Sebutkan contoh penerapan nilai nilai pancasila terhadap hewan yang sesuai dengan sila kelima

Pancasila yakni perjanjian luhur rakyat Indonesia & menjadi anutan tingkah laris dlm kehidupan sehari-hari. Selain itu, Pancasila mampu menjadi pelindung dr segala oknum yg perbuatannya tak sesuai dgn nilai-nilai Pancasila. Semua yg hidup di atas bumi Indonesia dilindungi oleh Pancasila.

Pancasila pula mengendalikan relasi antara insan dgn makhluk hidup lainnya. Makara, Pancasila tak cuma diterapkan bagi manusia Indonesia, namun bisa pula dipraktekkan pada binatang & tumbuh-tumbuhan. Pancasila menumbuhkan sikap peduli kepada makhluk hidup di sekeliling insan. 

  • Penerapan Pancasila Pada Masa Orde Baru
  • Nilai Instrumental Pancasila

Lantas, apa saja teladan penerapan sila kelima pancasila terkait dgn sikap peduli terhadap hewan? Nah, pada peluang ini kami akan menunjukkan beberapa contoh penerapan sila kelima yg memperlihatkan sikap peduli kepada binatang. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca ihwal sila kelima semakin bertambah.

Yuk, berikut ini pembahasannya…

Beberapa pola penerapan sila kelima pancasila terkait dgn sikap peduli kepada hewan adalah sebagai berikut:

1. Mengurus Hewan Peliharaan dgn Baik

Sila kelima Pancasila menumbuhkan sikap peduli kepada hewan peliharaan yg ditunjukkan dgn cara mengurus semua binatang itu dgn baik. Hewan pula memerlukan makan agar dapat mempertahankan hidupnya. Oleh alasannya adalah itu, kita selaku manusia harus mampu menyebarkan makanan dgn hewan peliharaan.

2. Melindungi & Menyayangi Hewan

Penerapan sila kelima terhadap hewan mampu pula dlm bentuk perilaku melindungi & mengasihi hewan. Misalnya, kucing yg hidup di dlm rumah kita. Kucing tersebut mesti kita jaga & sayangi sebagai pendamping hidup manusia di dlm rumah.

3. Menjaga Hewan dr Kepunahan

Sila kelima bisa pula dipraktekkan pada hewan dgn cara menjaganya dr kepunahan. Saat ini, ada beberapa jenis binatang yg terancam punah akhir ulah insan, seperti berburu. Tugas manusia dikala ini ialah melestarikan kehidupan binatang tersebut supaya tak punah.

4. Memberikan Tempat Tinggal yg Layak

Contoh penerapan sila kelima terhadap hewan mampu pula ditunjukkan dgn menunjukkan daerah tinggal atau kandang yg layak bagi hewan peliharaan. Hal ini bertujuan supaya binatang merasa tenteram hidup berdampingan dgn manusia.

Demikianlah klarifikasi ihwal Contoh Penerapan Sila Kelima Terhadap Hewan. Bagikan bahan ini agar orang lain pula mampu membacanya. Terima kasih, mudah-mudahan berguna.

Cari soal sekolah lainnya

KOMPAS.com - Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Tiap sila memiliki nilai yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya kepada sesama manusia, melainkan pada makhluk hidup lainnya beserta lingkungan alam.

Misalnya sila pertama Pancasila yang berbunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa". Nilai yang ada di dalam sila tersebut bisa diterapkan kepada manusia, hewan, dan alam sekitar kita.

Menurut Ni Putu Candra Prastya Dewi dalam Buku Ajar Mata Pelajaran Sekolah Dasar PKN dan Pancasila (2020), contoh penerapan sila pertama Pancasila adalah tidak memaksa seseorang untuk memeluk agama tertentu.

Contoh lainnya, yaitu kita menghormati keyakinan dan agama orang lain, serta merawat lingkungan alam sebagai pemberian Tuhan.

Baca juga: Contoh Penerapan Sila Pertama Pancasila

Lalu, bagaimanakah contoh penerapan sila pertama terhadap hewan?

Contoh penerapan sila pertama terhadap hewan

Dikutip dari buku Pancasila (2012) karya Suparman, sila pertama Pancasila menegaskan bahwa bangsa Indonesia mengakui adanya Tuhan.

Ini berarti masyarakat bertakwa kepada Tuhan sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing. Begitu pula dalam menjalankan kewajiban agamanya.

Dengan demikian, kita sebagai manusia hendaknya mengakui bahwa hewan hadir di dunia ini karena merupakan anugerah Tuhan.

Begitu pula dengan tumbuhan. Kita juga harus mengakui bahwa tumbuhan merupakan makhluk hidup ciptaan Tuhan.

Salah satu contoh penerapan sila pertama terhadap hewan adalah melindungi serta merawat hewan sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

Baca juga: Perilaku yang Mencerminkan Nilai Sila Pertama Pancasila

Berikut beberapa contoh penerapan sila pertama Pancasila terhadap hewan:

  1. Menyadari bahwa hewan juga merupakan makhluk hidup ciptaan Tuhan, sama seperti manusia
  2. Mensyukuri keberadaan hewan di sekitar kita sebagai anugerah dan pemberian Tuhan Yang Maha Esa
  3. Menjaga hewan
  4. Menyayangi hewan sebagai sesama makhluk hidup.

Contoh penerapan sila pertama terhadap hewan adalah melestarikan hewan dan tidak menyakiti hewan dengan cara apa pun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Cari soal sekolah lainnya

Bisakah kamu sebutkan contoh penerapan sila kelima pancasila terkait dengan sikap peduli terhadap hewan? Pancasila adalah ideologi dan dasar negara Indonesia. Nilai-nilai kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat dijiwai oleh Pancasila. Sejak awal dibentuknya Republik Indonesia, Pancasila telah disepakati oleh para tokoh pendiri bangsa sebagai satu-satunya dasar dalam bernegara.

Contoh Penerapan Sila Kelima Terhadap Hewan

Pancasila adalah perjanjian luhur rakyat Indonesia dan menjadi pedoman tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Pancasila bisa menjadi pelindung dari segala oknum yang perbuatannya tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Semua yang hidup di atas bumi Indonesia dilindungi oleh Pancasila.

Pancasila juga mengatur hubungan antara manusia dengan makhluk hidup lainnya. Jadi, Pancasila tidak hanya diterapkan bagi manusia Indonesia, tetapi bisa juga diterapkan kepada hewan dan tumbuh-tumbuhan. Pancasila menumbuhkan sikap peduli terhadap makhluk hidup di sekitar manusia. 

Baca Juga:

  • Penerapan Pancasila Pada Masa Orde Baru
  • Nilai Instrumental Pancasila

Lantas, apa saja contoh penerapan sila kelima pancasila terkait dengan sikap peduli terhadap hewan? Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa contoh penerapan sila kelima yang menunjukkan sikap peduli terhadap hewan. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang sila kelima semakin bertambah.

Yuk, berikut ini pembahasannya...

Beberapa contoh penerapan sila kelima pancasila terkait dengan sikap peduli terhadap hewan adalah sebagai berikut:
Sila kelima Pancasila menumbuhkan sikap peduli terhadap hewan peliharaan yang ditunjukkan dengan cara mengurus semua hewan itu dengan baik. Hewan juga memerlukan makan agar dapat mempertahankan hidupnya. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus bisa berbagi makanan dengan hewan peliharaan.
Penerapan sila kelima terhadap hewan bisa juga dalam bentuk sikap melindungi dan menyayangi hewan. Misalnya, kucing yang hidup di dalam rumah kita. Kucing tersebut harus kita jaga dan sayangi sebagai pendamping hidup manusia di dalam rumah.
Sila kelima bisa juga diterapkan kepada hewan dengan cara menjaganya dari kepunahan. Saat ini, ada beberapa jenis hewan yang terancam punah akibat ulah manusia, seperti berburu. Tugas manusia saat ini adalah melestarikan kehidupan hewan tersebut agar tidak punah.
Contoh penerapan sila kelima terhadap hewan bisa juga ditunjukkan dengan memberikan tempat tinggal atau kandang yang layak bagi hewan peliharaan. Hal ini bertujuan agar hewan merasa nyaman hidup berdampingan dengan manusia.

Demikianlah penjelasan tentang Contoh Penerapan Sila Kelima Terhadap Hewan. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

4+ Contoh Penerapan Sila Kelima Terhadap Hewan 2019-08-20T04:26:00-07:00 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana