Sebutkan contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas pada peralatan rumah tangga

Sebutkan 3 contoh alat rumah tangga yang mengubah energi listrik menjadi energi panas

Contoh Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Panas

ilustrasi perubahan energi listri menjadi energi panas, sumber gambar: https://www.freepik.com/

Dalam buku Energi Terbarukan oleh Hamdi (2016) dijelaskan bahwa energi listrik banyak dimanfaatkan di dalam kehidupan sehari-hari, contohnya untuk menghasilkan energi panas. Beberapa contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas yaitu sebagai berikut:

1. Kompor Listrik

Kompor listrik berbeda dengan karakteristik kompor gas karena kompor ini dapat dioperasikan dengan cara menyambungkannya ke aliran listrik. Kompor jenis ini memanfaatkan energi elektromagnetik agar dapat menghasilkan energi panas, sehingga dapat digunakan untuk memasak.

ADVERTISEMENT

2. Setrika Listrik

Setrika yang disambungkan ke listrik akan memperoleh arus listrik, sehingga dapat menghasilkan energi panas. Energi panas yang dihasilkan oleh setrika dapat dimanfaatkan untuk menghaluskan baju yang kusut.

3. Penanak Nasi

Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas yang berikutnya adalah penanak nasi. Penanak nasi yang tersambung dengan listrik akan membuat beras menjadi matang, sehingga dapat berubah menjadi nasi yang dapat dimakan.

4. Oven Listrik

Oven adalah salah satu alat rumah tangga yang mampu menghasilkan perubahan energi, dari energi listrik menjadi energi panas. Umumnya, oven digunakan untuk membuat kue atau memasak makanan lainnya. alat ini memiliki ruang tertutup yang mampu menghasilkan panas, sehingga dapat membuat bahan makanan menjadi matang.

ADVERTISEMENT

5. Solder

Solder merupakan salah satu alat yang umumnya digunakan untuk memperbaiki berbagai perkakas. Solder termasuk alat yang berasal dari energi listrik yang dapat berubah menjadi energi panas. Perubahan energi tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyambungkan serangkaian komponen peralatan tertentu.

Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas sangatlah banyak di dalam kehidupan ini. Namun, alangkah lebih bijak jika kita dapat memanfaatkan energi listrik dengan bijak dan tidak konsumtif untuk meminimalisir terjadinya kelangkaan suatu hari nanti.

(DLA)

Contoh Perubahan Energi Listrik menjadi Energi Panas

Peristiwa perubahan energi listrik menjadi energi panas dapat diamati di lingkungan sekitar bahkan seringkali dimanfaatkan oleh manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Melansir dari buku IPA Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI Paket A yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ada banyak sekali benda-benda di sekitar manusia yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi panas, yaitu:

1. Setrika Listrik

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Setrika listrik membutuhkan energi listrik agar dapat berfungsi dengan baik. Sumber: Pixabay.com

Setrika merupakan benda konduktor atau benda yang bisa menghantarkan energi listrik dan energi panas. Dalam kehidupan sehari-hari, setrika dibutuhkan untuk merapikan pakaian.

ADVERTISEMENT

Untuk melakukan hal tersebut, setrika harus memiliki energi panas agar pakaian dapat menjadi rapi. Energi listrik juga dibutuhkan agar setrika dapat memanas.

Oleh karena itu, proses pemanasan setrika adalah salah satu contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas.

2. Kompor Listrik

Kompor listrik juga merupakan salah satu alat rumah tangga yang dibutuhkan manusia untuk membuat memasak makanan. Kompor listrik tentunya membutuhkan energi listrik agar dapat berfungsi dengan baik.

Setelah berfungsi, kompor listrik akan mengeluarkan energi panas yang dibutuhkan untuk membuat masakan menjadi matang. Proses ini juga merupakan contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas.

3. Water Heater dan Dispenser

Manusia kini tak perlu memasak air di panci, kini telah ada alat untuk memanaskan air secara otomatis, yakni water heater dan dispenser.

ADVERTISEMENT

Kedua benda ini memiliki kemampuan dalam memanaskan air. Agar dapat berfungsi dengan baik, kedua benda ini harus mendapatkan energi listrik.

Ketika mendapatkan energi listrik, water heater dan dispenser akan mengeluarkan energi panas sehingga dapat memanaskan air yang ada di dalamnya.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas adalah ketika air dipanaskan menggunakan water heater. Sumber: iStock.com

4. Solder

Solder merupakan salah satu alat yang memiliki fungsi untuk memanaskan atau melelehkan timah agar memudahkan proses penyambunhan antara dua buah komponen atau lebih.

Solder dapat mengubah energi listrik menjadi energi panas. Ketik kabel dari solder dicolokkan ke sumber aliran listrik, maka bagian dari solder akan memanas dan akan melelehkan timah.

5. Oven Listrik

Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas lainnya adalah oven listrik. Oven listrik adalah benda yang memiliki fungsi untuk memanaskan, memanggang atau mengeringkan makanan.

ADVERTISEMENT

Oven listrik ini tentunya membutuhkan energi listrik agar dapat memanaskan makanan. Setelah mendapatkan aliran listrik, oven akan mengeluarkan energi panas sehingga dapat memanaskan atau memanggang makanan yang ada di dalamnya.

(SAI)

Apa Itu Energi?

Energi merupakan suatu kekuatan yang mampu menghasilkan perubahan pada benda. Selain itu energi juga memiliki hukum kekekalan yang di rumuskan dengan Joule. Hukum kekekalan Joule sendiri memiliki arti energi yang tidak bisa hilangkan, akan tetapi energi tersebut dapat di ubah menjadi energi lain.

Seperti halnya energi angin dapat di ubah menjadi energi listrik dan energi listrik dapat berubah menjadi berbagai kebutuhan manusia. Contoh energi pada listrik yakni seperti kalian menonton tv, maka dari hal tersebut dalam disimpulkan dari energi listrik di ubah menjadi energi suara dan gambar.

Baca juga:Macam-macam Energi Alternatif

Pengertian energi yang berasal dari bahasa Yunani yaitu “ergon” yang berarti kerja. Dalam hal ini sama dengan kita melakukan sebuah pekerjaan, yang pastinya akan menggunakan energi, baik dengan sadar ataupun tidak sadar. Contohnya, ketika kita sedang melakukan sebuah aktivitas atau olahraga maka dengan demikian kita memerlukan energi.

Setiap aktivitas yang berbeda-beda, tentu kita memerlukan energi dalam jumlah yang cukup dan bentuk energi tersebut juga berbeda-beda. Energi merupakan suatu objek yang bisa berpindah dengan interaksi fundamental yang bisa diubah bentuknya tetpi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan. Satuan Internasional dari energi adalah Joule (J).

Baca juga:Sumber-sumber Energi Listrik

Macam - Macam Energi

Berdasarkan dari beberapa pendapat para ahli, bahwa ada banyak sekali yang menyimpulkan bahwa perubahan energi dapat berasal dari mana saja. Tidak hanya dari alam, tapi energi juga ada yang berasal dari dalam tubuh. Adapun pengertian energi menurut para ahli adalah sebagai berikut ini:

1. Campbell, Reece, dan Mitchell

Menurut Campbell, Reece, dan Mitchell, menyimpulkan bahwa Energi merupakan kemampuan untuk melakukan sesuatu. Atau secara ringkas energi sama halnya dengan kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan.

2. Einstein

Einstein menyimpulkan bahwa energi merupakan suatu produk dari massa dan kuadrat kecepatan cahaya seperti halnya cahaya matahari.

3. Robert L. Wolke

Menurut Robert L. Wolke, menyimpulkan bahwa energi merupakan kemampuan untuk membuat sesuatu.

4. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut kamus KBBI, energi merupakan suatu kemampuan yang dapat melakukan perubahan pada suatu benda. Contoh listrik menjadi energi gerak, dan masih ada banyak lagi.

5. Michael J. Moran

Michael J. Moran, menyebutkan bahwa energi merupakan konsep dasar dari Termodinamika menjadi aspek penting dari analisis teknis.

6. Young

Menurut Young, energi merupakan sebuah pekerjaan yang mampu menciptakan suatu produk, yang artinya setiap pekerjaan pasti ada dasar energi.

7. Mikrajuddin

Menurut Mikrajuddin, energi merupakan suatu kemampuan yang berguna untuk manyelesaikan suatu pekerjaan.

Baca juga:Macam-macam Energi Alternatif