Makna Idul Fitri 1441 H

May 27, 2020

Capture Foto sebelum pandemi, bandingkan sekarang langit lebih bersih dan biru.

Gak banyak kata – kata untuk postingan kali ini, karena sebelumnya udah banyak cerita disini. Gak ada yang menyangka harus di rumah aja lebaran tahun ini, dan ini berlaku secara global di muka bumi.

Baca juga : Gaya Hijab dan Lebaran 1441 dirumah aja

Sholat Ied juga di rumah aja, dan lebih mengingatkan makna Idul Fitri itu sendiri, yaitu manusia harus kembali menjadi fitrahnya, begitu eyang kakung mengingatkan ketika selesai sholat Ied. Fitrah manusia adalah menjadi manusia yang sebenarnya, karena dalam perjalanan manusia mengarungi pertarungan hidupnya bisa jadi manusia tidak seperti fitrahnya lagi, akan tetapi bercampur tumbuh sifat tumbuhan atau sifat binatang pada dirinya, misalnya perbuatan keji, iri, sombong, egois, dan perbuatan lainnya yang mengotori hati. Namun manusia diberi keistimewaan yaitu akal dan pikiran. Manusia lebih leluasa dapat memilih yang terbaik untuk dirinya dibandingkan tumbuhan dan binatang yang tidak diberikan keistimewaan berupa akal dan pikiran.

Melalui fakultas Ramadhan diharapkan manusia mengingatkan pada dirinya kembali pada sifat bawaan kesucian diri manusia itu sendiri. Berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan, manusia diingatkan untuk membersihkan diri dan membersihkan hati menuju manusia yang fitrah (Fathara), suci.. seperti bayi baru lahir. Ucapan takbir saat Idul Fitri merupakan ungkapan rasa syukur dan haru manusia yang udah melaksanakan ibadah puasa. Semoga makna Ramadhan dan Idul Fitri ini terus melekat di hati, agar tetap menjadi pribadi pada manusia yang utuh yaitu kembali pada fitrahnya.

Selamat Idul Fitri, Mohon Maaf lahir bathin.

2 People reacted on this

  1. Happy Lebaran Mba Ristin, Pak Kurni dan keluarga…

    Segala sesuatu ada hikmahnya ya…polusi berkurang dan langit jadi lebih Biru…biasanya jarang liat kupu2 disekitar rumah, sekarang bisa lihat..

Leave a Reply