Pergantian bebas pada permainan rounders terjadi apabila regu pemukul mati sebanyak

d Pukulan luncas Yang dinyatakan sebagai pukulan luncas adalah jika dalam usaha memukul bola, kayu pemukul tidak mengenai bola. 6. Nilai Seorang pemukul akan mendapat nilai 2, bila dia dapat lari dari ruang pemukul ke tiang bebas dan kembali ke ruang bebas dengan selamat, atas pukulannya sendiri. Jika perjalanan kembali ke ruang bebas dilakukan dalam 2 atau 3 bagian dengan selamat dan pukulannya betul, maka pelari akan mendapatkan nilai 1. Setiap anggota regu lapangan akan mendapatkan nilai 1, bila dapat melakukan satu kali tangkap bola. Bila pada akhir pertandingan jumlah nilai kedua regu sama besar, maka regu yang mendapat nilai lari terbanyak yang dinyatakan menang. 7. Pemain Mati Seorang pemain dari regu pemukul dinyatakan mati apabila tubuh selain kepala terkena lemparan bola dari regu penjaga selama perjalanan dan pemain mati apabila sengaja menerima bola dengan kepala atas lemparan penjaga.

8. Bola Mati

Bola mati adalah bola yang sudah tidak bisa dimainkan kembali di dalam permainan atau lapangan. Adapun beberapa bola yang di anggap mati antara lain : a. Jika bola sudah di tangan pelambung yang sudah siap berdiri di petak pelambung. b. Jika pukulan salah, kecuali bila oleh regu lapangan c. Jika pukulan luncas, kecuali bila bola dimainkan oleh regu lapangan d. Jika bola hilang, terhitung saat wasit membunyikan peluit tanda bola hilang. e. Jika bertukar bebas. 9. Pergantian Partai atau Pergantian Bebas a. Pergantian Bebas 1. Setelah 5 bola tangkap dan belum terjadi pertukaran. 2. Jika pukulan terakhir dari pembebas merupakan pukulan salah, atau ruang bebas telah dibakar, karena tidak ada seorangpun dari regu pemukul yang tinggal. 3. Jika pelari ysng masuk ke ruang bebas melewati garis belakang ruang bebas. 4. Jika pemain dari regu pemukul keluar ruang bebas tidak untuk memukul. 5. Jika pemain dari regu pemukul ke luar dari batas lapangan. 6. Jika kayu pemukul pada waktu untuk memukul terlepas dari tangan pemukul. b. Pergantian Tidak Bebas Pergantian tidak bebas terjadi apabila salah seorang dari anggota regu pemukul terkena lemparan yang sah selama dalam perjalanan menuju ke tiang hinggap atau ke ruang bebas, dan regu pemukul tidak dapat mengenai regu pemukul kembali pada saat bola bebas. 10. Wasit Wasit berada di luar lapangan baik sebelah kanan maupun kiri, adapun tugas wasit serta kode tiupan peluit antara lain : a. Bila permulaan permainan wasit memanggil kedua kapten dari masing masing tim untuk melakukan tos atau siapa yang mulai permainan terlebih dahulu baik sebagai pemukul maupun penjaga. b. Mengatur jalannya pertandingan c. Mengecek kesiapan scoring sit d. Mengecek nama pemain dan nomor dada e. Wasit meniup peluit 3x panjang untuk memulai pertandingan. f. Pada saat memanggil pemain pemukul untuk memukul, wasit meniup 3x peluit pendek g. Pada saat pukulan salah wasit melakukan kode tiupan peluit sebanyak 2x pendek. h. Bila bola hilang wasit meniup peluit 3x peluit. i. Setelah permainan selesai atau waktu habis wasit meniup peluit 3x panjang.

2.2 Kerangka Berfikir

Bermain adalah belajar menyesuaikan diri dengan keadaan. Anakanak bermain di dalam daerah lingkungannya serta bendabenda yang terdapat di daerah itu. Dengan bermain mereka akan mengenal ciriciri dan sifatsifat setiap benda yang dimainkan. Bayi pada tahap permulaan bermain dengan bagian badannya sendiri. Kemudian akan berkembang akan bermain dengan benda- benda yang diberikan kepadanya. Akhirnya anakanak akan terbiasa dengan bentuk, berat dan sifatsifat yang lain dari benda. Soemitro, 1992 : 2 Pembelajaran kasti melalui pendekatan bermain yang dimodifikasi merupakan salah satu bentuk kegitan pembelajaran kasti melalui permainan kasti yang secara kreatif disusun dan direncanakan oleh guru agar kegiatan pembelajaran tersebut tetap dilaksanakan dengan berbagai keterbatasan yang

Video

Advertising