Referensi buku Hukum Pidana

Pada waktu kuliah S1 FH kmrn, sy termasuk gemar membaca buku2 hukum pidana. Dan mengumpulkan buku-buku tentang hukum pidana (hukum pidana materiil khususnya, hukum pidana formil saya tdk terlalu banyak). Bagi saya, hukum pidana materiil itu lebih menarik utk dipelajari. Banyak konsep-konsep dasar yang terus menerus mengalami perkembangan, dan membutuhkan pemahaman yg baik spy kita mampu menganalisis masalah2 di bidang hukum pidana dgn baik. Itulah mengapa saya menjadi senang berburu buku2 hukum pidana materiil. Selain itu, memiliki buku hukum pidana yg lengkap, akan membantu kita dalam menulis atau melakukan penelitian, referensinya menjadi kaya. Karena itu sy menyarankan utk rekan2 yg belajar ilmu hukum utk memperkaya literatur di bidang yg disukai. Bisa hukum pidana, perdata, administrasi negara, agraria, hukum bisnis, dst. Tdk usah kuatir dgn harganya. Sebagian besar yg sy miliki ini sy dapatkan berupa buku-buku bekas. Sehingga jauh lebih terjangkau. Bukunya Schaffmeister itu sy dapatkan di pasar buku bekas jl Semarang Surabaya hanya 25rb. Bukunya Schravendijk yg langka itu sy dapatkan juga murah tdk sampai 50rb, sy lupa persisnya.

Daftar Buku Hukum Pidana Yang Wajib dibaca Mahasiswa Hukum

Ada puluhan buku hukum pidana materiil yg ada di pasaran, mulai dari karya penulis Belanda, sampai karya penulis nasional. Berikut adalah buku-buku yang ada di rak buku saya, ada beberapa lagi yang belum sempat sy masukkan, maklum, rak buku sy berantakan. Sebagian lupa sy taruh dimana. Berikut ini adalah buku-buku hukum pidana, yg perlu, kalo bisa dibaca, oleh para mahasiswa hukum pidana. Sebagian diantaranya termasuk buku-buku yang sudah langka. Sebagian lagi termasuk buku baru.

Sy sendiri belum semuanya sy baca (buku-buku yang saya sebutkan di bawah ini). Dari 30-an judul, mungkin sekitar 20-an yang baru saya baca (sebagian sy baca tuntas, bahkan beberapa kali, sebagian hanya saya baca sekilas, tidak tuntas). Sebagian sy baca berkali-kali krn selain bukunya bagus, juga karena bukunya kadang sulit dipahami.

Sering terjadi, hanya dengan sekali membaca akan mampu memahami dgn cukup baik, sehingga seringkali saya butuh utk mengulang membaca buku-buku tersebut. Itu barangkali karena daya tangkap saya yang kurang cepat. Bagi yang punya kecerdasan ekstra, mungkin sekali baca bisa memahami dgn baik. Jika demikian, maka bersyukurlah. Tapi bagi yang tdk paham hanya dengan sekali membaca, tidak usah kuatir. Kenikmatan belajar bukan pada ketika telah memahami suatu konsep saja, melainkan proses belajarnya itu sendiri sudah memberikan kesenangan tersendiri menurut saya. Sehingga, tidak usah terlalu dipermasalahkan kita berhasil mendapatkan pemahaman melalui berapa kali membaca satu buku.

Mereka adalah, menurut pendapat saya:

  1. Prinsip-Prinsip Hukum Pidana oleh Prof Eddy Hiariej.
    Buku ini mampu menjelaskan konsep-konsep hukum pidana dgn sederhana dan mudah dicerna. Harap maklum karena penulisnya seorang profesor yang masih berusia muda dari UGM. Dan cukup terkenal di kalangan ahli hukum pidana, karena dewasa ini masih jarang yang mampu meneruskan ketokohan padah ahli hukum pidana sekelas Prof Moeljatno, Prof Sudarto, Prof Roeslan, Utrecht, Bemmelen, dst.
  2. Dasar-Dasar Hukum Pidana oleh PAF Lamintang
    Buku beliau ini cukup tebal, sekitar 700 halaman klo tdk salah. Termasuk lengkap. Meskipun bagian awalnya tidak terlalu relevan ketika membahas sidik jari dst. Tapi sebagai penerjemah buku karya Simons, buku beliau termasuk kaya pembahasannya, mampu menjelaskan berbagai teori atau ajaran para ahli terhadap bermacam-macam topik di dalam hukum pidana dengan baik, dan memberikan komentarnya sendiri terhadap teori-teori ahli hukum pidana jaman dulu.
  3. Hukum Pidana 1 karya Prof Sudarto
    Buku ini tipis, pembahasannya mudah dimengerti. Bagi yang malas membaca yang tebal-tebal, buku ini bisa memberikan pilihan yang menarik. Kelebihan buku ini selain tidak terlalu tebal, juga disertai skema sederhana dalam menjelaskan sehingga mudah utk diingat.Salah satu buku terbaik untuk memulai belajar hukum pidana. Bisa jadi terbaik utk mengawali belajar hukum pidana.

    Hukum Pidana 1 Prof Sudarto

  4. Bukunya Prof Andi Hamzah, ada tiga buku, tapi pilih saja yg terbitan terbaru. Sy lupa judulnya. Gambar dibawah adalah versi terbaru dari bukunya Prof Andi Hamzah.
  5. Bukunya Schaffmeister, seperti sy sampaikan diatas, ini cocok sekali untuk yg ingin memperdalam konsep-konsep dasar hukum pidana. Pembahasan tentang bentuk-bentuk atau sifat melawan hukum nya paling lengkap diantara yang lain (dan juga konsep tentang kesalahan dalam hukum pidana), dan sering dijadikan referensi para penulis buku pidana. Ini adalah buku yang paling banyak penulis baca dibandingkan buku-buku pidana lainnya. Hanya saja, pembahasannya sulit dicerna jika pertama kali membaca buku ini. Perlu memperkuat dasar-dasar hukum pidana dulu, baru baca buku ini. Di buku inilah dipertegas betapa asas kesalahan lah yang menjadi jantung terpenting dalam pemidanaan.

    Hukum Pidana Schaffmeister

Untuk sementara saya cukupkan lima judul dulu, nanti saya sambung.

Berikut Sambungannya:

6. Kumpulan Kuliah HUkum Pidana oleh Prof. Satochid. Buku ini terdiri dari dua jilid, dan sudah sulit mendapatkan aslinya di pasar. Kelebihan buku ini adalah buku ini pembahasannya sangat sederhana dan mudah dipahami. Setingkat dengan bukunya Prof Sudarto.

7. Buku Peladjaran tentang Hukum Pidana Indonesia oleh Schravendijk
Buku ini termasuk langka di pasaran. Namun secara isi, penulis tidak banyak membacanya.

Buku Peladjaran Tentang Hukum Pidana Indonesia oleh Schravendijk

8. Hukum Pidana Komentar atas Pasal-Pasal Terpenting dari Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Belanda dan Padanannya dalam Kita Undang-Undang Hukum Pidana oleh Jan Remmelink (ada dua versi, pertama terbitan gramedia seperti yang ada di foto ini, satunya lagi terbitan penerbit lain yang terdiri dari 3 jilid). Buku pidana ini termasuk paling tebal dibandingkan buku-buku pidana lain. Sehingga wajar jika pembahasannya sangat lengkap.

Hukum Pidana Komentar Atas Pasal-Pasal Terpenting dari Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Belanda dan Padanannya dalam Kita Undang-Undang Hukum Pidana Indonesia

9. Azas-azas Hukum Pidana oleh MR Tresna.

Azas-Azas Hukum Pidana oleh MR Tresna

10. Asas-asas Hukum Pidana oleh Bambang Poernomo (UGM), bukunya tipis, tapi isinya mantap. Buku ini menurut sy adalah salah satu buku pidana terbaik. Penjelasan tentang konsep kesalahan, dalam asas kesalahan, termasuk orisinil. Penulis sangat menyukai buku ini.

Asas-asas Hukum Pidana oleh Bambang Poernomo

11. Hukum Pidana jilid 1 (ada 3 jilid) oleh van Bemmelen, super wajib.

Hukum Pidana 1 van Bemmelen. Buku ini termasuk buku yang sering penulis baca. salah satu kelebihannya adalah sangat detil membahas konsep2 dasar dalam hukum pidana. Mulai dari sifat melawan hukum, konsep kesalahan, dan pembahasan terhadap konsep-konsep penghapus pidana, boleh dibilang termasuk paling lengkap dibandingkan buku-buku pidana lainnya.12. Asas-asas hukum pidana oleh Sianturi. Buku yg sering dijadikan referensi.

Asas-asas hukum pidana di Indonesia dan penerapannya oleh Sianturi

13. Hukum Pidana 1 Zainal Abidin

Hukum Pidana 1 Zainal Abidin, merupakan salah satu buku pidana terbaik, bersama dengan bukunya Prof Moeljatno, atau Prof Bambang Poernomo, untuk penulis dalam negeri.

14. Pengertian dan Asas Hukum Pidana by Zamhari Abidin

Pengertian dan Asas Hukum Pidana by Zamhari Abidin

15 Asas-asas hukum pidana oleh Achmad Soema Di Pradja.

Asas-asas hukum Pidana R Achmad Soema Di Pradja (terjemahan karya Prof Enschede dan Prof MR Heijder)

16. Asas-asas hukum pidana di Indonesia Wirjono

17. Hukum Pidana Materiil dan Formil Oleh Topo Santoso dan Eva Achjani (sbg editor, kumpulan karya dosen-dosen PTN besar seluruh Indonesia). Buku ini termasuk sulit ditemukan di pasaran. Padahal buku ini termasuk lumayan, karena sudah masuk pidana kontemporer, banyak contoh kasusnya yang bersifat nasional (bkn dari Belanda).

Hukum Pidana Materiil dan Formil Oleh Topo Santoso dan Eva Achjani

18. Hukum Pidana dalam Bagan

Hukum Pidana dalam bagan

19. Kitab Pelajaran Hukum Pidana oleh Simons. Salah satu buku hukum pidana klasik yg banyak mewakili pandangan formil. Buku wajib utk yg ingin memperdalam hukum pidana.

Kitab Pelajaran Hukum Pidana oleh Prof D. Simons. Ini adalah buku wajib baca untuk buku dengan penulis dari Belanda. Pendapatnya, banyak menjadi acuan, terutama pahamnya yang bersifat formil. Atau konsepnya tentang kesalahan yang bersifat sosial-etis banyak dikutip oleh para ahli hukum pidana nasional.

20. Buku Pedoman Hukum Pidana Hindia Belanda oleh Mr. J.E. Jonkers.

Buku Pedoman Hukum Pidana Hindia Belanda oleh JE Jonkers.

21. Hukum Pidana Utrecht. Salah satu buku pidana paling lengkap.

Rangkaian Sari Kuliah Hukum Pidana Utrecht

Di pasar, buku ini dipisah ke dalam dua jilid. Buku diatas, dijadikan satu, dan hard cover. Sudah termasuk langka skrg ini versi hard cover. Yang banyak adalah versi bajakan. Namun jika rajin mencari, masih banyak versi ori versi dua jilid.

22. Asas-asas hukum pidana Prof. Moeljatno
Buku ini, tak bisa disangkal lagi, adalah buku klasik dalam bidang hukum pidana. Ringkas, padat, tapi cukup mendalam. Banyak ilustrasi sederhana utk menjelaskan konsep-konsep dasar hukum pidana. Bahasanya agak jadul, tapi masih mudah utk dipahami. Ini adalah buku wajib bagi mahasiswa hukum pidana. Penulisnya adalah pencetus teori dualistis. Di pasaran, sudah banyak edisi yg beredar. Sedangkan yang penulis foto disini adalah versi lawas nya. Hanya dengan mengulang-ulang baca buku ini, menguasai materi-materi di dalam buku ini, insyaallah akan cukup menguasai konsep-konsep dasar hukum pidana. Hanya saja, sayangnya, beberapa bab penting dipisah dari buku ini. Seperti pembahasan tentang poging, di pisah dalam buku tersendiri.

23. Ringkasan Hukum Pidana oleh Mr Karni. Buku ini dipuji oleh Utrecht sbg buku pidana yg bagus, dimana ketika itu buku pidana masih langka.

Ringkasan tentang Hukum Pidana KarniUtrecht memuji buku hukum pidana Karni ini sebagai salah satu hukum pidana terbaik di era itu.

24. Pokok-pokok Hukum Pidana MR Tirtaamidjaja, termasuk buku lawas dan klasik. Kelebihan buku ini, adalah digunakannya padanan konsep-konsep hukum pidana dalam bahasa Inggris. Bukan Belanda. Sehingga akan membantu kita ketika nanti belajar perbandingan hukum pidana dengan sistem negara lain atau lebih umum, criminal law nya common law.

Untuk sementara, daftar buku hukum pidana nya saya cukupkan sampai disini. Sebenarnya masih ada beberapa lagi, cuma mesti bongkar-bongkar. Misalnya bukunya Leden Marpaung, Prof Masruchin, Prof Didik, Prof Teguh (3 jilid, dan satu jilid), Adami Chazawi (tiga jilid), Tongat, Mahrus Ali, dst. Sy tahu tidak semua orang sanggup mengumpulkan buku-buku tersebut. Jika tdk sanggup, cukup pilih 3-5 buku, lalu baca baik-baik. Sy rasa itu sudah cukup memberikan pemahaman. Perlu diingat, buku2 diatas adalah buku2 hukum pidana materiil, yang fokus pada ketentuan umum dari hukum pidana. Ketentuan umum inilah yang menjadi pondasi bagi mahasiswa hukum untuk menguasai hukum pidana. Tanpa penguasaan ketentuan umum, sulit diharapkan utk menguasai perbuatan2 pidana yg begitu banyak jumlahnya.

Selain buku-buku dengan judul yang hampir sama, ada beberapa topik hukum pidana yang berdiri sendiri. Misalnya buku-bukunya Prof Roeslan Saleh (mulai dari konsep perbuatan pidana, sampai konsep kesalahan dalam hukum pidana), lalu buku-buku pidana khusus (seperti buku-bukunya Lamintang, atau buku2nya Adami Chazawi, dst), juga perlu dibaca. Pidana khusus bahkan semakin berkembang akhir-akhir ini, contohnya hukum tipikor (pemberantasan tindak pidana korupsi), TPPU, TPPO, korporasi, dst. Tidak mungkin semuanya dimasukkan dalam daftar buku pidana dalam satu posting. Insyaallah akan sy posting jika sedang mood menulis.