Mengapa slr dan DSLR disebut kamera profesional

Merdeka.com - Gambar menjadi medium yang kini banyak digunakan untuk membagikan kegiatan sehari-hari, promosi, hingga untuk tujuan mempengaruhi. Salah satu alat yang lekat dengan kehidupan kita adalah kamera, bahkan mungkin setiap harinya tanpa sadar kita telah mengambil gambar atau memotret sesuatu.

Meski kamera ponsel kini jauh lebih bagus dari 10 tahun yang lalu dan orang bisa menggunakannya di bidang fotografi, namun belum ada yang mengalahkan kamera SLR maupun DSLR karena lensanya yang detail dan bisa memotret objek jarak jauh dengan ukuran besar.

Namun banyak orang masih belum bisa membedakan kamera SLR dan DSLR karena Namanya yang sekilas sama. Oleh sebab itu berikut merdeka.com merangkum perbedaan SLR dan DSLR yang paling dasar:

2 dari 3 halaman

Kamera Single Lens Reflex, sering disingkat sebagai kamera SLR, didasarkan pada sistem cermin dan prisma yang memungkinkan fotografer melihat melalui lensa dan menekan tombol rana untuk mengambil foto yang tajam. 

Kamera DSLR, atau kamera 'Digital' Single Lens Reflex (Digital SLR), bekerja dengan prinsip yang sama seperti kamera SLR. Mengingat, tidak banyak perbedaan dalam aspek teknologi atau fungsi dasar dari kamera-kamera ini, DSLR hanyalah versi yang lebih canggih dan secara teknis lebih unggul dari kamera SLR biasa.

Kamera DSLR sangat bagus untuk fotografer pemula karena menawarkan pratinjau langsung dan tidak menyia-nyiakan film saat fotografer melakukan kesalahan. Ada lebih banyak DSLR yang tersedia di pasaran sehingga cenderung lebih murah. 

3 dari 3 halaman

Teknologi

Baik kamera SLR maupun DSLR menggunakan teknologi refleks lensa tunggal, yang memanfaatkan cermin refleks internal yang memungkinkan pengguna melihat apa yang dilihat lensa dan akan ditangkap melalui jendela bidik optik kamera. Namun, DSLR memiliki sedikit keunggulan. 

Beberapa model DSLR menawarkan tampilan digital langsung melalui layar LCD belakang, seperti yang dilakukan kamera mirrorless saat ini tanpa jendela bidik optik.

Sensor gambar

Perbedaan  SLR dan DSLR paling signifikan adalah sensornya. Kamera SLR pada dasarnya adalah kamera analog/film serbaguna, dan "D" sebelumnya (yang merupakan singkatan dari "digital") ditambahkan mengikuti perkembangan SLR dengan sensor digital. 

Tentu saja, kamera SLR digital juga menggunakan kartu memori untuk menyimpan ribuan gambar, sementara SLR menangkap sejumlah gambar tertentu per rol film.

Lagi pula, perbandingan antara kamera SLR dan DSLR tidak sama dengan perdebatan lama antara kamera film dan digital, mengingat SLR hanyalah salah satu dari sekian banyak jenis kamera film.

Fitur Lensa yang Dapat Dipertukarkan

Berkat teknologi pencitraannya yang unik, kedua jenis kamera ini menggunakan lensa yang dapat diganti-ganti. Ini berarti pengguna dapat melengkapi kamera SLR atau DSLR mereka dengan pilihan lensa tergantung pada kebutuhan pencitraan dan gaya pengambilan gambar mereka yang unik.

Karakter fisik

Dengan munculnya kedua kamera SLR digital dengan bodi yang terinspirasi vintage dan kamera SLR dengan bodi kamera yang lebih ramping dan lebih modern, semakin sulit untuk mengklasifikasikan kamera berdasarkan tampilan kameranya. 

Namun secara tradisional, kamera SLR memiliki lebih banyak tombol, warna dua nada, dan tidak ada monitor belakang, sedangkan DSLR cenderung berwarna tunggal dan memiliki monitor. SLR juga biasanya lebih berat, karena terbuat dari lebih banyak logam.

Kemampuan Video

Keuntungan lain yang menyertai perkembangan kamera digital adalah kebanyakan DSLR mampu merekam video, sedangkan kamera fotografi film praktis seperti SLR tidak bisa.

Kualitas dan Resolusi

Kamera film umumnya menawarkan kualitas gambar yang lebih baik, terutama dalam hal warna, kontras, dan jangkauan dinamis. Bahkan kamera digital paling canggih saat ini tidak dapat meniru cara film menangkap detail. 

Dan ketika mempertimbangkan jenis film dan sensor analog yang tersedia (terutama dalam format besar), SLR mengalahkan banyak DSLR konsumen dalam hal keluaran piksel.

Harga dan Nilai

Karena saat ini ada lebih banyak DSLR yang tersedia di pasaran, harganya cenderung lebih murah daripada SLR. Namun, jika biaya dan nilai lebih menjadi prioritas daripada kenyamanan, penting untuk dicatat bahwa SLR adalah investasi yang lebih baik mengingat mereka tidak perlu  ditingkatkan seperti yang dilakukan kamera digital. 

Plus, SLR (seperti kebanyakan kamera film) membuat koleksi berharga yang bahkan mungkin bisa Anda jual untuk mendapatkan keuntungan.

(mdk/amd)

Perbedaan utama DSLR adalah mengunakan sensor gambar digital, sehingga hasil output adalah gambar digital yang disimpan ke memory card, sedangkan jika SLR biasanya mengacu pada kamera yang masih mengunakan film.

Suka Fotografi? Kamu Harus Tahu 7 Perbedaan SLR dan DSLR Ini

Belakangan ini, cukup banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dengan dunia fotografi, entah itu memang ingin ditekuni sebagai seorang fotgrafer profesional atau hanya sekedar iseng dan hobi saja. Nah, di Indonesia sendiri sedang nge-trend yang namanya kamera SLR dan DSLR.

Dengan cara kerja tunggal dan mengandalkan perantara lensa ke dua tempat berbeda tadi, maka membuat hasil foto akan terlihat sama persis seperti objek yang difoto. Bisa dibilang, SLR ini cocok untuk Anda yang baru menapaki dunia fotografer.

Maksudnya, DSLR punya proses pengambilan gambar dengan mengandalkan pentaprisma dan mechanical mirror system pada saat meneruskan cahaya dari lensa menuju ke optical view finder. Jadi, bisa dikatakan juga kalau DSLR ini lebih modern ketimbang kamera SLR. Dilihat dari namanya saja, sebenarnya DSLR dan SLR ini punya perbedaan yang sangat mendasar, yakni mengenai media penyimpanannya. Sebab, kamera DSLR akan menyimpan semua hasil gambar atau tangkapan foto secara digital menggunakan Memory Card.

Kepraktisan lain yang ada di DSLR adalah, kita bisa melihat hasil fotonya terlebih dahulu. Jika memang kurang bagus, maka Anda bisa langsung menghapusnya dan memotret ulang. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa SLR ini bukan kamera digital di mana Anda harus menggunakan film dan analog untuk menyimpan fotonya. Bahkan, media printer ini bisa mencetak foto lebih cepat dibandingkan dengan roll film.

Hal ini juga berpengaruh pada fitur yang tersedia di kamera SLR dan DSLR. Perbedaan pada berat atau bobot yang ada di SLR dan DSLR juga bisa menjadi acuan tersendiri.

Hal ini memang wajar mengingat SLR juga tidak punya fitur yang se-wah DSLR.

Apa Saja 9 Perbedaan Kamera SLR dan DSLR?

Bagi seorang fotografer pemula, mempelajari kamera adalah hal yang wajib untuk dilakukan. SLR (Single Lens Reflex) atau kamera Refleksi Lensa Tunggal adalah jenis kamera yang mampunyai sistem pengambilan gambar secara tunggal dan meneruskan cahaya pada hasil gambar menuju 2 tempat yang berbeda yaitu focal plane dan view finder.

DSLR (Digital Single Lens Reflex) adalah jenis kamera yang mempunyai sistem pengambilan gambar dengan mengandalkan mechanical mirror system dan pentaprisma saat cahaya diteruskan dari lensa ke optical view finder.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai perbedaan kamera SLR dan DSLR, antara lain:

Kamera DSLR tidak hanya bobotnya yang berat tetapi bentuk body-nya juga cenderung lebih besar dibandingkan SLR. Biasanya kamera SLR tidak mempunyai monitor belakang, dan warnanya dua nada.

Sementara DSLR mempunyai banyak tombol dan fitur sehingga desain body-nya terlihat cukup rumit. Kamera DSLR mempunyai banyak fitur karena teknologinya pun lebih modern dengan mengandalkan teknologi digital.

Kamera SLR bisa dikatakan cukup baik khususnya dalam hal kontras, warna, dan jangkauan. Namun DSLR ini juga mempunyai kualitas yang bagus khususnya mengenai kelengkapan fitur. Maksudnya SLR ini belum memiliki teknologi digital sebagai penyimpanan medianya dan hasil fotonya tidak bisa diedit lagi. Film ini mempunyai beberapa merk yang juga akan berpengaruh pada karakter warnanya.

Jadi, Anda hanya bisa memotret sejumlah 36 dan jika sudah penuh maka rol film harus diganti baru. Sementara kamera DSLR akan menyimpan semua hasil fotonya secara digital menggunakan memory card.

Keunggulan atau kepraktisan dari DSLR ini adalah hasil fotonya bisa dilihat ulang dan dihapus.

SLR mempunyai kepanjangan Single Lens Reflex yang berarti kamera rekleksi lensa tunggal.

Sementara DSLR adalah Digital Single Lens Reflex yang mempunyai proses pengambilan gambar dengan mengandalkan petaprisma dan mechanical mirror system, pada saat meneruskan cahaya dari lensa menuju ke optical view finder. Penggunaan media penyimpanan berupa roll film bisa memungkinkan terjadi penangkapan cahaya dan penerjemanhan warna yang cukup baik. Kapasitas media penyimpanannya pun membantu kinerja kamera jenis ini bisa menjadi lebih baik. Dibalik kelebihan atau kecanggihannya, kamera DSLR juga mempunyai beberapa kekurangan antara lain: Butuh waktu yang cukup lama lagi untuk bisa mempelajari dan mengoperasikan kamera DSLR dengan baik.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai perbedaan kamera SLR dan DSLR. Apapun nanti jenis kamera yang akan Anda pilih, semuanya tergantung keperluan dan gaya pengambilan gambar masing-masing orang.

Perbedaan antara SLR dan Kamera DSLR

Ini memiliki kecepatan rana luar biasa 1/500 detik atau lebih cepat. Untuk mengambil gambar dari kamera SLR, seseorang membutuhkan banyak ruang karena tubuhnya jauh lebih besar.

Pada dasarnya, ini adalah lensa yang memainkan semua peran vital dalam kamera SLR.

Kamera DSLR terutama digunakan oleh fotografer profesional yang ingin berkarir di bidang fotografi. DSLR menggunakan lensa dan bodi terpisah, yang keduanya sangat mahal. Kelebihan dari SLR dan DSLR dibandingkan dengan kamera biasa adalah sebagai berikut:

Video yang berhubungan