Lulusan ilmu administrasi niaga kerja apa?

Jurusan Administrasi Bisnis menjadi salah satu jurusan populer di rumpun soshum setelah Ilmu Hukum. Di beberapa kampus besar di Indonesia, jurusan ini pun tidak pernah sepi peminat. Mengapa banyak orang memilih jurusan ini?

Jurusan Administrasi Bisnis mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia, operasional, logistik, pemasaran, hingga manajemen perusahaan. Di beberapa kampus, jurusan Administrasi Bisnis juga disebut dengan Administrasi Niaga. Keduanya mengacu pada jurusan yang sama.

Untuk kamu yang penasaran banget tentang jurusan Administrasi Bisnis, yuk kupas tuntas hal-hal terkait jurusan ini.

Perbedaan Administrasi Bisnis dengan Administrasi Negara

Kamu mungkin penasaran karena objek ilmu administrasi lumayan banyak. Dua jurusan yang paling populer dengan dasar ilmu administrasi adalah Administrasi Bisnis dan Administrasi Negara. Apa perbedaan keduanya?

Administrasi Bisnis/Niaga fokus pada menjaga kelangsungan bisnis suatu organisasi (perusahaan). Caranya adalah dengan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya atas modal yang sudah dialokasikan.

Sementara itu, Administrasi Negara atau yang sering disebut juga dengan Administrasi Publik fokus pada meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat. Caranya adalah dengan memberikan pelayanan yang efisien dan efektif kepada seluruh warga negara.

Keduanya memiliki wilayah kerja yang berbeda. Administrasi berada di bawah naungan organisasi atau perusahaan, sedangkan Administrasi berada di bawah naungan negara. Prospek kerja keduanya pun berbeda.

Mata Kuliah dasar dalam Administrasi Bisnis

Untuk kamu yang sudah yakin memilih jurusan Administrasi Bisnis, ada beberapa kemampuan utama yang akan kamu pelajari selama kuliah, yakni skill manajerial, analisis, berpikir strategis, komunikasi, hingga matematika. Di sini, kamu akan dibentuk untuk bisa menjadi entrepreneur atau intrapeneur. Berbagai skill tersebut bisa kamu kembangkan melalui mata kuliah yang diajarkan.

Nah, apa saja sih mata kuliah dasar yang ada di jurusan ini?

Kamu akan mendapatkan mata kuliah Statistik, Manajemen Perusahaan, Hukum Bisnis, Sistem Informasi Manajemen, Sosiologi Industri, Kepemimpinan Bisnis, hingga Manajemen Proyek. Untuk kamu yang memang punya ketertarikan di dunia bisnis, mata kuliah yang ada di jurusan ini cukup menyenangkan untuk dipelajari.

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Bisnis

Nah, setelah susah payah belajar semua mata kuliah di jurusan Administrasi Bisnis hingga mendapatkan gelar sarjana, apa saja prospek kerja jurusan ini? Berikut beberapa di antaranya.

1. Konsultan Bisnis

Selama kuliah, kamu akan mempelajari banyak materi yang berkaitan dengan bisnis dan bagaimana cara mengembangkannya. Setelah lulus di jurusan ini, kamu sangat mungkin untuk menjadi konsultan bisnis.

Konsultan adalah orang-orang ahli yang dipercaya untuk memberikan pertimbangan terhadap aspek tertentu. Konsultan bisnis bertugas untuk memberikan pertimbangan terkait berbagai aspek bisnis.

2. Manajemen Perusahaan

Pada sebuah perusahaan, lulusan Administrasi Bisnis juga bisa masuk ke bidang manajemen perusahaan. Bidang ini berkaitan dengan kepemimpinan dan pengadministrasian. Kamu bisa menempati posisi sebagai staff, manager, hingga CEO. Kamu juga bisa mendaftar program management trainee di perusahaan-perusahaan besar.

3. Staf Administrasi

Prospek kerja administrasi bisnis yang bisa kamu jadikan pertimbangan adalah sebagai staf administrasi. Posisi ini punya tugas yang beragam, di antaranya administrasi umum, gudang, perpajakan, dan masih banyak lagi.

4. Staf Sumber Daya Manusia

Human Resource Development juga tidak hanya diisi oleh lulusan psikologi, lho. Kamu yang lulus dari jurusan Administrasi Bisnis juga bisa menjadi staf SDM di perusahaan. Kamu bisa berperan untuk membangun teamwork dan culture perusahaan.

5. Entrepreneur

Ingin membuat dan mengembangkan bisnis kamu sendiri? Bisa dong. Karena kamu sudah punya bekal ilmu tentang bisnis, setelah lulus dari jurusan Administrasi Bisnis, kamu juga bisa membuka usaha sendiri.

6. Marketing

Kemudian, untuk kamu yang tertarik di dunia marketing yang bergaji tinggi, lulusan Administrasi Bisnis juga sangat mungkin untuk bekerja di bagian pemasaran. Ketika belajar bisnis, kamu juga akan belajar bagaimana cara mempromosikannya.

7. PNS

Terakhir, untuk kamu yang bercita-cita menjadi PNS, peluangmu pun sangat terbuka untuk mengikuti CPNS. Ada perusahaan-perusahaan milik negara yang sering membuka lowongan PNS untuk lulusan Administrasi Bisnis.

Itu dia tujuh peluang kerja untuk lulusan Administrasi Bisnis yang bisa jadi pertimbangan untukmu. Kalau sudah benar-benar yakin, segera cari strategi untuk bisa masuk ke jurusan ini, ya. Peminat jurusan ini juga lumayan banyak. Jadi, butuh perjuangan untuk taklukkan UTBK, apalagi jika kamu memilih kampus besar.

Penutup

Jika melihat dari prospek kerjanya, lulusan Administrasi Bisnis/Niaga memang cukup cerah. Oleh karena itu, wajar jika jurusan ini banyak diminati oleh para pejuang perguruan tinggi negeri.

Namun, untuk bisa masuk ke jurusan ini, terutama di perguruan tinggi yang ternama, kamu harus punya nilai UTBK yang cukup, ya. Berdasarkan data passing grade yang Mipi riset, nilai passing grade Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya berada di angka 606. Sementara itu, di Universitas Indonesia, Ilmu Administrasi Niaga memiliki passing grade di angka 642.

Untuk perguruan tinggi di Jawa, rata-rata passing grade jurusan ini memang di angka 600. Lalu, apakah kamu yakin bahwa kamu bisa masuk jurusan tersebut?

Nggak perlu risau ya, Pahamifren. Mipi hadir dengan fitur PEGASUS yang bisa kamu pakai untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK. Jangan takut karena waktu persiapan mepet, kamu hanya perlu mulai belajar dari sekarang.

Penulis: Ranti Alfiani

Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
πŸ¦„ PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
πŸ’» LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
πŸŽ“ TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
πŸ‘©πŸ»β€πŸ« TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
πŸŽ₯ BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.

Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Memilih jurusan kuliah memang harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat Kamu memilih jurusan kuliah salah satunya ialah peluang kerja dari jurusan yang akan Kamu pilih. Sebagai referensi, berikut ialah beberapa peluang atau prospek kerja administrasi bisnis dan perkiraan gajinya :

1. Staf HRD

HRD (human resource development) ialah bagian dari perusahaan yang bertugas merekrut sumber daya manusia untuk bekerja di perusahaan. Lulusan dari jurusan administrasi bisnis dapat berkesempatan bekerja sebagai staf HRD dengan jumlah gaji bervariasi mulai dari Rp 3 juta hingga 5 juataan.

2. Konsultan Bisnis

Lulusan jurusan administrasi bisnis berkesempatan bekerja sebagai konsultan bisnis di sebuah perusahaan. Besarnya gaji yang bisa Kamu dapatkan sebagai konsultan bisnis mulai dari Rp 5 juta hingga 7 jutaa.

3. Staf Pemasaran

Kamu juga berkesempatan untuk bekerja sebagai staf pemasaran di sebuah perusahaan. Di jurusan administrasi bisnis, Kamu akan belajar mengenai imu marketing. Sebagai staf pemasaran, besar gaji yang bisa Kamu peroleh bervariasi mulai dari Rp 3 juta hingga 5 juta.

4. Manajemen Perusahaan

Sebagai lulusan dari jurusan administrasi bisnis, Kamu dapat bekerja di bidang manajemen perusahaan. Besar gaji yang didapat bisa bervariasi mulai dari Rp 5 juta dan juga bisa terus bertambah sesuai pengalaman dan kredibilitas perusahaan kamu.

5. Dosen

Setelah lulus sarjana dari jurusan administrasi bisnis Kamu bisa berkesempaan melanjutkan kuliah S2. Setelah menyelesaikan program master di bidang ini Kamu dapat langsung bekerja sebagai dosen. Gaji dosen sangat bervariasi mulai 5 juta, tergantung pada pengalamanmu.

6. Pebisnis

Sebagai lulusan jurusan administrasi bisnis, Kamu tentu mempunyai bekal pengetahuan yang cukup di dunia bisnis. Kamu dapat menggunakan bekal ilmu tersebut untuk membangun bisnismu sendiri. Besarnya penghasilan sebagai pebisnis tentu sangat beragam dapat mencapai angka yang sangat tinggi.

7. Staf Administrasi

Sebagai lulusan jurusan administrasi bisnis, Kamu berpeluang besar untuk bekerja sebagai staf administrasi di sebuah perusahaan. Besarnya gaji yang bisa Kamu dapatkan bisa mulai dari Rp 3 juta hingga 5 juta dan bisa meningkat sesuai dengan pengalaman.

8. PNS

Kamu pun bisa mendaftar kan diri sebagai PNS setelah selesai sekolah sarjana jurusan administrasi bisnis. Sebagai PNS, Kamu akan mendapatkan gaji yang stabil dan juga bisa terus meningkat.

9. Guru

Sebagai lulusan jurusan administrasi bisnis Kamu juga dapat menjadi guru di SMK untuk jurusan akuntansi dan administrasi. Gaji yang Kamu dapat bisa mulai dari Rp 3 juta dan bisa terus meningkat.

10. Pegawai Bank

Kamu dapat bekerja di bank setelah lulus dari jurusan administrasi bisnis. Sebagai pegawai bank, gaji yang Kamu bisa juga bisa mencapai angka yang besar mulai dari Rp 5 juta rupiah bahkan hingga belasan juta rupiah .

11. Manajemen Perusahaan

Lulusan administrasi bisnis mempunyai kompetensi yang cukup lengkap. Salah satu kompetensi tersebut ialah di bidang manajemen. Pengertian manajemen perusahaan merupakan proses memimpin, pengadministrasian, dan juga mengarahkan perusahaan.

Seorang manajer harus bisa mengambil keputusan, berkomunikasi, memberi motivasi dan melakukan delegasi, juga mengembangkan orang lain dengan penilaian, saran, dan juga training. Selain itu manajer harus dapat melakukan perencanaan matang mengenai berbagai aktivitas perusahaan serta mengawasi keberjalanannya.

apabila kamu merupakan lulusan administrasi bisnis dan ingin menempati posisi manajer dalam perusahaan, kamu dapat melamar di program management trainee yang biasanya diadakan perusahaan-perusahaan besar.

Dalam program ini kamu sebagai lulusan administrasi bisnis tidak hanya bekerja menurut ilmu yang kamu miliki. Kamu akan didorong guna mempelajari keseluruhan perusahaan sebelum diposisikan di bagian manajemen tertentu.

Posisi lain di perusahaan yang biasa ditempati oleh lulusan administrasi bisnis ialah staf sumber daya manusia. Staf sumber daya manusia atau biasa disebut human resource development (HRD) merupakan bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab dalam sumber daya manusia mulai dari persiapan perekrutan pegawai baru sampai kontrak kerjanya. Selain itu, HRD berfungsi memetakan dan juga menyaring sumber daya manusia dalam perusahaan.

apabiila kamu seorang lulusan administrasi bisnis dan berminat untuk bekerja di bagian HRD, kamu harus bisa menguasai kompetensi seperti teamwork, komunikasi, membangun hubungan dengan orang lain, dan juga mampu mengembangkan orang lain.

12. Staf Pemasaran

Salah satu mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan administrasi bisnis ialah kebijakan dan strategi pemasaran atau marketing. Maka dari itu, seorang lulusan administrasi bisnis sangat mungkin sekali untuk bekerja sebagai staf pemasaran di suatu perusahaan.

Divisi pemasaran dalam perusahaan berfungsi untuk meningkatkan penjualan produk barang atau jasanya dengan berbagai cara promosi. Salah satu pekerjaan yang dapat dilakukan lulusan administrasi bisnis di divisi pemasaran ialah melaksanakan tugas sehari-hari dalam bidang administrasi dalam membantu manajer pemasaran memenuhi fungsi divisi pemasaran.

Tidak hanya berkutat pada masalah administrasi saja, seorang lulusan administrasi bisnis yang bekerja di divisi pemasaran juga sangat berpotensi sekali untuk menjadi manajer. Manajer pemasaran bertugas melakukan wawancara, merekrut, dan juga mengatur para staf pemasaran, membuat berbagai program dan juga proyek untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.

Manajer pemasaran juga dituntut agar mampu berpikir kreatif. Di tengah tren internet marketing di saat ini, persaingan mendapatkan perhatian masyarakat pada produk yang dijual semakin ketat. Oleh sebab itu, kreativitas sangat dibutuhkan sekali untuk bisa menemukan formula yang tepat untuk meningkatkan brand awareness di mata masyarakat.

13. Entrepreneur

Seorang lulusan administrasi bisnis tidak hanya mampu bekerja di perusahaan, tapi membangun usahanya sendiri. Berbagai ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah, seperti sumber daya manusia, komunikasi, akuntansi, manajemen, ketenagakerjaan, serta pemasaran sangat berpotensi untuk diaplikasikan seluruhnya dalam membangun dan juga mengelola bisnis sendiri.

Sebagai seorang pengusaha, kamu harus mempunyai kreativitas dalam membuat ide bisnis yang mampu bersaing dengan usaha-usaha lain. Selain itu juga, kamu harus mempunyai kegigihan yang tinggi karena membangun bisnis pasti mempunyai banyak sekali halangan dan rintangan.

14. Konsultan Bisnis

Dengan berbagai ilmu yang dikuasai di bidang bisnis, seorang lulusan administrasi bisnis juga dapat menjadi konsultan bisnis. Konsultan ialah seorang yang dipercaya memberi nasihat mengenai berbagai aspek bisnis yang ada dalam perusahaan klien, akan tetapi tidak diberi kewenangan untuk melakukan implementasi dan kebijakan.

Konsultan sendiri terbagi dalam dua kategori, yaitu konsultan internal dan juga konsultan eksternal. Perbedaannya terletak pada di mana konsultan tersebut bekerja, apakah di dalam perusahaan yang meminta konsultasi / suatu firma atau agensi konsultan tersendiri.

15. Dosen

jika kamu lulus dari jurusan administrasi bisnis, tapi masih ingin terus belajar dan juga mencintai ilmu tersebut, mungkin dosen merupakan profesi yang tepat untukmu. Untuk bisa menjadi seorang dosen, kamu harus mempunyai keahlian dan pengetahuan yang mumpuni.

Maka dari itu, tidak jarang universitas yang mensyaratkan para dosennya untuk mempunyai pendidikan S2 atau S3. Selain mengajar, dosen juga harus melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang digeluti.

Penelitian tersebut biasanya menghasilkan suatu karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di jurnal baik nasional ataupun internasional.

Baca Juga : 

demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ 15 Prospek Kerja Administrasi Bisnis Beserta Gajinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda smuanya.