Manfaat Meneladani Asmaul Husna Al Quddus

Ilustrasi Asmaul Husna. Foto: Pixabay

Asmaul Husna adalah nama-nama Allah SWT yang baik nan indah. Allah yang telah menciptakan langit dan bumi beserta isinya mempunyai Asmaul Husna yang berjumlah 99.

Mengutip buku Manfaat Dahsyat Dzikir Asmaul Husna oleh Syaifurrahman El-Fati, Allah SWT berfirman, "Dan Allah mempunyai Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam menyebut nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan dari apa yang mereka kerjakan." (QS. Al-A'raf: 180)

Rasulullah SAW juga bersabda, "Sesungguhnya Allah mempunyai 99 nama, yaitu 100 kecuali satu. Barang siapa yang menghafalkannya, maka dia akan masuk surga. Sesungguhnya Dia itu ganjil, Dia menyukai yang ganjil." (HR. Imam Baihaqi)

Begitu mulianya Asmaul Husna, umat Muslim pun dianjurkan pula untuk menghafal dan meneladaninya. Barang siapa yang meneladaninya, orang tersebut akan mendapat banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut.

Manfaat Meneladani Asmaul Husna

Ilustrasi manfaat meneladani Asmaul Husna. Foto: Pixabay

Mengutip buku Meneladani 99 sifat Allah oleh Tim Al-Firdaus, berikut beberapa manfaat meneladani Asmaul Husna:

  1. Mengetahui sifat-sifat Allah.

  2. Meningkatkan iman dan takwa.

  3. Bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

  4. Terhiasinya kepribadian dengan sifat-sifat Allah.

  5. Makin dekat dengan Allah.

  6. Gemar melakukan kebaikan.

  7. Selalu berdoa kepada Allah agar diberi kemudahan.

  8. Menjaga ciptaan Allah dan tidak merusaknya.

  9. Memanfaatkan waktu di dunia dengan sebaik-baiknya.

  10. Menyadari bahwa kebahagiaan dunia tidaklah kekal dan hanya kebahagiaan akhiratlah yang kekal.

  11. Tidak menyombongkan diri.

  12. Senantiasa bersabar menghadapi cobaan dan godaan nafsu.

Umat Muslim juga dianjurkan untuk berdoa dengan Asmaul Husna, yakni dengan mengucapkannya secara berurutan serta menghilangkan kata 'Al' dan diganti dengan 'Ya' pada awal kalimat. Contohnya Ar-Rahmaan dibaca Ya Rahmaan.

Setelah selesai membaca 99 Asmaul Husna, dianjurkan untuk membaca doa berikut:

Subhaana man lahul asmaa-ul husnaa wash shifaatul 'ulyaa subhannahu wa-ta'aalaa 'amma yaquuluzh zhaalimuuna 'uluwwan kabiiraa.

Artinya: Maha Suci Tuhan yang bagi-Nya nama-nama yang terbaik, dan sifat-sifat yang luhur, Maha Suci Dia dan Maha Tinggi Dia dari apa yang dikatakan orang-orang zhalim, dengan ketinggian setinggi-tingginya.

Hari ini kita mempelajari tentang, Allah Maha Suci (Al Qudus)

Al-Quddus dapat diartikan dengan Maha Suci. Maha Suci artinya tertutupnya kemungkinan bahwa wujud dzat Allah pernah terbayangkan oleh makhluk manapun. Allah menyukai orang yang senantiasa menyucikan diri. Membersihkan hati dari sifat-sifat tercela, membersihkan badan, pakaian dan tempat dari sesuatu yang kotor.

Allah Maha Suci sempurna, tidak ada cacat ataupun gagal dalam setiap perbuatan Allah.

Meneladani Asmaul Husna berupa Al-Quddus dapat dipraktikkaan dalam alam sadar serta keinginan manusia. Dalam alam sadar, manusia hendaknya mensucikan kesadaran tidak hanya memandang segala sesuatu sesuai yang ditangkap oleh panca indra saja. Wujud sebuah pohon semisal, jangan hanya dipandang sebuah kayu dengan daun di dahan saja. Tapi, sebagai yang awalnya sebuah benih yang tumbuh dengan wujud indah. Yang tak mungkin tumbuh tanpa campur tangan Allah, sebagai pencipta segala sesuatu

Mensucikan hati manusia dengan cara berdzkir, rajin shalat, dan melakukan amal kebaikan lainnya. Mensucikan badan dan pakaian dengan cara mandi dan mnyucinya.

Hikmah sifat Al  Qudus

Video tentang Allah Maha Suci Al Qudus

Untuk tugas silakan jawab pertanyaan di bawah ini!
Tuliskan jawaban di dalam buku tulis lalu fotokan kirim ke Pak Eko ya.
Semangat belajarnya. Jangan lupa ibadah shalat 5 waktunya.