Menggambar model membutuhkan kemampuan dalam menggunakan unsur-unsur rupa, diantaranya yaitu

Menggambar model tidaklah serupit dengan yang dibayangkan. Kita dapat menggambar dengan baik apabila disiplin dan mau mengikuti tahapan - tahapan serta bagian demi bagian dalam menggambar model. Menggambar model merupakan salah satu teknik yang sering dilakukan oleh seseorang seniman rupa.

Pengertian, Prinsip dan Unsur - Unsur Menggambar Model

Saat menggambar model, diperlukan ketekunan dan ketelitian agar hasil yang dicapai sesuai dengan objek yang digambar. Semua objek baik itu benda mati aaupun benda hidup dapat dijadikan sebagai model.

Menggambar model merupakan kegiatan yang diawali dengan menetukan objek model yang hendak atau yang akan digambar. 

Objek gambar dalam model adalah dapat berupa hewan, tumbuhan, manusia, dan kumpulan benda yang disusun sesuai dengan komposisi, proporsi, keseimbangan dan irama yang baik sehingga gambar memiliki satu kesatuan yang utuh.

Gambar model dengan objek alam benda biasa disebut dengan gambar bentuk, Menggambar model dengan objek alam biasanya dilakukan dengan mengamati secara langsung objek gambar sehingga struktur bentuk dan bidang gambarnya dapat diketahui.

Bentuk - bentuk dari objek gambar alam benda memiliki struktur bentuk dan bidang dasar yang berbeda-beda misalnya seperti bola, kubus, kerucut, bujur sangkar dan tabung. Struktur bidang gambar model ( alam benda ) dapat berupa bidang datar, melingkar ataupun mengerucut.

Pengertian, Prinsip dan Unsur - Unsur Menggambar Model

Struktur- struktur tersebut memiliki kesan yang tidak sama yang jika terkena sinar maka akan menghasilkan bayangan dengan intensitas cahaya yang berbeda-beda. Efek bayangan yang timbul akibat pencahayaan memberukan kesan ruang pada model sehingga gambar tampak seperti gamber tiga dimensi.

Dalam menggambar, dapat menggunakan bidang gambar seperti kertas atau kanvas dengan alat - alat serta bahan yang digunakan untuk menggambar yaitu pensil, charcoal atau arang, pensil warna, krayon, cat air, cat minyak atau cat akrilik.

Terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam proses menggambar yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Komposisi,
  • Proporsi, 
  • Keseimbangan, dan 
  • Kesatuan.

Komposisi merupakan cara mengatur dan menyusun objek yang digunakan sebagai model gambar hingga hasilnya nampak menarik dan indah. Komposisi dapat dibuat melalui bentuk objek gambar, warna objek, jenis objek, serta latar belakang gambarnya. Beberapa contoh komposisinya dapat dilihat dari pola berikut ini : 

Pengertian, Prinsip dan Unsur - Unsur Menggambar Model

Komposisi simetris yaitu benda yang menjadi objek gambar diletakkan pada posisi yang seimbang antara sisi kiri dan kanan dan memiliki keseimbangan benda yang sama dalam bentuk serta ukurannya.

Pengertian, Prinsip dan Unsur - Unsur Menggambar Model

Yaitu posisi benda yang diletakkan dalam posisi yang tidak sama begitu pula dengan ukurannya. Namun demikian, Dalam komposisi ini masih tetap memoerhatikan proporsi, keseimbangan, dan kesatuan antarbendanya.

Pengertian, Prinsip dan Unsur - Unsur Menggambar Model

Yaitu pusat perhatian benda model gambar terletak dipertengahan bidang gambar yang diatur sesuai dengan proporsi bentuk model dan diatur seimbang. Selain itu, penempatan bendanya juga memiliki kesatuan antar benda.

Proporsi adalah perbadingan yang ideal serta harmonis antara bagian - bagian yang menjadi objek model gambar yang dapat diamati.

Keseimbangan adalah selarasnya antara bidang gambar, objek gambar, dan gambar yang dihasilkan. Keseimbangan hasil gambar model dapat diperoleh dengan cara membuat skala, memberi efek perspektif pada onjek gambar dan sudut pandang penggambar.

Kesatuan adalah keserasian dalam proses pengaturan objek gambar dengan memberikan kesan ruang, kedalaman, dan antarobjek gambar saling mendukung agar menghasilkan suatu gambar yang indah dan baik.

Didalam menggambar objek, tentu perlu kita perhatikan pula unsur-unsurnya sebab menggambar model membutuhkan kemampuan dalam menggunakan usnur-unsur tersebut, diantara unsur-usnur tersebut adalah sebagia berikut.

  • unsur garis,
  • unsur bentuk,
  • unsur bidang,
  • unsur tekstur, dan 
  • unsur gelap dan terang (pencahayaan).

Demikian penjelasan singkat tersebut diatas semoga bermanfaat dan terimakasih.


Sumber : Kemendikbud-RI_2017

Penulis : Eko Purnomo,dkk

Pe-review : Defrizal Adyar.


GALERI ILMU – Setelah kita membahas prinsip menggambar model, sekarang Galeri Ilmu membahas unsur-unsur menggambar model. Seperti sebelumnya, materi ini juga merupakan materi pelajaran seni budaya kelas VIII.

Perlu juga diperhatikan bahwa menggambar model membutuhkan kemampuan dalam menggunakan unsur-unsur rupa. Pemahaman terhadap unsur-unsur rupa tersebut sangat membantu dalam menggambar model.

Berikut beberapa unsur menggambar model

Garis

Garis merupakan titik yang ditarik dan diulang secara terus menerus hingga membentuk sebuah jalur.

CARI TAHU, Prinsip-prinsip menggambar model

Bentuk

Bentuk adalah garis-garis yang bertemu dan terbentuk suatu bentuk dasar seperti segitiga, persegi dan lingkaran.

Gelap terang

Yaitu kondisi gelap atau terangnya suatu benda yang menyangkut dua unsur utama, yakni bayangan/bagian gelap dan cahaya/begian terang.

Tekstur

Tekstur adalah kualitas permukaan yang membentuk objek. Jeruk memiliki tekstur berpori, kain bertekstur lembut, dan besi bertekstur licin metalik.

Langkah Membuat Poster

Bidang

Unsur bidang adalah suatu bentuk yang seakan dibuat menjadi 3 dimensi, seperti segitiga menjadi piramid, lingkaran menjadi bola, dan persegi menjadi kubus.

Sekadar mengingatkan, ada empat prinsip dalam menggambar model. Prinsip tersebut adalah komposisi, proporsi, keseimbangan dan kesatuan. Adapun prinsip komposisi dibagi lagi ke dalam tiga yaitu simetris, asimetris dan komposisi sentral.

Silakan kawan-kawan tinggalkan komentar, atau silakan bagi link ini kepada teman yang lain agar banyak yang mengetahui materi pelajaran ini.

Semoga bermanfaat. [*]

=^^^^=^^^=APA YANG DIMAKSUD DENGAN TESKTIL???​

lagu Menanam Jagung dinyanyikan dengan tempo a rendah B lambat C tinggi D cepat Jawaban harus benar dan sesuai dengan pilihannya yaJawaban yang sesuai … dengan pilihannya saya kasih 10 poin​

Tanda tempo adante dalam lagu dinyanyikan secara.... a. sangat cepat b. perlahan-lahan c. lebih lambat d. sangat lambatYang benar saya kasih 10 poi … n​

apakah SKB sama dengan sekolah biasa​

Jelaskan fungsi pola lantai pada pertunjukan Tari​

#0.1. Apa perbedaan SENI dengan SENIMAN coba jelaskan di hari SENIN...

Sebutkan lima contoh kerajinan dari bahan kerang dan tunjukkan sisi menariknya, mulai dari bahan, teknik hingga bentuknya !​

Menganalisis lagu manusia bodohcipt : Ada BandMenganalisis terbagi menjadi : [nada, ritme, intensitas, warna suara, interpretasi, harmoni, ekspresi, d … an pesan&kesan yang kamu dapat ambil setelah mendengarkan lagu ini] Tolong banget bantuannyakalo ada yg kurang jelas bisa di tanyakan terlebih dahulu yah. supaya tdk salah. makasih​

Siswa kelas IV mendapat tugas membuat pra karya dari Bu Ani. Bu Ani meminta anak-anakuntuk meggambar pola kupu-kupu di kertas, kemudian di atasditempe … li biji-bijian.Berdasarkan ilustrasi di atas, jenis tugas yang diberikanpola tersebutbu Ani adalah membuat.a. Mozaikb. Makramec. Kolased. Montase​

1. Karena kandungan bayam yang baik sehngga berbagai cara sosialisasi manfaat/khasiat bayam untuk anak-anak, salah satunya dengan film kartun. Coba ka … lian cari tahu dan berikan bukti gambar pendukung 2. Apa yang imaksud dengan pengolahan pangan panas basah [moist heat]? Ada berapa macam sebutkan.. 3. Apa yang imaksud dengan pengolahan pangan panas kering [dry heat]? Ada berapa macam sebutkan.. 4. Apa perbedaan utama antara merebus [boiling] dan mengukus [steaming] pada makanan yang akan diolah? 5. Apa yang dimaksud mengetim [bhs indonesia] dalam bahasa asing? Terangkan prosesnya dan gambarnya.... 6. Termasuk jenis pengolahan apa saat kita membuat ayam goreng [fried chicken] jelaskan... 7. Jika kita ingin membuat makanan telur mata sapi atau telur ceplok, pengolahan pangan jenis apa yang dipakai? Terangkan caranya. 8. Terangkan cara menumis [sauteing] kangkung secara singkat... 9. Untuk orang lanjut usia atau orang-orang tertentu pengolahan pangan panas basah lebih baik dari pada panas kering dengan minyak banyak mengapa? 10. Jelaskan cara kerja oven tradisional dan oven listrik.

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions [MCQ] Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. Garis dan tekstur
  2. Bentuk dan bidang
  3. Gelap terang [pencahayaan]
  4. Semua benar
Klik Untuk Melihat Jawaban

Kuis Dhafi Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah. Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions [MCQ] Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

2. Menggambar model membutuhkan kemampuan dalam menggunakan unsur-unsur rupa, seperti ....

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. a. garis, bentuk, bidang, tekstur
  2. b. garis, bentuk, bidang, gelap terang b. garis, bentuk, bidang, gelap terang d. garis, bentuk, bidang, gelap terang
  3. c. garis, bentuk, bidang, tekstur, gelap terang
  4. d. garis, bentuk, bidang, gelap terang

Jawaban terbaik adalah C. c. garis, bentuk, bidang, tekstur, gelap terang.

Dilansir dari guru Pembuat kuis di seluruh dunia. Jawaban yang benar untuk Pertanyaan ❝2. Menggambar model membutuhkan kemampuan dalam menggunakan unsur-unsur rupa, seperti ....❞ Adalah C. c. garis, bentuk, bidang, tekstur, gelap terang.
Saya Menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan dan jawaban berikutnya, Yaitu 1. Proses pengamatan secara baik dalam menggambar model sangat penting supaya gambar terlihat baik, menarik dan memiliki keindahan. Beberapa prinsip dalam menggambar model adalah .... dengan jawaban yang sangat akurat.

Klik Untuk Melihat Jawaban

Kuis Dhafi Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah. Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

Video yang berhubungan