Sebutkan beberapa sikap tubuh yang kurang baik dalam melakukan presentasi

Saat melakukan presentasi, pastinya kita hanya fokus terhadap diri sendiri agar bisa menyampaikan materi dengan bik. Hal itu memang tidak salah, namun masih banyak orang yang melakukan kesalahan umum saat presentasi.

Kesalahan tersebut misalnya mengabaikan audiens, kurangnya sesi tanya jawab, sampai juga sikap grogi yang akhirnya berpengaruh kepada pembawaan saat presentasi.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kesalahan-kesalahan yang kerap terjadi? Berikut Glints akan menjelaskannya untukmu.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Skill Komunikasi Ini di Dunia Kerja

Kesalahan-Kesalahan Umum saat Presentasi

© Freepik.com

Sebelum masuk ke dalam solusi menghindari kesalahan umum yang sering dilakukan saat presentasi, ada baiknya kamu mengetahui apa saja bentuk dari kesalahan tersebut.

1. Tidak melakukan persiapan yang matang

Sering kali kita sering terlalu percaya diri untuk membawakan materi yang kita kira cukup dikuasai. Hal tersebut akhirnya membuat kita tidak melakukan persiapan secara matang.

Mungkin saja ada dari kita yang tidak melakukan latihan atau tidak membawa catatan saat presentasi sehingga akhirnya mendadak lupa saat melakukan presentasi. Hal ini salah besar dan harus dihindari.

Menguasai materi presentasi juga akan meningkatkan rasa percaya diri. Dengan begitu, kamu tidak akan terlalu gugup dan tampil lebih rileks.

Sikap rileks kamu ini akan berpengaruh kepada para audiens, lho! Mereka akan menikmati penampilan kamu, sehingga secara tidak langsung juga akan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang kamu sampaikan.

2. Komunikasi yang terlalu satu arah

Saking semangatnya menyampaikan materi, terkadang pembicara tidak menyadari bahwa dirinya hanya melakukan komunikasi satu arah. Tidak ada interaksi dengan audiens sehingga pembicara terkesan seperti menggurui.

Lemparkan beberapa pertanyaan singkat ataupun menunjuk audiens secara acak untuk dimintai pendapat. Mengabaikan audiens juga bisa terjadi jika kamu tidak melakukan kontak mata dengan mereka.

Gaya presentasi dengan mengabaikan para audiens seperti ini dapat membuat audiens merasa bosan walaupun materi yang kamu bawakan menarik.

Baca Juga: Sejarah dan Fungsi Microsoft Word yang Wajib Kamu Tahu

3. Terlalu bertele-tele dalam presentasi

Menyampaikan presentasi yang memukau adalah menyampaikan materi presentasi dengan lugas dan dapat dimengerti oleh para audiens.

Jadi, hindari menggunakan kata-kata atau kalimat yang terlalu panjang atau terlalu banyak menggunakan istilah-istilah asing.

Dilansir dari Harvard Business Review, terlalu banyak berbicara dengan jargon yang kurang familiar memang tergolong ke dalam kesalahan umum saat presentasi.

Oleh karena itu, gunakan istilah-istilah yang familiar dengan audiens agar materi yang disampaikan dapat lebih dimengerti.

Dengan kata-kata atau istilah yang sulit dimengerti, kamu malah membuat audiens bingung dan mengaburkan maksud dari inti yang ingin disampaikan.

Hal ini juga menyebabkan audiens bosan dan malas untuk mendengar kelanjutan dari presentasi kamu. Usahakan juga untuk melakukan presentasi 20-50 menit agar durasi tidak terlalu panjang.

4. Berbicara dengan berbisik

Secara tidak sadar, sering kali kita berbicara kurang keras bahkan condong berbisik walaupun sudah menggunakan mikrofon.

Hal tersebut bisa mengganggu jalannya presentasi karena audiens tidak mendengar dengan baik materi apa yang kamu sampaikan.

Selalu ingat bahwa kamu akan menyampaikan materi kepada banyak orang yang pastinya memerlukan suara yang jelas dan mudah dicerna.

Sampaikan kata-kata kamu secara jelas dengan intonasi pada kalimat-kalimat utama yang ingin dipertegas.

Nah, dari beberapa kesalahan umum di atas, Glints ingin tahu apa, sih, kesalahan yang biasanya kamu lakukan? Yuk, isipollingini, ya.

Coming Soon
Kesalahan apa yang pernah/sering kamu lakukan?
Tidak melakukan persiapan dengan matang
Tidak berinteraksi dengan audiens
Menjelaskan materi secara bertele-tele
Berbicara dengan suara pelan
Results Vote
Kesalahan apa yang pernah/sering kamu lakukan?
Tidak melakukan persiapan dengan matang 1 ( 20 % )
Tidak berinteraksi dengan audiens 2 ( 40 % )
Menjelaskan materi secara bertele-tele 1 ( 20 % )
Berbicara dengan suara pelan 1 ( 20 % )
Back
Kesalahan apa yang pernah/sering kamu lakukan?
Tidak melakukan persiapan dengan matang 1 ( 20 % )
Tidak berinteraksi dengan audiens 2 ( 40 % )
Menjelaskan materi secara bertele-tele 1 ( 20 % )
Berbicara dengan suara pelan 1 ( 20 % )
Back

Kalau sudah, Glints punya beberapa tips untukmu agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan itu lagi. Simak, yuk!

Cara Menghindari Kesalahan saat Presentasi

© Freepik.com

Dilansir dari Forbes, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghindari kesalahan saat presentasi yang umum dilakukan, di antaranya adalah:

1. Menghindari membaca keseluruhan slide

Slide yang kamu tampilkan dalam presentasi merupakan rangkuman dari materi yang kamu bawakan. Maka dari itu, jangan membaca keseluruhan yang ada dalam slide.

Tampilkan saja poin-poin besar dari inti tiap halaman dari slide yang kamu tampilkan. Sisanya, kamu bisa menjelaskan sendiri sesuai dengan gayamu.

Ada dua pertanyaan yang perlu kamu persiapkan setiap slidenya, yang pertama adalah garis besar apa yang ingin disampaikan dalam slide ini. Lalu yang kedua adalah mengapa audiens harus peduli terhadap bagian ini.

Jangan lupa untuk selalu melempar pertanyaan, menggunakan contoh, dan juga berbagi anekdot agar tidak monoton.

2. Hindari berbicara terlalu cepat dan terlalu lama

Sebelum kamu menyampaikan presentasi ke depan umum, lakukan latihan terlebih dahulu untuk mengukur durasi. Sebagai gambaran, jangan sampai jatah waktu 30 menit kamu jadikan hanya 10 menit.

Idealnya, tiap slide membutuhkan 1-2 menit. Jika kamu membacakan materi 1 slide-nya berdurasi 4-5 menit, kamu bisa membaginya menjadi 2 slide.

Kuncinya adalah latihan terlebih dahulu dan jika memungkinkan kamu bisa siapkan pengingat agar kamu terhindar dari kesalahan saat presentasi.

3. Mengatasi perasaan cemas berlebih

Bukan hal biasa jika kita merasa grogi dan cemas saat akan melakukan presentasi. Maka dari itu, carilah cara yang paling nyaman kamu lakukan saat mempresentasikan materi.

Banyak orang yang melakukan latihan beberapa hari sebelumnya untuk menenangkan hati. Ada juga yang menggunakan wewangian yang berbau lavender agar perasaan lebih rileks.

Namun, ada 1 kunci penting agar kamu terhindar dari rasa cemas yang berlebih, yaitu bawakan materi yang sudah kamu kuasai.

Perasaan cemas atau takut biasanya diawali dari bahan materi yang kemungkinan tidak kamu kuasai atau tidak kamu kuasai. Maka dari itu, carilah materi yang memang benar-benar kamu sukai dan kamu ketahui secara mendalam.

Hal ini akan membuatmu merasa senang karena bisa berbagi sesuatu yang sudah kamu sukai sejak awal.

Baca Juga: Kiat Menyampaikan Key Message secara Efektif

Jadi, kesalahan apa saja yang biasanya kamu lakukan saat presentasi? Apakah ada di antara lis di atas? Apakah kamu sudah menemukan solusi yang tepat untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut?

Nah, kamu bisa tanya-jawab dengan para profesional terkait dengan tips presentasi jika gabung Glints Komunitas. Segera daftar, dan mulailah berdiskusi.

  • Five Presentation Mistakes Everyone Makes
  • Heres How To Avoid 5 Tragic Presentation Mistakes