sebutkan dan jelaskan tugas-tugas malaikat yang wajib diketahui

Kehidupan ummat Islam sebagai hamba Allah merupakan peran yang kompleks. Sebagai makhluk yang diberi akal, manusia diberikan keleluasaan untuk berpikir. Namun pada proses kehidupan baik di dunia maupun akhirat, manusia tidak hidup sendirian. Allah bahkan menyiptakan makhluk lain yang berdampingan bahkan bertugas mengawal manusia. Makhluk itu berama malaikat.

Dalam bahasa Arab, malaikat merupakan bentuk jamak dari malak. Ada ulama yang berpendapat bahwa kata malak terambil dari kata alaka, malakah yang berarti mengutus atau perutusan/risalah. Malaikat adalah utusan-utusan Allah untuk berbagai fungsi.

Pada sebuah riwayat bahkan menyatakan bahwa malaikat hadir lebih dekat pada majlis-majlis zikir, shalawat, dan ilmu. Hal tersebut sebagaimana riwayat Imam Bukhari. Disampaikan bahwa setelah malaikat selesai hadir pada majlis zikir, malaikat-malaikat menuju Allah dan menyampaikan kami (malaikat, red) habis hadir di majelis zikir.

Sesungguhnya, jumlah malaikat yang Allah ciptakan ada begitu banyak. Namun dalam Islam, ada 10 nama malaikat yang wajib diketahui dan iimani.

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril dinamai Ar Ruh, Al Amin, dan Ruh Al Qudus. Salah satu tugasnya adalah menyampaikan wahyu Allah kepada para Rasul. Allah menegaskan tentang malaikat Jibril dalam Surat An Nahl ayat 102.

قُلْ نَزَّلَهٗ رُوْحُ الْقُدُسِ مِنْ رَّبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهُدًى وَّبُشْرٰى لِلْمُسْلِمِيْنَ ١٠٢

Katakanlah, Rohulkudus (Jibril) menurunkan Al-Quran itu dari Tuhanmu dengan kebenaran, untuk meneguhkan (hati) orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang yang berserah diri (kepada Allah).
(Surat An Nahl ayat 102)

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail diberi tugas oleh Allah untuk mengurus rizki, menumbuhkan tanaman, dan menurunkan hujan. Keberadaan malaikat Mikail juga disebutkan pada Surat Al Baqarah ayat 98:

مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِّلّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَرُسُلِهٖ وَجِبْرِيْلَ وَمِيْكٰىلَ فَاِنَّ اللّٰهَ عَدُوٌّ لِّلْكٰفِرِيْنَ ٩٨

Barangsiapa menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah musuh bagi orang-orang kafir.

3. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail bertugas untuk mencabut nyawa, dan tugas tersebut tercantum pada Surat As Sajdah ayat 11:

قُلْ يَتَوَفّٰىكُمْ مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ تُرْجَعُوْنَ ࣖ ١١

Katakanlah, Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikan kamu, kemudian kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan.

4. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil bertugas untuk meniup sangkakala, dan tugas tersebut juga dijelaskan dalam surat Az Zumar ayat 68.

وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِ فَصَعِقَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗ ثُمَّ نُفِخَ فِيْهِ اُخْرٰى فَاِذَا هُمْ قِيَامٌ يَّنْظُرُوْنَ ٦٨

Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah).

5. Malaikat Munkar

Tugas malaikat Munkar adalah menanyai ruh di alam kubur yang berkaitan dengan keburukan.

6. Malaikat Nakir

Tugas malaikat Nakir ialah menanyai ruh di alam kubur dan berkaitan dengan kebaikan.

7. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib bertugas mencatat amal baik manusia.

8. Malaikat Atid

Tugas malaikat Atid adalah mencatat perilaku buruk manusia.

Keberadaan Malaikat Raqib dan Atiz dijelaskan pada Surat Al Qaf ayat 18:

مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ اِلَّا لَدَيْهِ رَقِيْبٌ عَتِيْدٌ ١٨

Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat).

9. Malaikat Malik

Tugas Malaikat Malik adalah menjaga pintu neraka. Nama Malik dan tugasnya ada di dalam Al Quran Surat Az Zukhruf ayat 77:

وَنَادَوْا يٰمٰلِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَۗ قَالَ اِنَّكُمْ مَّاكِثُوْنَ ٧٧

Dan mereka berseru, Wahai (Malaikat) Malik! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja. Dia menjawab, Sungguh, kamu akantetap tinggal (di neraka ini).

10. Malaikat Ridwan

Dengan tugas menjaga pintu surga, malaikait Ridwan sering digambarkan sebagai malalikat yang ramah dan baik.

Video