Mengapa jika kita memakai baju warna hitam pada malam hari akan terasa lebih dingin daripada orang yang memakai baju putih?

Selama ini dipercaya bahwa pakaian hitam lebih panas jika dikenakan di bawah cahaya matahari dibandingkan dengan warna putih. Padahal gak selalu lho! Pakaian warna putih bisa jadi lebih panas daripada pakaian warna htam walaupun bahan garment yang digunakan sama persis. Ada penjelasan ilmiah lho soal itu! Untuk mengetahuinya, baca lebih lengkap di sini ya!

lenamirisolaphoto.com

Tapi teorinya gak sesederhana yang kita pikirkan. Karena itu tergantung pada kondisi angin dan pas tidaknya baju tersebut dengan tubuhmu. Baju putih yang ketat itu akan lebih cepat panas daripada baju hitam yang longgar.

sunpersunglasses.com

Baju putih gak hanya memantulkan panas dari sinar matahari, tapi juga panas dari dalam tubuhmu. Sehingga rasa gerah itu lebih susah untuk keluar dari tubuhmu. Sementara baju warna hitam akan menyerap panas tubuhmu, walaupun ia juga menyerap panas cahaya matahari.

id.pinterest.com

Panas dari dalam tubuhmu akan dengan cepat diserap oleh baju hitam tersebut, sedangkan panas dari udara dan cahaya matahari akan dengan cepat terbawa oleh angin (metode pendinginan konvektif).

Baca Juga: Ajaib, Pohon Ini Hasilkan 40 Macam Buah Sepanjang Tahun!

whysheckler.com

Baju putih memiliki SPF sekitar 7. Namun ketika mulai agak basah (misalnya akibat keringat), SPF-nya jadi anjlok jadi sekitar 3, menurut penelitian dari Skin Cancer Foundation. Kesimpulan itu juga didapat dari penelitian biologis terhadap burung. Burung berwarna hitam mendapatkan panas lebih sedikit daripada burung berwarna pucat dalam cuaca panas. Mereka juga lebih terlindung dari sinar UV.

scmp.com

Mereka juga menggunakan tenda yang berwarna hitam. Semua dengan menggunakan karakteristik kelebihan warna hitam yang menyerap panas disesuaikan dengan kecepatan angin yang sedang berhembus. Ini sudah dilakukan selama berabad-abad.

dealerxpresswindowtinting.com

Karena baju putih adalah opsi terbaik dalam memantulkan semua cahaya matahari karena gak ada bantuan angin yang cukup kuat.

eileenfisher.com

Jadi, sebelum kamu berpikir untuk membuang koleksi baju, celana, sepatu atau segala bentuk busanamu yang berwarna hitam, ada baiknya kamu merasakan sendiri kelebihan warna hitam.

theloop.ca

Jangan takut untuk memadupadankan busanamu lagi, terutama pertimbangkan juga warna hitam ketika kamu akan melakukan acara outdoor.

health.usnews.com

Sudah, buang semua penilaianmu tentang busana wana hitam dan mulai menggunakan warna hitam semaksimal mungkin. Karena pakaian hitam itu akan selalu ngehits kapan pun!

Baca Juga: Akhir Debat Telur atau Ayam Duluan: Begini Jawaban Ilmiahnya!

Baca Artikel Selengkapnya

Alasan Baju Warna Gelap Serap Panas dengan Baik.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia adalah negara beriklim tropis. Alhasil pakaian yang digunakan pun ada baiknya disesuaikan dengan kondisi daerahnya. 

Misalnya kamu lagi di puncak, tapi kamu malah nggak pakai jaket. Padahal cuaca di puncak cenderung dingin. Saat siang hari di pusat ibu kota, kamu menggunakan jaket tebal. Ini justru dapat menyebabkan kamu kepanasan. 

Nah yang paling banyak dilakukan banyak orang adalah menggunakan pakaian berwarna hitam atau gelap di siang hari. Bukan salah kostum kok! Hanya saja, menggunakan pakaian warna gelap bisa bikin kita lebih gerah dan merasa panas. 

Lalu apa yang menyebabkan pakaian warna gelap lebih menyerap panas? Dalam video Belajar dari Rumah Kelas 5 Episode 42 yang dibuat Kemendikbud, materi berjudul Kalor dan Warna menjelaskan alasannya lho. 

Jadi ternyata, baju warna gelap yang digunakan saat siang hari akan menyebarkan suhu panas ke seluruh tubuh. Itu karena pakaian warna gelap tidak memantulkan lagi panas yang diserap. 

Hal kebalikannya juga berlaku untuk baju warna gelap. Di malam hari, warna pakaian ini justru membuat kita merasa dingin. Itu karena baju warna hitam atau gelap menyerap panas dari dalam tubuhnya. 

Untuk penjelasan lainnya, yuk adik-adik yang duduk di Kelas V, gali pengetahuanmu lainnya dengan menonton program Belajar dari Rumah (BdR) setiap hari di TVRI, pukul 10.30-11.00 WIB.

(*)