Membuat miniatur rumah atau bangunan dapat menggunakan bahan

tirto.id - Miniatur rumah merupakan salah satu kerajinan tangan yang dapat mendatangkan keuntungan besar. Dalam membuat kerajinan miniatur rumah, dibutuhkan kemampuan kreativitas tinggi supaya menghasilkan karya yang bagus.

Sebelum mulai membuat produk konstruksi miniatur rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti mengenal bagian-bagian dasar sebuah rumah, mengidentifikasi alat, abah, serta teknik pembuatan sebuah konstruksi miniatur rumah.

Berikut ini uraian selengkapnya yang berhasil dirangkum dari Modul Prakarya (2017) terbitan Kemendikbud.

1. Mengenal Bagian-bagian Dasar Rumah

Bagian-bagian dasar rumah pada umumnya terdiri dari tiga bagian dasar, yaitu bagian bawah/ dasar, bagian tengah/ ruangan rumah, dan bagian atas/ penutup rumah.

2. Mengidentifikasi Alat dan Bahan yang Dapat Digunakan

Untuk membuat sebuah miniatur diperlukan beberapa alat dan bahan, seperti berikut:

  • Alat: Penggaris, gunting, cutter, kuas.
  • Bahan: Polistirena/ Styrofoam, korek api, stik es krim, kardus, triplek, dan perekat.

Ilustrasi Miniatur Rumah. FOTO/Istockphoto

3. Teknik Pembuatan Miniatur Rumah

Teknik dasar yang bisa digunakan untuk membuat sebuah miniatur rumah adalah teknik persambungan. Teknik persambungan digunakan untuk menyambungkan atau menggabungkan dua buah benda atau lebih. Ada dua jenis sambungan yang dikenal secara umum. Kedua jenis tersebut sebagai berikut.

  • Sambung tetap (permanent joint)
Sambung tetap merupakan sambungan yang bersifat tetap, sehingga tidak dapat dilepas selamanya, kecuali dengan merusaknya terlebih dahulu. Contoh sambungan ini adalah sambungan dengan paku keling (rivet joint) dan sambungan las (welded joint).

  • Sambung tidak tetap (semi permanent)
Sambung tidak tetap merupakan sambungan yang bersifat sementara, sehingga masih dapat dibongkar pasang selagi masih dalam kondisi normal. Contohnya: sambungan mur-baut/ulir (screwed joint) dan sambungan pasak (keys joint).

4. Membuat Rancangan Konstruksi Miniatur Rumah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat rancangan. Rancangan berfungsi sebagai gambaran umum dan pedoman untuk menghasilkan sebuah produk. Tahap ini terdiri dari rancangan sketsa dan rancangan pembuatan.

  • Rancangan bentuk atau sketsa, merupakan sebuah gambaran bagaimana bentuk rumah yang akan dibuat.
  • Rancangan proses pembuatan, selain rancangan yang berupa sketsa, rancangan proses pembuatan pun perlu dibuat agar kegiatan produksi miniatur rumah yang kita lakukan menjadi terarah. Rancangan ini meliputi rancangan alat dan bahan yang digunakan serta langkah kerja pembuatannya sesuai dengan gambar sketsa yang telah dibuat sebelumnya.

Baca juga:

  • Ekspor Kerajinan Miniatur Kendaraan
  • Industri Kecil Pembuatan Miniatur Ondel-ondel

Baca juga artikel terkait MINIATUR RUMAH atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - ynd/ale)


Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yonada Nancy

Subscribe for updates Unsubscribe from updates

Sebutkan Bahan Bahan Yang Dapat Digunakan Untuk Membuat Miniatur Rumah

Sebutkan bahan bahan yang dapat digunakan untuk membuat miniatur rumah. Membuat satu miniatur rumah tidak sulit.

Apalagi jika miniatur tidak harus benar-benar seperti kepentingan teknis aslinya seperti dasar yang terukur sama sesuai beban bangunan, dan lain-lain. Kita dapat menggunakan alat dan bahan yang ada di sekitar kita untuk mengawali latihan membuat miniatur rumah.

Alat untuk Membuat Konstruksi Miniatur Rumah

Sebutkan bahan bahan yang dapat digunakan untuk membuat miniatur rumah, berikut beberapa alat yang dapat digunakan untuk membuat satu miniatur rumah.

Penggaris sebuah alat yang dapat digunakan untuk hitung panjang satu benda. Dalam pembuatan sebuah rumah sederhana terkadang diperlukan teknik pengukuran agar bahan yang digunakan memiliki ukuran yang sama atau diharap sampai terlihat rapi.

Gunting sebagai alat yang digunakan untuk memotong bahan yang tipis, misalkan: kertas, plastik tipis, pakaian, tali dan kabel. Alat ini sangat baik untuk memotong bentuk garis lurus atau pola melingkar.

Cutter sebagai alat yang dapat digunakan untuk memotong bahan. Pisau cutter memiliki peran yang sama dengan gunting, tetapi cara penggunaan kedua alat ini berbeda. Cutter biasanya memiliki tingkat ketelitian dan kerapian yang lebih baik dibandingkan gunting. Cutter mampu memotong bentuk pola sama ukuran kecil dan dapat memulai memotong dari bagian tengah/di suatu bentuk.

Kuas adalah alat untuk mengecat miniatur rumah yang kita buat agar menjadi lebih elok ketika diberi warna. Ada banyak macam kuas yang memiliki ukuran, bentuk dan bahan yang berlainan sama sesuai kepentingan dan peruntukannya.

Bahan Pembikinan Miniatur Kontruksi Rumah

Sementara itu, bahan khusus yang biasanya digunakan untuk membuat satu miniatur rumah sebagai berikut.

Styrofoam yang memiliki nama asli polistirena foam telah populer oleh masyarakat Indonesia. Bahan ini awalannya hadirnya digunakan sebagai bahan isolator pada bahan konstruksi bangunan. Tapi bertepatan peralihan zaman, bahan ini banyak digunakan untuk membuat miniatur konstruksi.

Korek api atau disebut dengan geretan atau pemantik adalah sebuah alat untuk hidupkan api. Benda ini banyak ditawarkan di toko atau warung. Korek api dapat digunakan untuk membuat satu miniatur rumah sederhana dengan kontributor lem dan triplek.

Stik es krim sebuah alat yang umum digunakan sebagai pegangan dalam sajian es krim. Selain itu, stik ini lebih banyak mempunyai manfaat dalam bidang kesenian karena kekhasan dan keekonomisannya. Stik es krim seringkali digunakan untuk membuat frame foto, hiasan dinding, atau miniatur rumah.

Kardus sebagai satu barang yang biasanya digunakan sebagai bahan membuat pelindungan atau mengemas satu produk sejauh distribusi dari produsen sampai ke konsumen. Biasanya kardus dibuat dari bahan dasar berupa kertas yang relatif mudah remuk. Selain sebagai bahan untuk paket, kardus banyak pula digunakan untuk bahan keterampilan.

Triplek atau kayu lapis dibikin dengan bahan kayu solid yang dibikin jadi beberapa lembar tipis atau formasi kayu yang arah seratnya ditata sama menghampar antara helai bawah secara bersamaan dengan perekat khusus sampai didapatkan bahan yang kuat. Kayu lapis ini banyak digunakan untuk pekerjaan konstruksi. Salah satunya kerap digunakan untuk membuat konstruksi miniatur rumah sederhana.

Perekat dapat digunakan dalam kegiatan seni dan kerajinan, misalkan saat membuat miniatur konstruksi rumah. Bermacam type perekat yang dapat digunakan salah satunya power glue, double tape, dan selotip. Perekat digunakan untuk mempersatukan potongan beberapa bahan perancangan kreativitas seni atau kerajinan.

Teknik Pembuatan Miniatur Rumah

Teknik dasar yang umum digunakan untuk membuat satu miniatur rumah adalah teknik persambungan. Ikatan atau teknik persambungan sebuah teknik yang digunakan untuk menyambungkan atau menjadikan satu 2 biji benda atau lebih. Ada dua type ikatan yang dikenal secara umum. Kedua type itu sebagai berikut.

Ikatan Tetap (Permanent Joint)

Ikatan tetap sebagai ikatan yang mempunyai karakter tetap, sampai tidak dapat dilepaskan selamanya, kecuali dengan merusaknya terlebih dahulu. Contoh ikatan ini adalah ikatan dengan paku keling (rivet masuk) dan ikatan las (welded masuk).

Ikatan Tidak Tetap (Semi Permanent)

Ikatan tidak tetap sebagai ikatan yang mempunyai karakter sementara, sampai bisa dibedah pasang saat kembali masih dalam kondisi normal. Misalkan: Ikatan mur-baut/ulir (screwed masuk) dan ikatan pasak (keys masuk).

Demikian artikel mengenai "sebutkan bahan bahan yang dapat digunakan untuk membuat miniatur rumah", semoga bermanfaat. Terimakasih, salam sukses.