Merubah kemungkaran denagn lisan bisa juga diartikan dengan dakwah

You're Reading a Free Preview
Pages 6 to 14 are not shown in this preview.

107 Al-Quran Hadis Kurikulum 2013 6. Allah akan menimpakan adzab kepada seluruh penduduk negeri disebabkan menyebarnya kemunkaran, dan tidak ada yang melakukan proses dakwah memberikan peringatan. EVALUASI Bacalah dan hafalkanlah Ayat dan hadits di bawah ini, dan berilah tanda √ pada kolom yang tersedia sesuai dengan penilaian kalian َكِئ َلوُأَو ِرَكْنُمْلا ِنَع َنْوَهْنَيَو ِفوُرْعَمْلاِب َنوُرُم ْ أَيَو ِ ْيَ ْ لا َ لِإ َنوُعْدَي ٌةَم ُ أ ْمُكْنِم ْنُكَ ْ لَو َنوُحِلْفُمْلا ُمُه Lancar Sedang Kurang Tidak Bacaan Hafalan ْن َ أ ُك ِشْوُي ُهْوُ ِيَغُي ْم َلَف ًارَكْنُم اْوَأَر اَذِإ َساَنا َنِإ :َمَلَسَو ِهْيَلَع ُها َلَص ِها ُلْوُسَر َلاَق هححصو يذمتلاو ،هجام نبا هاور .ِهِباَقِعِب ُها ُمُهَمُعَي Lancar Sedang Kurang Tidak Bacaan Hafalan Di unduh dari : Bukupaket.com Buku Si swa Kela s X I I 108 Berilah harakat lengkap pada hadits berikut, dan terjemahkanlah secara lafdhy sesuai dengan kolom yang tersedia َمَلَسَو ِهْي َلَع ُها َل َص ِها َلْوُسَر ُتْعِمَس : َلاَق ُهْنَع ُها َ ِضَر يِرْدُْلا ٍدْيِعَس ِبَأ ْنَع عطتسي مل نإف ،هناسلبف عطتسي مل نإف ،هديب هيغيلف اركنم مكنم ىأر نم« : ُلْوُقَي ملسم هاور ناميلا فعضأ كلذو ،هبلقبف اركنم مكنم ىأر نم مل نإف هديب هيغيلف هبلقبف عطتسي مل نإف هناسلبف عطتسي ناميإا فعضأ كلذ و Di unduh dari : Bukupaket.com 109 Al-Quran Hadis Kurikulum 2013 Pilihan Ganda 1. ِ ْيَْلا َلِإ َنوُعْدَي ٌةَمُأ ْمُكْنِم ْنُكَ ْلَو Ayat di samping menunjukkan bahwa dakwah hukumnya . . . . a. Wajib b. Sunnat Muakkad c. Mustahab d. Mandub e. Mubah 2. Perbuatan dosamaksiat yang dampak negatifnya dapat mempengaruhi orang lain disebut . . . . . a. Al-fakhsyâ b. Al-munkar c. Al- baghu d. Al-ma`ruf e. Al-nahyu 3. Kalau di dalam aktifitas nahi munkar dapat menimpulkan kemunkaran yang lebih besar maka hukumnya . . . . . a. Sunnah b. Mubah c. Makruh d. Haram e. Jaiz 4. Merubah kemunkaran dengan “lisan”, bisa juga diartikan dengan dakwah bi. . . a. Al-Hikmah dan dakwah bi al-Yadd b. Al-Mauidzah dan al-Mujâdalah c. Al-Sirr dan al-Jahr d. Al-Ma`rûf dan Al-Munkar e. Dakwah Struktural dan dakwah kultural 5. ِهِباَقِعِب ُلا ُمُهَمُعَي ْن َ أ ُكِشْوُي ُهْوُ ِّيَغُي ْم َلَف ًارَكْنُم اْوَأَر اَذِإ َساَلا َنِإ Hadits tersebut memberi ancaman bagi mereka yang . . . . . a. Berbuat kemunkaran b. Melihat Kemunkaran c. Mendatangi tempat kemunkaran Di unduh dari : Bukupaket.com Buku Si swa Kela s X I I 110 d. Meninggalkan dakwah amar ma`ruf nahi munkar e. Meninggalkan kewajiban shalat Isya 6. Tidak mendatangi tempat-tempat maksiat dan tidak sering bergaul dengan orang- orang yang berbuat maksiat termasuk jenis . . . . . a. Dakwah bil-hal b. Dakwah bil-lisan c. Dakwah bil mauidzah d. Dakwah bil yadd e. Dakwah bil mujadilah 7. Suatu perbuatan keji dan cenderung menuruti hawa nafsu seksual disebut …. a. Al-fakhsya` b. Al-munkar c. Al-jarimah d. Al-ghibah e. Al-thughyân 8. Semua perbuatan baik dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah masuk dalam kategori . . . . a. Al-khair b. Al-ma`rûf c. Al-ma`ani d. Al-munkar e. Al-mujadalah 9. Semua jawaban di bawah ini menunjukkan penafsiran kata yang bergaris bawah ٍةَم ُ أ َ ْيَخ مُتْنُك Kecuali . . . . a. 1 satu orang b. Sekelompok orang c. Organisasi d. Pemuda e. Golongan 10. ِهِنا َسِلِبَف ْعِطَتْسَي ْم َل ْنإَف ،ِهِدَيِب ُهْ ِيَغُيْلَف، . . . . dari hadits ini dapat diambil kesimpulan bahwa . . . a. Merubah kemunkaran hanya kewajiban pemerintah b. Merubah kemunkaran harus dengan kekerasan Di unduh dari : Bukupaket.com 111 Al-Quran Hadis Kurikulum 2013 c. Kekuatan merupakan syarat untuk merubah kemunkaran d. Kewajiban merubah kemunkaran sesuai dengan kemampuan e. Dakwah dilakukan untuk mendapatkan kedudukan Soal Uraian 1. Apa pengertian dakwah menurut bahasa dan istilah 2. Sebutkan tiga cara dalam rangka merubah kemunkaran 3. Jelaskan maksud dari “merubah kemunkaran dengan tangannya” 4. Sebutkan dua syarat yang harus dipenuhi ketika merubah kemunkaran 5. Umat Islam akan tetap menjadi ummatan wasathan, selama melaksanakan tiga hal ini. Sebutkan TUGAS Perhatikanlah lingkungan sekitarmu atau di lingkungan madrasah dan identifikasi beberapa hal yang kamu anggap sebagai kemunkaran yang harus dihilangkandirubah, dan sebutkan tindakan yang sudah kamu lakukan Jenis Damak negatif Cara merubah Sudahbelum Coretan di dinding toilet madrasah .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Mengganggu kebersihan dan merusak pemandangan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Coretan di hapus ditutupi dengan cat baru Pelakunya di nasehati Berkoordinasi dengan sekolah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Belum Belum Belum . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Di unduh dari : Bukupaket.com Buku Si swa Kela s X I I 112 KOLOM PENGHUBUNG DENGAN ORANG TUA Pengamatan Tanggapan Guru Orang tua Di unduh dari : Bukupaket.com

Lihat dokumen lengkap (16 Halaman - 2.59MB)

1. َوَأَنذِرْ عَشِيرَتَكَ ٱلْأَقْرَبِينَ   Perintah Allah kepada nabi Muhammad untuk . . .

a. Memberi peringatan kepada umat Islam

b. Menyantuni keluarga terdekat yang miskin

c. Memperingatkan keluarga dekat akan siksa neraka

d. Memperhatikan nasib kaum dlu`afâ’

e. Mempererat hubungan tali silaturrahim

2. Di bawah ini merupakan dasar-dasar yang dapat digunakan oleh seorang dai dalam melakukan aktifitas dakwahnya kecuali …

a. Dakwah hendaknya semata-mata karena Allah dan kepada Allah

b. Dakwah hendaknya dimulai umur 40 tahun seperti rasulullah

c. Dakwah hendaknya dilakukan dengan hikmah

d. Dakwah hendaknya dilaksanakan dengan berulang-ulang

e. Pemberi dakwah harus konsisten dengan nilai-nilai dan ajaran Islam.

3. Seekor burung jantan apabila hendak mendekati betina merendahkan sayapnya. Berangkat dari fenomena alam ini dapat diambil pelajaran bahwa manusia bila hendak mendekati seseorang untuk berdakwah harus . . . . 

a. Merendahkan diri

b. Rendah hati

c. Mawas diri

d. Berpura-pura manis

e. Melindungi diri

4. Dalam dakwah kita tidak dibebani hasilnya, tetapi proses dakwah harus dilaksanakan secara terus menerus. 

a.  فَذَكِّرْۗ اِنَّمَآ اَنْتَ مُذَكِّرٌۙ لَّسْتَ عَلَيْهِمْ بِمُصَيْطِرٍۙ

b. فَذَكِّرْ فَإِنَّ ٱلذِّكْرَىٰ

c. وَلۡتَکُنۡ مِّنۡکُمۡ اُمَّۃٌ یَّدۡعُوۡنَ اِلَی الۡخَیۡرِ

d. ٱدْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِٱلْحِكْمَةِ 

e. لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا

5. Melihat bentuk kata ٱدْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِٱلْحِكْمَةِ  dapat diambil kesimpulan bahwa berdakwah itu hukumnya .... 

a. sunnah 

b. mubah

c. wajib 

d. mustahab

e. makruh 

6. Cara berdakwah dengan metode ceramah dan khutbah di mimbar termasuk dakwah 

a. bil hikmah 

b. bil lisan

c. bil mujadalah 

d. bil yadd

e. bil qalb

7. Dakwah itu harus memiliki ilmunya, sehingga bisa berdakwah dengan bijaksana. Di dalam Q.S. al-Nahl [16]: 125 disebut dengan . . . .

a. Dakwah bil hikmah

b. Dakwah bil mau`idhah 

c. Dakwah bil hal 

d. Dakwah Kultural

e. Dakwah bil mujadalah

8. َفَٱصْدَعْ بِمَا تُؤْمَرُ وَأَعْرِضْ عَنِ ٱلْمُشْرِكِينَ    Ayat ini berkaitan dengan perintah . . . . 

a. Dakwah bil mujadalah [debat]

b. Dakwah bil jahri [terang-terangan]

c. Dakwah bil sirr [sembunyi-sembunyi]

d. Dakwah dengan perbuatan

e. Dakwah dengan tangan dan lisan

9. ِمَنْ دَعَا اِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الاَجْرِ   . . . . Hadits ini berbicara tentang . . .

a. Kewajiban berdakwah

b. Kedudukan seorang da`i

c. Balasan pahala berdakwah

d. Metode dakwah

e. Etika di dalam berdakwah

10. Berdakwah kepada orang kafir, sebaiknya dilakukan dengan metode . . . .

a. Dakwah sembunyi-sembunyi

b. Dakwah bil hikmah

c. Dakwah kultural - struktural 

d. Dakwah bil Mujadalah 

e. Dakwah bil Yadd 

11. وَلۡتَکُنۡ مِّنۡکُمۡ اُمَّۃٌ یَّدۡعُوۡنَ اِلَی الۡخَیۡرِ  Ayat di samping menunjukkan bahwa dakwah hukumnya . . . .

a. Wajib

b. Sunnat Muakkad

c. Mustahab

d. Mandub

e. Mubah

12. Perbuatan dosa/maksiat yang dampak negatifnya dapat mempengaruhi orang lain disebut . . . . 

a. Al-fakhsyâ 

b. Al-munkar

c. Al- baghu

d. Al-ma`ruf

e. Al-nahyu

13. Kalau di dalam aktifitas nahi munkar dapat menimpulkan kemunkaran yang lebih besar maka hukumnya . . . . .

a. Sunnah

b. Mubah

c. Makruh

d. Haram

e. Jaiz

14. Merubah kemunkaran dengan “lisan”, bisa juga diartikan dengan dakwah bi. . .

a. Al-Hikmah dan dakwah bi al-Yadd 

b. Al-Mauidzah dan al-Mujâdalah 

c. Al-Sirr dan al-Jahr

d. Al-Ma`rûf dan Al-Munkar

e. Dakwah Struktural dan dakwah kultural

15. إِنَّ النَّاسَ إِذَا رَأَوْا الْمُنْكَرَ لَا يُغَيِّرُونَهُ أَوْشَكَ أَنْ يَعُمَّهُمْ اللَّهُ بِعِقَابِهِ   Hadits tersebut memberi ancaman bagi mereka yang . . . . .

a. Berbuat kemunkaran

b. Melihat Kemunkaran

c. Mendatangi tempat kemunkaran

d. Meninggalkan dakwah amar ma`ruf nahi munkar

e. Meninggalkan kewajiban shalat Isya

16. Tidak mendatangi tempat-tempat maksiat dan tidak sering bergaul dengan orang-orang yang erbuat maksiat termasuk jenis . . . . .

a. Dakwah bil-hal

b. Dakwah bil-lisan 

c. Dakwah bil mauidzah

d. Dakwah bil yadd

e. Dakwah bil mujadilah

17. Suatu perbuatan keji dan cenderung menuruti hawa nafsu seksual disebut ….

a. Al-fakhsya` 

b. Al-munkar

c. Al-jarimah

d. Al-ghibah

e. Al-thughyân

18. Semua perbuatan baik dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah masuk dalam kategori . . . 

a. Al-khair 

b. Al-ma`rûf

c. Al-ma`ani

d. Al-munkar

e. Al-mujadalah

19. Semua jawaban di bawah ini menunjukkan penafsiran kata yang bergaris bawah  كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ Kecuali 

a. 1 [satu] orang

b. Sekelompok orang

c. Organisasi

d. Pemuda

e. Golongan

20. ِِفَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ ......،dari hadits ini dapat diambil kesimpulan bahwa 

a. Merubah kemunkaran hanya kewajiban pemerintah

b. Merubah kemunkaran harus dengan kekerasan

c. Kekuatan merupakan syarat untuk merubah kemunkaran

d. Kewajiban merubah kemunkaran sesuai dengan kemampuan

e. Dakwah dilakukan untuk mendapatkan kedudukan

21. Musyawarah membutuhkan komitmen untuk melaksanakan hasil yang disepakati. Pesan ini dapat difahami dari potongan ayat sebagai berikut . . . .

a. فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْفَبِمَا رَحْمَةٍ

b. وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا

c. فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ

d. فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ

e. وَٱلَّذِينَ ٱسْتَجَابُوا۟ لِرَبِّهِمْ

22. Tiga sikap yang perlu diperhatikan dalam setiap melaksanakan musawarah sesuai dengan QS Ali Imron [3]: 159 adalah ….

a. Lemah lembut – Pemaaf - Pemurah

b. Lemah lembut – Percaya diri - Toleransi

c. Lemah lembut – Pemaaf – Saling Mendoakan

d. Istighfar – Kasih sayang – Lemah lembut

e. Tawakkal - Mohon ampun - Yakin

23. وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ Pesan yang disampaikan ayat ini adalah . . . .

a. Perintah untuk berdakwah dengan giat 

b. Perintah untuk bermusyawarah dalam segala hal

c. Perintah untuk tidak berlaku kasar dan arogan

d. Perintah melaksanakan hasil musyawarah

e. Perintah mendengarkan pendapat orang lain

24. Musyawarah diselenggarakan dalam rangka . . . . .

a. Menunjukan pengaruh kepada orang lain

b. Mengalahkan pendapat orang lain

c. Menunjukkan kecerdikan di depan orang

d. Mencari pendapat yang cocok dan terbaik

e. Menguatkan kedudukan pimpinan

25. فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْفَبِمَا رَحْمَةٍ Berdasarkan ungkapan ayat ini, maka di dalam bergaul dengan orang lain kita harus menunjukan sikap . . . .

a. Percaya diri

b. Lemah lembut

c. Pemaaf 

d. Toleransi

e. Sederhana 

26. Sikap yang perlu dikembangkan dalam bermusawarah berdasarkan QS Ali `Imran : 159 adalah ….

a. Memasang strategi sebelum bermusyawarah sehingga ide dan pendapatnya akan menjadi keputusan

b. Semua keputusan yang telah disepakati oleh peserta hendaknya dilanjutkan dengan sikap tawakkal

c. Tawakkal wajib dilaksanakan walau keputusan yang diambil melanggar aturan agama.

d. Sifat tawakkal harus dimiliki setiap orang

e. Bertawakkal kepada Allah merupakan bentuk ibadah yang bernilai tinggi

27. فَإِذَا ضُيِّعَتِ اْلأَمَانَةُ فَانْتَظِرِ السَّاعَةَ     «Apabila amanah itu disia-siakan maka tunggu tanggal kehancurannya. Yang dimaksud dengan amanah di hadits ini adalah 

a. Barang titipan

b. Orang kepercayaan

c. Kepemimpinan

d. Kewajiban Agama

e. Kekuatan

28.  أَفَلاَ تُنَابِذُعُمْ ؟ قَالَ : لاَ , مَااَقَامُوا فِيْكُمُ الاَصَلاَةَ  Jawaban rasulullah tersebut menyatakan bahwa . . . .

a. Musyawarah untuk menegakkan shalat berjamaah 

b. Menyelenggarakan musyawarah untuk strategi perang

c. Musyawarah tidak boleh diselenggarakan untuk menjatuhkan pemimpin

d. Pemimpin harus menggerakkan musyawarah

e. Musyawarah diselenggarakan setiap setelah shalat

29. وَأَمْرُهُمْ شُورَى بَيْنَهُمْ   maksudnya .....

a. Musyawarah merupakan usuran mereka

b. Dengan musyawarah kita bisa menyuruh orang lain

c. Musyawarah itu membahas urusan mereka

d. Komitmen melaksanakan hasil musyawarah

e. Musyawarah diputuskan dengan suara terbanyak 

30. ْ

Hadits di atas berbicara tentang karakter pemimpin yang baik, salah satunya yang 

bergaris bawah. Apa maksudnya . . . . . 

a. Saling membaca shalawat

b. Saling mengingatkan waktu shalat

c. Saling mendoakan

d. Saling menshalati 

e. Saling mencintai

31.كُوْنُوْا قَوَّامِيْنَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاۤءَ لِلّٰهِ  ayat ini merupakan perintah untuk . . 

a. Menjaga kelestarian Alam

b. Bermusyawarah 

c. Berdakwah Amar ma`ruf Nahi Munkar

d. Berlaku yang adil

e. Hidup sederhana 

32. Janganlah kamu berbuat yang sia-sia di dalam hidupmu, seperti seorang perempuan yang menguraikan kembali hasil tenunannya menjadi benang kusut. hal itu sesuai dengan ayat..............

a. وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ عَلٰٓى اَلَّا تَعْدِلُوْا

b. وَلَا تَنْقُضُوا الْاَيْمَانَ بَعْدَ تَوْكِيْدِهَا

c. وَٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ وَكَذَّبُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَآ أُو۟لَٰٓئِكَ أَصْحَٰبُ الْجَحِيْمِ

d. وَلاَ تَكُوْنُوْا كَلَّتِى نَقَضَتْ غَزْلَهَ مِنْ بَعْجِ قَوَّةٍ أَنْكَاثًا

e. وَقَدْ جَعَلْتُمُ اللّٰهَ عَلَيْكُمْ كَفِيْلًا

33. Dalam upaya menegakkan keadilan, tidak dibolehkan membela orang yang berkhianat. 

a. وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ عَلٰٓى اَلَّا تَعْدِلُوْا

b. وَقَدْ جَعَلْتُمُ اللّٰهَ عَلَيْكُمْ كَفِيْلًا

c. وَلاَ تَكُوْنُوْا كَلَّتِى نَقَضَتْ غَزْلَهَا

d. خَصِيْمًا لِلْخَائِبِيْنَ تَكُنْ وَلاَ

e. الصَّجِقِيْنَ مَعَ وَكُوْنُوا

34. لِيُنَفِّرَ اللَّهُ عَنْهُمْ أَسْوَأَ اَلذِى عَمِلُوا    Ayat ini menunjukkan salah satu imbalan orang-orang yang jujur, yaitu . . .

a. Dijaga dari perbuatan bohon

b. Diberi imbalan surga

c. Semua amal perbuatannya diterima

d. Mendapat kehormatan di mata manusia

e. Diampuni semua perbuatan jeleknya

35. Selalu melakukan yang terbaik, dan selalu meningkatkan kualitas perbuatannya merupakan implementasi dari makna . . . .

a. Ihsan

b. Iman

c. Islam

d. Ilham

e. Taqwa

36. Meletakkan sesuatu pada tempatnya yang proporsional adalah bentuk dari perbuatan . . . . .

a. الصدق

b. الإحسان

c. العدل

d. التقوى

e. البر

37. Perbuatan yang dilarang agama, kemudian dilanggar dan akibat buruknya kepada yang melakukan, masuk dalam kategori . . .. .

a. المنكر

b. البغى

c. الفخشاء

d. الفجور

e. الكذب

38.  وَلاَ تَنْقُضُوا الأَيْمَانَ بَعْدَ تَوْكِيْدِهَا  ayat ini melarang kita untuk . . . .

a . Mengingkari janji

b. Melanggar sumpah 

c. Mengganti keimanan dengan kekafiran

d. Berbuat dhalim

e. Berkata bohong

39. Perbuatan yang yang melampaui batas, melanggar aturan dan dapat memicu permusuhan ditengah masyarakat, termasuk di dalam pengertian . . . .

a. المنكر

b. البغى

c. الفخشاء

d. الفجور

e. الكذب

40. berdasarkan QS. An. Nahl: 90 Allah memerintahkan hambanya untuk mengamalkan tiga hal, yaitu ...

a. Jujur – Amal shaleh - Kebajikan

b. Adil – Menyantuni kerabat - Ikhlash

c. Adil – Ihsan - Kebajikan

d. Jujur – Shaleh - Adil

e. Adil – Berbuat baik – Menyantuni kerabat

Page 2

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarkatuuh...

Blog ini terbentuk atas dasar keinginan pribadi saya dan sebagai kebutuhan saya sebagai pengajar sebagai sarana berbagi ilmu dalam bidang digital. Apabila diantara para sahabat rekan-rekan ada yang merasa dirugikan dengan adanya blog ini maka silahkan berkomentar di kolom yang sudah tersedia,  insyaalloh akan saya gunakan sebagai perbaikan untuk kedepannya.

Semua isi atau berita yang ada di blog ini kami olah sendiri dari berbagai pengalaman saya dan guru-guru saya saat duduk di bangku perkuliahan juga bahkan waktu adanya sebuah Program Pendidikan Guru Dalam Jabatan PPD DJ, yaitu  merupakan salah satu kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelesaikan dan menuntaskan sertifikasi Guru Dalam Jabatan.

Yang Alhamdulillah Pada tahun 2018 saya mendapat panggilan untuk Program tersebut. Dan berawal dari itu yang diajarkan pula membuat sebuah Blog.  Mulai dari saat itu keinginan membuat sebuah blog terwujud. namun karena keterbatasan dengan ilmu tentang bolg /web akhirnya berhenti dan saat ini mulai lagi  dengan judul Blog AndikaBM. Terimakasih.

Email :

Whatapps : 085267529909

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Video yang berhubungan