Kita harus apa untuk melestarikan budaya nusantara


Tidak ada yang dapat meragukan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan kekayaan yang sangat melimpah didalamnya. Dari segi sumber daya alam, sumber daya manusia, sejarah, tradisi dan juga budaya. Indonesia memiliki apapun yang tidak dimiliki bangsa lain didunia. Sehingga tidak heran jika banyak bangsa- bangsa lain yang iri kepada Indonesia dan mencoba untuk merebut kekayaan- kekayaan tersebut dari pelukan ibu pertiwi.
Lalu berbagai macam kegiatanpun dilakukan untuk mencegah kekayaan yang dimiliki bumi Nusantara berpindah kepada bangsa lain. Kegiatan pembudidayaan dan cagar alam untuk sumber daya alam, pembinaan dan penanaman nilai- nilai kebangsaan untuk sumber daya manusianya, serta pembuatan sanggar- sanggar budaya untuk kekayaan budaya agar budaya yang ada tidak hilang.
Namun tidak hanya itu yang dilakukan. Bahkan dari seni sastra pun ikut berlomba- lomba untuk melestarikan kakayaan yang dimiliki Indonesia agar tidak hilang. Banyak anak bangsa yang menonjolkan kekayaan alam ataupun kekayaan budaya dan tradisi yang dimiliki Indonesia kepada bangsa lain agar Indonesia dikenal dengan maksud agar dunia tahu bahwa kekayaan yang ditonjolkan itu adalah asli milik Indonesia.
Diluar dari itu, ternyata ada beberapa alasan lain yang mendasari kenapa kita, sebagai generasi penerus bangsa, diwajibkan untuk melestarikan kekayaan yang ada di Indonesia. Terutama adalah kekayaan budaya yang ada. Kenapa budaya? Karena kekayaan budaya adalah kekayaan lain dari kekayaan alam yang sudah hampir punah dan hilang. Banyak dari budaya- budaya yang diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang bangsa ini yang kini sudah tidak bisa kita jumpai lagi.
Dan untuk tujuan itulah sayanusantara.blogspot.co.id dibuat. Karena sayanusantara.blogspot.co.id ingin ikut serta dalam rangka melestarikan kekayaan budaya yang ada di Indonesia agar tidak hilang terbentur era globalisasi yang semakin keras setiap harinya. Walaupun dibuat dengan domain gratisan, namun ini bukan berarti tidak ada keseriusan dalam upaya melestarikan budaya yang ada. Selain dari itu, kenapa blog ini dibuat dengan domain gratisan adalah karena kami ingin membuktikan bahwa untuk melestarikan kekayaan budaya Indonesia selalu bisa dilakukan dengan cara yang apapun.
Dan berikut alasan- alasan kenapa kita harus melesarikan budaya Indonesia yang kita cintai ini:

1. 1. Jati Diri
Dapat dikatakan juga sebagai arti dari diri. Biasanya jati diri banyak dicari oleh orang-orang muda sebagai bekal utama untuk melanjutkan hidup dimasa yang akan datang. Jati diri juga banyak diartikan sebagai karakteristik kemampuan diri dalam memecahkan sebuah permasalahan.
Bagi manusia mengenal jati diri atau mengenal diri sendiri adalah langkah awal untuk menyusun rencana yang akan dibuat pada waktu mendatang. Tapi ternyata tidak hanya manusia saja yang memiliki jati diri. Sebuah bangsa juga memiliki jati diri. Ini dilihat bahwa setiap bangsa selalu memiliki karakteristik tersendiri yang tidak sama dengan bangsa lainnya. Begitu juga dengan bangsa Indonesia yang memiliki karakteristik tersendiri.
Karakteristik yang dimiliki Indonesia dapat kita lihat dari gambaran- gambaran pada budaya- budaya atau tradisi- tradisi yang melekat pada setiap suku yang ada didalamnya. Jadi ketika sebuah budaya hilang karena suatu sebab, maka itu adalah langkah awal dari hilangnya bagian dari karakteristik bangsa Indonesia yang sudah pernah dibentuk nenek moyang bangsa Indonesia. Jadi sangat disayangkan bukan jika sebuah budaya yang ada di Indonesia hilang? Karena itu berarti karakteristik bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan kuat pada masa lalu juga akan hilang.
Gotong Royong Sumber: Ulvi90.wordpress.com

2. 2.Prinsip
Tidak hanya manusia yang memiliki prinsip dalam hidup. Tapi sebuah negara atau bangsa juga memiliki prinsip. Prinsip dapat dikatakan sebagai pakem yang dimiliki seseorang atau kelompok untuk melakukan sesuatu. Dimana ketika melakukan sesuatu tanpa adanya pakem tersebut, segalanya akan menjadi kacau balau.
Mungkin kalian pernah dengar tentang banyak orang Indonesia yang mengatakan bahwa laut yang banyak tersebar di Indonesia tidaklah dijadikan pemisah. Melainkan pemersatu bangsa. Itulah salah satu prinsip yang dipegang kuat oleh bangsa Indonesia. Bahwa tidak ada batasan untuk mempersatukan bangsa ini.
Prinsip-prinsip ini juga terdapat pada ajaran-ajaran nenek moyang bangsa Indonesia bahkan lama sebelum kerajaan- kerajaan di tanah Nusantara bermunculan. Prinsip- prinsip ini bisa kita lihat pada budaya- budaya dan tradisi- tradisi yang melekat di Indonesia. Seperti misalnya prinsip persatuan, kekeluargaan, dan persaudaraan dalam budaya gotong royong.
Gotong royong sudah ada lama sebelum Indonesia lahir sebagai negara merdeka. Karena dari prinsip gotong royong inilah kemudian Indonesia bisa bersatu dan merdeka. Karena setiap wilayah yang memiliki kekuasaan masing- masing di tanah Nusantara merasa memiliki ikatan persaudaraan dengan wilayah yang lain sehingga terciptalah prinsip gotong royong untuk meraih kemerdekaan yang didambakan dan dicita-citakan. Bahkan sampai saat ini pun gotong royong masih menjadi salah satu prinsip hidup dari bangsa Indonesia.




3. 3.Tanda Pengenal
Jika kita pergi keluar negeri dan berbicara tentang Jakarta, pasti kita akan dikenal sebagai orang Indonesia. Namun tidak hanya nama Jakarta yang dikenal, bahkan budaya- budaya yang ada di Indonesia pun dikenal oleh bangsa- bangsa asing. Karena salah satu cara memperkenalkan Indonesia kepada negara lainnya adalah dengan cara pendekatan budaya. Tapi bagaimana jika budaya- budaya yang ada perlahan- lahan hilang?
Jika sampai budaya yang sudah dikenal oleh bangsa asing perlahan- lahan hilang ditanah sendiri, akan menjadi sebuah ancaman tersendiri bagi Indonesia. Karena ini akan berakibat kepada tidak kenalnya generasi penerus bangsa ini pada budaya tersebut disaat budaya tersebut dikenal dengan baik oleh bangsa asing. Bisa- bisa budaya itu diakui oleh bangsa asing dan tidak ada perlawanan dari bangsa Indonesia. Bahaya kan? Karena hal inilah yang sering terjadi pada waktu- waktu yang lalu.

Gotong Royong. Sumber: Jalandamai.org
4. 4.Sarana belajar
Setiap budaya atau tradisi selalu memiliki makna dan essensi dibaliknya. Karena setiap budaya dan tradisi yang ada selalu dimulai dari sebuah kejadian yang cukup berdampak hingga akhirnya budaya atau tradisi ini diciptakan dan diwariskan secara turun temurun. Seperti misalnya budaya bertani yang menjadikan Indonesia dikenal sebagai negara agraris.
Nenek moyang bangsa Indonesia sudah pasti adalah sosok yang sama dengan orang- orang jaman purba dari bangsa lain didunia. Hidup secara nomaden. Namun mungkin nenek moyang Nusantara menemukan sebuah cara dari permasalahan pangan yang mereka temui di satu titik kehidupan mereka. Untuk itulah mereka mulai hidup dengan bertani walaupun masih secara nomaden. Tapi dari sana kita bisa menarik sebuah pelajaran bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah sosok cerdas yang mampu menyelesaikan permasalahan besar pada saat itu.
Kini walaupun zaman sudah modern namun ternyata permasalahan pangan yang dahulu dihadapi nenek moyang bangsa Indonesia masih tetap muncul. Kenapa harga kebutuhan pokok terus meroket harganya, kebutuhan pokok semakin sulit didapatkan, bahkan tidak jarang ada orang yang tega melukai dan menyakiti saudaranya sendiri demi kebutuhan pokok itu, mungkin adalah alasan dari kurangnya kita belajar dari nenek moyang kita. Karena walaupun hidup secara nomaden dan hidup secara berkelompok, tidak pernah kita mendengar nenek moyang kita saling menyakiti karena masalah pangan.
Tapi tentu saja tidak hanya dalam kebudayaan bertani yang memiliki pelajaran. Masih banyak rahasia- rahasia yang perlu didalami dari setiap kebudayaan yang ada sehingga kita dapat menarik kesimpulan pelajaran yang ada didalamnya. Permasalahan inilah yang sering dilupakan oleh generasi muda. Inilah yang sering dihadapi oleh bangsa Indonesia, bahwa generasi muda yang ada merasa enggan untuk menelaah budaya yang ada. Padahal budaya- budaya tersebut tidak jarang menawarkan sebuah solusi pemecahan masalah yang dihadapi pada zaman modern ini.
Ujungan. Sumber: Kusumatami.blogspot.com
Itulah alasan- alasan pentingnya melestarikan budaya Indonesia. Karena budaya- budaya Indonesia, yang beraneka ragam, adalah gambaran- gambaran kecil dari Indonesia itu sendiri. Dari Sabang di ujung barat sampai dengan Merauke diujung Timur memiliki budaya masing- masing yang merupakan perwakilan dari Indonesia yang harus dijaga.
Melestarikan kekayaan budaya yang ada di Indonesia adalah kewajiban dari anak- anak Indonesia. Terlepas dari usia, latar belakang, suku, ras, ataupun agama dan keyakinan kepercayaan, selama lahir di bumi ibu petiwi maka dia berkewajiban melestarikan kebudayaan Indonesia. Jangan sampai kita terbuai oleh modernisasi yang ditawarkan dunia hingga akhirnya tidak mengenal bahkan melupakan bangsanya sendiri. Jangan sampai kita menjadi seperti Malin Kundang dalam cerita legenda Indonesia. Dilahirkan oleh ibu pertiwi yang lalu pergi untuk melihat dunia tapi kemudian tidak lagi mengakui ibu pertiwi sebagai ibu yang telah melahirkannya.


Sayanusantara.blogspot.co.id
Ini Nusantara Kita