Lama waktu permainan sepak bola adalah brainly

Sepak bola mini merupakan permainan yang penggunanya dikhususkan untuk anak-anak (usia 11-12 tahun). Nama sepak bola mini mungkin masih terasa asing di telinga sebagian rakyatindonesia. Pada umumnya yang banyak dijumpai di masyarakat adalah permainan sepakbola biasa dan futsal. Permainan sepak bola mini diharapkan memberikan pelatihan dan memperkenalkan permainan sepak bola sejak dini.

Seiring perkembangan zaman, ketika permainan sepak bola telah membudaya diseluruh penjuru dunia, sepak bola dimodifikasi. Salah satu hasil modifikasi permainan sepak bola yaitu sepak bola mini. Sama dengan dalam permainan sepak bola biasa, para pemain sepak bola mini juga bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya agar dapat memenangkan pertandingan.

Gerak Dasar Permainan Sepak Bola MiniSunting

Secara umum, gerak dasar dalam permainan sepak bola mini hapir sama dengan sepak bola biasa. Gerak dasar permainan ini, antara lain: menendang (kicking), mengumpan (passing), mengontrol (controlling), menggiring (dribbling), dan menembak (shooting).

Hal yang membedakan sepak bola mini dengan sepak bola biasa adalah dalam sepak bola mini lebih menekankan pada penguasaan gerakan mengontrol dan mengumpan bola-bola pendek. Hal itu disebabkan karena dalam sepak bola mini dilakukan di lapangan yang lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepak bola biasa.

Menendang (Kicking)Sunting

Menendang dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu menendang dengan punggung kaki, menendang dengan kaki bagian dalam, dan menendang dengan kaki bagian luar. Menendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke arah gawang (shooting). Menendang dengan kaki bagian dalam adalah tendangan yang paling sering digunakan, yaitu digunakan untuk tendangan jarak pendek. Menendang dengan kaki bagian luar juga digunakan untuk menendang jarak pendek.

Mengumpan (Passing)Sunting

Ada tiga cara mengumpan bola dalam permainan sepak bola mini, yaitu sebagai berikut:

  • Mengumpan bola dengan kaki bagian dalam
  • Mengumpan bola dengan kaki bagian luar
  • Mengumpan bola menggunakan punggung kaki

Mengontrol Bola (Controlling)Sunting

Mengontrol bola ditujukan untuk memudahkan pembawa bola untuk mengatur waktu permainan, mengalihkan laju bola, serta untuk mengoper atau mengumpan bola. Ada beberapa cara mengontrol bola dalam permainan sepak bola mini, yaitu:

  • Mengontrol bola menggunakan telapak kaki
  • Mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam
  • Mengontrol bola menggunakan kaki bagian luar
  • Mengontrol bola menggunakan dada, dan
  • Mengontrol bola menggunakan kepala.

Menggiring Bola (Dribbling)Sunting

Menggiring bola adalah gerakan lari sambil mendorong bola dengan menggunakan kaki. Menggiring bola bertujuan untuk:

  • Mengecoh lawan
  • Membawa bola maju menenbus pertahanan gawang
  • Menghindar agar bola tidak direbut oleh lawan, dan
  • Menguasai bola sepenuhnya digiring menuju gawang.

Menembak (Shooting)Sunting

Menembak (shooting) adalah gerakan menendang bola dengan keras ke gawang lawan.

Aturan Permainan Sepak Bola MiniSunting

Adapun aturan dalam permainan sepak bola mini adalah sebagai berikut:

  • Lama bertanding: 2 x 20 menit dengan waktu istrahat 10 menit.
  • Bola yang digunakan ukuran No 4 (empat).
  • Pemain Sepak Bola Mini (7 pemain inti dan 3 cadangan).
  • Pergantian pemain bebas (tidak ditentukan jumlahnya).
  • Jumlah pemain dalam permainan adalah 7 lawan 7.
  • Jika terjadi draw biasanya langsung diadakan tendangan pinalti (tidak menggunakan perpanjangan waktu)
  • Penggunaan kartu merah dan kartu kuning tidak diberlakukan, jika ada pemainyang melanggar hanya diberi peringatan saja.
  • Offside tidak diberlakukan.[1]

Sepakbola mini pelaksanaannya di lapangan terbuka. Hanya saja ukurannya lebih kecil dibandingkan lapangan sepak bola pada umumnya, dan lebih besar dari lapangan futsal. Ukurannya pada nilai 60X40 m. Lapangan dibedakan berdasarkan kelompok usia pemain. Semakin rendah kategori umur, ukuran lapangan juga semakin kecil.[2]

Federasi ResmiSunting

Permainan sepakbola mini di Indonesia sendiri telah memiliki badan kepengurusan resmi dengan nama Federasi Sepakbola Mini Indonesia (FSMI) yang dideklarasikan 7 Februari 2016 di Sabnani Park, Tangerang. Dikawasan Asia sendiri sepakbola mini sudah ada Asian Minifootball Confederation (AMC) yang berada di bawah naungan World Minifootball Federation (WMF). Tidak hanya itu di beberapa benua juga sudah berdiri badan resmi olahraga ini seperti Europan Miniftotball Federation (EMF), Oceania Minifootball Federation (OMF), Confederacion Panamericana de Minifutbol (CPM), dan African Minifootball Federation (AMF). Sementara itu WMF sendiri tidak berada di bawah aliansi FIFA[3]

Sepak Bola Mini di IndonesiaSunting

Pertandingan sepakbola mini di Indonesia saat ini sudah kedua kalinya. Dengan nama pertandingan pertama kali berbeda dengan yang kedua. Pertama kali bernama Indonesia Minifootball League. Sedangkan yang pertandingan kedua dinamakan Fanatic Indonesia Minifootball League. Perbedaan nama ini karena pergantian pihak sponsor yang turut andil dalam pertandingan. Liga sepakbola mini diselenggarakan oleh Indonesia Mini Football Federation.[4]

  1. ^ "Peraturan permainan dalam bermain sepak bola mini - Brainly.co.id". brainly.co.id. Diakses tanggal 2020-03-04.
  2. ^ "5 Beda Mini Soccer dengan Sepak Bola. Kenali Sebelum Bertanding". Pantai Mutiara Sports Club - Healty Living. 2019-08-27. Diakses tanggal 2020-03-04.
  3. ^ INDOSPORT.com (2016-02-08). "Sepakbola Mini, 'Aliran' Baru Dunia Sepakbola". INDOSPORT.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-04.
  4. ^ "5 Beda Mini Soccer dengan Sepak Bola. Kenali Sebelum Bertanding". Pantai Mutiara Sports Club - Healty Living. 2019-08-27. Diakses tanggal 2020-03-04.
Diperoleh dari "https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Sepak_Bola_Mini&oldid=17313108"

Video

Advertising