Posisi kepala dan leher yang benar saat menggunakan komputer harus

Posisi tubuh saat menggunakan komputer sangat berpengaruh pada kesehatan si pengguna komputer. Oleh karena itu, perlu diperhatikan posisi tubuh yang baik agar memberikan rasa nyaman.

Posisi Kepala
Usahakan posisi kepala dan leher tegak dengan pandangan langsung menghadap layar monitor. Leher diusahakan untuk tidak membungkuk atau menengadah agar tidak menyebabkan sakit kepala pada leher.

Posisi Punggung
Usahakanlah posisi punggung tegak, tidak miring ke kiri atau ke kanan. Tidak membungkuk dan tidak terlalu miring ke belakang. Posisi punggung yang salah akan menyebabkan gangguan pada tulang punggung. Posisi punggung yang salah akan menyebabkan gangguan tulang punggung.

Posisi Pundak
Usahakanlah posisi pundak tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah. Apabila otot-otot di bahu terasa rileks, ini berarti posisi pundak sudah benar. Otot bahu yang tegang akan menyebabkan kita cepat lelah dan menderita nyeri otot.

Posisi Lengan dan Siku
Posisi keyboard harus sama tingginya dengan siku sehingga gerakan lengandan jemari dapat mengurangi ketegangan otot dan persendian. Posisi lengan yang baik adalah ketika tanganmu berada di samping badan dan sikumu membentuk sudut lebih besar dari 90 derajat. Pastikan bahwa letakpergelangan tangan, jemari tangan, dan lengan dalam keadaan santai, tidak melengkung dan tegang.

Posisi Kaki
Pada saat menggunakan komputer pastikan kursi yang digunakan dapat menyangga punggung dan membuat kaki menjangkau lantai. Usahakan seluruh telapak kaki menyentuh lantai dan siku kaki membentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat.


Sumber : Buku TIK Kelas 7
Email ThisBlogThis!Share to TwitterShare to Facebook