Menghubungkan database mysql dengan netbeans

Koneksi Database Mysql Dengan Java Netbeans – Halo guys sudah lama sekali admin tidak menulis artikel di blog ini, maklum banyak tugas kuliah yang namanya semester akhir tau kan gimana caranya, silahkan buat dengan request untuk melanjutkan artikel sebelumnya. Aplikasi Crud Sederhana dengan Netbeans dan MySQL Part 1, kemudian admin juga akan kembali lagi, dan menulis artikel lanjutan yaitu tutorial cara membangun Aplikasi CRUD Sederhana dengan Netbeans dan MySQL Part 2, tutorial ini adalah langkah terakhir. , pada artikel sebelumnya telah dibahas fungsi tombol simpan dan cara menampilkan data pada artikel sebelumnya, dan pada artikel ini admin akan melanjutkan untuk membuat fungsi tombol hapus, ubah, cari dan keluar.

Sebelum mengikuti tutorial ini pastikan anda sudah mengikuti tutorial di part 1 dan membuat koneksi database, jika belum bisa ke sini dan sini.

Koneksi Database Mysql Dengan Java Netbeans

Ok sekarang kita langsung saja ke pembahasan membuat aplikasi CRUD sederhana dengan NetBeans dan MySQL, berikut langkah-langkahnya.

Mencetak Laporan Menggunakan Ireport Pada Netbeans

Langkah 4. Selanjutnya kita akan masuk ke tahap penulisan source code, pertama kita akan membuat fungsi delete yaitu untuk menghapus data pada tabel dan database, caranya klik tombol delete 2 kali kemudian source berikut. kode

Langkah 5. Kemudian kita akan memeriksa apakah kita dapat menjalankan fungsi hapus dengan benar dan menghapus data dengan benar, cara kita menjalankan proyek CRUD sederhana, cara menghapusnya, kita klik pada data di tabel lalu klik tombol hapus dan akan muncul dialog. . Berikut ini muncul untuk mengonfirmasi.

Langkah 6. Selanjutnya kita juga akan membuat fungsi edit, yaitu untuk mengubah/memperbarui data pada database dan tabel, klik dua kali tombol edit kemudian masukkan source code berikut.

Langkah 7. Kemudian kita juga akan menguji apakah kita bisa menjalankan fungsi edit (ubah) dengan benar dan mengubah data dengan benar atau tidak, cara kita mengelola proyek CRUD sederhana, cara mengubahnya kita klik pada data di tabel lalu klik tombol edit. Dan akan muncul dialog konfirmasi pesan seperti di bawah ini.

Jual Membuat Aplikasi Penjualan Menggunakan Java Netbeans, Mysql, Dan Ireport [preloved Book/ Buku Bekas]

Langkah 8. Kemudian kita juga akan membuat fungsi pencarian, ini untuk mencari data di database dan tabel, fungsi ini memudahkan pengguna untuk menemukan data yang perlu dihapus atau diubah, dan kita klik cara membuat dia. Masukkan kode sumber berikut setelah tombol pencarian 2 kali.

Langkah 9. Kita cek kembali apakah fungsi pencarian sudah berjalan dengan benar, caranya ketikkan nomor nama di kolom nama, lalu klik tombol cari, dan hasilnya akan muncul di tabel seperti itu.

Langkah 10. Dan terakhir kita akan membuat tombol exit berfungsi dengan dialog konfirmasi yaitu pesan konfirmasi untuk keluar saat tombol exit di klik, caranya klik dua kali tombol exit lalu masukkan source code dibawah ini.

Sedikit lagi, jika ingin membuat project di tengah, maka saat kita menjalankan projectnya akan berada di tengah, seperti ini.

Program Java Gui Menghitung Nilai Mahasiswa Dengan Netbeans

Ok kali ini cukup tutorial membuat aplikasi CRUD sederhana dengan Netbeans dan MySQL part 2, dan mohon maaf jika ada kesalahan atau kendala dalam tutorial ini, mohon dimaklumi admin masih pemula atau baru mendapatkan ilmu di bangku kuliah. , bisa baca disini untuk tutorial lainnya. Dan jangan lupa untuk membagikan situs ini di media sosial Anda untuk menghargai situs ini. terima kasih Halo teman-teman, ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas cara membuat database mysql di xampp, pada artikel tersebut kita hanya membahas tentang membuat database dan tabel belum mencapai koneksi, jadi pada kesempatan kali ini admin. Mari kita lanjutkan dengan membuat koneksi MySQL untuk menghubungkan atau terhubung ke Java Netbeans jadi apa yang akan kita lakukan selanjutnya adalah aplikasi CRUD sederhana yang dapat berjalan dengan baik.

Langkah 3. Kemudian buat form baru, dan isi nama kelas dengan nama FormMahasiswa, kemudian biarkan saja form apa adanya, di artikel selanjutnya untuk mendesainnya, jika belum tahu cara membuat form baru baca pada. di sini

Langkah 4. Selanjutnya kita akan menambahkan library driver MySQL JDBC terlebih dahulu, disini administrator menggunakan Netbeans versi 8.2 jadi sudah tersedia, jika menggunakan Netbeans versi 7 ke bawah perlu download driver baru terlebih dahulu, dan cara menambahkan library . Klik kanan pada bagian Libraries, lalu klik Add Library.

Langkah 6. Kemudian library baru yang kita tambahkan akan muncul secara otomatis, yaitu MySQL JDBC Driver di bagian Libraries.

Tutorial Praktik Pemrograman Web 2 Praktikum Ke 6

Langkah 7. Setelah kita masuk ke langkah 6, kita kembali ke FormMahasiwa.java, dan klik pada tab source, maka secara otomatis akan dibawa ke editor teks dimana source code akan ditulis seperti ini.

Langkah 8. Sekarang kita akan mulai menulis kode sumber, pertama kita akan menulis data input untuk memanggil perpustakaan, kode sumber di bawah dan mengimpornya di bawah paket crud.simple.

Langkah 11. Selanjutnya kita buat metode untuk koneksi database, caranya klik lampu merah yang bertanda di sebelah kiri, lalu klik “Create Method” seperti gambar di bawah ini.

Langkah 12. Gulir ke bawah dan di bagian private null connection database(), hapus kode sumber seperti “trhow new blabla”.

Source Code Aplikasi Katalog Perpustakaan Java Netbeans

Perhatikan bagian “dbmahasiswa” pada source code, ini adalah nama database yang kita buat tadi, jadi nama database harus dikondisikan dan sama dengan xampp.

Langkah 13. Terakhir silahkan jalankan dengan cara klik Run pada keyboard atau tekan Shift+F6, jika berhasil maka akan muncul pesan “Database connection success” seperti gambar dibawah ini.

Nah sekian tutorial dari admin tentang cara menghubungkan database MySQL dengan netbeans, untuk artikel java netbeans lainnya bisa anda baca disini, semoga apa yang admin berikan kali ini dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca artikel ini, jika ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan artikel ini mohon dimaklumi dan dimaafkan. Dan jangan lupa untuk membagikan situs ini di media sosial Anda untuk menghargai situs ini. terima kasih Jika Anda ingin membangun aplikasi di Java Netbeans, jika Anda ingin terhubung ke database, Anda harus terlebih dahulu menguji koneksi antara keduanya.

Klik tombol Database/Database di bagian atas lalu isi kolom Database dengan nama database Anda. Sebagai contoh. db_tes lalu klik tombol Buat.

Cara Koneksi Database Mysql Dengan Netbeans

Private static final String driver = “com.mysql.jdbc.Driver”; database String akhir statis pribadi = “jdbc:mysql://localhost:3306/db_tes”; private static final String user = “root”; kata sandi String akhir statis pribadi = “”; koneksi Koneksi pribadi; pesan String pribadiError; public String getErrorMessage() { returnErrorMessage; } koneksi publik getConnection(){ koneksi = null; Pesan kesalahan = “”; coba { Kelas.untukNama(manajer); } catch (ClassNotFoundException ex){ ErrorMessage = “Driver JDBC tidak ditemukan atau rusakn”+ex; } if (ErrorMessage.equals(“”){ try { connection = DriverManager.getConnection(database+”?user=”+user+”&password=”+password+””); } catch (SQLException ex) { ErrorMessage = “connection” + database+” failedn”+ex; } } mengembalikan koneksi; } public static void main(String[] args) throws ClassNotFoundException { Connection conn = null; Driver string = “com.mysql.jdbc.Driver”; String database = ” jdbc:mysql://localhost:3306/db_tes”;

Kemudian setelah menambahkan script berikut jika error seperti gambar dibawah ini masih ada, anda tidak perlu panik atau bingung, anda hanya perlu klik lampu merah yang ada pada bagian error tersebut kemudian pilih add import java. Tambahkan .sql .Connection dan impor java.sql.DriverManager dan tambahkan pengecualian java.sql.SQLE ke opsi itu, lihat gambar.

Penting: Ingatlah bahwa merah adalah nama database Anda, jadi jika Anda ingin menghubungkan Java ke database MYSQL, Anda harus membuat database terlebih dahulu.

6. Langkah terakhir adalah menambahkan library MYSQL pada aplikasi yang sedang anda buat, mengapa perlu menambahkan library tersebut. Karena Java belum mengenal MYSQL sebagai pengenal atau link agar Java dan MYSQL dapat saling terhubung, maka kita perlu menghubungkan driver MySQL dengan cara:

Membuat New Project & Koneksi Di Java Netbeans Dan Database Mysql

Jika berhasil, akan muncul pesan “Connection success” di bagian bawah atau output seperti terlihat pada gambar.

Terima kasih telah mengunjungi blog pribadi saya. Semua artikel yang saya upload disini tentang JAVA PROGRAMMING Mulai dari Java Desktop dan Java WEB ada banyak pilihan database yang bisa digunakan, antara lain: MySQL, SQLite, PostgreSQL, Me. SQL Server, Oracle, MongoDB dll.

Dalam acara ini, kita akan belajar bagaimana menghubungkan Java ke MySQL dan membuat program CRUD berbasis teks sederhana.

Setelah kita mengimport, pertama-tama kita membuat konstanta untuk parameter yang akan digunakan saat membuat koneksi ke database.

Aplikasi Kasir Hotel Netbeans Dan Mysql 2022

Pastikan parameternya sama persis dengan nama kolom di database. Jika database menggunakan huruf kapital, ikuti dengan huruf kapital.

Pada metode ini kita akan melakukan loop selama database terhubung dan loop akan berhenti setelah user memilih menu.

Untuk koneksi string yang mudah. Jika belum paham, silahkan baca materi tentang mengambil input dan menampilkan output di Java.

Dalam tutorial ini kita akan belajar membuat aplikasi sederhana. Yaitu, pendaftaran mahasiswa baru menggunakan PHP dan MySQL. Aplikasi ini terbatas untuk melakukan operasi CRUD saja.

Menampilkan Data Di Database Mysql Pada Jtable Netbeans

Ini adalah artikel lama, tidak diperbarui. Konten mungkin tidak relevan dengan situasi saat ini. Saya tidak begitu mengerti penggunaan komputer grafis pada awalnya. Namun, setelah mempelajari beberapa teori seperti Kecerdasan Buatan, Analisis Algoritma, Struktur Data, Matematika Diskrit, Kalkulus, dll. Saya mendapat sedikit kelegaan. Grafik dapat digunakan untuk memecahkan berbagai masalah seperti menemukan jalur terpendek, menghubungkan hubungan

Post Views: 12