Mengapa dalam permainan arung jeram dibutuhkan kerjasama?

Rafting atau arung jeram merupakan permainan untuk melatih tanggung jawab kepada setiap orang yang ada dalam tim tersebut, serta melaith mental keberanian pemain. Setiap orang mempunyai posisi-posisi tertentu yang akan memberikan sumbangsih besar dalam perjalanan perahu karet dari mulai start sampai finish. Setiap individu diberi tanggung jawab untuk mengarahkan perahu karetnya, agar jalan perahu tersebut benar dan tidak terbalik di sungai yang mempunyai arus cukup deras dan berbatu. Setiap tim mempunyai ketua tim yang diberi tanggung jawab untuk mengarahkan dan memberikan perintah kepada masing-masing anggota tim, agar perahu yang dikendarai mampu sampai ke garis finish. Permainan ini sangat seru dan tentunya menegangkan, karena perahu karet ini berjalan diatas air yang mengalir cukup deras dan mempunyai tingkat kecuraman yang berbeda-beda pada setiap perjalanannya.

PERALATAN YANG DIBUTUHKAN
Karena mempunyai tingkat bahaya yang cukup tinggi maka yang dibutuhkan oleh para pemain adalah:
  1. Helem pelindung kepala.
  2. Rompi pelindung atau Rompi pelampung.
  3. Perahu karet dan dayung, dan
  4. Pengamanan Siku, Lutut dan Sarung Tangan dan sepatu.


CARA BERMAIN
Untuk memainkan permainan ini dibutuhkan sungai yang memiliki arus cukup deras serta memiliki medan kesulitan kesukaran yang cukup agar permainan ini lebih menantang. Untuk lebih lanjut tentang cara bermain permainan ini adalah sebagai berikut:
  1. Setiap tim terdiri dari 6-8 Orang.
  2. Ketua Tim bertanggung jawab memberikan arahan yang jelas kepada anggota agar tidak bingung dalam melaksanakan tanggung jawabnya masing-masing.
  3. Ketua harus paham istilah-istilah dalam rafting (arung jeram) sehingga akan memudahkan tim dalam melaksanakan tanggung jawabnya.
  4. Setiap individu harus melaksanakan tanggung jawab, atau perintah ketua tim dengan benar agar perahu tidak terbalik karena kelsahan individu tersebut.
Gamar : Olahraga/Permainan Arung Jeram (Rafting)
Sumber :http://kumpulan-artikel-olahraga.blogspot.com/2012/12/Tips-Bermain-Olahraga-Arung-Jeram.html

MAKNA PERMAINAN

Setelah kita melakukan permainan rafting (arung jeram) tentu kita bertanya, "manfaat dan kegunaan dari arung jeram itu apa.?". Makna dari permainan ini bahwa kekompakan (kerjasama) tim dan tanggung jawab adalah hal mutlak yang harus dilakukan oleh setiap individu dalam tim tersebut. Hal ini bertujuan agar amanah yang diberikan kepada tim, yaitu agar bisa sampai kegaris finish dapat terlaksana dengan baik. Seorang cowok, ketika ia diberikan tanggung jawab, sejatinya tanggung jawab itu harus menjadi sesuatu yang membangun dirinya. Ketika ia berada dalam sebuah tim, tanggung jawab tim yang diberikan kepadanya harus diujung tinggi sampai tanggung jawab itu selesai.

semoga artikel ini dapat bermanfaat, untuk lokasi arung jeram silahkan kunjungi site ini.

Sumber