Sebutkan bahan untuk membuat plastisin tepung dan cara membuatnya

ilustrasi bermain plastisin. familiesonline.co.uk

JABAR | 28 Januari 2021 21:07 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Masa anak-anak adalah masanya bermain. Pada masa-masa tersebut, sebagian besar waktu yang dihabiskan oleh anak-anak dan balita memang untuk bermain. Dan sebagai orang tua, pastinya kita ingin anak-anak kita bermain dengan permainan yang bermanfaat dan mengedukasi.

Jika Anda bingung mencari mainan yang bisa bermanfaat bagi anak, Anda bisa memberikan mereka mainan plastisin. Plastisin adalah lilin mainan warna-warni yang bisa diubah menjadi berbagai bentuk. Melihat mainan ini, akan mengingatkan Anda dengan tanah liat, tapi yang tidak bisa mengeras.

Tekstur plastisin yang lembut dan mudah dibentuk, membuat mainan ini aman bagi anak-anak. Selain itu, bermain plastisin berguna untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak, mengasah kemampuan analisis, dan melatih problem solving.

Untuk mendapatkannya, Anda tidak perlu repot-repot membeli mainan ini. Karena Anda pun juga bisa membuat plastisin sendiri di rumah. Cara membuat plastisin tidak sesulit yang dibayangkan.

Meskipun terdengar menyenangkan, Anda juga harus mengawasi buah hati Anda ketika bermain mainan ini. Pasalnya, meski mainan ini aman, bukan berarti juga aman untuk dimakan. Jadi, jaga anak Anda agar tidak sampai menelan mainan ini.

Jika Anda tertarik memberikan mainan yang penuh kreativitas dan imajinasi ini kepada anak Anda, berikut kami tunjukkan bagaimana cara membuat plastisin yang sederhana dan mudah diikuti, yang dikutip dari thoughtco.com.

2 dari 6 halaman

Tanah liat dasar ini pada dasarnya adalah adonan yang mudah dibuat dengan memanfaatkan bahan-bahan di dapur Anda. Plastisin ini sudah cukup sebagai pemodelan dasar, tetapi Anda harus membuangnya sebelum bakteri mulai berkembang. Yang Anda butuhkan untuk membuatnya adalah:

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 2,5 cangkir tepung
  • 1 cangkir garam
  • 1 gelas air

Cara Membuat Plastisin:

  1. Pewarna makanan (opsional)
  2. Campur semua bahan tanah liat.
  3. Simpan tanah liat model di lemari es dalam kantong plastik tertutup atau dalam mangkuk yang ditutup dengan bungkus plastik.

3 dari 6 halaman

Plastisin buatan sendiri ini menggunakan minyak dan krim tartar untuk membuatnya mengental, sehingga menghasilkan plastisin yang lebih kencang dari cara sebelumnya. Plastisin ini juga sempurna sebagai proyek pemodelan sederhana, dan hanya membutuhkan beberapa bahan.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 1 cangkir garam
  • 2 cangkir tepung
  • 4 sendok makan krim tartar
  • 4 sendok makan minyak sayur
  • 2 gelas air
  • Pewarna makanan (opsional)

Cara Membuat Plastisin:

  1. Aduk semua bahan kering. Campurkan minyak.
  2. Kemudian campurkan air dan pewarna makanan.
  3. Masak dengan api kecil, aduk terus sampai mengental dan menarik keluar dari sisi panci.
  4. Dinginkan plastisin sebelum digunakan.
  5. Simpan plastisin dalam wadah tertutup atau kantong plastik.

4 dari 6 halaman

Cara membuat plastisin yang ketiga ini akan menghasilkan plastisin yang mirip dengan kedua cara sebelumnya. Yang membedakan hanyalah bahan-bahannya yang menggunakan tepung maizena dan soda kue daripada tepung dan garam.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 1 cangkir tepung maizena
  • 2 cangkir soda kue
  • 1,5 gelas air dingin
  • Pewarna makanan (opsional)

Cara Membuat Plastisin:

  1. Campur bahan bersama-sama di atas api kecil sampai adonan terbentuk.
  2. Tutupi plastisin dengan kain lembap dan biarkan dingin sebelum digunakan.
  3. Segel produk tanah liat yang sudah jadi dengan lak.

5 dari 6 halaman

Cara yang keempat ini akan menghasilkan plastisin dengan konsistensi halus yang mirip dengan mainan Play-Doh untuk anak-anak di toko.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 3 1/2 cangkir tepung
  • 1/2 cangkir garam
  • 1 sendok makan krim tartar
  • 2 1/2 sendok makan minyak sayur
  • 2 gelas air
  • Pewarna makanan (opsional)
  • Ekstrak vanilla untuk aroma (opsional)

Cara Membuat Plastisin:

  1. Ambil air untuk direbus. Masukkan minyak, pewarna makanan, dan ekstrak vanilla. Campur bahan-bahan kering (tepung, garam, dan krim tartar) dalam mangkuk.
  2. Tambahkan cairan panas ke bahan kering sedikit demi sedikit, aduk hingga menghasilkan plastisin yang lentur.
  3. Plastisin ini dapat disimpan tanpa batas waktu dalam wadah tertutup pada suhu kamar.

6 dari 6 halaman

Cara membuat plastisin yang terakhir ini bisa digunakan untuk membuat plastisin yang berguna sebagai hiasan, perhiasan, atau patung kecil. Plastisin dapat mengeras setelah dipanggang. Potongan plastisinnya juga dapat dicat jika Anda mau.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 4 cangkir tepung
  • 1 cangkir garam
  • 1 1/2 gelas air

Cara Membuat Plastisin:

  1. Campur semua bahan untuk membentuk tanah liat.
  2. Simpan plastisin dalam wadah tertutup sampai dibutuhkan.
  3. Panggang potongan yang sudah jadi di atas loyang anti lengket pada suhu 350 derajat Fahrenheit selama kurang lebih satu jam atau sampai plastisin berwarna agak kecokelatan di sekitar tepinya.
  4. Dinginkan plastisin yang dipanggang di rak kawat sebelum memegangnya atau mengecatnya.
(mdk/ank)

ilustrasi bermain plastisin. familiesonline.co.uk

JATENG | 28 Mei 2021 10:36 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Bermain plastisin menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Bahan lunak yang disebut juga dengan playdough ini bisa dibentuk menjadi aneka mainan yang menarik. Tak hanya menyenangkan, bermain plastisin juga dianggap mampu melatih imajinasi anak-anak.

Plastisin adalah mainan sederhana seperti gumpalan tanah liat yang dapat dibentuk sesuai keinginan. Saat ini, banyak sekali ditemukan berbagai jenis plastisin yang bisa menarik perhatian anak-anak. Selain untuk mainan anak, plastisin juga dapat digunakan untuk menghias berbagai benda di rumah seperti tempelan, bingkai, foto, dan masih banyak lagi.

Sesuai dengan tujuannya, plastisin adalah bahan lunak yang digunakan pada anak. Untuk itu, standarisasi keamanan sudah terjaga dan tidak perlu khawatir. Namun, jika Anda meragukan keamanannya, bisa membuat plastisin sendiri di rumah.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan plastisin dan bagaimana cara membuatnya? Simak ulasannya yang merdeka.com rangkum dari laman Barbara Reid:

2 dari 4 halaman

©2020 Merdeka.com/bachtiarudin

Seperti yang sudah diketahui, plastisin adalah jenis lilin mainan yang bisa dibentuk sesuka hati oleh anak-anak. Bahan lunak yang ditemukan oleh William Harburt ini digunakan sebagai pengganti tanah liat. William Harburt sendiri adalah seorang guru seni asal Inggris yang mencari alternatif bahan sebagai penunjang kreativitas para muridnya.

Berbeda dengan tanah liat yang terlihat kotor dan mudah mengeras, plastisin lebih bersih dan didesain agar tidak mudah mengeras karena mengandung lilin dan berbentuk adonan. Bahannya yang lunak dan mudah dibentuk, plastisin dianggap mampu melatih motorik anak-anak dan sangat cocok dengan jari-jari kecil mereka.

3 dari 4 halaman

familiesonline.co.uk

Teksturnya yang lunak dan mudah dibentuk, membuat plastisin dapat digunakan untuk membuat berbagai kerajinan unik dan menarik. Tak hanya itu, kerajinan plastisin juga mempunyai nilai yang tinggi dan cocok dijadikan ladang bisnis yang menguntungkan.

Saat ini, banyak sekali kerajinan plastisin yang dapat dibuat sendiri di rumah. Beberapa contoh kerajinan dari plastisin antara lain bentuk gajah, miniatur buah, bentuk kue, patung hewan, manusia salju, dan masih banyak lagi.

Tak hanya sebagai media kerajinan, plastisin juga dapat digunakan untuk media pembelajaran. Dengan plastisin, Anda bisa membuat berbagai media pembelajaran seperti mengenal huruf dan angka, mengenal hewan, dan bentuk media pembelajaran lainnya.

4 dari 4 halaman

Saat ini, banyak sekali berbagai jenis plastisin yang mudah ditemukan di pasar atau tempat-tempat yang menjual mainan anak. Namun untuk menghemat biaya, Anda bisa membuat plastisin sendiri di rumah. Berikut beberapa cara membuat plastisin yang mudah dan aman:

Cara Membuat Plastisin Sederhana

Bahan-bahan:

• 2 sendok makan garam

• 8 sendok makan tepung terigu

• 1 sendok makan minyak sayur

• Pewarna makanan secukupnya

• 60 ml air hangat

Cara membuat:

1. Campur tepung dan garam di mangkuk pertama

2. Setelah itu, campur juga air dan pewarna di mangkuk kedua

3. Tuang larutan air dan pewarna ke mangkuk pertama yang berisi tepung, lalu aduk hingga rata

4. Tuang adonan plastisin ke atas meja atau alas yang telah ditaburi tepung terigu

5. Setelah itu, uleni adonan hingga tercampur rata dan tambahkan pewarna makanan.

Cara Membuat Plastisin Oatmeal

Bahan-bahan:

• 1 cangkir tepung terigu

• 2 cangkir oatmeal

• 1 cangkir air mateng

Cara membuat:

1. Langkah pertama, campur semua bahan di mangkuk, kemudian aduk hingga rata

2. Setelah itu, tuang adonan ke atas meja yang telah dibaluri dengan tepung terigu, lalu uleni hingga rata

3. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera.

(mdk/jen)