gambar) atau Add Video (untuk menambah video).
  4. Pilih salah satu gambar yang Anda inginkan sebagai background, kemudian klik Open.
  5. Gambar secara otomatis akan digunakan sebagai virtual background Zoom Anda. Tekan tombol Close di pojok kanan atas jendela untuk kembali ke meeting.
Tips: Jika Anda menggunakan green screen, Anda dapat mencentang opsi I have a green screen untuk meningkatkan kualitas virtual background.

Cara Mengganti Virtual Background Zoom di HP (Android dan iPhone)

Cara mengganti virtual background Zoom di HP (Android dan iPhone) berbeda dengan di PC. Untuk mengubah virtual background Zoom di Android dan iPhone, Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini. Perlu diketahui bahwa tidak ada perbedaan langkah yang signifikan antara Android dan iPhone.

Catatan: Tidak semua perangkat Android mendukung virtual background ini. Salah satu tes yang dilakukan oleh Pocket-lint menyimpulkan bahwa hanya beberapa perangkat Android high-end yang mendukung fitur ini, seperti Samsung Galaxy Note 20 dan Samsung Galaxy S20.
  1. Download aplikasi Zoom di Google Play (untuk Android) atau App Store (untuk iPhone). Apabila Anda sudah menginstall Zoom sebelumnya, pastikan Anda telah mengupdate Zoom ke versi terbaru.
  2. Buka aplikasinya kemudian login ke akun Anda.
  3. Klik New Meeting untuk membuat meeting baru atau klik Join untuk bergabung ke meeting yang sudah ada.
  4. Pada bagian pojok kanan bawah, klik tombol More.
  5. Pilih menu Virtual Background.
  6. Pilih salah satu virtual background yang Anda inginkan.
  7. Apabila Anda ingin menggunakan gambar Anda sendiri, Anda dapat mengklik tombol plus di kanan bawah.
  8. Pilih gambar yang ingin Anda ingin jadikan sebagai background. Perlu diketahui bahwa hingga saat ini, Zoom masih belum mendukung virtual background berupa video di aplikasi Zoom untuk mobile.
  9. Setelah Anda memilih gambar, gambar tersebut akan otomatis digunakan menjadi background Anda. Klik Close di pojok kanan bawah untuk kembali ke meeting.

Demikian artikel mengenai cara mengganti virtual background Zoom baik di HP maupun di komputer. Apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan share artikel ini kepada teman atau keluarga Anda yang memerlukan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi video conferencing lainnya, Anda bisa membaca artikel kami mengenai rekomendasi aplikasi video conferencing gratis.

Sumber Gambar: How to Use a Virtual Background in Zoom for Android HowToGeek

David Wijaya Follow
  • Software
  • #video conferencing
  • #Zoom
« Cara Mengatur Tulisan Rata Kiri, Kanan, Tengah, dan Justify di Word
Cara Share Screen di Zoom HP dan PC (Panduan Lengkap) »