Membayangkan sesuatu yang dapat membangkitkan syahwat termasuk kategori zina

Reporter : Puri Yuanita

Saking tercelanya perbuatan yang satu ini, Islam memberlakukan sanksi yang begitu berat bagi para pelaku zina. Yakni berupa hukum cambuk hingga rajam.

Dream - Zina adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam. Para pelakunya dipastikan menerima laknat Allah SWT.

Saking tercelanya perbuatan yang satu ini, Islam memberlakukan sanksi yang begitu berat bagi para pelaku zina. Mereka yang terbukti bisa dikenakan hukum cambuk hingga rajam.

Dosa zina sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu zina yang bersifat khusus dan yang bersifat umum. Pengertian zina yang bersifat umum meliputi yang tidak berkonsekuensi dihukum sesuai dengan yang ditetapkan Allah SWT.

Dan dalam pengertian khusus adalah yang semata-mata mengandung konsekuensi hukum yang ditetapkan Allah SWT. Yakni bila sudah sampai pada taraf hubungan kelamin antara laki-laki dan wanita yang bukan haknya pada kemaluannya.

Allah SWT berfirman,

" Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al-Israa': 32)

Rasulullah SAW juga pernah menjelaskan perihal perbuatan zina melalui sabdanya. Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi SAW pernah bersabda: " Sesungguhnya Allah telah menetapkan zina yang tidak mustahil dialami oleh manusia. Zina mata adalah melihat, zina lisan adalah berbicara, zina hati adalah berangan-angan dan berkeinginan, kemudian kemaluan yang akan membenarkannya atau menolaknya." (HR. Bukhari)

Dalam riwayat hadis yang lain, Rasulullah bersabda: " Telah diterapkan bagi anak-anak Adam yang pasti terkena, kedua mata zinanya adalah melihat, kedua telinga zinanya adalah mendengar, lisan zinanya adalah berkata-kata, tangan zinanya adalah menyentuh, kaki zinanya adalah berjalan, hati zinanya adalah keinginan (hasrat) dan yang membenarkan dan mendustakannya adalah kemaluan." (HR. Muslim)

Ulasan selengkapnya bacadi sini.

7 Zina Anggota Tubuh Selain Kemaluan Ilustrasi

Video