Pada permainan bola basket lempar tangkap menggunakan titik-titik tangan

Jakarta -

Salah satu permainan bola yang mengasyikkan adalah bola basket. Bola basket adalah sebuah olahraga yang dimainkan dengan memasukkan bola dalam keranjang di ketinggian sekitar 3 meter. Sebelum bermain ada teknik dasar bola basket yang harus dipahami agar permainan bisa berlangsung seru.

Permainan bola basket sendiri pertama kali diciptakan oleh Prof Dr James A Naismith pada tahun 1891. Ia merupakan guru pendidikan jasmani di Young Men Christian Association (YMCA), Massachusetts, Amerika Serikat. Ia membuat permainan bola basket agar para anggota dan pengunjung di YMCA tidak bosan dan jenuh.

Permainan ini terus berkembang. Pada umumnya satu regu berjumlah lima orang pemain. Kemudian belakangan muncul sejumlah variasi olahraga ini. Salah satunya, permainan dilakukan tiga lawan tiga. Namun secara umum teknik yang digunakan serupa.

Ilustrasi 11 Teknik Dasar Bola Basket dan Penjelasannya Lengkap Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

1. Teknik Melempar Chest Pass

Teknik ini digunakan untuk melempar bola setinggi dada. Caranya dilakukan dengan berdiri tegak dan gerakkan satu kaki terkuat ke arah depan. Gerakan itu diikuti pula dengan mendorong kedua tangan.

Dorong tangan dengan kekuatan sesuai dengan jarak. Bila jarak jauh dengan target maka dorong sekuat-kuatnya lurus ke depan setinggi dada teman yang dituju dan pastikan penerima bola siap.

2. Teknik Melempar Base Ball Pass

Teknik dasar bola basket dan tujuannya ini untuk bisa melempar bola dari atas. Untuk melakukannya, peserta harus mengambil sikap sempurna dan membawa bola ke samping belakang ke atas kepala dengan cepat.

Ingat juga bahwa bola tidak boleh terjatuh ke bawah dan harus dikontrol dengan baik. Bersamaan dengan itu, peserta harus melangkahkan kaki kiri ke depan (bila menggunakan tangan kanan) dan melemparkan bola ke sasaran yang dituju.

3. Teknik Melempar Bounce Pass

Bounce pass adalah teknik dasar bola basket dengan tujuan untuk melempar bola melalui pantulan. Caranya dilakukan dengan melangkahkan satu kaki ke depan dan tangan mendorong bola ke lantai sehingga bisa terpantul ke arah yang dituju.

4. Teknik Melempar Bola dari Samping dengan Tangan Terkuat

Teknik dasar bola basket ini dilakukan dengan melakukan dengan memegang bola di depan dada. Kemudian, lempar bola tersebut dengan cara dibawa ke samping diikuti dengan menggerakkan kaki terkuat ke depan.

5. Lempar Bola dari Belakang dengan Tangan Terkuat

Teknik ini dilakukan dengan cara mengambil posisi sempurna dan bola berada di depan dada. Lalu, langkahkan kaki terkuat ke depan sembari memegang bol lalu dibawa ke arah samping badan ke belakang diikuti dengan memutar badan sedikit sehingga lengan dan badan bisa segaris.

6. Lempar Bola dengan Menggunakan Dua Tangan dari Atas

Posisi awal teknik ini dilakukan dengan mengangkat kedua tangan dengan menekuk siku lengan. Kemudian, lempar bola dari atas ke depan dada kemudian ke atas kepala dengan kedua tangan.

Lalu, gerakkan bola ke atas dari belakang kepala dengan kedua tangan dilemparkan melalui atas kepala si pemain ke arah teman yang akan menerima.

Ilustrasi 11 Teknik Dasar Bola Basket dan Penjelasannya Lengkap Foto: Grandyos Zafna

7. Teknik Menangkap Bola yang Lurus dan Melambung atau Dipantulkan

Cara melakukan teknik ini dilakukan dengan mengangkat kedua tangan menyambut datangnya bola yang dilemparkan teman. Konsentrasi untuk melihat bola yang datang sambil mempersiapkan tangan untuk menangkapnya.

8. Teknik Menangkap Bola yang Menggelinding

Peraturan bola basket yang ini dilakukan dengan mencondongkan tubuh ke arah bola yang menggelinding. Ketika bola mendekat segera berlari dan merapatkan kedua kaki sambil membongkokkan badan diikuti dengan kedua lengan turun dan menangkap bola.

9. Teknik Dribbling Ball di Tempat

Teknik ini dilakukan dengan cara memegang bola dengan tangan terkuat. Setelah itu, bola yang memantul ke atas siapkan tangan dan jari-jari untuk menangkap bola tepat di telapak tangan.

10. Teknik Dribbling Ball sambil Berlari

Cara dribbling ball sambil berlari hampir sama dengan teknik di tempat. Hanya saja, sambil memantulkan bola ke lantai pastikan kaki juga ikut melangkah ke arah depan dan gunakan tangan terkuat untuk memantulkan bola dan mengarahkannya.

11. Teknik Dribbling Ball sambil Memegang Bola

Teknik dasar bola basket yang terakhir dilakukan dengan memutarkan tubuh. Namun yang diingat adalah cara memutarnya menggunakan satu kaki dan kaki lainnya berfungsi sebagai poros.

Tujuan teknik ini dilakukan untuk menyelamatkan bola dari ancaman lawan. Dengan begitu, lawan akan terkecoh dan gagal mengambil bola.

Selamat mencoba teknik dasar bola basket ya!

(pay/pal)

Teknik melempar bola basket. Bermain bola basket tidak sekedar melempar bola, berikut ini teknik cara melempar bola basket.

Bermain bola basket sudah menjadi salah satu kegemaran paling populer masyarakat kita disamping sepak bola dan bulu tangkis. Adanya materi pelajaran bola basket menunjukkan pentingnya cabang oah raga ini untuk dipelajari. Ada banyak teknik dasar bola basket perlu dipelajari dengan benar, tidak sekedar bagaimana cara memegang bola basket. Pada pembahasan kita kali ini kita akan belajar teknik cara melempar bola basket.

Sebelum belajar teknik cara melempar bola basket, terlebih dahulu kita belajar cara memegang bola basket. Memegang bola dilakukan dengan cara  : bola dipegang dengan kedua tangan, dimana jari-jari tangan direnggangkan. Letakkan kedua ibu jari hamper berdekatan berjarak lebih kurang satu telapak tangan

MACAM LEMPARAN DAN TEKNIK CARA MELEMPAR BOLA BASKET

1. Melempar bola basket dengan kedua tangan searah dada ( chest pass ). Lemparan searah dada disebut dengan chest pass. Cara melakukan chest pass adalah sebagai berikut:


  • Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka lebar selebar bahu dan lututnya sedikit ditekuk, badan agak condong ke depan dan menhadap sasaran.
  • Kedua tangan memegang bola didepan dada dan, siku lengan dibengkokkan.
  • Konsentrasikan diri pada latihan


Gerakan Melempar bola basket diawali dengan menarik bola ke dada untuk mengambil awalan. Kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan dengan meluruskan kedua siku. Luruskan kedua siku tangan dan mengambil awalan , kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan cara meluruskan siku dan dibantu lecutan pergelangan tangan dan dorongan dari bahu.

Sikap Akhir. Gerak lanjut dari teknik melempar bola basket adalah kedua lengan lurus sejajar bahu, telapak tangan menghadap ke luar dari jari-jari tangan lurus ke depan.

2. Melempar bola basket dengan Dua Tangan Dari Atas Kepala ( over head pass ). Lemparan dua tanga dari atas kepala sering disebut dengan over head pass. Tujuannya adala menghindari jangkauan tangan lawan. Cara melempar bola basket dengan dua tangan di atas kepala adalah sebagai berikut:

Sikap Permulaan :Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu atau salah satu kaki berada di depan. Bola dipegang kedua tangan di atas kepala, kedua kaki ditekuk, dan pandangan terpuat pada sasaran lemparanGerakan :Gerakan lemparan diawali dengan menarik bola ke belakang atas kepala kemudian bola dilemparkan dengan cara meluruskan siku/ lengan ke atas depan dan dibantu lecutan pergelngan tangan hingga jari-jari tangan mengarah ke depan bawah.Sikap Aklhir :Sikap akhir adalah gerakan lanjutan dari kedua lengan lurus ke depan yang diikuti oleh anggota tubuh lainnya

3. Bounce pass (operan pantul).

Melempar bola basket dengan teknik Lemparan Pantulan. Lemparan pantulan sering disebut dengan istilah bound pass. Tujuannya untuk menghindari hadangan dari pemain jangkung dan menerobos pertahanan lawan. Cara melakukan lemparan pantulan adalah :  Posisi berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, dan badan sedikit condong ke depan, kedua tangan  memegang bola di depan dada dan siku bengkok atau dilipat.

4. Baseball pass. Teknik atau cara melempar bola basket ini dilakukan di atas/belakang kepala, bertujuan agar passing melambung dan melewati lawan. Operan jarak jauh yang dilakukan biasanya lebih dari setengah panjang lapangan. Operan ini tidak terlalu akurat namun berguna pada Fast Break.

5. Behind the back pass. Cara melempar bola basket yang satu ini merupakan gerakan yang rumit untuk para pemula. Teknik melempar bola basket ini dilakukan dengan melakukan lemparan melalui belakan punggung. Butuh latihan tekun dan berulang-ulang untuk bisa melakukan gerakan ini dengan baik dan benar.