Musik populer yang menitikberatkan pada tempo yang lambat merupakan jenis lagu populer

Kamu pasti pernah mendengar istilah “musik adalah bahasa universal”. Dimana, hampir semua orang tidak peduli suku bangsa dan bahasa dapat berkomunikasi lewat musik. Begitupun dengan keberadaan musik barat beserta jenis, yang dinilai mempunyai pengaruh terhadap musik di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Pengaruh musik barat terhadap musik di dunia karena penyebaran yang dilakukan secara global. Hal ini menjadikan musik barat mendapatkan perlakuan/kedudukan yang strategis. Musik barat juga dipakai sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan rasional yang memberi warna bagi musik daerah ataupun musik populer di Indonesia.

Musik barat merupakan musik yang berasal dari negara-negara Eropa dan Amerika. Adapun genre atau jenis dari musik barat ini sangat beragam, antara lain :

Blues

Blues berasal dari Amerika Serikat. Musik blues merupakan musik spiritual atau pujian yang diciptakan oleh komunitas budak-budak Afrika di Amerika Serikat. Musik ini memiliki pengaruh yang cukup besar pada musik populer Amerika dan barat jaman sekarang. Hal ini bisa dilihat dalam aliran bluegrass, ragtime, jazz, rock and roll, rhythm and blues, hip hop, country, dan lagu pop konvensional lainnya.

Ciri permainan musik blues hampir sama dengan musik jazz, perbedaan yang terlihat yaitu terletak pada tempo dan unsur melodinya. Tempo musik slow pada lagu dan permainan gitar lebih diperhatikan. Sedangkan instrumen lain digunakan hanya sebagai pelengkap saja.

Emo

Emo adalah jenis musik rock, ciri khas musiknya terletak pada musiknya yang melodius. Lirik lagu emo sangat ekspresif dan berisi pengakuan. Terdapat sebuah konsensus bahwa lagu emo dimulai melalui formasi Rites of Spring pada tahun 1984. Rites of Spring memiliki nuansa yang berapi-api dan romantic tetapi sebagian besar mereka melawan dunia.

Metal

Musik metal merupakan salah satu aliran musik rock. Musik ini mulai dikembangkan pada tahun 1970an. Aliran musik ini mengutamakan gitar yang cukup banyak. Musik metal memiliki beberapa subgenre antara lain :

  • Trash Metal dan Speed Metal

Genre ini menggabungkan musik heavy metal dan punk, memberikan fokus pada pandangan musik punk yang mempertanyakan bagaimana masyarakat memperlakukan orang yang tampak aneh dan berbeda dari orang lain. Musik metal jenis ini diciptakan pada tahun 1980an oleh seniman termasuk Metalica dan Exodus. Generasi musik trash selanjutnya seperti D.R.I dan Corrosion of Conformity mulai memperkuat integrasi musik hard core ke akar punk.

Baca juga: Apa Saja Jenis Musik Kreasi?

Musik ini menggunakan melodi untuk menciptakan ilusi dari emosi dan isolasi. Musik ini terlahir katena konflik seperti perang, seleksi alam, rasisme dan kesalahpahaman pada tahun 1980an. Pesan utama dari musik ini ditujukan kepada orang yang menderita isolasi agar bangkit dan berjuang untuk mengatasi kesulitan yang dibawa oleh penghakiman masyarakat.

Menggunakan  musik dan vokal dengan cara yang lebih halus. Liriknya biasanya tentang berbagai macam topik tetapi dinyanyikan dengan cara yang lebih cepat dengan menggabungkan latar belakang musik yang kuat dan ditekankan dengan keyboard.

Musik ini juga dikenal sebagai metal tradisional atau klasik. True metal dikatakan sebagai leluhur dari semua genre musik heavy metal lainnya. Berakar pada tahun 1980an. True metal memperkenalkan nama-nama besar seperti Judas Priest, Manowar, dan Iron Maiden. The True Metal bandpertama menggunakan suara mengamuk dan beberapa lirik.

Country

Musik country adalah tradisi Amerika dan dicintai dalam sejarah sejak abad ke 17. Setiap pergeseran yang diambil oleh musik country adalah releksi Amerika secara keseluruhan. Terlepas dari melodi dan konstruksinya yang sederhana, musik country menunjukan sebagai campuran yang menarik dari beberapa genre.

Dimulak sejak 1620an musik rakyat proto-negara datang ke Amerika, selama waktu itu masyarakat adat dan masyarakat yang baru bermigrasi mulai berbagi cerita rakyat dan tradisi musik.

Dengan dominasi musik.eropa seperti opera, melodi rakyat mulai meredup dalam popularitas lalu hanya tersisa di daerah pedesaan. Munculnya relokasi barat secara masal di tahun 1800 an menghidupkan kembali tradisi rakyat dengan membawa orang-orang yang percaya musik bersama lagi.

Hip Hop

Hip hop adalah salah satu jenis musik barat  yang mulai berkembang tahun 1970 dan dipopulerkan oleh masyarakat Afo-Amerika dan Latin-Amerika. Hip hop merupakan perpaduan dinamis antara elemen-elemen yang terdiri dari Djing, Breakdance, Mcing (lebih dikenal raping) dan Grafitti. Belakangan ini elemen hip hop diwarnai oleh beatboxing, fashion, bahasa asing dan lainnya. Subgenre musik hip hop seperti Rapcore, Elektro, Miami bass.

Musik Klasik

Musik klasik adalah musik yang komposisinya berdasarkan liturgi barat dan sekuler. Ciri musik ini didominasi alat musik tiup dan gesek sehingga tidak menggunakan beat/drum set secara konstan, dan tidak menitikberatkan ritme pada harmoni dan melodi. Elemen klasik adalah suatu konsep yang digunakan oleh para filosof kuno untuk menjelaskan terjadinya pola-pola dialam.

Jazz

Jazz lahir di Amerika serikat, dimana musik terbaik untuk mewakili Amerika karena sebagian direncanakan dan sebagian bentuk spontanitas. Ciri-ciri musik jazz diantaranya vokal dan lirik di anggap sebagai bagian harmoninya rumit. Selain itu, musik jazz memiliki tonalitas yang luas dan sering terjadi modulasi dan ritme, melodi memiliki kecenderungan improvisatif. Elemen penting dalam jazz adalah polyrhythms, improvisasi, shuffle note, blue notes, dan sinkopasi.

Pop

Selama 50 tahun terakhir musik pop menjadi musik terpopuler. Musik ini berkembang di Amerika Serikat sejak tahun 1920 lalu berkembang keseluruh dunia. Bentuk dasar dari musik pop adalah lagu yang terdiri dari ayat-ayat verse dan reff yang berulang-ulang.  Selain itu musik pop merupakan induk dari segala musik modern.

R&B

Rhytm and blues adalah istilah yang digunakan menggambarkan bentuk bluesinfluenced musik yang telah didominasi dan dilakukan oleh Afrika-Amerika sejak akhir 1930an. Asal usul nama R&B diciptakan untuk digunakan sebagai istilah pemasaran musik oleh majalah billboard.

Rock

Musik rock dibuat sejak akhir tahun 1940an. Musik rock umumnya digambarkan sebagai musik keras yang dilakukan dengan alat musik gitar listrik, bass, dan drum serta disertai dengan lirik yang dinyanyikan seorang vokalis. Dalam bentuk aslinya musik rock mempunyai tiga chord, back-beat yang mencolok dan konsisten, serta melodi yang menarik.

Reggae

Reggae merupakan gaya musik populer yang berasal dari Jamaika pada akhir 1960an dan dengan cepat mendominasi berbagai negara di dunia. Pada tahun 1970an Raggae telah menjadi gaya internasional yang sangat populer di Inggris, Amerika Serikat, dan Afrika. Secara luas musik ini dianggap sebagai suara orang yang tertindas.

Swing

Musik swing adalah musik dansa yang berarti sederhana, memiliki melodi yang jelas, dan ketukan yang luar biasa. Musik ini juga dinyanyikan dengan santai dan hampir tanpa ekspresi. Salah satu yang populer adalah “Trouble is A Friend” oleh Lenka.

ilustrasi musik. flavorwire.com

JATENG | 18 Mei 2020 11:33 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Mendengarkan musik memang menjadi hiburan yang mengasyikkan bagi sebagian besar orang. Mendengarkan musik memang dapat membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks dari segala penat yang ada. Kegiatan ini tidak jarang memang menjadi kegemaran favorit bagi sebagian orang.

Bukan hanya sebagai hiburan, musik juga dinilai sebagai tempat pelarian yang positif untuk meluapkan emosi. Terlebih lagi, bagi orang-orang yang hobi bermain musik tentu bisa menjadi sumber inspirasi tersendiri untuk penulisan sebuah lagu. Melalui hal ini, hobi atau kegemaran bermusik dapat tersalurkan dengan baik.

Selain sebagai hobi, mendengarkan musik juga dilakukan sebagian orang untuk menemani kegiatan atau aktivitas keseharian. Dengan adanya musik, pekerjaan keseharian akan lebih mudah dan cepat terselesaikan. Hal positif lainnya, adalah pikiran menjadi lebih tenang dan tidak tegang karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan.

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa mendengarkan musik bisa mendatangkan berbagai manfaat bagi penikmatnya. Hal ini tentu bis didapatkan dengan mendengarkan lagu-lagu yang menjadi favorit.

Dalam hal ini, memang setiap orang mempunyai selera musik yang berbeda-beda. Ada yang menyukai music jazz, country, atau ada juga yang gemar mendengarkan music pop hingga dangdut.

Lalu seperti apa ciri-ciri dari setiap genre musik. Dilansir dari Liputan6.com, berikut jenis-jenis musik beserta pengertiannya yang perlu diketahui.

2 dari 11 halaman

©2012 Merdeka.com/Shutterstock/ASchindl

Jenis-jenis musik yang pertama adalah musik klasik. Dikatakan bahwa jenis musik klasik ini mempunyai nilai seni yang tinggi. Musik klasik sendiri telah ada sejak lama, di mana memiliki karakteristik susunan not dan nada yang indah yang bisa memberikan decak kagum bagi para pendengarnya.

Meskipun sudah ada sejak lama atau sekitar tahun 1700-an, musik klasik ini masih diminati hingga sekarang. Tidak heran jika banyak orang menyebut jenis musik ini sebagai musik sepanjang masa.

Contoh musik klasik sendiri banyak ditemui dari karya-karya besar seperti Mozart yaitu Symphony No.40, Piano Sonata No.16 in C Major, Piano Concerto No.21 dan masih banyak lagi

Selain itu, karya maestro Beethoven juga tidak kalah menakjubkan. Seperti Moonlight Sonata, Fur Elise, 6th Symphony dan sebagainya.

3 dari 11 halaman

Jenis-jenis musik yang tidak kalah menarik berikutnya adalah musik jazz. Dalam sejarahnya, musik jazz berkembang di Amerika Serikat yaitu pada awal abad ke-20. Sebelum berkembang di negara Amerika, sebelumnya musik ini mendapatkan pengaruh dari musik Afrika dan Eropa.

Dikatakan pula, musik jazz ini merupakan seni musik hasil penggabungan musik blues, ragtime, dan musik-musik band Eropa. Biasanya jenis musik ini dikenal memiliki nada yang ringan dan mampu memberikan kesan rileks bagi para pendengarnya.

Contoh musik jazz ini dapat dilihat dari karya La Vie En Rose dari Louis Armstrong, maupun Body and Soul dari Coleman Hawkins. Selain itu musik jazz juga kental didapatkan pada lagu Sedari Dulu milik Tompi dan Sepatu dari penyanyi solo Tulus.

4 dari 11 halaman

©2014 Merdeka.com/wallpapershell.com

Jenis-jenis musik berikutnya datang dari musi country. Jenis musik yang satu ini biasanya kental dengan nada yang ringan, ceria, dan santai. Konon, jenis musik ini diciptakan untuk musik rakyat Amerika tepatnya bagi penduduk di wilayah pegunungan Appalachia.

Musik country ini masih berkembang hingga saat ini, terutama di negara Amerika. Hingga kini masih banyak penyanyi dan band yang mengusung musik country untuk setiap karya-karyanya.

Musik country dari musisi Amerika bisa didapatkan dari karya-karya Little Big Town, Luke Bryan, Roller Coaster, Shania Twain dan masih banyak lagi. Sedangkan di Indonesia sendiri musik country dapat dinikmati dari lagu Bengawan Solo dari Tantowi Yahya, maupun Bento milik Iwan Fals.

5 dari 11 halaman

Rock juga termasuk salah satu dari jenis-jenis musik yang menarik untuk dinikmati. Musik rock biasanya khas dengan suara gitar listrik yang menjadi instrumen utama dalam setiap karya genre musik ini.

Bukan hanya gitar listrik, suara bass, drum dan instrumen lainnya juga semakin menambah suara yang menarik dalam karya musik rock.

Dikatakan bahwa musik rock berkembang mulai tahun 1950-an. Musik rock ini banyak terdapat dalam karya-karya Gun N Roses, Queen, Nirvana, Meat Loaf dan masih banyak lagi.

6 dari 11 halaman

©2019 Merdeka.com

Jenis-jenis musik selanjutnya yang banyak digemari oleh masyarakat adalah musik pop. Jenis musik ini mempunyai nada dan lirik yang sederhana. Selain itu, jenis musik populer ini juga lebih mudah dipahami dan cocok untuk dinyanyikan atau disenandungkan.

Musik pop bisa mencakup segala bidang, baik percintaan, kemanusiaan, sosial dan lain sebagainya. Hal inilah yang menjadikan musik pop sebagai musik universal.

7 dari 11 halaman

Jenis-jenis musik lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah musik Balada. Musik balada biasanya diartikan sebagai musik yang mengalun lambat yang sebagian besar bercerita tentang percintaan.

Dalam karya musik ini biasanya juga menggunakan kata-kata atau lirik yang puitis dan menyentuh hati. Lirik ini sangat pas dialunkan dalam musik yang lambat dan santai. Jenis musik yang satu ini mempunyai penggemar yang tidak kalah dengan jenis musik lainnya.

8 dari 11 halaman

©fanpop.com

Selanjutnya adalah musik blues. Jenis-jenis musik yang satu ini cukup digemari oleh masyarakat di seluruh dunia. Dalam sejarahnya, musik blues dibawa oleh orang Afrika yang menetap di Amerika.

Awalnya musik ini berkembang sebagai musik pujian bagi para budak Afrika di Amerika. Tidak heran jika musik blues mempunyai kesan yang sedih.

Saat ini jenis musik ini masih banyak dipopulerkan oleh musisi-musisi dunia, sebagai media untuk menyampaikan bentuk protes untuk hak-hak kemanusiaan.

9 dari 11 halaman

Jenis-jenis musik selanjutnya datang dari musik reggae. Seperti diketahui, musik reggae berasal dari negara Jamaika.

Biasanya jenis musik ini memuat atau menyampaikan pesan perdamaian, persamaan derajat, dan keseimbangan alam.

Musik ini mempunyai alunan beat yang berdentum dengan khas. Penyanyi genre reggae yang terkenal meliputi Bob Marley, Toots Hibbert dan Jimmy Cliff.

10 dari 11 halaman

©youtube

Berikutnya, jenis-jenis musik yang tak kalah menarik adalah musik hip hop. Musik ini diketahui berkembang di wilayah timur Amerika.

Jenis musik ini biasanya identik dengan lantunan lirik rap, atau lirik panjang yang diucapkan dengan cepat mengikuti beat musik hip hop itu sendiri.

Tidak kalah dengan jenis musik lainnya, hip hop juga memiliki penggemar yang tidak sedikit.

11 dari 11 halaman

Jenis-jenis musik yang terakhir kali ini berasal dari Indonesia, yaitu musik dangdut. Musik dangdut memang diketahui berkembang di tanah air Indonesia.

Jenis musik ini dapat dikatakan mempunyai banyak pengaruh dari musik melayu dan India. Biasanya musik dangdut selalu identik dengan suara kendang yang mampu memberikan iringan lagu mengasyikkan.

Namun tak jarang pula, musik dangdut kini telah menggabungkan alat musik tradisional dengan alat musik modern. Perpaduan ini pun mampu menghasilkan musik yang semakin menarik.

(mdk/ayi)