Saat persiapan dan latihan Teater sudah dilakukan langkah selanjutnya adalah

Hai sahabat Ahzaa, pada kesempatan ini kita lanjutkan lagi ya latihan soalnya. Pada post ini kita akan berlatih soal seni budaya kelas 9 bab 16 tentang pementasan teater modern. Bab ini merupakan bab akhir pada mapel seni budaya semester kedua.

Pementasan Teatter "Kubur"Karya Wiramanja (source :http://fbs.uny.ac.id/)
Pada bab 16 tentang pementasan teater modern ini ada tiga hal pokok materi yang dibahas yaitu kegiatan pra pementasan, pementasan dan pasca pementasan. materi masih berkutat pada kepanitiaan dan tugas- tugasnya, manajemen produksi dan artistik, rancangan pementasan dan evaluasi pementasan. Semuanya akan saya rangkum dalam bentuk latihan soal berjumlah tiga puluh butir soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannya.

Nah, langsung saja yaa,, berikut latihan soalnya.

Semoga bermanfaat
===========================================================================================
Latihan Soal Seni Budaya Kelas 9 SMP/ MTs
Semester 2
Bab 16 : Pementasan Teater Modern

===========================================================================================

1. Koordinasi dengan seluruh tim produksi, menyusun rencana dan jadwal kerja serta mengontrol pelaksanaan kerja yang berhubungan dengan produksi merupakan tugas ....
A. sekretaris
B. bendahara
C. pimpinan produksi
D. sutradara



2. Penyusunan dan penyediaan surat- surat maupun dokumen yang diperlukan untuk produksi teater dilakukan oleh ....
A. sekretaris
B. bendahara
C. pimpinan produksi
D. sutradara



3. Kerja pembukuan pendanaan yang diperlukan dalam produksi teater merupakan tanggung jawab ....
A. seksi pendanaan
B. bendahara
C. pimpinan produksi
D. sekretaris



4. Pembuatan poster dan tempelan poster tentang pertunjukan yang akan diselenggarakan merupakan salah satu tugas ....
A. seksi dokumentasi
B. seksi publikasi
C. seksi pendanaan
D. sekretaris



5. Perencanaan dan perancangan sumber dana yang diperlukan pada produksi teeter baik sebelum pementasan maupun setelah pementasan merupakan tanggung jawab ....
A. seksi pendanaan
B. bendahara
C. pimpinan produksi
D. sekretaris



6. Seksi keamanan, konsumsi, transportasi, ticketing dan penanggung jawab gedung merupakan seksi yang berada langsung di bawah tanggung jawab ....
A. sutradara
B. house manager
C. pimpinan produksi
D. sekretaris



7. Persiapan ruang untuk latihan dan gedung untuk pementasan teater modern termasuk dalam kenyamanan ruang dan kebersihan merupakan tanggung jawab ....
A. seksi konsumsi
B. seksi keamanan
C. seksi gedung
D. seksi transportasi



8. Seksi ticketing melaporkan hasil penjualan tiket langsung kepada ....
A. bendahara
B. pimpinan produksi
C. seksi pendanaan
D. sekretaris



9. Berikut ini adalah unsur- unsur dari struktur lakon kecuali ....
A. tema
B. plot
C. latar dan penokohan
D. panggung



10. Pernyataan yang salah berkaitan dengan tema dalam naskah lakon adalah ....
A. tema adalah ide dasar, gagasan atau pesan yang ada dalam naskah lakon
B. tema dapat ditentukan secara tersirat maupun tersurat
C. tema dalam sebuah lakon tidak bisa lebih dari satu
D. tema dalam sebuah lakon akan menentukan arah jalannya cerita



11. Di bawah ini adalah tiga cara mengetahui tema kecuali ....
A. melalui apa yang diucapkan tokoh- tokohnya
B. melalui apa yang dilakukan tokoh- tokohnya
C. melalui jumlah dan keseimbangan ucapan dan kelakuan tokoh- tokohnya
D. melalui lama waktu tokoh berpenampilan



12 Plot pada bagian awal berisi ....
A. permasalahan dan peleraian
B. permasalahan dan puncak permasalahan
C. peleraian dan penyelesaian masalah
D. tokoh, tempat dan perkenalan masalah



13. Bagian yang berisikan permasalahan yang dilakukan oleh tokoh protagonis dan antagonis didapatkan pada bagian ....
A. awal
B. tengah
C. akhir
D. awal dan akhir



14. Penggambaran malam, siang, pagi tahun yang sudah dilalui, tahun yang akan dilalui merupakan wujud dari penggambaran dimensi ....
A. ruang
B. waktu
C. suasana
D. jawaban B dan C benar



15. Penggambaran lakon akan suatu peristiwa yang sedang berlangsung misalnya saja keadaan damai perang, bahasia, peperangan adalah termasuk dalam dimensi ....
A. ruang
B. waktu
C. rasa
D. suasana



16. Berikut ini yang bukan merupakan pernyataan benar tentang penokohan dalam naskah lakon adalah ....
A. tokoh dalam cerita berfungsi sebagai pembentuk dan pencipta alur cerita
B. tokoh tokoh dalam cerita berguna unttuk menjalin alur cerita
C. Tokoh dalam cerita merupakan sumber utama terjadinya plot.
D. tokoh dalam cerita hanya dibagi menjadi dua jenis yaitu protagonis dan antagonis



17. Tokoh utama dalam lakon yang muncul ingin mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi dalam mencapai cita- cita adalah tokoh ....
A. protagonis
B. antagonis
C. tritagonis
D. tokoh pelengkap



18. Tokoh yang muncul dalam lakon dan melawan atau menghalang- halangi cita- cita tokoh protagonis adalah tokoh ....
A. protagonis
B. pelengkap
C. tritagonis
D. antagonis



19. Tokoh dalam lakon yang muncul dan berpihak pada sebuah kubu dan atau malah berada diluar kedua kubu disebut tokoh ....
A. pelengkap
B. tritagonis
C. protagonis
D. antagonis



20. Pembuat konsep pementasan dan pelatih pemeran dalam menguasai peran yang akan dimainkan adalah ....
A. sutradara
B. pimpinan produksi
C. seksi acara
D. seksi panggung



21. Di bawah ini adalah langkah kerja yang bisa dilakukan oleh seorang pemeran dalam menguasai dan menghayati peran yang akan dimainkan, kecuali ....
A. menghindari pemakaian bahasa kiasan dan bahasa sastra
B. mengumpulkan tindakan pokok peran
C. mengumpulkan sifat dan watak peran
D. mencari penonjolan karakter peran



22. Mengidentifikasi tindakan- tindakan dan laku yang akan dimainkan oleh pemeran merupakan langkah kerja pemeran dalam hal ....
A. mengumpulkan tindakan pokok peran
B. mengumpulkan sifat dan watak peran
C. mencari penonjolan karakter
D. mencari makna dialog dari peran yang dimainkan



23. Cara penggambaran penonjolan karakter adalah dengan ....
A. pose tubuh
B. tingkah laku
C. ekspresi muka dan cara berbicara
D. semua jawaban benar



24. Untuk menciptakan gerakan- gerakan dan ekspresi peran, maka seorang pemeran harus ....
A. mengekspresikan melalui bahasa verbal maupun bahasa tubuh
B. menggunakan berbagai pose tubuh tingkah laku, cara berbicara dan ekspresi muka
C. merasakan gejolak bathin atau emosi peran yang dimainkan
D. menganalisis tindakan yang akan dilakukan



25. Langkah seorang pemeran dalam menemukan timing yang tepat baik gerakan maupun dialog dilakukan dengan ....
A. menganalisis dialog peran dengan cara membagi dialog menjadi bagian- bagian kecil
B. merasakan gejolak bathin atau emosi peran yang dimainkan
C. memberikan tekanan dan penonjolan watak peran
D. menganalisis tindakan yang akan dilakukan



26. Pembahasan rencana- rencana artistik ang diperlukan dalam pementasan seperti pembagian kerja dan penentuan siapa yang menjadi kru atau penata dalam terwujudnya bidang keartistikan menjadi tanggung jawab ....
A. stage manager
B. pimpinan artistik
C. penata panggung
D. penata kostum



27. Pendataan kebutuhan barang- barang artistik yang diperlukan termasuk perancangan dan pembuatan jadwal atau urutan pengisi acara selama pementasan merupakan tugas dari ....
A. stage manager
B. pimpinan artistik
C. penata panggung
D. penata kostum



28. Di bawah ini yang merupakan tugas pokok dari penata rias adalah ....
A. menganalisis naskah lakon sebagai persiapan perancangan penataan rias
B. merancang tata rias pemeran sesuai dengan hasil analisis naskah lakon
C. mendata kebutuhan dan menyiapkan alat dan bahan tata rias yang akan digunakan
D. menyiapkan dan menata kostum atau busana pemeran sesuai dengan hasil rancagan yang telah dibuat



29. Kegiatan yang berhubungan dengan penataan kostum dan busana, tata kostum, dan persiapan tata kostum dan busana merupakan tanggung jawab dari ....
A. penata kostum
B. penata rias
C. penata cahaya
D. penata bunyi dan suara



30. Berikut ini adalah hal- hal terkait dengan evaluasi dari pementasan kecuali ....
A. evaluasi dilakukan untuk mengoreksi proses pementasan yang telah dilakukan
B. evaluasi dilaksanakan sebelum pementasan dilakukan
C. evaluasi sangat berguna untuk pelaksanaan pementasan selanjutnya
D. tingkat keberhasilan dan kegagalan rancangan dapat diketahui dari kegiatan evaluasi