Pemain yang melakukan servis pada permainan bola voli adalah pemain yang menempati posisi

Lihat Foto

YURI CORTEZ

Ilustrasi bola pada permainan bola voli.

KOMPAS.com - Jumlah pemain bola voli dalam satu regu adalah 6 (enam) orang pemain di lapangan. Setiap pemain memiliki tugas dan peran yang berbeda sesuai dengan posisinya.

Secara umum, tugas pemain bola voli menurut posisinya dibagi menjadi enam yaitu server, tosser atau set-upper, spiker atau smasher, pembendung atau blocker, libero atau defender, dan universal player atau pemain serbaguna.

Sebagai contoh, tugas libero dalam permainan bola voli adalah bertahan. Dia tidak boleh melakukan smash maupun servis.

Dikutip dari situs resmi Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), starting line-up sebuah tim voli saat bertanding biasanya terdiri dari satu orang tosser, dua orang blocker, dua orang defender, dan satu orang universal player.

Baca juga: Tugas Blocker dalam Bola Voli

Namun, nama posisi pemain voli dalam sebuah pertandingan akan selalu berubah-ubah karena mereka harus melakukan rotasi.

Rotasi adalah pergeseran posisi pemain yang dilakukan saat tim mendapatkan giliran melakukan servis setelah memenangi sebuah rally atas tim lawan.

Rotasi dilakukan sekali searah jarum jam dengan pergerakan posisi mengacu pada posisi awal setiap pemain pada awal set (game).

Alur rotasi dalam permainan bola voli ini berlaku kepada semua pemain di lapangan, dengan pengecualian pada posisi sebagai libero dalam sebuah tim.

Baca juga: 4 Olahraga Asal-usul Bola Voli

Posisi dan Tugas Pemain Voli

Selain posisinya yang berbeda-beda, setiap pemain bola voli juga memiliki tugas yang berbeda-beda.

Berikut adalah penjelasan kode posisi permainan angka dari 1-6-5 dan 4-3-2 dalam permainan bola voli.

Lihat Foto

Dok. KOMPAS.com

Ilustrasi lapangan bola voli beserta posisi dan nomor pemainnya. (Ilustrasi: Ervan Yudhi/KOMPAS.com)

Posisi nomor 1: Server

Tugas seorang server adalah melakukan servis alias pukulan yang menandai dimulainya permainan atau rally. Tugas untuk mengambil servis biasanya diambil secara bergantian, setelah itu pemain bisa mengemban peran lain baik sebagai setter atau pemain bertahan (defender).

Giliran untuk mengambil servis bergantung pada perpindahan penguasaan bola setiap sebuah tim memperoleh angka.

Baca juga: Area Servis dalam Bola Voli

Posisi nomor 2 dan 4: Spiker/Smasher

Keberadaan seorang spiker dalam sebuah tim bola voli memiliki peran utama sebagai eksekutor serangan dengan melakukan smash atau spike, ke arah wilayah permainan lawan.

Berkaitan dengan posisinya, seorang spiker juga bisa berganti peran menjadi blocker apabila lawan ganti melakukan serangan.

Posisi nomor 3: Tosser

Posisi tosser dalam permainan bola voli ada di nomor 3. Tosser atau set-upper adalah pemain yang bertugas memberikan umpan kepada spiker/smasher.

Dalam permainan bola voli, tosser biasanya akan melakukan pukulan bola kedua. Bola dari tosser akan diarahkan kepada spiker yang tugasnya melakukan smash ke wilayah permainan lawan.

Baca juga: Jumlah Babak dalam Pertandingan Bola Voli

Posisi nomor 5 dan 6: Defender/Libero

Libero adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan dalam sebuah rally dan berada di garis belakang permainan.

Posisi sebagai libero terlihat menonjol dalam sebuah tim bola voli karena menggunakan warna seragam berbeda dibandingkan rekan setimnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Posisi Pemain Bola Voli – Voli adalah olahraga yang dilakukan oleh dua grup pemain dengan masing-masing anggotanya berjumlah 6 orang. Olahraga voli dilakukan di lapangan dengan luas yang ditentukan dan dipisahkan oleh net atau jaring. Voli termasuk dalam salah satu olahraga yang paling digemari.

Akan tetapi, bagi pemain pemula atau pemain yang bukan profesional biasanya hanya asal bermain tanpa tahu posisi masing-masing pemain dan tugasnya. Padahal masing-masing posisi pemain akan berkaitan dengan rotasi permainan. Kesalahan rotasi permainan dalam kompetisi resmi akan memberikan poin kepada lawan.

Baca juga: Teknik Dasar Bola Voli

Posisi Pemain Bola Voli

Untuk itu, mari mengenal posisi pemain bola voli beserta tugasnya.

Posisi Pemain Bola Voli

Berikut keterangan gambar diatas selengkapnya :

  1. Server
  2. Spiker atau smasher
  3. Tosser atau set-upper
  4. Spiker atau smasher
  5. Defender atau libero
  6. Defender atau libero

Tugas Pemain Bola Voli

Nah selanjutnya adalah penjelasan lengkap tentang nama-nama posisi pemain bola voli beserta tugasnya dalam permainan.

1. Posisi Server

Server adalah posisi pemain yang bertugas melakukan servis dalam lapangan. Servis adalah penyajian bola pertama saat permainan dimulai. Setelah melakukan servis, secara otomatis server merangkap menjadi pemain belakang atau defender untuk membantu pertahanan.

Server dituntut menguasai teknik servis, minimal servis atas dan servis bawah.

  • Servis atas adalah memukul bola dengan cara jari-jari tangan yang terbuka dan rapat, bola dipukul dengan telapak tangan. Bola yang dipukul harus dilambungkan diatas kepala dan dipukul sebelum melewati kepala.
  • Sedangkan servis bawah adalah memukul bola dengan jari-jari tangan yang menggenggam. Bola dilambungkan kemudian dipukul di bagian bawah pusar perut. Selain dua teknik servis tersebut, masih ada teknik servis lainya.

2. Posisi Spiker atau Smasher ( Penyerang )

Spiker atau Smasher adalah posisi pemain yang bertugas untuk melakukan pukulan atau smash bola kearah lawan, tujuannya mendapatkan poin atau nilai untuk tim. Smash adalah pukulan yang dilakukan dengan sekeras-kerasnya kearah bawah lapangan lawan.

Smasher berada diposisi paling depan, tepatnya di depan net atau di samping tosser. Pemain yang berada pada posisi smasher diharuskan memiliki kemampuan yang bisa melakukan serangan dan pukulan yang bagus. Smasher juga menjadi pemain yang piawai menjaga pertahanan bagian depan.

Pemain yang berada pada posisi ini memiliki peran ganda, yaitu sebagai penyerang (mengeksekusi serangan atau smash untuk mendapat kemenangan) sekaligus pertahanan (melakukan blocking untuk menghindari kekalahan).

Smasher dituntut menguasai jenis-jenis smash berikut ini:

  • Open Smash adalah gerak awal yang dilakukan saat bola lepas dari tangan pengoper. Pukulan dilakukan saat smasher mencapai puncak maksimal lompatan dan saat bola berada pada jangkauan lengan smasher yang tertinggi.
  • Smash Semi adalah memukul bola dengan ketinggian umpan sekitar 50 sentimeter di atas net.
  • Quick Smash adalah memukul dengan bola umpan sekitar 30 sentimeter di atas net.
  • Straigh Smash adalah pukulan yang dilakukan saat bola berada di tepi jaring.
  • Drive Smash adalah pukulan yang mengarahkan bola keluar net dengan jarak yang panjang.
  • Dummy Smash merupakan gerakan yang hampir sama dengan smash normal. Akan tetapi, bola tidak dipukul melainkan di sentuh saja dengan jari tangan.
  • Smash Bola 3 Meter adalah pukulan serangan yang dilakukan dari belakang garis serang.
  • Smash Kijang atau umpan bola back adalah pemukul yang melakukan langkah panjang dengan tolakan loncatan menggunakan satu kaki, pemukul tangan kanan menolak dengan kaki kiri.
  • Smash Double Step adalah smash dengan menggunakan gerak tipu. Pemukul melakukan dua kali gerak untuk melakukan tolakan meloncat. Gerakan pertama untuk mengecoh block, gerakan kedua pemukul meloncat dan melakukan serangan.
  • Smash Step L adalah gerakan yang dilakukan dengan 3 langkah, pertama melangkah kedepan, kedua langkah kesamping sebelum tolakan, ketiga melompat naik untuk melakukan serangan.

3. Posisi Tosser atau Set-upper ( Pengumpan )

Tosser adalah posisi pemain yang bertugas mengatur serangan dari tim. Ketika tim melakukan serangan yang berhak menentukan komando adalah tosser. Pemain yang berada pada posisi tosser diharuskan mempunyai kualitas umpan dan kecerdasan dalam memberikan berbagai variasi umpan. Dengan kata lain tosser merupakan penentu dan pengatur serangan dalam permainan voli.

Tosser dituntut menguasai teknik smash dan blocking yang baik. Blocking adalah gerakan yang dilakukan oleh pemain untuk menghalau serangan atau smash dari tim lawan. Jenis-jenis blocking diantaranya:

a. Block Bola Open

Langkah block bola open:

  • Tosser bergerak mendekati pemain lawan yang akan melakukam smash dengan posisi tangan berada di bawah dada.
  • Merendahkan posisi badan dengan menekuk lutut hingga membentuk sudut 100.
  • Meloncat setelah smasher lawan melakukan loncatan yang setinggi mungkin dengan arah lompat vertikal.

b. Block Bola Semi

Langkah block semi:

  • Tosser bergerak mendekati pemain lawan yang akan melakukam smash dengan posisi tangan dinaikkan ke depan atas kepala.
  • Merendahkan posisi badan badan dengan menekuk lutut hingga membentuk sudut 110.
  • Meloncat setelah smasher lawan melakukan loncatan yang setinggi mungkin dengan arah lompat vertikal.

c. Block Bola Quick

Langkah block bola quick:

  • Tosser bergerak mendekati pemain lawan yang akan melakukam smash dengan posisi kedua tangan diluruskan.
  • Merendahkan posisi badan badan dengan menekuk lutut hingga membentuk sudut 135.
  • Meloncat bersamaan dengan smasher lawan melakukan loncatan yang setinggi mungkin dengan arah lompat vertikal.

4. Posisi Defender atau Liberro

Liberro adalah posisi pemain yang bertugas menerima dan menahan berbagai serangan dari pemain lawan dengan melakukan passing. Pemain yang berada pada posisi ini dituntung menguasai passing.

Baca juga: Ukuran Lapangan Bola Voli

Pengertian passing adalah gerakan yang dilakukan untuk mengoper bola ke arah teman timnya untuk dimainkan di daerah sendiri. Jenis-jenis passing diantaranya:

a. Pasing Bawah

Pasing bawah adalah gerakan yang dilakukan oleh pemain untuk mengoper bola atau menerima bola dari depan badan menggunakan kedua tangan secara bersamaan.

b. Passing Atas

Passing atas atau set up adalah gerakan pemain untuk mengoper bola yang dilakukan saat bola diatas kepala menggunakan kedua tangan secara bersamaan.

Cara Pergeseran Posisi Pemain Bola Voli (Rotasi)

Rotasi dalam permainan bola voli dilakukan saat tim mendapatkan giliran service setelah memenangkan rally atas regu lain. Rotasi dilakukan sekali searah jarum jam. Atau putaran server dilakukan dari kanan depan ke sisi kanan belakang lapangan.

Lebih lengkapnya tentang : cara rotasi permainan bola voli

Nah itulah berbagai posisi pemain dalam permainan bola voli beserta tugasnya. Dalam permainan, pemain akan mengalami rotasi sehingga berpindah dari satu peran ke peran yang lain. Kecuali untuk liberro yang tidak tergantikan.