Perhatikan gambar ! berdasar gambar, kromosom drosophila sp., perubahan yang terjadi

Loading Preview

Sorry, preview is currently unavailable. You can download the paper by clicking the button above.

26.Perhatikan gambar kromosom lalatdrosophila berikut!Yang merupakan kromosom penentu jeniskelamin adalah nomor …a.1 dan 2d.6 dan 7b.3 dan 7e.7 dan 8c.5 dan 5

jawab dong ka bsok dikumpulkan ​

Menurut anda, dampak apa yang terjadi pada pemeliharaan satwa liar dirumah seperti yang dilakukan oleh beberapa YouTuber seperti Alshad Ahmad, Irfan h … akim dan lainnya. Apakah hal tersebut dapat mengancam keanekaragaman hayati di Indonesia?​

Jelaskan cara begerak lebah ​

Sebutkan 4 penyakit yg berhubungan dengan sistem gerak manusia dan jekaskan penyebab , gejala, dan cara mengbatinya​

mengapa alfret wagener megajukannl pangea​

teman-teman tolong Yaa... beri jawaban yg rinci dan penjelasan yang lengkap​

semua mobil bergerak dengan kecepatan 80 km per jam, waktu yg ditempuh tersebut?​

setiap Hewan memiliki sistem gerak dan bentuk rangka yang berbeda sesuai dengan tempat hidupnya katak merupakan hewan amfibi hewan amfibi adalah hewan … yang dapat hidup di dua alam sekaligus Katak bisa hidup di darat maupun di air Jelaskan sistem gerak yang dimiliki katak tersebut​

penjelasan alat kelamin dalam laki laki​

penyakit tulang tak beraturan dan cara mencegah penyakit tulang tak beraturan ​

Di dalam kromosom terdapat sederetan gen yang masing-masing mengadakan pautan. Gen-gen tadi cenderung akan mengikuti kromosom. Bila kromosom itu diberikan ke sel kelamin,  pada saat pembentukan sel kelamin melalui pembelahan meiosis, maka deretan gen yang ada pada kromosom tersebut akam mengikutinya. Gen pada kromosom yang terpaut pada sel kelamin ternyata dapat menentukan jenis kelamin pada beberapa makhluk hidup, terutama pada lalat buah (Drosophila melanogaster). 

Jumlah kromosom pada Drosophila melanogaster jantan dan betina sebanyak 4 pasang terdiri atas kromosom tubuh dan kromosom kelamin Pada sel tubuh lalat buah yang diploid (2n), mempunyai empat pasang kromosom. Pasangan kromosom tersebut yakni pasangan I merupakan pasangan kromosom seks (gonosom) dan pasangan II sampai IV merupakan pasangan kromosom tubuh (autosom). Adapun bentuk kromosom Drosophila melanogaster dapat dilihat di gambar berikut. 

Masing-masing kromosom II sampai IV merupakan pasangan kromosom yang homolog. Pasangan kromosom I merupakan pasangan homolog pada betina, dan tidak homolog pada jantan. Hal ini dikarenakan terdapat 2 kromosom seks, yaitu kromosom X dan kromosom Y. Kromosom X berbentuk seperti batang sedangkan kromosom Y berbentuk agak bengkok. Pada Lalat buah betina mempunyai 2 kromosom X (ditulis dengan simbol XX) dan jantan mempunyai 1 kromosom X dan 1 kromosom Y (ditulis dengan simbol XY). Kromosom X dan kromosom Y tidak homolog, artinya tidak sama panjangnya. Berdasarkan kariotipe susunan kromosom Drosophila melanogaster, maka rumus/formula kromosom Drosophila melanogaster adalah sebagai berikut:

  1. 6A+XY atau 3AA+XY (rumus kromosom autosom Drosophila melanogaster jantan)
  2. 6A+XX atau 3AA+XX (rumus kromosom autosom Drosophila melanogaster betina)

  1. 3A+X dan 3A+Y (rumus kromosom gonosom Drosophila melanogaster jantan)
  2. 3A+X (rumus kromosom gonosom Drosophila melanogaster betina)

Jika Lalat buah  dilakukan pembasataran yang berkaitan dengan adanya kromosom seks, yaitu X dan Y. Selanjutnya Lalat buah jantan akan menghasilkan 2 macam sel sperma, yaitu yamg mempunyai kromosom X dan Y. Pada lalat buah betina akan menghasilkan satu macam sel telur yaitu kromoso X. bila sel telur X dibuahi sel sperma X , akan menghasilkan Lalat buah betina. Bila sel telur X dibuahi sel sperma Y, maka akan menghasilkan Lalat buah jantan. 

Baca juga :  Induksi Poliploidi

Drosophila melanogaster merupakan salah satu jenis lalat buah yang memiliki tipe jenis kelamin XY dengan jumlah kromosom normal 3AAXX/3AAXY.

Perhatikan gambar dibawah ini.

Berdasarkan gambar tersebut diketahui bahwa jumlah kromosom Drosophila melanogaster mengalami mutasi yaitu 1AA+1AA+1AA+XXY atau 3AAXXY.

Berdasarkan penjelasan tersebut, pilihan jawaban yang benar adalah B. 

Drosophila melanogaster memiliki 8 buah atau 4 pasang kromosom yang terdiri atas 3 pasang kromosom tubuh dan 1 pasang kromosom kelamin. Pada umummnya lalat buah betina memiliki 2 buah kromosom X sehingga rumus kromosomnya adalah 3AAXX. Sedangkan lalat jantan memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y sehingga rumus kromosomnya adalah 3AAXY. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan lalat buat tidak memiliki kromosom normal, sehingga terbentuklah beberapa kromosom berikut. 

  • AAXXY → lalat betina fertil (subur)
  • AAX0 → lalat jantan steril (mandul)
  • AAAXX → interseks

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. 

Video yang berhubungan

Perubahan struktur fisik kromosom dapat terjadi pada lokasi atau jumlah gen dalam  kromosom. Perubahan yang terjadi pada jumlah gen  dalam kromosom dikelompokkan menjadi delesi dan duplikasi, sedangkan perubahan lokasi gen pada kromosom dapat terjadi melalui translokasi dan inversi. Pada soal di atas merupakan contoh dari duplikasi. Duplikasi terjadi ketika terdapat  bagian kromosom yang diulangi dan identik pada bagian lain segmen. Duplikasi dapat terjadi akibat pindah silang. Suatu segmen kromosom berpindah ke bagian lain kromosom homolognya. Contohnya adalah duplikasi pada kromosom Drosophila melanogaster yang menyebabkan mutasi mata berbentuk batang (bar).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E. 

Drosophila melanogaster merupakan salah satu jenis lalat buah yang memiliki tipe jenis kelamin XY dengan jumlah kromosom normal 3AAXX/3AAXY.

Perhatikan gambar dibawah ini.

Berdasarkan gambar tersebut diketahui bahwa jumlah kromosom Drosophila melanogaster mengalami mutasi yaitu 1AA+1AA+1AA+XXY atau 3AAXXY.

Berdasarkan penjelasan tersebut, pilihan jawaban yang benar adalah B. 

tuliskan 4 manfaat dalam mempelajari biologi​

Yang menunjukkan sifat enzim sebagai suatu protein adalah .....

Wendell meredith stanley adalah ilmuan amerika yang menemukan penyakit pada tembakau. Dalam eksperimennya wendell mengemukakan bahwa virus merupakan s … uatu mirkoorganisme yang memiliki ciri seperti benda tak hidup. Eksperimen yang dimaksud adalah ......

Virus yang menyebabkan pertumbuhan tanaman padi terhambat sehingga tanaman menjadi kerdil adalah .....

Virus tidak dapat hidup di alam bebas, melainkan harus hidup secara parasit. Oleh karena itu, untuk memelihara virus digunakan ....

Urutan tahap pertumbuhan dan perkembangan embrio hewan yang benar adalah .....

Virus yang menyebabkan pertumbuhan tanaman padi terhambat sehingga tanaman menjadi kerdil adalah ....

Virus tidak dapat hidup di alam bebas melainkan harus hidup secara parasit, oleh karena itu untuk memelihara virus digunakan .....

Tuliskan contoh pasangan yang benar antara organel dan fungsinya !

Tumbuhan yang bisa bertahan hidup dan menyesuaikan diri di lingkungan yang lembab disebut ......