Lingkungan alam memiliki banyak Kekayaan bagaimana kewajiban kita menggunakannya

Buku Siswa SDMI Kelas IV 76 Kemudian, bagaimana cara melestarikannya? Menghemat pemakaian sumber energi adalah salah satu contoh cara melestarikan sumber daya alam. Menghemat sumber daya alam tidak hanya berfungsi untuk melestari- kan nya saja. Tindakan ini juga bermanfaat untuk mengurangi bahaya kerusakan lingkungan. Contohnya penggunaan bensin sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor yang timbul menyebabkan pencemaran udara. Berikut kewajiban terhadap sumber daya alam dalam kehidupan sehari- hari: a. Mengurangi kegiatan yang banyak menghabiskan sumber daya alam. b. Pemanfaatan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan. c. Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersedian sumber daya alam. d. Melakukan reboisasi untuk menjaga ketersediaan sumber daya alam terutama air. e. Menggunakan energi alternatif. Kekayaan sumber daya alam yg kita miliki, baik yg dapat diperbarui maupun yan tidak dapat diperbarui bermanfaat bagi kelangsungan hidup masyarakat. Setiap anggota masyarakat pun memiliki hak untuk memanfaatkannya. Hak untuk memanfaatkan sumber daya alam ini bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Contoh Pemanfaatan secara langsung adalah hasil pertanian yang dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat. Adapun pemanfaatan tidak langsung artinya hasil dari sumber daya alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. 77 Subtema 2: Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia Ayo Berlatih Bersama temanmu, coba identifikasikan perilaku orang-orang di sekitarmu berkaitan dengan penggunaan sumber daya alam dalam kegiatannya sehari- hari. Perilaku Orang-Orang di Sekitarku Contoh Perilaku yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alam Contoh Perilaku yang tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alam Sumber daya alam yang dimiliki bangsa Indonesia memang sangat besar manfaatnya dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Baik sumber daya alam yang langsung bisa manfaatkan maupun sumber daya alam yang masih harus diolah terlebih dahulu. Di Indonesia banyak terdapat sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi, seperti minyak bumi, batu bara, gas alam, dan lain- lain.

Lihat dokumen lengkap (184 Halaman - 5.11MB)

Berikut kewajiban terhadap sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari.a. Mengurangi kegiatan yang banyak menghabiskan sumber daya alam.b. Pemanfaatan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan.c. Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersedian sumber daya alam.d. Melakukan reboisasi untuk menjaga ketersediaan sumber daya alam terutama air.e. Menggunakan energi alternatif.2. Hak Memanfaatkan Sumber Daya AlamKekayaan sumber daya alam yang kita miliki, baik yang dapat diperbarui maupun yan tidak dapat diperbarui bermanfaat bagi kelangsungan hidup masyarakat. Setiap anggota masyarakat pun memiliki hak untuk memanfaatkannya. Hak untuk memanfaatkan sumber daya alam ini bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Contoh emanfaatan secara langsung adalah hasil pertanian yang dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat. Adapun pemanfaatan tidak langsung artinya hasil dari sumber daya alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.Selanjutnya, bagaimana cara melestarikannya? Menghemat pemakaian merupakanp

77Subtema 2:Pemanfaatan Kekayaan Alam di IndonesiaAyo BerlatihBersama temanmu, coba identifikasilah perilaku orang-orang di sekitarmu berkaitan dengan penggunaan sumber daya alam dalam kegiatannya sehari-hari.Perilaku Orang-Orang di SekitarkuContoh perilaku yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alamContoh perilaku yang tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alamSumber daya alam yang dimiliki bangsa Indonesia, baik yang langsungDi Indonesia banyak terdapat sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam.bisa dimanfaatkan maupun yang masih harus diolah terlebih dahulu dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. sangat besar manfaatnya dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

Buku SiswaSD/MI Kelas IV78Ayo MembacaaManfaat Minyak Bumi untuk Kehidupan ManusiaMinyak bumi merupakan salah satu sumber mineral yang sangat dibutuhkan manusia. Minyak bumi didapat dari sumbernya yang berada di bagian kerak bumi. Proses pengambilannya dengan cara dibor pada kilang-kilang m inyak. Tidak bisa terbayang seandainya m inyak bum i habis. Keberlangsungan hidup manusia akan banyak masalah dan kacau. terjadi?Terbentuknya minyak bumi berlangsung selama jutaan tahun, ketika tanaman dan hewan terkubur di lapisan kerak bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tergerak ke kerak bumi oleh karena pergerakan lempeng bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tersebut kemudian menjadi fosil dan bereaksi dengan gas alam. Reaksi akan mengubah fosil menjadi cairan hitam yang disebut minyak bumi. Minyak bumi inilah yang memiliki banyak peran dalam kehidupan manusia.

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

End of preview. Want to read all 184 pages?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Cari Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 1: Contoh Hak dan Kewajiban terhadap Lingkungan dan Sumber Energi (Designed by rawpixel.com / Freepik)

Bobo.id - Dalam materi pembelajaran kelas 4 tema 9 subtema 1, kita mempelajari tentang lingkungan dan sumber energi di sekitar kita.

Salah satunya, kita belajar mengenai hak dan kewajiban terhadap lingkungan sekitar serta hak dan kewajiban terhadap sumber energi.

Hak merupakan sesuatu yang mutlak didapatkan oleh seseorang.

Sedangkan, kewajiban merupakan sesuatu atau tugas yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

Apa saja contoh hak dan kewajiban kita terhadap lingkungan, ya?

Apa temen-teman juga sudah tahu apa saja contoh hak dan kewajiban terhadap sumber energi?

Yuk, kita cari tahu kunci jawabannya!

Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 4 Tema 9 Subtema 1: Apa Fungsi Air dalam Pembangkit Listrik Tenaga Air?

Hak dan Kewajiban terhadap Lingkungan

Lingkungan bagi manusia merupakan tempat yang menyediakan sumber daya.

Manusia membutuhkan lingkungan sebagai tempat mencari makan, tempat tinggal, hingga tempat bekerja.

Manusia memiliki hak dan kewajiban terhadap lingkungan.

Contoh hak terhadap lingkungan:

- Menikmati hidup di lingkungan yang nyaman dan asri.

- Menikmati udara segar dan bebas polusi.

- Mendapatkan air bersih untuk minum, memasak, mandi, mencuci, dan yang lainnya.

- Memanfaatkan sumber energi di lingkungan sekitar, seperti tumbuhan, hewan, dan cahaya Matahari.

- Menggunakan lahan untuk tempat tinggal.

Baca Juga: Macam-Macam Degradasi Lingkungan Hidup, Ada Akibat Tanah Longsor


Page 2

Avisena Ashari Selasa, 16 Maret 2021 | 08:41 WIB

Cari Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 1: Contoh Hak dan Kewajiban terhadap Lingkungan dan Sumber Energi (Designed by rawpixel.com / Freepik)

Contoh kewajiban terhadap lingkungan:

- Menjaga kebersihan lingkungan dengan rajin membersihkan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

- Menyediakan ruang terbuka hijau yang ditanami pepohonan atau melakukan reboisasi  untuk membantu menahan air dan mencegah banjir.

- Menjaga keasrian dan keindahan lingkungan.

- Menjaga dan memanfaatkan sumber energi dengan bijaksana.

- Menjaga lingkungan dari polusi udara, polusi air, dan polusi tanah.

- Mengusahakan kebiasaan yang lebih ramah lingkungan.

Contoh Hak dan Kewajiban terhadap Lingkungan dan Sumber Energi (Designed by pch.vector / Freepik)

Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 4 Tema 9 Subtema 1: Apa Saja Manfaat Energi Matahari bagi Manusia, Hewan, Tumbuhan, dan Alam?

Hak dan Kewajiban terhadap Sumber Energi

Selain hak dan kewajiban terhadap lingkungan, kita juga memiliki hak dan kewajiban terhadap sumber energi di sekitar kita.

Sumber energi bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia, namun pemanfaatannya harus dilakukan dengan tanggung jawab.

Contoh hak terhadap sumber energi:

- Menggunakan energi untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

- Mengelola energi untuk keperluan tertentu sesuai dengan Undang-Undang dan tidak merugikan orang lain.