Makna tersurat pada kutipan fabel tersebut adalah

yuliuskendek.id - Apa kabar Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik? Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal menentukan makna tersurat cerpen dan fabel dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam USBN Bahasa Indonesia kelas IX revisi terbaru. Sekiranya apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal menentukan makna tersurat cerpen dan fabel dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam USBN Bahasa Indonesia kelas IX revisi.

Gambar: freepik.com

1. Makna tersurat adalah ....A. makna sebenarnyaB. makna tidak sebenarnyaC. makna yang terdapat dalam teks

D. makna yang tidak terdapat dalam teks

2. Di pinggiran sungai ada seekor buaya yang sedang kelaparan, sudah tiga hari Buaya itu belum makan perutnya terasa la sekali mau tidak mau hari ini dia harus makan sebab kalau tidak bisa-bisa ia akan mati kelaparan. Buaya itu segera masuk ke dalam Sungai ia berenang perlahan-lahan menyusuri sungai mencari mangsa.

Buaya melihat seekor bebek yang juga sedang berenang di sungai, Bebek tahu dia sedang diawasi oleh Buaya, dia segera menepi. Melihat mangsanya akan kabur Buaya segera mengejar dan akhirnya Bebek pun tertangkap.

Penyebab konflik yang terjadi dalam kutipan cerita di atas yaitu ....A. Buaya masuk ke dalam sungaiB. Bebek pun tertangkap

C. Buaya merasa kelaparan


D. Bebek berenang di sungai

3. Berikut merupakan contoh makna tersirat dalam bidal, kecuali ....A. habis akal, baru tawakalB. sudah gaharu cendana pula, sudah tahu bertanya pula

C. ibarat balam, mata lepas badan terkurung


D. sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tidak berguna

4. Semut sudah mengingatkan belalang agar secepatnya mengumpulkan makanan dan memperbaiki rumah agar tetap hangat. Namun belalang justru mengabaikan nasihat semut dan kembali bernyanyi.
Hingga akhirnya musim dingin tiba, hujan lebat dan suhu begitu dingin. Semut dan keluarga telah aman karena rumahnya sudah diperbaiki dan memiliki cadangan makanan yang banyak. Tetapi nasib belalang berbeda, dia sedang kebingungan karena rumahnya telah reot diterjang badai. Dia pun tidak memiliki cadangan makanan sedikitpun.

Alur yang sesuai dengan kutipan teks di atas yaitu ....A. mundurB. campuranC. regresif

D. maju

5. Kekeringan adalah keadaan kekurangan air yang sangat ekstrem dalam waktu lama.Kekeringan timbul tanpa dapat diprediksi secara tepat. Di Indonesia,hujan turun secara tidak merata meskipun pada umumnya hujan terjadi di seluruh wilayah negeri. Ada daerah yang lebih mendapatkan curah hujan dan ada pula daerah yang kurang mendapatkan curah hujan. Selain itu,hujan tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan. Di wilayah barat,hujan sudah turun tetapi di wilayah timur belum.

Informasi yang tersurat dalam kutipan teks tersebut adalah ....A. Kekeringan dapat terjadi di seluruh wilayah Indonesia.B. Kita harus siap menghadapi kekeringan setiap tahun karena tidak dapat diprediksi timbulnya.

C. hujan turun di wilayah Indonesia tidak merata


D. Penanggulangan bencana kekeringan harus sudah disiapkan sebelum datangnya musim kemara

6. Suatu hari ada kupu-kupu bersayap hitam yang terbang melintas. Tuvi dengan sombongnya mengejek kupu-kupu tersebut karena memiliki sayap hitam yang jelek. Kupu-kupu tersebut kemudian menangis, dia merasa sangat sedih dan malu. Bahkan dia tidak berani lagi terbang dan bermain di sekitar taman bunga.

Sudut pandang penceritaan berdasarkan kutipan teks di atas yaitu ....
A. Sudut pandang orang ketigaB. Sudut pandang orang pertamaC. Sudut pandang orang kedua

D. Sudut pandang orang keempat

7. Buah kedondong memiliki berbagai manfaat. Buah ini bisa dijadikan bahan rujak yang lezat. Buah ini juga bisa dijadikan manisan. Buah yang rasanya masam ini juga bisa dijadikan obat batuk dengan cara makan daging buahnya yang sudah dicolek atau dilumuri kecap.

Ide pokok kutipan teks tersebut adalah ....
A. Kedondong memiliki berbagai manfaatB. Kedondong bisa dijadikan rujak.C. Kedondong bisa juga dijadikan obat batuk.

D. Kedondong memiliki rasa manis dan masam

8. Gajah sangat sombong. Karena badannya yang sangat besar, ia berpikir dapat mengalahkan semua binatang. Ia menyepelekan hewan-hewan yang berada di hutan. Karena kesombongannya itu, ia tidak disenangi oleh hewan-hewan lainnya.

Alasan yang tepat mengapa gajah tidak disenangi oleh hewan-hewan yaitu ....A. Badannya sangat besar

B. Gajah menyepelekan hewan lain

C. Ia mengalahkan hewan lain

D. Ia berpikir dengan logis

9. Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Kita harus menghentikan kebiasaan merokok agar tidak menjadi kecanduan.B. Kita harus menghentikan kebiasaan merokok agar menjadi sehat.C. Sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya.

D. Seberapa mahal pun harga rokok namun tak bisa menghentikan para pecandunya.

10. Dikisahkan pada suatu hari yang cerah, ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia merasa sangat bahagia karena bisa bertemu dengan berbagai hewan di sana.Latar tempat yang sesuai dengan teks di atas yaitu ....

A. taman

B. hutanC. sungai

D. laut

11. Pemimpin adalah sosok yang menjadi panutan. Dia akan menentukan merah hitamnya wilayah yang dipimpinnya. Oleh karena itu, pemimpin yang baik sangat diperlukan. Seorang pemimpin yang baik ditandai oleh dimilikinya jiwa kepemimpinan. Jiwa itu diwujudkan dalam sikap bijaksana, jujur, mengayomi, rela berkorban, dan tanpa pamrih.

Ringkasan teks tersebut adalah ....A. Keberadaan sosok pimpinan baik sangat diperlukanB. Jiwa pemimpin harus tampak dalam kehidupan sehari-hariC. Pemimpin menentukan hitam merahnya wilayah yang dipimpin.

D. Pemimpin sebagai panutan harus memiliki jiwa kepemimpinan

12. Cerry adalah kelinci yang lucu. Bulunya putih bak mutiara. Matanya sebening air danau. Jika ia makan, bibir merahnya yang cantik akan bergerak indah. Kecantikan Cerry tidak diragukan lagi di hutan Ambarata.Kutipan fabel tersebut menunjukkan pengembangan watak tokoh melalui ....A. Kegiatan tokohB. Dialog tokoh dengan diri sendiri

C. Deskripsi fisik tokoh


D. Dialog dengan tokoh lain

13. Maka sempurnalah penderitaan saya di muka bumi ini. Jasad ibuku masih belum kututup. Membujur di depan kamarku dengan kelu. Ia baru saja pergi, setelah berbulan melawan sakit dan derita. Kutatap terus wajahnya yang pucat tapi pasrah itu. Matanya tidak terlalu rapat mengatup. Seakan-akan masih ada sisa kenangan di sana. Seakan-akan masih ada sesuatu yang dilihatnya. Tapi tidak. Kupikir cukuplah ia hidup dengan penderitaan-penderitaan yang menyekap di hampir seluruh umurnya.

Maksud kalimat "Maka sempurnalah penderitaan saya di muka bumi ini" pada kutipan cerpen tersebut adalah ....A. penderitaan di dunia telah berakhirB. penderitaanya akan berubah menjadi kebahagiaan

C. Seseorang yang telah ditimpa berbagai cobaan


D. penderitaan di dunia akan dibalas nanti di akhirat

14. Seekor kuda sedang berjalan dari sebuah ladang gandum menuju sebuah hutan yang lebat. Kuda itu telah puas memakan gandum yang ada di ladang itu.Kutipan cerita fabel tersebut menunjukan latar ....

A. Tempat

B. SuasanaC. Waktu

D. Cerita

15. Sejak saat itu aku lebih pemalu dan tertutup. Aku semakin takut dekat dengan orang-orang selain Ayah dan Ibuku. Aku menjaga jarak dengan orang lain. Tapi hidup tak pernah berhenti sampai di situ, saat kau berpikir harusnya tak ada hari esok, ternyata apalah daya kau manusia yang tak mampu mengaturnya. Matahari tetap bersinar dan aku pun menyambutnya.

Makna simbol matahari tetap bersinar dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Kehidupan terus berjalanB. Pengalaman menyedihkanC. Musim kemarau panjang

D. Udara yang sangat panas

16. Kancil merasa paling cepat berlari. Ia menantang siput berlomba. Tetapi siput mengerahkan bangsanya. Setiap kancil memanggil waktu berlomba itu, selalu siput yang di depan yang menyahut. Akhirnya kancil merasa kalah.

Amanat penggalan cerita tersebut adalah ....
A. Jangan menjadi orang yang sombongB. Kancil hewan yang cerdikC. Kancil dan siput sama-sama kuat

D. Kita tidak boleh meremehkan sesama makhluk yang lebih kecil

17. “Nada, minggu depan kita harus pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan di sana.” Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang seketika itu langsung diam mematung. “Kenapa mendadak, Bunda? Nada senang tinggal di sini. Apa Nada tidak bisa tetap tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?”

“Tidak bisa, sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu hanya tinggal mengemasi barang-barangmu.” Nada terdiam. Tak mungkin mampu ia membantah. Minggu depan ia harus meninggalkan tempat ini. Tepat di hari ulang tahun Dio yang ke-18. Terasa berat untuknya meninggalkan tempat ini. Terlalu banyak kenangan yang terukir. Semakin terasa berat ketika harus meninggalkan Dio.

Amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ....A. Lakukan perintah orang tua meskipun dengan terpaksa!B. Ikhlaskan diri kita dalam mengerjakan sesuatu pekerjaan!

C. Sebagai anak harus patuh pada kedua orang tua.


D. Setiap keputusan agar dibicarakan terlebih dahulu dengan keluarga!

18. Terlintaslah di benak kuda itu untuk menakuti binatang-binatang hutan yang melewati dirinya. “Aku harus segera bersembunyi. Tempat itu harus gelap dan sering dilalui oleh binatang hutan. Di mana ya?” tanya kuda dalam hati sambil mencari tempat yang cocok. Akhirnya, dia menemukan semak-semak yang cukup gelap untuk bersembunyi, lalu masuk ke dalamnya dengan menggunakan kulit harimau. Tak lama kemudian, beberapa domba gunung berjalan ke arahnya.

Watak kuda dalam kutipan fabel tersebut adalah ....
A. JahilB. JahatC. Kejam

D. Sombong

19. Dahulu kala ada tiga ekor kambing pergi ke suatu lapangan. Kambing-kambing itu berwarna putih, coklat, dan hitam. Ditengah perjalanan, kambing putih bertemu dengan seorang laki-laki yang memikul seonggok jerami. “Wahai lelaki yang baik! Aku mohon kiranya Anda mau memberi seonggok jerami ini agar aku bisa membangun rumah.” Kata kambing.

Mengenai permintaan kambing putih itu,orang tadi terketuk hatinya dan memberikan seonggok jerami pada kambing putih.

Kambing putih pun mengucapka terima kasih.

Nilai moral pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Berterima kasihlah ketika di tolongB. Dalam pergaulan harus memusnahkan sikap berkuasaC. Dengan teman harus saling menggoda dan meledek

D. Kurang percaya diri hal biasa dalam pergaulan

20. Makna tersirat artinya ....A. makna sebenarnyaB. makna tidak sebenarnyaC. makna yang terdapat dalam teks

D. makna yang tidak terdapat dalam teks

21. (1) ”Cuaca sangat dingin. (2) Angin bertiup sangat kencang. (3) Keadaan di dalam hutan juga sangat gelap karena kunang-kunang enggan ke luar dari persembunyiannya. (4) Sementara bulan dan bintang di langit ditutup oleh awan tebal.”

Bukti latar suasana mencekam pada kutipan fabel di atas ditandai kalimat bernomor ....A. (1)B. (2)

C. (3)


D. (4)

22. Pada suatu hari, Kancil merasa sangat lapar. Dia berjalan kesana-kemari, tetapi tidak mendapatkan makanan. Ketika hari sudah sore, Kancil melihat Kera sedang asyik makan pisang di atas pohon. Nikmat betul kelihatannya.

Kancil ingin sekali menikmati pisang itu. Akan tetapi, bagaimana caranya mengambil pisang itu? Memanjat pohon, ia tidak bisa. "Meminta pada Kera, pasti ia tidak memberi. Kera itu kan pelit." Kancil mencari akal. Kancil pun menemukan akal.

Ia melempari Kera dengan batu-batu kecil. Mula-mula Kera tidak peduli. Kancil tidak berputus asa. Kancil terus melempari Kera. Ia berusaha agar Kera marah. Lama-kelamaan Kera menjadi kesal dan marah. Ia balik melempari Kancil. Mula-mula Kera melempar dengan kulit pisang. Setelah kulit pisang habis, Kera melempari Kancil dengan buah pisang.

Kancil pura-pura kesakitan. Kera semakin bersemangat melempar hingga semua pisang dilempari ke arah Kancil. Kera merasa puas kemudian meninggalkan pohon itu. Akal Kancil berhasil. Setelah Kera pergi, Kancil mulai mengumpulkan pisang yang berserakan. Dimakannya pisang-pisang itu dengan santai.

"Hmm... enak sekali"

Makna tersurat dalam fabel tersebut adalah ....
A. Dengan akalnya, Kancil akhirnya dapat menikmati pisang tanpa harus memanjat terlebih dahuluB. Kancil dimusuhi kera karena ulah jahilnya.C. Kera yang baik karena mau memberikan makanannya kepada Kancil.

D. Dengan kecerdikannya, Kancil berhasil membuat Kera untuk melemparinya dengan pisang.

23. (1) Suatu hari di saat matahari hampir tenggelam, seekor kucing kota dengan bulu lebat dan menawan datang menjenguk saudaranya di desa. (2) Sang kucing desa menjamu kucing kota dengan makanan yang sederhana. (3) Ia pun mengunyah hidangan itu dengan sangat sopan meskipun itu hanyalah sekadar basa-basi belaka. (4) Setelah makan, mereka pun bercengkerama. (5) Kucing desa sangat tertarik mendengar cerita dari kucing kota itu dan ingin sekali merasakan hidup di kota. (6) Lalu, mereka berangkat ke kota dengan penuh harapan.

Watak tokoh kucing kota peduli pada saudaranya ditandai dengan kalimat bernomor ....
A. (1)B. (3)C. (4)

D. (5)

24. "Semua sudah hadir. Peserta dimohon untuk bersiap," kata sang Gagak yang kali ini bertugas sebagai wasit pertandingan. Dengan sigap Kelinci muncul dari balik tenda. Ia berjalan lincah, melompat kesana-kemari menunjukkan kegesitannya dalam berlari. Sang Kelinci berdiri di samping Kura-kura.

Makna kata sigap yang tepat pada kutipan fabel tersebut adalah ....A. hebat

B. tangkas

C. kuat

D. rajin

25. (1) Kejengkelanku yang sudah mulai hilang kini muncul kembali. (2) Hebat betul Si Siti ini. (3) Mana ada sih, pembantu yang ngambek kalau diomeli majikan? (4) Kalau begini caranya, lebih baik dipecat saja dia. (5) Nanti kalau ibu pulang akan kulaporkan ulahnya. (6) Akan kubujuk ibu agar memecatnya. (7) Biar tahu rasa dia. (8) Yang mau jadi pembantu pasti masih banyak, tidak usah khawatir mengenai penggantinya.

Bukti watak tokoh aku suka mengadu terdapat pada nomor ....A. (1) dan (2)B. (3) dan (4)C. (7) dan (8)

D. (5) dan (6)

26. Elin adalah sosok yang sangat baik, suka menolong, dan ramah. Ia tidak sungkan untuk membantu setiap hewan yang ingin meminta bantuan kepadanya. Namun, takdir kehidupan tidak sesuai dengan kebaikannya. Salah satu kaki Elin tidak sempurna seperti kelinci pada umumnya. Dulu,saat dia teramat kecil, ia pernah tertangkap oleh pemburu. Elin sempat melarikan diri saat pemburu tersebut pergi meninggalkannya sebentar untuk mengambil sesuatu dan Elin memanfaatkan waktu itu untuk melarikan diri. Walaupun, kakinya yang satu bercucuran darah, dia lari ke tempat yang aman dengan sekuat tenaganya.

Makna kata ramah pada teks tersebut adalah ....A. manis tutur katanyaB. suka menolongC. suka bercanda

D. baik hati dan menarik budi bahasanya

27. Kondisi kebersihan lingkungan di Perumahan Cendana sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak mampat/tersumbat. Tempat pembuangan sampah pun sudah ada di tiap depan rumah warga. Tempat Pembuangan sampah berupa tong besar atau drum. Kondisinya juga terawat sehingga tidak menimbulkan bau tidak sedap. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga Perumahan Cendana melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan

Isi tersurat dari teks tersebut adalah ....A. Masyarakat melaksanakan kerja bakti setiap akhir pekan.B. Kesadaran masyarakat Perumahan Cendana masih kurang.C. Perumahan Cendana adalah area kompleks tempat tinggal.

D. Kebersihan lingkungan di Perumahan Cendana sangat baik.

28. Rapat dibuka bakda Isya ketika gerimis tiris dan langi malam menghamparkan warna abu-abu pucat. Sekitar 15 kepala keluarga Cibaresah berkumpul di rumah Munar. Meraka mau memenuhi undangan lantaran pengundangnya sesepuh desa. Sebagian dengan perasaan terpaksa dan masygul. sebagian lagi cari angin. Sebagian karena ingin ngerumpi. Cuma Casmidi yang tidak hadir. Karena dia tidak diundang. Karena dialah yang membuat sesepuh desa bernama Munar mengelar rapat pada hari itu. Tapi, istri dan anaknya ada di sana.

Makna kata sesepuh dalam cerpen di atas adalah ....A. orang yang pentingB. orang yang kaya rayaC. orang yang bijaksana

D. orang yang dituakan

29. Kondisi kebersihan lingkungan di Perumahan Cendana sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak mampat/tersumbat. Tempat pembuangan sampah pun sudah ada di tiap depan rumah warga. Tempat Pembuangan sampah berupa tong besar atau drum. Kondisinya juga terawat sehingga tidak menimbulkan bau tidak sedap. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga Perumahan Cendana melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Kesadaran warga Perumahan Cendana tentang kebersihan sangat tinggi.B. Membuang sampah pada tempatnya adalah contoh bentuk peduli kebersihan.C. Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab masyarakat dan pemerintah.

D. Petugas kebersihan selalu menjalankan kewajiban menjaga kebersihan.

30. Tidak jarang pula Anjing itu mengigit tumit dari orang yang temuinya. Karena biasaan itu, majikannya memasang kalung lonceng di lehernya sebagai penanda jika Anjing ini akan mendekat. Si Anjing menganggap bahwa lonceng tersebut sebagai ciri khasnya. Anjing itu sangat bangga dan senggaja membunyikannya di setiap sudut pasar. Dia selalu berlari ke setiap penjuru dann menunjukkan lonceng tersebut kepada setiap orang yang lewat.

Makna kata penanda dalam teks fabel di atas adalah ....
A. ciriB. lambangC. bukti

D. bahaya

31. Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Dengan berolahraga akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Hal itu dapat dirasakan oleh semua orang yang berolahraga. Tak bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampat negatifnya.

Ide pokok kutipan teks tersebut adalah ....
A. manfaat berolahragaB. pentingnya kesehatanC. gaya hidup berolahraga

D. dampak negatif olahraga

32. Film Tiga Dara, yang diproduksi pada 1956, diputar lagi di bioskop-bioskop sejak 11 Agustus 2016. Film lawas ini pantas menjadi kenangan sepanjang masa. Kita mau mengenang apa atau siapa? Sekian orang mengenang dan mengagumi para pemeran dalam film itu. Sanjungan kepada sutradara Usmar Ismail tentu tak lupa diberikan lewat tepuk tangan sejenak. Penonton mungkin terkesima melihat busana dan berbagai benda dari masa lalu di sana.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....A. Film Tiga Dara dikagumi oleh banyak penontonB. Film Tiga Dara disutradarai oleh orang hebat

C. Film Tiga Dara menjadi kenangan sepanjang masa


D. Film Tiga Dara diperankan oleh artis yang terkenal

33. Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Dengan berolahraga akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Hal itu dapat dirasakan oleh semua orang yang berolahraga. Tak bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampat negatifnya.

Isi tersirat kutipan teks tersebut adalah ....A. Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.B. Jika tidak pernah berolahraga, pasti akan merasakan dampak negatifnya.C. Olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang.

D. Ingin tubuh sehat dan bugar, lakukan olahraga secara rutin.

34. Selama ini, masyarakat mengenal sosok Rossa Roslaina Handayani alias Rossa sebagai penyanyi. Namun, siapa sangka ibunda dari Rizky Langit Ramadhan ini juga jago berbisnis. Rossa memilih berinvestasi pada bidang properti. Ia menekuni bisnis jual-beli rumah sejak 2002. Guna melipatgandakan asetnya, Rossa membli rumah di pasar sekunder untuk investasi. Lalu, penyanyi bersuara sopran ini akan menjualnya kembali.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....A. Rossa mempunyai suara yang merduB. Rossa sekarang beralih profesi menjadi penjual rumah

C. Selain jago menyanyi, Rossa juga jago berbisnis


D. Rossa seorang penyanyi yang mempunyai anak tunggal

35. Aktivitas belajar bukanlah suatu kegiatan yang dilakukan tanpa pengaruh dari faktor lain. Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang melibatkan unsur jiwa dan raga. Belajar tidak akan pernah dilakukan tanpa suatu dorongan yang kuat, baik dalam dirinya yang lebih utama maupun dari luar sebagai upaya lain yang tidak kalah pentingnya. Faktor lain yang mempengaruhi aktivitas belajar seseorang itu dalam pembahasan ini disebut motivasi. Motivasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam aktivitas belajar siswa. Tidak ada seorang pun yang belajar tanpa motivasi. Tidak ada motivasi berarti tidak ada kegiatan belajar.

Ringkasan kutipan tersebut adalah ....A. Tidak ada seorang pun yang belajar tanpa motivasi untuk hidup lebih baik.B. Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang melibatkan unsur jiwa dan raga.

C. Aktivitas belajar dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri dan dari luar diri.


D. Aktivitas belajar seseorang sangat dipengaruhi oleh semangat untuk maju.

36. Hiduplah seekor Rusa pada zaman dahulu. Ia sangat sombong dan pemarah. Ia sering meremehkan kemampuan hewan lain. Pada suatu hari, si Rusa berjalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura-kura tersebut berwarna hitam dengan bintik biru bercahaya seperti mutiara. "Kura-kura, apa yang sedang Engkau lakukan di sini?"

Makna kata mutiara pada teks tersebut adalah ....A. Kristal

B. Permata

C. Batu

D. Perhiasan

37. Suatu hari ada kupu-kupu bersayap hitam yang terbang melintas. Tuvi dengan sombongnya mengejek kupu-kupu tersebut karena memiliki sayap hitam yang jelek. Kupu-kupu tersebut kemudian menangis, dia merasa sangat sedih dan malu. Bahkan dia tidak berani lagi terbang dan bermain di sekitar taman bunga.

Watak tokoh Tuvi adalah ....
A. sombongB. pemberaniC. penyayang

D. pembohong

38. Mungkin bosan akibat terlalu lama bersatu dalam kedamaian, warga Rimba Nusa tiba-tiba terbelah menjadi tiga kelompok. Satu di pihak harimau, satunya di pihak ular belang, dan satunya lagi mengaku netral pencinta kedamaian. Gara-garanya sepele, tetapi senggaja dibesar-besarkan untuk memicu konflik perselisihan. Pada satu dari enam pohon bambu keramat Rimba Nusa, terdapat dua lubang yang dianggap menodai kemulusannya.

Makna tersurat kutipan cerita tersebut adalah ....A. Warga rimba Nusa yang terpecah akibat warga Rimba Nusa yang tidak bertanggung jawab menebar isuB. Warga Rimba Nusa tidak ingin kedamaian makanya terbelah menjadi tiga kelompok akibat masalah sepele

C. Masalah sepele yang dibesar-besarkan mengakibatkan warga Rimba Nusa terbelah menjadi tiga kelompok


D. Perselisihan antar kelompok yang terjadi di Rimba Nusa karena warganya bosan dengan cinta damai

39. "Sebentar Nak, sebentar lagi. Lihat, langit sudah mulai memerah. Itu pertanda matahari mau tenggelam dan magrib tiba. Kau sudah mulai lapar?”

Latar waktu pada penggalan cerpen di atas adalah ....
A. sore hariB. pagi hariC. siang hari

D. malam hari

40. Dan saat ia memandang ke langit, ia melihat sesuatu yang sangat indah. Kupu-kupu dengan sayap warna-warni terbang di atas tupai itu, kemudian menyapanya, "Halo teman, masih ingatkah kau padaku?"

Tupai itu hanya terkagum-kagum dengan keindahan kupu-kupu, "siapa kau, hei kupu-kupu cantik?"
"Aku adalah ulat bulu jelek yang dulu di atas pohon ini bersamamu",

Tupai terkejut, "Bagaimana mungkin?"

"Aku memiliki masa yang disebut metamorfosis, dan setelah itu aku akan berubah menjadi kupu-kupu. Setiap ulat bulu akan berubah seperti aku". Tupai terheran-heran, kemudian menyesal telah mengejek ulat bulu. Kemudian tupai meminta maaf akan kesalahannya dulu, dan ia tidak lagi suka mengejek orang lain.

Makna tersirat dari kutipan cerita tersebut adalah ....A. Mintalah maaf kalau melakukan kesalahanB. Bertemanlah tanpa membeda-bedakanC. Kagumilah segala keindahan makhluk Tuhan

D. Jangan suka mengejek segala ciptaan Tuhan


Page 2

Apa kabar Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik? Terima kasih sudah berkunjung ke situs blog yuliuskendek.id. Jika Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik membutuhkan bantuan admin dalam mempersiapkan materi dan contoh soal terbaru silakan hubungi admin di alamat email: