Melukis dengan menggunakan satu jenis warna disebut

Lihat Foto

KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA

Ilustrasi lukisan karya Affandi 'Minum Tuak' yang akan dilelang Balai Lelang Christie's di Asian 20th Century Art Sale, Hong Kong, pada 26 November 2017.

KOMPAS.com - Melukis merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan ekspresi atau perasaan pembuatnya. Awalnya melukis dilakukan pada dinding goa atau batu, namun kini melukis menggunakan kanvas atau kertas sebagai medianya.

Hasil dari melukis atau lukisan merupakan contoh karya seni seni rupa dua dimensi. Karena hanya memiliki dua sisi dan ukuran panjang serta lebar.

Menurut Rantinah dalam buku Teknik Menggambar Benda dan Melukis (2019), ada empat pedoman dasar yang perlu diperhatikan dalam teknik melukis, yakni:

  1. Keseimbangan atau balance 
    Hasil lukisan harus menampilkan keseimbangan pembagian bidang yang sama (simetris) atau pembagian bidang yang tidak sama (asimetris). Walau begitu, pada intinya hasil lukisan secara keseluruhan harus terlihat seimbang.
  2. Proporsi
    Hasil lukisan harus menampilkan perbandingan yang sama antar obyek. Contohnya manusia tidak bisa dilukisakan lebih besar dibanding rumah.
  3. Irama atau ritme
    Hasil lukisan harus menimbulkan kesan bergerak dari sisi garis, warna ataupun bentuk. Sehingga nantinya lukisan dapat terkesan hidup dan menarik.
  4. Komposisi dalam seni rupa
    Hasil lukisan harus memperlihatkan komposisi yang terlihat menyeluruh sehingga terlihat harmonis.

Baca juga: Jenis Permukaan Kertas untuk Melukis

Dalam seni lukis, ada lima teknik melukis. Apa sajakah itu?

Teknik aquarel

Lihat Foto

Insider

Lukisan cat air Balmoral Castle karya Pangeran Charles.

Teknik melukis menggunakan media cat air dengan sapuan warna tipis, sehingga lukisan yang dihasilkan transparan disebut dengan teknik aquarel.

Hasil lukisan dengan teknik aquarel lebih cerah atau terang. Selain itu, dari segi penggunaan bahannya juga tidak terlalu sulit.

Teknik plakat

Lihat Foto

steemit.com

Salah satu contoh karya seni lukis dengan teknik plakat

Teknik plakat hampir mirip dengan teknik aquarel. Hanya saja perbedaannya terletak pada hasil lukisannya yang cenderung lebih tebal dibanding hasil lukisan teknik aquarel.

Biasanya teknik plakat menggunakan cat air atau cat poster dengan sapuan warna tebal. Hasil lukisannya pun lebih terlihat pekat atau penuh.

Baca juga: Melukis dengan Pisau Palet

Teknik spray 

Teknik spray dilakukan dengan menyemprotkan cat air pada media yang digunakan. Dalam penerapannya, teknik ini perlu diterapkan dengan hati-hati dan berfokus pada obyeknya. Hasil lukisan dari penerapan teknik spray terlihat lebih halus dan lebih hidup.

Teknik lukis merupakan salah satu jenis karya seni rupa yang berkembang di Indonesia adalah lukis. Seni lukis adalah hasil curahan cita dan rasa dari subjek pencipta dengan menggunakan media karya yang berupa garis, bidang, warna, tekstur volume dan ruang dalam bidang dua dimensi.mTeknik melukis berkaitan dengan gaya/corak. Teknik melukis terdidiri dari:

Teknik linier, yaitu cara menggambar objek dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan, baik garis lurus maupun lengkung.

Teknik arsir,yaitu cara menggambar dengan garis-garis sejajar atau menyilang untuk menentukan gelap terang objek sehingga tampak seperti tiga dimensi.

Teknik dusel, yaitu cara menggambar yang dalam menentukan gelap terang objek gambar menggunakan pesil gambar yang digoreskan dalam posisi miring ( rebah ).

BACA:  Mengenai Instrumen Melodis

Teknik pointilisme, yaitu cara menggambar yang dalam menentukan gelap terang objek Gambar menggunakan pensil atau menggambar dengan dititik-titikan.

Teknik aquarel, yaitu cara menggambar dengan menggunakan cat air dengan sapuan warna yang tipis, sehingga hasilnya tampak transparan atau tembus pandang.

Teknik plakat, yaitu cara menggambar dengan menggunakan bahan cat air atau cat poster dengan sapuan warna yang tebal sehingga hasilnya tampak pekat dan menutup.

Sedangkan untuk teknik penggunaan warna ketika melukis dengan hanya menggunakan satu jenis warna merupakan teknik blok, yaitu cara menggambar dengan menutup objek Gambar menggunakan satu warna, sehingga hanya tampak bentuk globalnya ( siluet ).

Teknik penggunaan warna ketika melukis dengan hanya
menggunakan satu jenis warna merupakan teknik

A. Monokromatik

B. Polikromatik

C. Harmonis

D. Heraldis

E. Murni

Jawaban : (A) Monokromatik

Pembahasan : Jadi teknik penggunaan warna ketika
melukis dengan hanya menggunakan satu jenis warna merupakan teknik Monokromatik.

Teknik penggunaan warna ketika melukis dengan hanya menggunakan satu jenis warna merupakan teknik?

  1. Monokromatik
  2. Polikromatik
  3. Harmonis
  4. Heraldis
  5. Murni

Jawaban yang benar adalah: A. Monokromatik.

Dilansir dari Ensiklopedia, teknik penggunaan warna ketika melukis dengan hanya menggunakan satu jenis warna merupakan teknik Monokromatik.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. Monokromatik adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban B. Polikromatik adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban C. Harmonis adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban D. Heraldis adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. Murni adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah A. Monokromatik.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

Teknik penggunaan warna ketika melukis dengan hanya menggunakan satu jenis warna merupakan teknik:

  1. harmonis.
  2. heraldis.
  3. monokromatik.
  4. polikromatik.

Jawabannya adalah c. monokromatik.

Teknik penggunaan warna ketika melukis dengan hanya menggunakan satu jenis warna merupakan teknik monokromatik.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban a. harmonis menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban b. heraldis menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di situs ruangguru ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban c. monokromatik menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Jawaban d. polikromatik menurut saya ini malah 100% salah, karena tadi saat coba cari buku catatan, jawaban ini cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah c. monokromatik..

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.

Lihat juga kunci jawaban pertanyaan berikut: