Proses yang terjadi dalam kehidupan yang berkaitan dengan proses koagulasi koloid adalah

Koagulasi adalah metode untuk menghilangkan bahan-bahan limbah dalam bentuk koloid, dengan menambahkan koagulan. Dengan koagulasi, partikel-partikel koloid akan saling menarik dan menggumpal membentuk flok (Suryadiputra, 1995). Flokulasi terjadi setelah koagulasi dan berupa pengadukan pelan pada air limbah.

Apa yang dimaksud koagulasi dan berikan contohnya?

Koagulasi adalah suatu proses yang rumit di dalam sistem koloid darah yang memicu partikel koloidal terdispersi untuk memulai proses pembekuan dan membentuk trombus. Asap dan tebu dari pabrik/ industri dapat digumpalkan dengan alat koagulasi listrik dari Cottrel.

Apa yang kamu ketahui tentang koagulasi?

Koagulasi adalah proses destabilisasi partikel koloid dengan cara penambahan senyawa kimia yang disebut koagulan. Koloid mempunyai ukuran tertentu sehingga gaya tarik menarik antara partikel lebih kecil daripada gaya tolak menolak akibat muatan listrik. Pada kondisi stabil ini, peggumpalan partikel tidak terjadi.

Apa itu koagulasi?

Apa itu koagulasi? Koagulasi didefinisikan sebagai proses destibilisasi muatan koloid padatan tersuspensi termasuk bakteri dan virus dengan suatu koagulan, sehingga akan terbentuk flok-flok halus yang dapat diendapkan.

Apa yang terjadi dalam proses koagulasi?

Pada proses koagulasi terjadi destabilisasi koloid dan partikel dalam air sebagai akibat dari pengadukan cepat dan pembubuhan bahan kimia (disebut koagulan). Akibat pengadukan cepat, koloid dan partikel yang stabil berubah menjadi tidak stabil karena terurai menjadi partikel yang bermuatan positif dan negatif.

Apakah terjadi koagulasi dalam kehidupan sehari-hari?

Akibat adanya muatan yang berlawanan akan terjadi penetralan muatan koloid sehingga partikel-partikelnya tidak lagi bermuatan. Hal ini menyebabkan kestabilan koloid akan terganggu dan terjadi pengendapan. Contoh koagulasi dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut ini.

Apakah faktor koagulasi dan kofaktor?

Faktor-faktor koagulasi dan kofaktor adalah bagian yang sangat penting dari teka-teki hemostasis, tetapi mereka harus dianggap sebagai bagian dari mesin. Tanpa mereka, proses tidak bisa sukses, tetapi mereka juga tidak bertanggung jawab untuk pembekuan darah dan regulasi. Ada dua fungsi terkait dan penting dalam koagulasi.

Heriyanto Dg Tiro Maret 02, 2018


Dispersi koloid dapat mengalami peristiwa penggumpalan atau koagulasi. Peristiwa koagulasi pada koloid dapat terjadi akibat peristiwa-peristiwa mekanis atau peristiwa kimia. Peristiwa mekanis misalnya pemanasan atau pendinginan. Darah merupakan sol butir-butir darah merah yang terdispersi dalam plasma darah. Jika darah dipanaskan, darah akan menggumpal. Sebaliknya, agar-agar menggumpal jika didinginkan. Peristiwa kimia yang dapat menyebabkan terjadinya koagulasi misalnya :

a. Pencampuran koloid yang berbeda muatan


Jika sistem koloid berbeda muatan dicampurkan , akan menyebabkan terjadinya koagulasi dan akhirnya mengendap sebagai contoh, sol Fe(OH)3 yang bermuatan positif akan mengalami koagulasi jika dicampur dengan sol As2S3. Dengan adanya peristiwa tersebut, jika anda mempunya tinta dari merk yang berbeda dimana yang satumerupakan koloid negatif dan yang lain merupakan koloid positif, jangan sampai dicampurkan karena dapat mengalam koagulasi.

b. Adanya elektrolit

Jika koloid yang bermuatan positif dicampurkan dengan suara larutan elektrolit, maka ion-ion negatif dari larutan elektrolit tersebut akan segera ditarik oleh partikel-partikel koloid positif tersebut. Akibatnya ukuran koloid menjadi sangat besar dan akan mengalami koagulasi. Sebaliknya, koloid negatif akan menyerap ion-ion positifdari suatu larutan elektrolit. Jadi, ion negatif akan mengoagulasi koloid positif dan sebaliknya ion positif akan mengoagulasi koloid negatif. Proses koagulasi semakin mudah jika konsentrasi ion dalam larutan tersebut makin besar, dan jika ukuran muatan ion yang berperan dalam proses koagulasi makin besar.

Contoh porses koagulasi dengan penambahan elektrolit dalam kehidupan sehari-hari adalah penambahan tawas dalam proses penjernihan air. Tawas merupakan garam aluminium sulfat (Al2(SO4)3) yang didalam air akan terionisasi menghasilkanion Al3+. Ion aluminium ini mempunyai kemampuan untuk menarik molukul-molukul polar termasuk air dan lumpur (koloid) sehingga terjadi koagulasi. Proses koagulasi menghasilkan partikel yang sangat besar dan akan mudah mengendap akibat gaya gravitasi. Contoh lainnya adalah terbentuknya delta dimuara sungai akibat lumpur (koloid) yang ada dalam air sungai berinteraksi dengan air laut yang mengandung ion-ion garam sehingga lumpur mengalami koagulasi dan mengendap.

Contoh :


Sol Fe(OH)3 merupakan koloid positif. Jika diberi elektrolit (misalnya NaCI), yang berperan mengoagulasi sol Fe(OH)3 adalah ion negatif (ion Cl-) semakin besar konsentrasi ion CI- , semakin cepat proses koagulasi terjadi. Jika ke dalam sol Fe(OH)3 ditambahkan NaCI dan Na2SO4 dengan konsentrasi yang sama, koagulasi yang lebih cepat terjadi adalah pada sol Fe(OH)3 yang ditambah larutan Na2SO4, sebab muatan ion SO42- lebih besar dari pada ion CI-.

Schanyak 18 gram glukosa (Mr = 180) terlarut dalam 2 liter larutannya, pada suhu tertentu mempunyai tekanan Osmotiknya sebesar 1,23 atm. Larutan HNO3 … pekat (Mr HNO₂=63; a= 100%) isotonik dengan larutan glukosa tersebut. Hitunglah berapa persen kadar HNO3 pekat tersebut jika massa jenisnya (p)=1,2 gram/mL​

Na²CO³(aq)+H²O(l)+CO²(g)->NaHCO²(S)tolong dong ka...​

C. N203 d. N20 e. NO 1. Nama yang tepat untuk senyawa CH3COOH adalah ​

simbol simbol kimia?​

NH3 (g) + 0₂ (g) -> No (g) + H₂ O(1)​

reaksi ionisasi dari KAI(SO4)2 adalah​

Boleh dibantu kak? dengan jalannya bagaimana?​

tentukan nama senyawa dari gambar dibawah ​

tentukan nama senyawa dari gambar dibawah ​

buatlah metode ilmiah tentang sampah plastik ​

Pengertian koagulasi – Koagulasi dalam ilmu kimia selalu berhubungan erat dengan sistem koloid. Seperti apakah koagulasi itu? Bisakah kamu menjelaskan tentang apa itu koagulasi? Bagi kamu pastinya sudah ada yang tahu dan bisa menjelaskan seperti apa definisi dari koagulasi. Namun pastinya diantara kamu masih ada yang belum tahu tentang apa arti dari koagulasi. Untuk itulah pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan koagulasi serta bagaimana proses koagulasi tersebut. Selain itu juga kami bahas tentang apa yang dimaksud koagulasi dan contohnya dan faktor penyebab koagulasi. Langsung saja simak penjelasannya sebagai berikut ini.

Pengertian Koagulasi

Koagulasi adalah penggumpalan partikel koloid dan membentuk endapan. Zat terdispersi tidak lagi berbentuk partikel-partikel koloid dengan terjadinya koagulasi, tetapi bergabung menjadi partikel yang lebih besar sehingga mengendap atau menggumpal. Atau pengertian koagulasi adalah sebuah proses perubahan larutan atau cairan menjadi gumpalan-gumpalan lunak baik itu secara keseluruhan atau hanya sebagian. Koagulasi bisa juga di definisikan sebagai sebuah proses penggumpalan suatu larutan atau cairan sehingga terbentuk padatan lunak atau keras seperti gel.

Proses Koagulasi

Koagulasi dapat terjadi karena pengaruh fisis, seperti pemanasan, pendinginan, dan pengadukan. Koagulasi secara kimia dapat terjadi dengan penambahan elektrolit yang mengandung ion-ion dengan muatan yang berlawanan dengan muatan partikel koloid. Akibat adanya muatan yang berlawanan akan terjadi penetralan muatan koloid sehingga partikel-partikelnya tidak lagi bermuatan. Hal ini menyebabkan kestabilan koloid akan terganggu dan terjadi pengendapan.

Contoh Koagulasi

Contoh koagulasi dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut ini.

  • Pembentukan delta di muara sungai terjadi karena koloid tanah liat (lempung) dalam air sungai mengalami koagulasi ketika bercampur dengan elektrolit dalam air laut.
  • Karet dalam lateks digumpalkan dengan menambahkan asam format.
  • Lumpur koloidal dalam air sungai dapat digumpalkan dengan menambahkan tawas. Sol tanah liat dalam air sungai biasanya bermuatan negatif sehingga akan digumpalkan oleh ion Al 3+ dari tawas (alumunium sulfat).
  • Asap atau debu dari pabrik/ industri dapat digumpalkan dengan alat koagulasi listrik dari Cottrell. Asap dari pabrik rokok sebelum meninggalkan cerobong asap dialirkan melalui ujung-ujung logam yang tajam dan bermuatan pada tagangan tinggi (20.000 - 75.000 V). Ujung-ujung yang runcing akan mengisolasikan molekul-molekul dalam udara.

Faktor Penyebab Koagulasi

Faktor penyebab terjadinya koagulasi pada koloid antara lain yaitu:

  • Pemanasan, contohnya yaitu santan yang dipanaskan.
  • Penambahan koagulan, contohnya yaitu pada pembuatan tahu.
  • Aktivitas enzim atau mikroba, contohnya yaitu pada susu yang sudah basi.

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang apa pengertian koagulasi. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Video yang berhubungan