Penggunaan suara tembakan laser, merupakan contoh teknik berkarya musik kontemporer dengan

Pilihlah jawaban yang paling tepat  ! 

1. Makna musik kontemporer yang paling tepat adalah …  

a. Musik yang terbaru dan sangat digemari. 

b. Jenis musik yang sangat sulit dipahami. 

c. Perpaduan berbagai genre musik. 

d. Musik kekinian yang mengusung pembaharuan. 

e. Perpaduan musik tradisi dan modern. 

2. Tema yang sering diangkat dalam karya musik kontemporer adalah : 

a. Cinta 

b. Keindahan alam 

c. Nasionalisme 

d. Kritik sosial 

e. Pemberontakan 

3. Penggunaan instrumen piano untuk memainkan gamelan jawa merupakan salah satu teknik dalam berkarya musik kontemporer yang disebut … 

a. bersumber pada unsur etnik. 

b. penggunaan idiom tradisi barat. 

c. perpaduan budaya tradisi dan barat. 

d. teknik permainan piano yang tidak lazim. 

e. Eksplorasi teknik permaian piano. 

4. Karya musik kontemporer menggunakan notasi tindakan atau notasi auditif, hal ini di sebabkan karena,,, 

a. notasi balok tidak mencukupi kebutuhan composer menulis partitur kontemporer 

b. ide dan gagasan composer tidak dapat dituangkan dalam notasi musik barat 

c. tidak memerlukan partitur karena sdh ada konsep 

d. tidak bernada dan hanya bunyi bunyi unik saja 

e. lebih menyajikan tindakan tindakan nyata dan simbolis 

5. Contoh teknik dalam berkarya musik yang termasuk dalam musik kontemporer adalah… 

a. penggunaan instrumen angklung pada lagu pop. 

b. teknik permainan biola dengan cara dipetik. 

c. teknik permainan piano dengan cara dipukul dawainya. 

d. kecapi dibunyikan dengan cara digesek. 

e. penggunaan alat alat elektrik dan futuristik 

6. Musik kontemporer menjadi musik yang sulit dipahami masyarakat pada umumnya, hal ini di sebabkan karena … 

a. memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi dan rumit. 

b. tidak menghibur dan tidak berfungsi sebagai media komunikasi.. 

c. mengangkat tema tema yang tidak terpikirkan penonton. 

d. Tidak menggunakan alat musik yang standart 

e. Tidak memiliki konsep berkarya yang jelas. 

7. Musik dangdut pada awalnya kemunculannya bias disebut sebagai musik kontemporer, karena merupakan hal baru dari pengembangan musik melayu hal ini sesuai dengan aspek pembaharuan pada musik kontemporer yaitu  

a. perubahan pada tema musik 

b. pembaharuan  genre musik 

c. perpaduan tradisi dan modern 

d. modernisasi teknik mmusik  

e. penggunakan akord akord yang unik 

3. Aspek pembaharuan pada karya musik kontemporer Djadug ferianto adalah… 

a. Tema musik yang merupakan kritik sosial yang komunikatif. 

b. penggunaan notasi musik auditif dan tindakan. 

c. penggunaan sumber bunyi yang tidak lazim seperti panci , gallon dll. 

d. memadukan alat musik konvensional berbagai etnis menjadi hal baru. 

e. mengemas musik kedalam humor yang menggelitik. 

9. “I can not understand why people are afraid of new ideas. I’m afraid of the old ones” merupakan pendapat dari … 

a. Slamet Abdul Syukur 

b. Harry Roesly 

c. Arnold Scoenberg 

d. Dieter Mack 

e. John M Cage 

10. Tokoh musik Kontemporer yang menjadi  pengajar di Indonesia adalah … 

a. Karl Edmund Prier 

b. Arnold Scoenberg. 

c. Dieter Mack. 

d. John M Cage. 

e. Debussy.   

11. Musik baru di Indonesia yang keluar dari pakem/aturan yang konvensional adalah musik… 

a. melayu 

b. dangdut 

c. kontemporer 

d. tradisional 

e. eksperimental 

12. Makna musik kontemporer yang disampaikan oleh Dieter Mack adalah : 

a. musik baru dengan bayangan kebebasan. 

b. perpaduan tradisi Indonesia dengan aspek pembaharuan. 

c. saya tidak mengerti mengapa orang takut melahirkan ide baru. 

d. Memiliki konsep yang kuat meskipun seolah semua serba boleh 

e. Kebebasan berekspresi yang melanggar tatanan bermusik. 

13. Ciri musik kontemporer yang menonjol ditemukan dalam karya Slamet Abdul Syukur adalah : 

a. penggunaan sumber bunyi yang tak lazim. 

b. penggunaan idiom dari daerah jawa barat. 

c. gamelan bali dengan musik bambu yang lembut. 

d. tema kritik sosial yang lugas dan komunikatif 

e. alat musik modern yang digunakan untuk menyajikan musik tradisi. 

14. Seorang pianist menyajikan musik tradisional gamelan Jawa dengan dengan teknik yang berpegang pada musik barat, adalah salah satu teknik dalam penggarapan musik kontemporer yang disebut … 

a. repetisi 

b. manipulasi 

c. gramatika 

d. idiom 

e. canon 

15. Notasi yang biasa digunakan dalam karya musik kontemporer adalah notasi… 

a. angka. 

b. balok. 

c. auditif. 

d. Laban 

e. gregorian 

16. Lagu dangdut kekinian yang bisa dikategorikan sebagai musik kontemporer adalah… 

a. Sakit Gigi – Maggy Z. 

b. Sayang – Via Vallen. 

c. Meraih Bintang – Via Vallen 

d. Kemarin – Nella Kharisma 

e. Sandiwaramu luar biasa – Siti Badriah 

17. Penggunaan suara tembakan laser, merupakan contoh teknik berkarya musik kontemporer dengan … 

a. mengekplorasi sumber bunyi tak lazim. 

b. mengeplorasi sumber bunyi elektrik. 

c. penambahan audio disonan. 

d. notasi auditif dan tindakan. 

e. harmony yang polyphoni. 

18. Alasan mengapa notasi balok tidak cukup untuk menuliskan notasi karya musik kontemporer KECUALI adalah… 

a. munculnya bunyi a tonal . 

b. harmony yang sangat kompleks. 

c. penggunaan sukat yang tidak lazim. 

d. nilai nadanya tidak jelas dan rumit 

e. penggunaan notasi balok dianggap bukan  hal baru. 

19. Perhatikan kedua gambar di bawah ini, Pernyataan yang paling tepat untuk perbandingan elemen aspek pembaharuan musik kontemporer kedua gambar adalah : 

 20. Idiom bunyi yang sangat khas pada karya musik kontemporer Djadug Ferianto, adalah idom bunyi : 

a. Jawa Timur 

b. Jawa Tengah 

c. Jawa Barat 

d. Bali 

e. Madura 

21. Dalam berkarya musik Djadug ferianto mengkspresikan gagasannya bersama kelompok musik … 

a. Kua Etnika dan Sinten Remen. 

b. Kyai Kanjeng dan Sinten Remen. 

c. Kua Etnika dan Kyai Kanjeng 

d. Opera Kecoa dan Kantata Takwa 

e. Swara Ratan dan gamelan gaul 

22.  Musisi Bali yang banyak mengekplorasi idiom gamelan Bali pada permainan gitarnya dalam berkarya musik kontemporer adalah… 

a. I Nyoman Winda 

b. Dewa Budjana 

c. Balawan 

d. Tohpati 

e. Jomped 

23. Nuansa baru pada musik tradisional Bali berupa simfoni bambu yang dipadu dengan vocal adalah aspek pembaharuan yang dilakukan oleh … 

a. Slamet Abdul Syukur. 

b. Harry Roesly. 

c. I Nyoman Winda. 

d. Dieter Mack. 

e. John M Cage. 

24. Salah satu karya musik kontemporer dari Henry Roesli adalah… 

a. Sepur mendem. 

b. Musik rumah sakit. 

c. Sinten remen. 

d. Uwek – Uwek. 

e. Simfoni bamboo 

25. Pesan yang ingin disampaikan Slamet Abdul Syukur dalam karya karya nya yang selalu menggunakan sumber bunyi yang minimalis adalah : 

a. kondisi yang minim bukan hambatan untuk membuat karya penuh makna 

b. musik kontemporer tak membutuhkan alat alat music 

c. ketidakberdayaan dan kemiskinan sebagian besar masyarakat 

d. minimalis adalah gambaran kesunyian yang tak bertepi 

e. karya manusia tak bias dibatasi dengan hal yang ada dan biasa 

Soal Memahami Konsep Musik Kontemporer kelas 12 SMA/MA - Adik adik dimana saja berada, pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai soal yang telah disusun dari mata pelajaran Seni Budaya tentang Soal Memahami Konsep Musik Kontemporer kelas 12 SMA/MA. Soal ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasan yang berjumlah 15 soal pilihan ganda dan 5 soal essay yang mungkin bisa membantu adik adik ya. Semangat!!

Contoh Soal Memahami Konsep Musik Kontemporer kelas 12 SMA/MA

Soal Memahami Konsep Musik Kontemporer

1. Musik baru di Indonesia yang keluar dari pakem/aturan yang konvensional adalah musik… 


Baca juga - Soal Pameran Seni Rupa

2. Makna musik kontemporer yang disampaikan oleh Dieter Mack adalah : 

a. musik baru dengan bayangan kebebasan. 

b. perpaduan tradisi Indonesia dengan aspek pembaharuan. 

c. saya tidak mengerti mengapa orang takut melahirkan ide baru. 

d. Memiliki konsep yang kuat meskipun seolah semua serba boleh 

e. Kebebasan berekspresi yang melanggar tatanan bermusik. 

3. Ciri musik kontemporer yang menonjol ditemukan dalam karya Slamet Abdul Syukur adalah : 

a. penggunaan sumber bunyi yang tak lazim. 

b. penggunaan idiom dari daerah jawa barat. 

c. gamelan bali dengan musik bambu yang lembut. 

d. tema kritik sosial yang lugas dan komunikatif 

e. alat musik modern yang digunakan untuk menyajikan musik tradisi. 

4. Seorang pianist menyajikan musik tradisional gamelan Jawa dengan dengan teknik yang berpegang pada musik barat, adalah salah satu teknik dalam penggarapan musik kontemporer yang disebut … 


Baca juga - Soal Kritik Seni Rupa

5. Notasi yang biasa digunakan dalam karya musik kontemporer adalah notasi… 

6. Lagu dangdut kekinian yang bisa dikategorikan sebagai musik kontemporer adalah… 

c. Meraih Bintang – Via Vallen 

d. Kemarin – Nella Kharisma 

e. Sandiwaramu luar biasa – Siti Badriah 


Baca juga - Soal Memahami Konsep Musik Kontemporer

7. Penggunaan suara tembakan laser, merupakan contoh teknik berkarya musik kontemporer dengan … 

a. mengekplorasi sumber bunyi tak lazim. 

b. mengeplorasi sumber bunyi elektrik. 

c. penambahan audio disonan. 

d. notasi auditif dan tindakan. 

e. harmony yang polyphoni. 

8. Alasan mengapa notasi balok tidak cukup untuk menuliskan notasi karya musik kontemporer KECUALI adalah… 

a. munculnya bunyi a tonal . 

b. harmony yang sangat kompleks. 

c. penggunaan sukat yang tidak lazim. 

d. nilai nadanya tidak jelas dan rumit 

e. penggunaan notasi balok dianggap bukan  hal baru. 

9. Perhatikan kedua gambar di bawah ini, Pernyataan yang paling tepat untuk perbandingan elemen aspek pembaharuan musik kontemporer kedua gambar adalah : 

Gambar A

Gambar B

a.

menggunakan alat musik tak lazim

menggunakan alat musik tak lazim

b.

menggunakan alat musik tak lazim

menggabungkan       elemen        musik

tradisi dan modern

c.

unsur pembaharuan lebih unik 

tidak memiliki unsur pembaharuan yang unik

d.

tidak menggunakan alat musik 

menggunakan alat musik

e.

unsur pembahuruan lebih menarik dan komunikatif

Unsur pembaharuan sudah biasa dilakukan pada karya sebelumnya

10. Idiom bunyi yang sangat khas pada karya musik kontemporer Djadug Ferianto, adalah idom bunyi: 


 

11. Dalam berkarya musik Djadug ferianto mengkspresikan gagasannya bersama kelompok musik … 

a. Kua Etnika dan Sinten Remen. 

b. Kyai Kanjeng dan Sinten Remen. 

c. Kua Etnika dan Kyai Kanjeng 

d. Opera Kecoa dan Kantata Takwa 

e. Swara Ratan dan gamelan gaul 


Baca juga - Soal Analisis Musik Kontemporer

12. Musisi Bali yang banyak mengekplorasi idiom gamelan Bali pada permainan gitarnya dalam berkarya musik kontemporer adalah… 

13. Nuansa baru pada musik tradisional Bali berupa simfoni bambu yang dipadu dengan vocal adalah aspek pembaharuan yang dilakukan oleh … 


Baca juga - Soal Pertunjukan Musik Kontemporer

14. Salah satu karya musik kontemporer dari Henry Roesli adalah... 

15. Pesan yang ingin disampaikan Slamet Abdul Syukur dalam karya karya nya yang selalu menggunakan sumber bunyi yang minimalis adalah : 

a. kondisi yang minim bukan hambatan untuk membuat karya penuh makna 

b. musik kontemporer tak membutuhkan alat alat music 

c. ketidakberdayaan dan kemiskinan sebagian besar masyarakat 

d. minimalis adalah gambaran kesunyian yang tak bertepi 

e. karya manusia tak bias dibatasi dengan hal yang ada dan biasa 

B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar ! 

1. Perhatikan gambar pertunjukan musik luar negeri dan Indonesia di bawah, buatlah pernyataan yang mendeskripsikan alasan mengapa  kedua pertunjukan musik pada gambar dapat dikategorikan sebagai musik kontemporer ! 

2. Sebutkan ciri ciri musik kontemporer ! 

3. Sebutkan aspek pembaharuan pada karya Harry Roesly ! 

4. Jika terdapat benda benda berupa melodion, gamolan pekhing, gitar, botol plastik,  tutup panci, batu kerikil, jabarkanlah fungsi masing masing benda jika digunakan untuk berkarya musik kontemporer !   

5. Tuliskan profil singkat seniman musik kontemporer Slamet Abdul Syukur ! 


Baca juga - Soal Merancang Konsep dan Teknik Berkreasi Musik Kontemporer

Kunci Jawaban soal uraian : 

1. Musik Kontemporer luar negri

1. Terdapat aspek pembahuruan dengan menggunakan alat musik tak lazim

2. Ide yang disajikan unik dan belum ada sebelumnya

3. Tidak menggunakan harmoni

4.  Menyajikan hal baru dalam khasanah musik

Baca juga - Soal Apresiasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi

Musik Kontemporer Indonesia 

1. Terdapat aspek pembaharuan denan memadukan alat musik tradisional dan modern 

2. Ide yang disajikan unik namun sudah ada melakukan sebelumnya jika dilihat dari penggunaan alat musiknya 

3. Harmoninya unik karena disusun dari tonalitas yang berbeda 

4. Menyajikan polyphoni dan polyritmis yang baru 

  1. Pengunaan tanda sukat yang tidak lazim dan sering berubah ubah misalnya 5 / 8, 16 / 8 , 12/4 dan lainnya. 
  2. Penggunaan harmoni vertikal dan komposisi pararel yang tidak terikat . 
  3. Penggunaan  konsep musik modal, tonal dan atonal dengan bebas. 
  4.  Penggunaan sumber bunyi yang tidak lazim digunakan dalam komposisi musik. 
  5.  Menyajikan hal baru yang tidak biasa dan memiliki kebebasan dari kaidah bermusik yang berlaku. 
  6.  Menggunakan notasi auditif dan notasi tindakan hal ini disebabkan notasi balok/angka dalam musik tidak cukup untuk menuliskan notasi musik kontemporer yang unik. 

  1. Tema kritik sosial yang disampaikan dengan lugas dan komunikatif 
  2. Menggunakan unsur teateritikal tradisional lenong betawi 
  3. Total skor 

  1. Melodion dapat digunakan untuk memainkan melodi dan bisa dikembangkan untuk memainkan akord dengan teknik meniup yang lebih kuat.  
  2. Gamolan Pekhing bisa diggunakan menjadi melodi jika menggunakan nada dasar g = do atau d = do, namun jika menggunakan nada dasar lain bisa digunakan sebagai lat musik ritmis. 
  3. Gitar menjadi alat musik harmonis dan tubuh gitar bias digunakan sebagai alat musik ritmis. 
  4. Botol plastik bisa digunakan sebagai alat untuk menggesek dawai gitar dan bisa di isi batu kerikil dan dijadikan marakas. 
  5. Batu kerikil bisa diisikan ke dalam botol, atau di letakkan di atas tutup panci yang terbalik untuk alat musik ritmis. 


Baca juga - Soal Seni Rupa Tiga Dimensi

  1. Pelopor musik kontemporer Indonesia. 
  2. lahir di Surabaya 30 juni 1935, dan wafat pada 24 maret 2015.  
  3. Banyak menerima penghargaan antara lain satya lencana kebudayaan dan penghargaan dari pemerintah Perancis. 
  4. Memakai desir angin, gesekan daun, gemericik air, bunyi gesekan sapu di jalanan, bunyi ketiak yang ditutup dengan telapak tangan, dan perbincangan orang-orang di sekitarnya dalam mengeksplorasi musiknya.

Video yang berhubungan

Bài Viết Liên Quan

Bài mới nhất

Chủ Đề