Perbedaan antara menyanyi solo dan menyanyi kelompok

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Ilustrasi menyanyi dengan banyak suara. Sumber; https://www.freepik.com/

Menyanyi, salah satu aktivitas atau kegiatan yang menyenangkan dan sering dilakukan banyak orang. Bernyanyi dapat dilakukan secara solo atau individu maupun secara vokal grup.

ADVERTISEMENT

Berbeda dengan penyanyi solo atau individu yang menuntut penyanyi memiliki karakter yang kuat, vokal grup menuntut para anggotanya untuk menyanyikan lagu secara kompak. Sebab setiap penyanyi memiliki tugas massing-masing. Lantas, bagaimana dengan pengertian menyanyi dengan banyak suara?

Pengertian dan Teknik Menyanyi dengan Banyak Suara

Mengutip buku Panduan Praktis Memimpin Kelompok Paduan Suara karya Subronto Atmodjao K. (2008: 56), pengertian menyanyi dengan banyak suara adalah paduan suara, istilah vokal grup yang terdiri dari banyak penyanyi. Umumnya setiap orang yang menyanyi dalam paduan membawakan suara yang terdiri dari beberapa bagian.

Ketika hendak bernyanyi secara banyak suara, teknik memegang peranan penting. Sebab tanpa teknik, paduan suara akan terasa kurang menarik. Adapun teknik dari paduan suara yang perlu diperhatikan di antaranya:

ADVERTISEMENT

1. Teknik Pernapasan

Teknik pernapasan merupakan satu bagian teknik vokal yang mengatur seberapa banyak udara yanng masuk dan keluar dalam mengucapkan kata maupun kalimat. Pernapasan sangat penting dalam vokal, sebab ketika bernyanyi udara yang dibutuhkan cenderung lebih banyak digunakan untuk mengatur kestabilan.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Ilustrasi nyanyi bersama. Sumber: https://www.freepik.com/

2. Artikulasi

Artikulasai adalah cara mengucapkan kata-kata yang sambil bersuara. Teknik yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Bila seorang penyanyi tidak memiliki artikulasi yang tidak bagus, maka apa yang dia nyanyikan terdengar tidak jelas. Sehingga pendengar merasa tidak nyaman.

3. Frasing

Frasing adalah merupakan pemberhentian nyanyian. Seorang penyanyi harus memperhatikan titik dan koma dalam bernyanyi. Titik dan koma tidaklah sama, maka harus memperhatikan dengan seksama. Sehingga nyanyian tidak terasa datar atau monoton.

ADVERTISEMENT

4. Sikap Badan

Bernyanyi ketika posisi tidur dengan berdiri memiliki berbedaan yang signifikan. Ketika berdiri, udara serasa lebih lencar dan mudah dalam menggapai suara terbaik. Oleh karenanya dalam bernyanyi, posisi juga memiliki peranan penting. Lakukanlah sikap tubuh yang baik agar suara yang dihasilkan keluar dengan maksimal.

Jadi sekarang sudah tahu pengertian menyanyi dengan suara banyak dan teknik-teknik yang diperlukan? Semoga informasi di atas bermanfaat. (MZM)